Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, March 10, 2015

[Summary] A Game of Thrones

Kemaren2 baca ulang A Game of Thrones, dan sambil nyatet ringkasan plotnya tiap chapter.
Langsung aja, ga diedit banyak2.

A Game of Thrones
author: George R.R. Martin
1st book of 'A Song of Ice and Fire' series

plot by chapter

Prologue
Ser Waymar Royce, Gared, Will

3 Night Watch patroli. Ser Waymar ini anak bangsawan, dan gared dan will ga begitu suka ama dia karenasok jago dan ngotot pengen ngeliat kamp wildling. Ga taunya, mereka ketemu the others (undead). Ser Waymer bertarung tapi kalah, mati. Tapi bangkit lagi sebagai undead.

Chapter 1: Bran
Bran, Robb Stark, Jon Snow, Lord Eddard Stark, Theon Greyjoy, Jory Cassel, Hullen, Harwin
Bran ikut dengan rombongan ayahnya untuk ngeliat eksekusi deserter dari Night Watch (yg di prolog), yaitu Gared (yg tua). Will mati dicekek sama Ser Waymer yg undead. Lord Stark eksekusi sendiri karena budaya dari First Men masih dipake di Stark, jadi mereka sendiri yg eksekusi. Kemudian mereka nemu direwolf yg udah mati. Ada 5 anak direwolf, masing2 untuk anak2 Stark. Dan ada satu lagi, buat Jon.

Bran umur 7 tahun.
Lord Stark: 35 thn.
Theon: 19thn.
Jon: 14 thn. Robb juga 14.

Chapter 2: Catelyn
Catelyn, Ned Stark

Cat datengin Ned di godswood. Ngasih berita kalo Jon Arryn mati. dan bahwa King Barathen mau dateng ke Winterfell

Kepercayaan mereka beda. Cat percaya 7 gods. Ned percaya Old God. Pohon disana tua banget, udah ada sejak sebelum house Stark terbentuk.
children of the forest sebelum First Men.
Rickon: 3 thn.
perang dengan Targayren (Battle of Trident) terjadi 15 tahun yg lalu.
Tommen: 7thn kayak Bran.

Chapter 3: Daenerys
Viserys, Daenerys (Dany), Magister Illyrio, Ser Jorah, Khal Drogo

Viserys nyiapin Dany untuk pesta dengan Illyrio, utk ketemu Khal Drogo. Dany dimandiin sama pelayan. Trus dibawa ke pesta di tempatnya Drogo. DAny mau dinikahkan sama Drogo biar Viserys dapet pasukan Dothraki.

Dany: 13 thn.
Ada Nine Free Cities (Pentos salah satu< Braavos, Myr, Tyrosh, Qohor, Volantis, Lys)
Ser Willem Darry, yg bawa Dany ke Braavos waktu bayi.
Ser Jorah salah satu bloodrider dari Khal Drogo.
Ser Jorah: 40an thn.
Khal Drogo: 30.

Chapter 4: Eddard
Ned Stark, King Robert Baratheon

Ned nyambut kedatangan rombongan King Robert, yg lalu pengen ngeliat makam2. Ngobrolin tnetang waktu pertarungan dengan Rhaegar, kematian Jon Arryn, gimana nasib Lysa dan anaknya. Dan meminta Ned jadi Hand of the King.

Lord Rickard Stark, Brandon Stark (kakak Ned), Lyanna Stark (sister)
Brandon mati umur 20, digantung sama anak buah Mad King. Harusnya dia yg megang kuasa.
Lyanna mati umur 16. Harusnya nikah sama Robert.

Chapter 5: Jon
Jon Snow, Benjen Stark, Tyrion Lannister

Jon menikmati pesta di tempat terpisah (karena bastard). Jon bilang ke Uncle Ben kalo dia pengen gabung ke Night's Watch. Jon ngotot, trus keluar karena nangis, trus ketemu Tyrion, dan jadi lebih tenang.

Myrcella: 8thn
Joffrey: 12thn
Ghost: nama direwolf Jon.

