Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, March 03, 2015

Masalah Pemilihan Senbatsu di JKT48



Kemarin, di akhir HS festival di PRJ, diumumkan member senbatsu untuk single berikutnya, yg ke-9, yg judulnya belum diumumkan.
Siapa aja membernya?
Melody, Haruka, Nabilah, Shania, Veranda, Kinal, Beby, Dhike (team J)
Yupi, Naomi, Viny, Rona, Tata, Hanna (team K3)
Andela, Michelle (team T)

Sesuatu yg baru kalo melihat anak2 gen3 udah dapet jatah senbatsu. Tapi melihat komposisi yg dari tim J dan tim K, sebagian berpendapat: "yah, yg itu-itu lagi..."

Tapi kalo opini fans mah barangkali ga begitu mengejutkan, ketimbang curhatan member yg ga kepilih senbatsu. Yang paling nyesek mungkin Frieska ya, sampe dia ngetwit seperti ini
"Tuhan itu adil, manusia belum tentu."
yang kemudian, mungkin ya, membuat Ghaida ikut curhat. Meskipun nasib Ghaida lebih baik ketimbang Frieska; ghaida masuk senbatsu 3 kali dalam 5 single terakhir; tetep dia semacam mewakili member2 yg lain yg ga masuk. Yang paling tajam adalah bahwa mereka (manajemen/JOT) bisa memanfaatkan dukungan fans yg bejibun dalam membuat drama. Masih inget voting untuk Pajadora Revival Show 2014 kemaren, yang pengumuman voting tahap 2 dan hasil akhirnya aneh banget? Itu salah satu drama. Memainkan dukungan fans untuk voting lebih banyak lagi supaya jagoannya menang. Duit, duit, duit.

Anyway. Kalo diliat dari susunan senbatsu dari single demi single, kita bisa mengelompokkan member JKT48 menjadi beberapa golongan.

1) zona pasti masuk senbatsu
di team J udah pasti ada melody haruka nabilah shania dan ve.
Sebenarnya kinal dan beby pun bisa digolongkan ke sini juga. Kinal cuma sekali ga senbatsu waktu single Yuuhi, karena komposisi membernya waktu itu 5 dari tim J, 5 dari tim K. Makanya dia ga diikutin. Anggap lah partisipasi Kinal di tiap senbatsu itu pasti, sebagai jatah kapten tim. Kalo begitu berarti Melody juga yah, sebagai kapten utama. Beby, selain Yuuhi, sekali doang ga masuk senbatsu, pas Flying Get. Gantinya dia jadi center di Hanikami Lollypop. Mayan loh jadi center di coupling song.

Kalo di tim K, ada Yupi, Naomi, dan Viny. Emang sih Naomi ga masuk senbatsu pas Gingham Check, hasil voting sousenkyo dia ga masuk 16 besar. Tapi sisanya selalu masuk, jatah kapten. OK. Yupi emang center, pasti selalu masuk.

2)  zona rotasi senbatsu
 di team J ada Ayana, Dhike, Ghaida, Jeje, yg minimal udah 3 kali senbatsu.
Ayana ga masuk senbatsu di 2 dari 4 single terakhir. Sementara Dhike udah 3 kali berturut2 masuk senbatsu. Ghaida jg tahun lalu cukup bagus, masuk 3 dari 4 single. Jeje prestasinya tadinya bagus, 3 single berturut masuk senbatsu (FG, GC, KnP), tapi setelah ada masalah yg waktu itu, kayaknya kans dia menurun deh.

di team K, ada Rona, Tata, Hanna, Ikha, Yona
Rona akhirnya masuk senbatsu lagi di single ke-9 ini, setelah beberapa single dia ga masuk.
Tata prestasinya mengejutkan, dari Gingham Check sampe sekarang selalu masuk, udah 4 kali berturut2. Ditambah main di serial Bima-X, dan kadang ikut ngehost di Dahsyat, Tata kayaknya dipush sama manajemen. Beruntunglah dia. Yona seperti Ghaida, baru taun lalu sering masuk senbatsu

3) zona udah pernah nyicip senbatsu
ini berlaku untuk team K dan gen 2 saja. Kasusnya beda soalnya. Ada Nat di single Yuuhi, Della di KFC, Noella di Manatsu, Acha di Flying Get, dan Vanka (Tacil, team J) di Kokoro no Placard. Yup, sebatas nyicip, dikasih kesempatan sekali.

4) zona Chikarina (?)
Khusus untuk Chikarina, di dua single semenjak dia gabung ke team K, dia masuk senbatsu. Ga sedikit yg mempertanyakan, ngapain Chikano masuk senbatsu, apa karena jatah member impor? Tapi di single ke-9 ini, untunglah dia ga masuk, jadinya ga terus2an jatah tim K3 kepake sama dia.

5) zona non senbatsu
sisanya di tim J dan tim K.

Untuk tim J, emang sebagian besar member gen-1 masuk di single pertama, River, tapi itu kan emang spesial tim J doang isinya (plus Akicha dan Rena yg waktu itu masih di tim). Juga ada Sonia yg kebagian di single KFC. Tapi setelahnya, ya setelahnya ga pernah dipanggil ke senbatsu lagi. Frieska yg paling ga enak, karena di River dan di single2 awal pun dia ga masuk senbatsu. Seperti Gaby, Delima, Sendy, Sonia juga anak2 gen2 Rachel dan Dena.

Untuk tim K, jumlah anggota zona non-senbatsu lebih banyak, karena jatah tim K di senbatsu single emang lebih dikit, udah gitu, hampir semua udah diambil ama member2 zona pasti senbatsu. Seperti Lidya, Nadila, Sisil, Nobi, Saktia, Sinka, Uty, dan Shafa.

