Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, May 10, 2013

[Review] Revenge Season 1

Sudah dari taun lalu denger tentang serial ini, yg katanya plotnya bagus dan banyak twist, dan baru sempet ketontonnya sekitar bulan lalu. Tapi baru sekarang bikin reviewnya, hehe. Pemerannya kebanyakan gw ga begitu kenal. Kedua tokoh utamanya, Madeleine Stowe, gw inget dia main di Twelve Monkeys bareng Bruce Willis, tapi itu film taun 90an boy, lama banget dia ga kedengeran. Satunya lagi Emily vanCamp, nah ini gw juga inget, baru nonton filmnya satu, Carriers, film tentang virus outbreak yg ada Chris Pine.

Ceritanya berkisah tentang seorang cewek yg menggunakan identitas baru, untuk memata-matai tetangganya yang merupakan keluarga kaya raya, sekaligus menyusun rencana balas dendamnya. Diceritakan keluarga itu bertanggung jawab karena sudah menjebak ayahnya hingga dijebloskan ke penjara, dan menyebabkan kehidupannya berantakan.

Plot selengkapnya:

Emily Thorne (Emily canCamp), cewek modis kaya raya tiba2 muncul di Hamptons dan menyewa (kemudian membeli) rumah di tepi pantai yang bertetangga dengan keluarga Grayson yang memiliki pengaruh besar di daerah itu. Victoria Grayson (Madeleine Stowe), semacam ratu di keluarga itu, sering mengadakan acara2 sosial dan pesta, dimana Emily dengan cepat berbaur dengan bantuan temannya, Ashley (Ashley Madekwe) yang menjadi event organizer untuk Victoria.

Emily ternyata adalah Amanda Clarke, anak dari David Clarke, yang telah difitnah dan dijebak oleh keluarga Grayson sekitar 20 tahun lalu atas kejahatan yang tidak dilakukan. Dia dituduh membantu teroris dalam penyerangan sebuah penerbangan yang menewaskan ratusan orang. Hal yang sebenarnya merupakan tanggung Jawab Grayson Global, perusahaan tempatnya bekerja.

David Clarke sebelumnya tinggal di rumah tepi pantai, bertetangga dengan Grayson, dan menjalin affair dengan Victoria. Mungkin karena itulah, dia dijadikan kambing hitam dalam kasus serangan teroris ke pesawat itu. Beberapa tahun di penjara, David tewas terbunuh dalam suatu keributan. Setelahnya Amanda bebas dan dijemput oleh Nolan Ross (Gabriel Mann), teman ayahnya yang juga seorang milyuner pemilik Nolcorp. Nolan mendapat bantuan dari David di saat-saat awal bisnisnya, dan dia berniat untuk memberitahu Amanda kebenaran mengenai ayahnya.

Pembalasan dendam Emily dimulai dengan membongkar perselingkuhan suami Victoria, Conrad Grayson (Henry Czerny) dengan Lydia Davis (Amber Valetta), teman baik Victoria. Setelah Victoria mengetahuinya, dia 'mengusir' Lydia dari lingkungan mereka. Kepergian Lydia yang juga menempati rumah tepi pantai setelah David ditahan, menyebabkan rumah itu dijual, dan dengan bantuan Nolan, Emily mendapatkan kembali rumahnya sebagai pemilik baru.

Nolan kemudian membantu Emily dalam rencana pembalasan dendamnya. Walaupun sebenarnya dia berharap Emily mengambil jalan lain, yaitu melupakan dendamnya, dan menjalani hidup barunya dengan damai. Sementara Emily bertekad untuk membongkar kejahatan Grayson dan komplotannya, dan memberikan balasan yang layak.

Awalnya, satu persatu Emily menyingkirkan anggota komplotan Grayson, tapi kemudian plot semakin berkembang dengan kemunculan karakter2 baru dan aksi-aksi mereka yang bersilangan dengan rencana Emily.

Emily berkenalan dengan Daniel Grayson (Josh Bowman), putra Victoria. Mereka semakin dekat dan menjalin hubungan. Tidak jelas juga apa motif Emily untuk dekat dengan Daniel, apakah dia benar-benar cinta atau hanya bagian dari balas dendamnya, Emily pun semakin lama bimbang dengan rencananya. Hubungan mereka berlanjut ke pertunangan, dimana kejadian besar terjadi, yang menyebabkan hubungan mereka berakhir sesudahnya.

Kemudian ada Jack Porter (Nick Wechsler), pemilik bar Stowaway di Hamptons. Bar yg tadinya mengalami kesulitan keuangan, ditambah lagi ayah Jack meninggal, Jack mendapat bantuan dari Nolan untuk menyelamatkan bisnisnya dengan menjual kapalnya. Jack, pelan tapi pasti, kemudian berteman dengan Nolan, dan juga dengan Emily. Dan Jack adalah teman masa kecil Emily / Amanda Clarke, dengan anjing setianya, Sammy, yang masih mengenali Amanda. Emily pun terkadang bimbang, karena di dalam hatinya, dia masih memiliki perasaan ke Jack, begitu pun dengan Jack. Meskipun dalam perkembangan, demi rencananya, Emily memilih Daniel daripada Jack.