Chapter 6: Catelyn
Cat, Ned, Desmond, Maester Luwin

Ned pengen nolak jadi Hand, tapi Cat melarang, karena takut Robert marah. Mereka dapet pesan rahasia dari Lysa, kalo Jon Arryn mati karena dibunuh orang Lannister. Ned memutuskan untuk jadi Hand, dan Cat tetap tinggal di Winterfell, jaga markas. Juga nasib anak2 mereka. Sansa, Arya, Bran ikut ke KIngslanding. Robb dan Rickon stay. Jon ke Wall dengan Benjen.

Ser Arthur Dayne (The Sword of the Morning), salah satu Aerys' Kingsguard yg paling jago.
Spekulasi apakah Lady Ashara Dayne ini ibunya Jon Snow?

Chapter 7: Arya
Arya, Sansa, Beth Cassel, Jayne Poole, Septa Mordane, Myrcella, Jon
Bran, Tommen, Ser Rodrik Cassel, Robb, Theon, Joffrey, Sandor Clegane.

Arya dan yg lain lagi pelajaran jahit, trus Arya kabur karena kesel hasil jaitannya jelek. trus pergi dan nonton boys latihan pedang. Ada sedikit cekcok antara Joffrey yg sombong dan meremehkan degan Robb.

Nymeria: direwolf Arya. Lady: direwolf Sansa. Sansa 2 thn lebih tua dari Arya.
Arya: 9. Sansa: 11

Chapter 8: Bran
Bran, Cersei, Jaime.

Sementara yg lain pergi hunting, Bran keliling2.
 Trus manjat2 pohon, ke tower2, dan... curi denger percakapan tentang ayahnya. Dia mergokin Cersei dan Jaime lagi sex, kemudian ketahuan, abis itu didorong jatuh sama Jaime.

Grey Wind: direwolf Robb. Shaggydog: direwolf Rickon.
Bran apal susunan tower dan bangunan, gimana ga ratanya dsb.

Chapter 9: Tyrion
Tyrion, Chayle (septon librarian), Clegane, Joffrey, Jaime, Cersei, Tommen, Myrcella

Tyrion nampar Joffrey, nyuruh dia hormat dan ngasih simpati ke Lord Eddard atas kondisi Bran. Lalu sarapan sama yg laen, ngasih kabar kalo Bran masih punya harapan untuk selamat, tapi bakal lumpuh.

Chapter 10: Jon
Jon, Catelyn, Bran

Jon jenguk Bran, walopun ga boleh ama Catelyn, yg ga suka sama dia. Sebelum dia berangkat ke the Wall. Dia juga ngucapin goodbye ke Robb, lalu Arya. Ngasih kado pedang ke Arya. Needle.

Chapter 11: Daenerys
Dany, Khal Drogo, Illyrio, Ser Jorah, Viserys

Dany nikah sama Drogo. Dia ngeri sama tradisi Dothraki yg barbar waktu wedding, ada yg saling tarung, banyak yg mati, trus langsung ngeseks di situ juga sama random woman. Illyrio ngasih kado tiga telor naga. Drogo ngasih kuda buat Dany. Mereka kemudian mulai seks.

Chapter 12: Eddard
Ned,  Robert

Robert ngajak Ned buat berkuda, misahin diri dari rombongan, buat ngobrol. Dan ngasih kabar tentang pernikahan Daenerys dengan Khal Drogo. apa tindakan mereka. Jaime jadi Warden of the East (wilayahnya Arryn). Ngomongin Jaime, Ned nyebut Jaime kingslayer, dan duduk di throne setelah bunuh Mad King.

Alyn: pengawal Ned. Ser Boros, Ser Meryn: kingsguard
Willa: wanita yg deket sama Ned dulu (ibunya Jon?)
Varys the eunuch: master of whisperer, intelijen mata2.

Chapter 13: Tyrion
Tyrion, Benjen, Yoren, Jon

Perjalanan Tyrion dll bersama Benjen dan Jon ke Wall. Berdebat sama Jon tentang Night Watch yg not so noble.

