Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, September 09, 2014

Asiknya Maen CoC (Clash of Clans)

Ya jadi udah berapa bulan ini gw asik main CoC, dari Juni kayaknya. Tadinya gw emang ga mau waktu diajak ikutan sama temen2 kantor, ya tapi ujung2nya terhasut juga dan nyobain. Waktu awal2 itu gw juga ga begitu aktif sih mainnya, paling cuma upgrade2 trus ditinggal. Males nyerang. Belom gabung clan. Sempet keluar clan lagi malah, karena males nyerang. Sekarang udah merangsek naik di peringkat clan, semangat ikut clan war, dan rajin nyerang. Begitulah.

perbandingan base desa gw waktu masih level bawah dengan sekarang

Kalo dipikir, dasar dari main CoC adalah membangun desa kita sendiri, yang terdiri dari beberapa bangunan utama seperti town hall, clan castle, gold dan elixir storage buat nyimpen sumber daya, serta gold mine dan elixir collector yg ngumpulin resource tadi dengan rate tertentu. Gold dan elixir itu kemudian dipake lagi buat upgrade bangunan2 tadi, dan lainnya, jadi mata uang di game ini. Selain itu, juga ada unsur2 yg berperan dalam defence (pertahanan desa) yg jumlahnya bisa lebih banyak dan lebih penting, di antaranya archer tower, mortar, cannon, wizard tower, dan air defence.

notif ketika kita login, kalo desa kita abis diserang
Untuk upgrade perangkat2 desa, butuh gold dan elixir. Kalau hanya mengandalkan hasil tambang dari gold dan elixir collector, butuh waktu yg lebih lama untuk mencapai jumlah yg dibutuhkan. Karena itulah, ada opsi lain yg menjadi main point di game ini, yaitu: ngerampok desa lain, buat dapetin resource mereka. Untuk ngerampok, butuh pasukan, yg jenisnya mulai dari barbarian, archer, giant, wallbreaker, balloon, wizard, healer, sampe naga (dragon). Ga semua pasukan itu langsung tersedia. Kita harus bikin dulu di barak pasukannya. Tiap jenis pasukan ada biaya dan waktu produksinya. Yg lebih bagus biasanya lebih mahal dan lebih lama bikinnya. Makanya mesti pinter2 nyusun komposisi pasukan.

Btw, seperti halnya bangunan dan defence, pasukan juga bisa diupgrade. Batas upgradenya ditentukan sama level town hall-nya. Jadi, supaya bisa upgrade ke level yg lebih tinggi lagi (utk semua hal), town hall mesti diupgrade. Dalam hal ini, gw memilih untuk mentokin dulu semua upgrade yg bisa dikerjain, baru terakhir upgrade town hall. Orang2 seringnya ga upgrade semua, jadi yg penting2 aja kayak pasukan dan defence, trus upgrade town hall. Elixir dan gold collectornya belakangan. Makanya sering kejadian secara level gw lebih tinggi, tapi secara peringkat (di clan war), gw di bawahnya. Misal gw udah level 40, temen gw masih 35 tapi di atas gw. Itu karena town hallnya levelnya lebih tinggi dari town hall gw.

clan war pertama gw, masih di urutan bawah
Kenikmatan utama game ini adalah ketika kita nyerang desa lain, dan berhasil ngerampok banyak gold/elixir, dan dapet 3 bintang alias perfect 100%. Atau pas ikut clan war, kita bisa ikut berjasa menyumbang bintang buat clan kita, menang pas nyerang lawan dari clan lain, dan ujung2nya clan kita menang war itu.

perbandingan biaya tiap unit pasukan
Makanya perlu strategi yg baik ketika menyerang, pakenya apa aja, berapa banyak, trus nyerangnya darimana, ngeluarin spell nya gimana. Gabung dengan clan cukup membantu, karena kita bisa belajar dari yg lain, bisa liat replay ketika mereka nyerang atau diserang. Kalo waktu jumlah jatah pasukan gw 150, gw pake giant 9, healer 1, wall breaker 3, wizard 3, archer 30, barbar 20, goblin 18. Fyi bobot giant itu 5, healer 14, wb 2, wizard 4, archer barbar goblin 1. Naga 20. Trus setelah sekarang di town hall 7, dan jatah pasukan 195, formasinya begini: giant 18, healer 2, wall breaker 3, archer 30, goblin 20, barbar 21. Oiya masing2 jenis pasukan punya karakteristik. Giant nyerang yg bagian defence lawan, kayak meriam, mortar, dsb. Walbreaker buat jebol tembok. Healer sesuai namanya lah. Archer dan barbar nyerang benda apa aja yg paling deket ke mereka. Archer nyerangnya jarak agak jauh. Sementara goblin target utamanya adalah resource, yaitu gold dan elixir. Bedakan antara keperluan nyerang untuk ngerampok atau pas war. Kalo pas ngerampok, jelas butuh goblin supaya cepet dapet resourcenya, sementara kalo di war, tujuannya kan beda, jadi goblin ga begitu perlu.

daftar serangan kita, hasilnya, pasukannya apa aja
Dengan gabung clan, kita punya keuntungan bisa request pasukan. Jumlahnya tergantung sama level clan castle (CC) yg kita punya. Sekarang CC gw level 3, kapasitas 20. Jadi bisa request naga. Request pasukan ini gunanya terutama untuk clan war. Dimana ada rekues untuk defence, dan untuk nyerang. Sedangkan di luar war, biasanya buat defence aja sih. Tiap kali menang pas nyerang, kita bakal dapet tambahan poin trophy, yg besarnya disesuaikan sama berapa bintang yg dapet. Misalkan, yg tertulis itu 24. Kalo cuma dapet 1 bintang, berarti cuma sepertiganya, 8 doang. Jumlah tropi akan menempatkan kita di kelas yg berbeda. Kalo di gw sih kisarannya 1200-1399 itu masuk Silver 1. Kalo di bawah 1200 itu Silver 2. Lawan2 yg ditemui di Silver 1 relatif lebih berat. Ada masanya gw ngebet pengen naikin jumlah tropi supaya nembus 1250, biar dapet achievement point. Udah lewat sih, bahkan kemaren pas naikin tropi bisa sampe rekor 1394, tapi abis itu sengaja gw turunin lagi dengan cara kalah pas serangan berikutnya. Tujuannya biar ga masuk kelas yg lebih tinggi, soalnya lawannya berat2.

dari 1394 ke 1119
Achievement itu semacam target2 dalam game, seperti menang berapa kali, ngancurin town hall berapa kali. Kalo tercapai, nanti dapet bonus gem. Gem ini satuan selain elixir dan gold, dan bisa dibeli dengan uang beneran.

Anyway, sekarang gw gabung sama clan Octa*nesia, bareng sama temen2 di kantor yg udah pada join ke clan itu sebelumnya. Jadwal clan war tiap minggu rutin, sebelumnya pernah juga 2 kali seminggu. Anggotanya 40-45 tiap war. Waktu awal2 gw di bawah, di nomer 40an, sekarang karena udah punya BK (Barbarian King) yg pake dark elixir, dan udah TH7, udah level 55, terakhir gw di peringkat 36 pas clan war.

-OoO-

No comments:

Post a Comment