Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, September 04, 2014

[Review] Thanos Imperative

cover Ignition yg menampilkan Thanos
Jadi gw udah punya serial ini dari tahun lalu, hampir bersamaan sama Avengers vs X-Men dan Age of Ultron. Baru sekarang aja berniat baca full setelah nonton Guardians of the Galaxy. Karena masalah Thanos ini kan lingkupnya di galaksi, jadi bagiannya Guardians, bukan Avengers lagi. Serial ini terdiri dari 6 chapter, 2 edisi pengantar sebelum Thanos Imperative, masing2 dari Guardians of the Galaxy dan Nova, 1 edisi pembukaan (Ignition), dan 1 edisi penutup (Devastation). Total ada 10 chapter yg mesti dibaca.

Plot:
Secara garis besar, awalnya Thanos sudah dikalahkan/dibunuh oleh Drax (the Destroyer). Tapi entah bagaimana, para Guardians mendeteksi keberadaannya, dan ternyata Thanos muncul lagi. Untungnya, Star-Lord berhasil meringkus Thanos dengan menggunakan kekuatan dari Cosmic Cube (salah satu Infinity Stones?).

Lalu kenapa Thanos yg harusnya sudah mati, malah hidup lagi? Sebabnya diceritakan di kisah Nova, pemimpin Nova Corps yg tersisa. Nova yang sedang mengusut Quasar (salah satu hero galaksi juga, dan temannya) palsu, mendapati bahwa si Fake Quasar berasal dari universe lain. Universe lain ini, yg disebut Cancerverse hendak menerobos universe kita melalui lubang pada The Fault. Fake Quasar tidak bekerja sendirian, dia juga bersama Adam Magus, bekas anggota Guardians yg berubah jadi jahat, dan mereka berada di bawah perintah pemimpin Cancerverse, yaitu Lord Mar-Vell.

Siapa, siapa, siapa? Nanti diterangin di bawah deh.

Lord Mar-Vell berniat untuk menguasai universe ini dan melenyapkan Avatar of Death, supaya tidak ada kematian, dan mereka bisa hidup abadi. Avatar of Death ini tak lain adalah Thanos.

Pertempuran dibagi jadi dua. Pertama, para petinggi, semua pihak2 di universe ini berusaha menahan ekspansi Cancerverse di The Fault. Termasuk di antaranya adalah Armada Kree di bawah pimpinan Queen Medusa, lalu ada juga yg namanya armada Shi'Ar di bawah pimpinan Majestor Gladiator. Lalu juga dibantu sama abstrak2 entiti, yg wujudnya raksasa, semacam Galaktus dan lainnya. Yep, Galaktus yg sebelumnya kita kenal sebagai antagonis, dalam perang mempertahankan universe ini, juga ikut bergabung. Semua jadi punya satu musuh bersama.

Star-Lord meminta bantuan Thanos untuk bekerjasama mengalahkan Cancerverse. Guardians dan Thanos pun pergi ke Cancerverse untuk mencari tahu penyebab masalah, kenapa Cancerverse jadi jahat. Sebabnya adalah, Lord Mar-Vell, yg merupakan padanan dari Captain Mar-Vell, salah satu hero di universe ini, yg juga nemesisnya Thanos, menolak untuk mati. Jadi di saat Captain Marvel yg di sini mati karena penyakit, Lord Marvel yg di sana menolak mati, dan dia dengan licik mencegah kematiannya dengan membunuh Avatar of Death, alias Thanos di sana. Dengan ketiadaan Avatar of Death, tidak ada kematian, dan Lord Marvel tetap hidup dan berkuasa.

Mendapat bantuan dari Vision di sana, sebagai satu-satunya resistansi yg tersisa untuk menghadapi Lord Marvell, Guardians mesti berhadapan dengan The Revengers (Avengers versi Cancerverse). Nova kemudian datang ke Cancerverse dan membantu mereka.

cover #6 yg menampilkan Nova dan Star-Lord
Thanos sempat menimbulkan panik ketika dia malah menyerahkan diri ke Lord Marvel. Thanos ini agak ga waras, soalnya dia bosan hidup, dan sebenarnya pengen mati, biar bisa bertemu dengan Death yg dicintainya. Tapi ketika Lord Marvell hendak membunuh Thanos, Death muncul, dan karena Marvel sudah mencurangi kematiannya, kali ini Death mencabut nyawa Marvel. Tapi anehnya Death ga mau mencabut nyawa Thanos yg udah desperate. Thanos pun jadinya ngamuk2.

Jadi sementara Cancerverse berhasil distop, dan Lord Marvell mati, Guardians kembali ke universe sini, tapi Star-Lord dan Nova bertahan di sana untuk menahan Thanos supaya ga kembali. Dan jadinya mereka gugur dan dinobatkan sebagai pahlawan.