Rombongan 8 orang.
Balerion, Meraxes, Vhaghar. nama 3 naga terkuat Aegon.

Chapter 14: Catelyn
Catelyn, Maester Luwin, Bran, Robb, asassin, Rodrik Cassel, Theon, Hallis Mollen

Catelyn udh stres nungguin Bran, ga mau ngurusin masalah lain. Jadinya Robb yg ambil alih tugas ngurus Winterfell. Kemudian ada kebakaran, dan ketika Robb pergi, ada assasin yg pengen bunuh Bran, diselamatkan sama wolfnya Bran. Setelah Catelyn pulih, mereka berdiskusi apa motif percobaan pembunuhan Bran. Kesimpulan: mereka mencurigai Jaime, or the Lannister, sebagai pelaku. Cate memutuskan untuk pergi ke Kingslanding utk cari tau tentang pisau yg dijadikan senjatanya.

Chapter 15: Sansa
Sansa, Septa Mordane, Arya, Cersei, The Hound, Joffrey, Renly, Ser Barristan, Ser Ilyn, Mycah

Di tengah perjalanan ke Kingslanding, Sansa mau diundang makan sama Queen, tapi Arya ga mau ikut. Ada yg dateng ke rombongan. Ser Barristan, Renly, sama Ilyn Payne. Pestanya batal, tapi Sansa jalan2 sama Joffrey. Tapi malah ketemu Arya yg lagi main pedang2an sama Mycah. Konflik. Joffrey nyerang Arya, tapi Nymeria gigit tangan Joffrey.

Chapter 16: Eddard
Ned, Vayon Poole, Robert, Cersei, Joffrey, Arya, Renly, Sansa, Jory, Ser Barristan, The Hound.

Kelanjutan konflik. Setelah pencarian 4 hari, Arya ketemu, langsung disidang. Dia ga dihukum, tapi direwolf Sansa, Lady, yg jadi tumbal, karena Nymeria ga ketemu.
sementara numpang di kastil Ser Raymun Darry.

Chapter 17: Bran
Bran, three eyed crow.

Bran yg masih ga sadar, mimpi jatuh dan dibisikin supaya terbang sama suara dari gagak. And he fly. Ngeliatin semua yg terjadi di sekitar. Is it a dream or not? Literally dia ngeliat semua penjuru realm. kemudian bangun.

His name is Summer.

Chapter 18: Catelyn
Catelyn, Captain Moreo Tumitis, Ser Rodrik, Littlefinger (Petyr Baelish), Lord Varys

Catelyn naek perahu dari kapten Tyroshi, dan udah mau nyampe Kings Landing. Sampe, kemudian low profile banget nyari penginapan. Gataunya disamperin pengawal trus dibawa ke Littlefinger. Varys juga kemudian dateng. Udah tau kalo Catelyn ke sana buat nyari tau tentang pisau. Littlefinger bilang itu punya dia, tapi udah berpindah tangan ke Tyrion.
Baelish: 30

Chapter 19: Jon
Jon, Grenn, Ser Alliser Thorne, Benjen, Toad, Donal Noye, Tyrion, Lord Commander Jeor Mormont

Jon sudah di Castle Black (Wall), latihan tiap hari ama orang2 baru lainnya. Tapi belom punya temen, soalnya dia doang yg jago pedang. Berantem sama yg lain, trus abis itu diceramahin sama Noye. Abis itu Tyrion yg nasehatin dia. Dia dapet kabar kalo Bran udah sadar, abis itu gembira. Dan baikan sama anak2 laennya.

Dareon, Pyp, Jeren, Grenn, Halder, Toad. anak2 baru selain Jon.
They said it was Donal Noye who’d forged King Robert’s warhammer, the one that crushed the life from Rhaegar Targaryen on the Trident.
Benjen pergi untuk misi, dan belom balik2. This is the last time he was seen.