-O-
Jahat ya kalo dibilang zona non senbatsu. Nyatanya emang gitu. Sepertinya emang ga senbatsu material menurut manajemen. Apalagi rotasinya KURANG BANGET, jadinya yg lain2 ini ga dikasih kesempatan untuk muncul di senbatsu. Terutama di tim K, yg rotasinya ga ada. Kalo ada, mungkin Noella masih bertahan sekarang, dan ga keluar.

Sekarang coba liat komposisi tiap tim dalam senbatsu.

Biasanya, pembagiannya adalah: tim J ada 10-11 orang, tim K ada 5-6 orang. Yg lebih stabil 10:6 lah ya, setelah Akicha dan Rena ke AKB. Dari 10 orang tim J, 7 pasti masuk, dan 3 nya rotasi. Jarang dikasih kesempatan ke member lain yg non senbatsu. Dan sejak single ke-9 ini, jatah tim J berkurang 2, karena buat anak tim T. Jadi yg zona rotasi tinggal satu aja. Wajar Ayana sama Ghaida ga masuk.

Tim K juga parah. Dari 6 itu, 3 udah fix jatah yg pasti senbatsu, sempet jadi 4 ketika Chikarina masuk terus, dan bisa jadi tetep 4 kalo single berikutnya Tata juga masuk. Artinya tinggal 2 spot sisa, yg biasanya jadi jatah rotasi. Yg non senbatsu tetep ga masuk.

Ya emang ga adil. Biarpun begitu, tiap zona ini ada level stresnya sendiri.
Zona non senbatsu stres karena ga pernah dipanggil (lagi)
Zona rotasi stres kalo di single ini ga masuk senbatsu
Zona pasti senbatsu juga ada yg stres. Ada, untuk yg udah pernah dikasih jatah center, dan di single berikutnya posisi centernya dikembalikan ke orang aslinya. Shania curhat tentang ini, tapi kemudian dicut bagian yg itu.

Alasan di balik pemilihan member yg itu2 aja juga entah ya. Teorinya sih, karena nyari aman, cuma mau push member2 yg mereka pengen aja. Dicampur dengan siapa performer terbaik di tiap tim. Mungkin memang juga dinilai berdasarkan performa, tapi ya kasih kesempatan juga lah buat zona non senbatsu, coba bikin variasi.

Kalo gw yg punya hak untuk nentuin senbatsu, gw akan bikin komposisinya kira-kira seperti ini.

x) Jatah tim J: 8. 5 orang zona pasti senbatsu, 2 orang zona rotasi, 1 orang zona non-senbatsu
Jadi, di zona pasti senbatsu pun kita rotasi, ga semuanya selalu masuk. 7/5 untuk pasti senbatsu, 4/2 untuk rotasi, dan x/1 untuk sisanya. Jadi sekali-kali gapapa lah kalo Melody atau Nabilah ato Haruka ato Ve ato Shania ga masuk senbatsu. Gantian. Dan dengan begitu juga posisi center bisa dirotasi, ga Melody melulu. Atau kalo Melody harus selalu ada di senbatsu, okelah, komposisinya diubah jadi: 1 Melody, 6/4 untuk pasti senbatsu. Zona rotasi artinya antara Ayana Ghaida Dhike (atau Beby kalo dia turun jadi zona rotasi), tiap single hanya 2 dari 4 yg masuk.

Dan satunya lagi yg dari non senbatsu bisa diisi gantian, kasih kesempatan ke yg lain seperti Gaby Sonia dll. Dengan begitu, member yg belom dapet giliran paling ga bisa berharap kalo nanti mereka dapet jatah senbatsu.

Atau, kalo yg pasti senbatsu ga boleh diutak atik, minimal jumlahnya dikurangi, menjadi 4 aja. Silahkan manajemen tentukan 4 member yg harus selalu ada (melody haruka nabilah, ve/shania), dan sisanya bergabung dengan zona rotasi, yg jatahnya jadi 3.

x) Jatah tim K: 6. 3 orang zona pasti senbatsu, 2 orang zona rotasi, 1 orang non senbatsu.
Yg 3 ini udah pasti Yupi Naomi Viny sih ya, baiklah. Paling ga, harus ada 1 orang wajah baru di tiap senbatsunya.

x) Jatah tim T: 2. Dirotasi aja bagusnya, dari semua anggota tim T. Kalo sekarang Andela-Lele, besok2 coba Elaine Desy Sisca Anin Shani dll. Atau kalo mau, ada klasifikasi juga di tim T. Dari 16, dibagi jadi 2, 5 yg utama, 11 sekunder. Masing2 jatah 1 senbatsu. Yg utama, rotasinya lebih singkat. Itu kuncinya.

Di tiap tim bisa diterapkan seperti itu, ada zona-zonanya. Kayak klasemen liga Eropa, dan komposisinya bisa berubah, dinilai benar2 berdasarkan performa. Jadi bisa turun kelas, sekarang zona UCL besok jadi EL.

Nah, contohnya begini nih.

Senbatsu Single ke-X:
Melody, Nabilah (center), Shania, Haruka; Ayana, Ve, Beby; Sonia (tim J)
Yupi, Naomi, Viny; Hanna, Rona; Lidya (tim K)
Desy, Anin (tim T)

Senbatsu Single ke-X+1
Melody, Nabilah, Shania, Haruka (center); Dhike, Ghaida, Kinal; Gaby (tim J)
Yupi, Naomi, Viny; Yona, Tata; Nadila (tim K)
Elaine, Sisca (tim T)

gitu kira2 brosis..

No comments:

Post a Comment