Aftermath, setelah perang mempertahankan universe, besok2nya kembali seperti semula. Yg tadinya sekutu kembali berperang. Dan Guardians of Galaxy, begitu jg Nova Corps sudah bubar. Cosmo, si anjing telepatic yg juga anggota Guardian, kemudian mengumpulkan para tokoh2 yg juga sudah ikut serta mempertahankan universe, untuk membentuk kelompok baru untuk menjaga galaksi menggantikan Guardians. Kelompok yg baru ini bernama Annihilators.

-O-

Serba-serbi.

Sudah tau kan kalo Guardians versi komik dengan film beda? Ya memang ada Star-Lord, Gamora, Rocket, Groot, dan Drax. Tapi penampilan dan latar belakangnya agak beda. Kayak Drax misalnya, dia lebih sakti, dan tujuan utama dia adalah sebagai penghancur, untuk membunuh Thanos. Anggota Guardians yg lain juga banyak. Ada trio telepath Mantis, Moondragon, dan Cosmo the Dog. Gw penasaran jg sih sama Cosmo. Salah satu mahluk unik (selain Rocket dan Groot) yg bisa telepati. Lalu ada yg lain, Jack Flag, Major Victory (yg datang dari masa depan). Markasnya Guardian itu di Knowhere, planet yg bentuknya kayak kepala orang. Yg kalo di film itu tempatnya The Collector.

Kalo dari Nova, gw udah pernah liat kemunculan karakter ini di awal Avengers vs X-Men, dia yg ngabarin kedatangan Phoenix waktu itu. Nah, Nova ini ternyata lebih kuat dan hebat dari yg gw kira. Richard Rider, manusia yg menjadi anggota Nova Corps terakhir. Gw juga ga ngerti bagaimana Nova Corps yg sekarang ini beroperasi, tapi ada pusat (komputer seperti Jarvis yg ngatur2 energi dsb) bernama Worldmind. Dia seperti Jarvis ke Iron Man. Bisa ngatur, ngasih berapa energi yg dibutuhkan sama Nova. Nova juga punya rekan, Quasar yg keliatannya juga kuat.

Kalo dari Kree, ada Queen Medusa, Gorgon, Karnak, dan juga Ronan. Nah, kalo di komik, Kree ini sebenarnya ga jahat, apalagi Ronan. Dia termasuk salah satu karakter pendukung, bukan antagonis seperti di film.

Lord Mar-Vell/Captain Marvel itu siapa? Dia salah satu pahlawan Kree, biasa jadi tandingannya Thanos, bahkan Thanos mengakui kehebatan Marvel. Dan kalo ga salah ya, Captain Marvel ini yg ngasih kekuatan sehingga Miss Marvel (salah satu Avengers) jadi seperti sekarang. Adam Magus ini tadinya Adam Warlock, anggota Guardians, terus entah gimana sisi jahatnya yg muncul, dan dia menimbulkan keonaran di galaksi.

grup yang kemudian menjadi Annihilators
Annihilators ini tadinya merupakan kelompok kecil yg diminta bantuan sama Nova untuk merebut tawanan dari Lord Marvell. Setelah perang selesai, mereka diminta lagi oleh Cosmo untuk melindungi galaksi. Mereka adalah Quasar, Beta Ray Bill, Gladiator, Silver Surfer, dan Ronan. Beta Ray Bill ini gw udah kenal, sebagai sosok yg sama kuatnya dengan Thor, karena dia juga layak mengemban kekuatan Thor, makanya sama Odin dikasih baju mirip Thor. Penampakannya tapi aneh, mukanya kayak sapi. Gladiator ini gelarnya Majestor of Shi-Ar Imperium. Gw ga tau Shi-Ar itu bangsa apa, tapi seperti Kree, mereka juga pihak protagonis. Silver Surfer seperti yg kita kenal, masih merupakan heraldnya (bawahan) Galaktus. Galaktus sendiri not necessarily evil. Di sini anehnya Surfer sering muncul di cover, padahal perannya  di serial ini ga begitu banyak. Mungkin buat promosi ya. Dan dia ga bisa bercanda, bahasa yg digunakannya kaku gitu.

Well, all in all, serial ini menarik juga, nambah wawasan tentang tokoh2 di galaksi. Good.

-OoO-

4 comments:

Anonymous said...

itu tadi katanya nova mati di akhir pas thanos ngamuk,trus nova corps dan gotg bubar,lalu cosmo dog ngumpulin mantan anggota gotg dll dan jadi annihilator
pertanyaan : kok di pict terakhir nova msh hidup

minky_monster said...

pic yg terakhir itu sebelum jadi Annihilator, sebelum perangnya selesai.

Anonymous said...

gan ente baca komik beli atau download??

minky_monster said...

donlot, nyari2 di torrent

Post a Comment