Chapter 20: Eddard
Ned, king's steward, Varys, Renly, Littlefinger, Grand Maester Pycelle, Ser Rodrik, Catelyn.

Ned baru nyampe di Kings Landing tapi diminta rapat sama small Council, dan ketemu yg lain, cuma 4 sih. Varys, Renly, Baelish, sama Pycelle. Untuk urusan yg lebay. Bikin tournament untuk jabatannya sebagai Hand of the King. dan kerajaan punya utang gede bgt. Rapat ditunda. Tapi abis itu Littlefinger bawa Ned lewat jalan rahasia berliku2 utk ketemu Catelyn. Jabarin apa yg terjadi, kecurigaan tentang Lannister.

Harusnya ada yg lain. Anggota council: Stannis, Ser Barristan

Chapter 21: Tyrion
Tyrion, Lord Mormont, Ser Alliser, Bowen Marsh, Ser Jaremy Rykker, Maester Aemon, Jon

Tyrion mau balik. Lord Mormont bilang mau ngasih 3 orang buat ngawal Tyrion pulang, tapi dia juga minta tambahan orang buat Nights Watch. Cerita tentang kejadian2 yg mencurigakan, orang2nya pada ilang, termasuk Benjen. Mormont kuatir akan datangnya winter, dan mahluk2 menyeramkan lain. Abis itu Tyrion naek ke puncak Wall. Trus keliling2 sama Jon yg lagi jaga. Friends.

Chapter 22: Arya
Arya, Ned, Jory, Sansa, Septa Mordane, Hullen, Fat Tom, Syrio Forel

Arya merasa terasingkan, oleh semua orang termasuk Sansa dan ayahnya. Pas makan malem, ngambek trus kabur ke kamarnya. Ned dateng dan mergokin Arya megang pedang Needle. Setelah nasehatin blsbla, besok2nya, dia ngasih guru buat ngajarin Arya pedang.

Jory, Jeyne Poole, Septa Mordane, Hullen, Desmond, Jacks, Harwin, Vayon, Alyn, Fat Tom.

Chapter 23: Daenerys
Dany, Ser Jorah, Viserys, Drogo, Jhiqui, Jhogo, Irri, Doreah

Dany ikut rombongan khalasar Drogo ke kampungnya. Viserys ngikut, soalnya ngotot minta pasukan. kehidupan dany ga begitu menyenankan sebelumnya. capek karena perjalanan berat, malemnya digenjot sama Drogo abis2an. Tapi setelah dragon dream, abis itu dia seger lagi. VIserys ngehe nyari masalah lagi, tapi Dany ngelawan. Dany ngasih hukuman ke Viserys, supaya jalan kaki di sisa perjalanan. Berikutnya lebih nyaman. Dany makin pede sama Drogo (ganti style), kemudiah hamil.

rombongannya banyak. bloodriders, pelayannya. Quaro
Daenerys: jadi 14thn.

Chapter 24: Bran
Bran, Rickon, Old Nan, Maester Luwin, Hodor, Robb, Tyrion, Theon, Yoren

Bran lagi asik dengerin cerita Old Nan tentang the Others, children of the forest, tapi kemudian dipanggil karena Tyrion dateng. Tyrion ngasih support buat Bran. Tapi direwolves hampir nyerang Tyrion. Malemnya, pas dinner, Yoren cerita kalo Benjen ilang. Robb nemenin Bran sebelum tidur.

Bran: 8th sekarang.
Hodor: keturunannya Old Nan yg tersisa. cucu kali ya.

Chapter 25: Eddard
Ned, Pycelle, Arya, Alyn, Littlefinger

Ned nanya ke Pycelle tentang Jon Arryn. Sebelum sakit dan mati, Arryn minjem buku ke Pcyelle. Juga bicarain penyebab kematian, apakah mungkin racun? Abis itu Ned ngobrol ama Arya. Abis itu Littlefinger dateng, ngasih nama2 orang yg bisa ditanya seputar Jon Arryn, di antaranya Ser Hugh, squirenya. Dan ngasih peringatan kalo banyak mata2.

btw, ada long summer, udah berapa tahun nonstop, kemudian nanti bakal ada long winter juga. Ekstrim cuacanya.

