Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, February 25, 2011

PC sudah tidak relevan

Dengan berat hati, saya harus mengakui bahwa saat ini PC sudah tidak relevan lagi. Ini saya alami sendiri. Setelah bertahun-tahun (dari 2005 sih, jadi 5 tahun tepatnya) saya hobi nyalain komputer berjam2 selama sehari, akhirnya sejak akhir 2010 kemarin mesti mengubur kebiasaan itu dan mengubahnya ke laptop.

Apa penyebabnya? Utamanya adalah karena sejak saya bawa ke rumah di Depok dari kosan di Bandung, PC tidak pernah benar2 bisa digunakan dengan baik. Mungkin waktu di dalam perjalanan di travel terguncang2 jadi ada komponen yg kegeser ato gimana. Sekarang sih bisa startup tapi begitu buka mycomputer langsung hang. (Mungkin kalo mau nanti bisa dicari solusinya dgn browsing di internet, tapi lagi ga mood).

Lainnya yg ga kalah utama adalah listrik. Banyak sekali watt yg kepake buat nyalain komputer PC. Mulai dari CPU-nya yg power supplynya aja ngakunya 450 watt, tambah monitor kira2 50 deh, udah 500 watt. Kalo listrik rumah yg cuma 900 dan dah kepake kulkas, sulit buat nyetel PC. Mungkin juga karena kurangnya daya ini yg nyebabin PC ga bisa dijalankan dengan sempurna.

Berikutnya adalah tempat ato space. Ga ada space buat naroh PC dengan layak. Mestinya kan make meja khusus, tapi tempatnya juga susah, repot ngatur2 barangnya. Ketiga faktor ini penyebab PC udah ga relevan lagi utk dipakai.

Coba sekarang bandingkan kalo memake laptop. Listriknya jelas lebih kecil. Kalo listrik mati masih ada batrenya dan kalo matipun ga masalah, ga ada risiko power supply jebol dsb. Ukuran jauh lebih terjangkau dan gampang ditempatin, meskipun diatas meja juga makenya. Tempat oke, listrik oke. Lalu, kenapa masih butuh PC?

Hmm, hal mendesak yg gw butuh adalah beberapa file (film) yg ada di hardisk di PC. Ga bisa diakses sementara. Lalu beberapa file (film) lain yg dibakar di DVD juga ga bisa diakses/kopi karena sekali lagi PC, tempat DVD Romnya terpasang, ga bisa nyala dengan bener. Trus ada file2 lain kayak mp3, manga, dan galeri film yg masih kesimpen di hardisk. Ya intinya hardisk dan DVDRom yg gw butuhkan terikat pada PC dan itulah alasan kenapa gw masih butuh PC buat nyala. Belum lagi kalo dibandingkan ukuran monitor PC yg 15 inch lebih gede ketimbang netbook yg imut2 ini. Lebih enak buat browsing, baca, image, nonton, buat segala lah.

Jadi, ini solusi yg mesti gw tempuh. Cari cara untuk mengatasi masalah PC biar bisa nyala. Yg penting nyala dan bisa dibuka mycomputernya, abis itu udah deh ga perlu dipake lagi sering2. Atau cari kompi lain punya orang dimana bisa numpang masang hardisk baru gw pindahin semua. (Repot ya). Dan di kemudian hari gw juga sebaiknya beli laptop yg mirip PC, dalam arti monitor gede, spek lebih tangguh ga sekedar netbook. Barulah kemudian PC bener2 bisa ditinggalkan, digantikan dengan Laptop ala PC.

No comments:

Post a Comment