Adik Jack, Declan (Connor Paolo), yang suka melawan, tertarik pada Charlotte Grayson (Christa B Allen), adik Daniel, yang merasa kurang mendapat perhatian dari ibunya. Charlotte dan Declan diam-diam berpacaran, dan Victoria sempat meminta Declan 'pergi' dengan menawarkan uang, tapi mereka tidak memedulikannya. Charlotte lebih dekat ke ayahnya, tapi ketika kemudian informasi bocor bahwa Charlotte bukanlah anak kandung Conrad, melainkan anak hasil affair Victoria dan David Clarke, perlahan kondisinya berantakan. Dia mulai menggunakan obat-obatan dan hubungannya dengan Declan memburuk.

Lalu kemunculan karakter2 yang menambah rumit plot, di antaranya Tyler Barrol (Ashton Holmes). Teman kuliah Daniel di Harvard, yang datang ke rumah Grayson untuk tinggal selama liburan. Tak disangka, Tyler menjadi trouble maker, menghasut dan berbohong, menyabotase hubungan Emily dan Daniel, memiliki tujuannya sendiri untuk menjadi orang kepercayaan Conrad. Hingga kemudian diketahui dia memiliki gangguan kejiwaan dan tidak stabil, dalam pesta ulangtahun Daniel dia membuat masalah dan mengancam Daniel dan orang2 yang berkumpul dalam pesta itu. Situasi dengan Tyler ini cukup membuat Emily kerepotan, apalagi Tyler kemudian kembali pada malam pesta pertunangan Emily dan Daniel.

Dan ada lagi the real Emily Thorne (Margarita Levieva), yang merupakan teman satu sel Amanda sewaktu di juvenile dulu. Sewaktu ayahnya dipenjara, Amanda juga dimasukkan ke juvy, dan bertemu Emily. Mereka berteman baik, seperti saudara. Amanda kemudian meminta Emily untuk bertukar identitas, dan menggunakan nama Emily Thorne untuk seterusnya. Amanda yang keberadaannya tersembunyi, muncul kembali setelah Frank Stevens (Max Martini) menemukannya. Frank adalah kepala keamanan Grayson, dan bertugas untuk mencari informasi maupun melakukan segala hal kotor untuk Conrad dan Victoria. Karena dia semakin dekat dalam membongkar rahasia Emily, Amanda membunuhnya. Lalu muncul di hadapan Emily, menambah rumit situasi. Apalagi 'Amanda' yang menjalani perannya sebagai Amanda Clarke, tertarik pada Jack, dan memanfaatkan koneksi Jack dengan Amanda di masa lalu, kemudian menjalin hubungan dengannya.

Event penting terjadi di episode 15, di pesta pertunangan Emily dan Daniel, dimana Tyler muncul dan mengancam Daniel. Peristiwa itu berakhir dengan tewasnya Tyler, Daniel sempat ditahan karena menjadi tersangka, dan Amanda menghilang. Muslihat dan cara licik Grayson kembali muncul dalam mengatasi perkara itu, sehingga Daniel bebas. Setelahnya, Daniel semakin berubah, menjadi seorang Grayson seperti halnya orangtuanya, dan hubungan Emily dengannya pun berakhir.

Di akhir2 season, sasaran rencana Emily pun bergeser dari keluarga Grayson, ke pria misterius berambut putih, yang diketahui merupakan orang yang membunuh ayahnya, dan yang melakukan hal-hal kotor lain untuk Americon Initiative, pelaku sebenarnya yang membiayai teroris dan memaksa Grayson Global untuk mencari kambing hitam, yaitu David Clarke. Meskipun berhasil menaklukkan pria itu, Emily tak jadi membunuhnya.

Alhasil, rencana balas dendam Emily, sekarang merembet tak hanya Grayson, tapi juga Americon yang misterius dan powerful, dan berlanjut ke season 2.

---------

Season 2 yang gw ga terlalu berniat nonton, karena plotnya yang makin besar dan makin konspiratif, males ngikutinnya. Season 1 ini pun di tengah2 mulai malesin karena pergeseran plot yang ga beres2 itu, apalagi setelah Tyler ga ada, konfliknya mulai meredup.

Kalo menurut gw sih, keluarga Grayson ini ga sepenuhnya jahat. Selain tindakan mereka (yg menurut gw terpaksa) menjadikan David Clarke kambing hitam, tindakan mereka ini demi menjaga keutuhan keluarga. Conrad Grayson juga ayah yg baik, dia sayang banget sama Charlotte, bahkan setelah tahu kalo dia bukan anaknya pun dia tetep sayang. Sementara Victoria, yah Victoria, memang dari dulu punya kebiasaan affair. Tapi hebat lho ini Madeleine Stowe. Ga nyangka kan kalo ternyata dia udah 50 tahun lebih. Kirain masih 40an gitu.

Sekarang, mengenai karakter favorit, banyak yg sepakat dengan Nolan Ross. Smart and witty, walopun sexual orientationnya meragukan, apakah demen cowok ato cewek juga. Satu lagi sih karakter favorit gw, Satoshi Takeda yg diperanin sama Hiroyuki Sanada. Dia emang cuma nongol di beberapa episode doang, tapi pengaruhnya cukup kuat. Apalagi Pak Sanada ini jarang maen di serial tv amerika. Makanya, begitu di season 2 perannya diganti sama orang lain, Cary Hiroyuki Tagawa (yg jadi Shang Tsung di Mortal Kombat, meh), bikin males ngikutinnya.

Dan satu lagi, si Daniel itu entah kenapa, menurut gw mirip sama Matthew Fox.

Emily Thorne

Conrad & Victoria Grayson

Emily & Nolan

Emily & Daniel

No comments:

Post a Comment