Chapter 26: Jon
Jon, Dareon, Samwell Tarly, Pyp, Ser Alliser, Halder, Rast, Grenn, Albett, Lord Randyll Tarly, Jeren

Dateng anak baru, dan dikerjain ama Ser Alliser. Jon belain, dan Ser Alliser ngadu Jon 3 lawan 3. Sam ngenalin diri kalo dia coward dan dibuang sama bapaknya. Malemnya, Jon ngobrol sama Sam, kenapa dia takut ama banyak hal. Ya, aslinya Sam emang cengeng dan bapaknya kecewa, makanya dia ga mau Sam jadi pewaris, dibuanglah. Jon bantu ngomong ke yg lain supaya baik sama Sam. Sam terimakasih, dan mereka jadi brothers.
ada orang2 lain macam Rast.

Chapter 27: Eddard
Ned, Janos Slynt, Varys, Renly, Littlefinger, Pycelle, Harwin, Jory, Lord Beric, Tobho Mott, Gendry

menjelang Hand's Tourney, yg bikin repot. Ned sempet baca buku tentang keturunan yg dibaca Jon Arryn. Dari orang2 yg dimintai info tentang Arryn, katanya Lord Arryn pergi ke brothel sama Stannis (?) Apa alasannya? Ned langsung pergi ke armorer yg disebut didatengin Arryn. Disana dia ditemuin ke Gendry, anak yg kerja. Ned sadar kalo Gendry adalah anak bastard Robert.

Chapter 28: Catelyn
Cat, Ser Rodrik, Lord Jason Mallister, Masha Heddle, Marillion, orang2 dari Whent, Bracken, dan Freys.

Catelyn dan Ser Rodrik dalam perjalanan balik, trus nginep di inn. Catelyn mempertimbangkan mau ke RIverrun ato ke Eyrie. Di penginapan ga taunya ada Tyrion dateng (sama Yoren), dan dia ngenalin Cat.

Blackwoods, Brackens, Whent, Frey: bannerman Tully.

Chapter 29: Sansa
Sansa, Jayne Poole, Septa Mordane, Ser Loras, Littlefinger, Joffrey, King Robert, Cersei, Jaime, Renly, The Hound

Waktunya turnamen Hand. Satu demi satu, para ksatria jousting. Yg terabaikan, Ser Hugh mati oleh Ser Gregor waktu tanding. 4 besar: The Hound, ser Gregor, Ser Jaime, Ser Loras. Abis itu malemnya makan2, dan Robert ngomel ke Cersei, ngotot pengen ikut tanding besoknya. Sansa dianter pulang sama The Hound, yg cerita tentang kejahatan kakaknya, Gregor.

Para peserta diantaranya:
Ser Jaime Lannister, Ser Gregor Clegane, Lord Yohn Royce, Lord Jason Mallister, Thoros of Myr, Ser Balon Swann, Lord Bryce Caron, Ser Andar Royce, Ser Robar Royce, Ser Horas Redwyne, Ser Hobber Redwyne, Patrek Mallister, Ser Jarek dll Frey. Jalabhar Xho, Lord Beric Dondarrion, The Hound, Lord Renly, Jory, Alyn, Harwin, Lothor Brune, Ser Merryn, Ser Barristan, Ser Aron Santagar, Ser Loras Tyrell

Chapter 30: Eddard
Ned, Ser Barristan, King Robert, Lancel, Littlefinger, Renly, The Hound, Jaime, Ser Gregor, Ser Loras, Harwin, Varys

Ned dan Ser Barristan ngelepas mayat Ser Hugh, bekas Jon Arryn's Squire. Abis itu ke tempat King Robert, nasehatin supaya dia ga ikut tanding. Ned dan Robert bicara, Robert tau kalo Joffrey boong, dan intinya curhat tentang dia ga mau jadi raja. Lanjut ke semifinal turnamen. The Hound menang lawan Jaime. Loras menang lawan Gregor, tapi Gregor ngamuk dan nyaris bunuh Loras, tapi The Hound mencegah. Malemnya, Varys dateng sembunyi2, ngasih peringatan bahwa Robert dalam bahaya konspirasi oleh Queen Lannisters.

Anguy, yg menang archery, yg kemudian gabung ke Brotherhood, sama Thoros dan Lord Beric.
Thoros of Myr menang melee competition.

Chapter 31: Tyrion
Tyrion, Bronn, Chiggen, Masha, Jyck, Catelyn, Yoren, Ser Rodrik, Marillion, Morrec, Mohor, ser Willis Wode, Kurleket, Lharys

Tyrion jadi tawanan Catelyn, dan rombongan mereka plus sellswrd Bronn dll. Catelyn ngakunya mau bawa Tyrion ke Winterfell, tpi cuma trik, aslinya mereka ke Vale. Tyrion coba ngasih logic ke Catelyn bahwa dia bukan pelaku, tapi Catelyn gs yakin. Trus mereka diserang riders, dan Tyrion ikut bantu bertahan. Pretty good. Dan setelahnya mereka melanjutkan perjalanan, dan posisi Tyrion ebih baik, dapet senjata dan ga diiket.

Chapter 32: Arya
Arya, Sirio, Myrcella, Tommen, septa, Godwyn (pengawal), Varys, Illyrio, Ned, Desmond, Yoren

lanjutan latihan Arya: nangkep kucing. Udah berhasil, abis itu ada Myrcella dan Tommen yg ga ngenalin dia. Trus dia kabur, biar ga dikenalin, sampe nyasar. Trus denger percakapan dua orang (Varys dan Illyrio), mencurigakan, tentang konfllik melibatkan Stark dan lainnya. Pas pulang, Arya coba ngasihtau Ned, tapi ga meyakinkan. Dan kepotong sama Yoren yg dateng.

Chapter 33: Eddard
Ned, King Robert, Varys, Renly, Ser Barristan, Pycelle, Littlefinger, Vayon Poole, Fat Tom

Council debat tentang apa yg harus dilakukan mengenai Daenerys yg hamil. Robert pengen dia mati, yg lain dukung, Ned dan Ser Barristan nolak. Ned ngundurin diri, daripada ikut terlibat. Ned ingin buru2 pergi pulang ke Winterfell, tapi Littlefinger dateng, dan ujug2 ngasihtau brothel yg Ned cari.

disebutnya Roose Bolton, Faceless Man

Chapter 34: Catelyn
Catelyn, Ser Donnel Waynwood, Tyrion, Bronn, Brynden Tully, Ser Rodrik, Marillion, Lord Nestor Royce, Mya Stone, Ser Vardis Egen, Maester Colemon, Lysa Arryn, Robert Arryn

Rombongan Cat selamat setelah dijemput sama Ser Donnel, salah satu ksatria dari Vale. Cat jadi ragu apakah bener Tyrion bersalah. Mereka dianterin dari gerbang oleh Brynden, pamannya Catelyn. Sampe dasar gunung, harusnya mereka istirahat, tapi Cat diminta untuk segera naik, jadi dia dianter ke atas sama Mya. Udah lewat Sky, abis itu naik keranjang utk ke istana. Segera ketemu dengan Lysa, dan Lysa sudah berubah, malah marah2 ke Cat karena bawa Tyrion kesana. Dan dia lebay manjain anaknya, umur 6 tahun masih disusuin.

Vale: tempatnya.
Eyrie: istananya yg menjulang ke langit.
Robert arryn: 6thn
The Gates of the Moon. di dasar Giant's Lance, gunung tertinggi dimana istana Eyrie berada
Ada 3 pos, sampe ke atas. Stone. Snow. Sky.
Lord Nestor Royce, High Steward of the Vale and Keeper of the Gates of the Moon
Lysa: 28 thn

Chapter 35: Eddard
Ned, Littlefinger, Heward, Jory, Wyl, Lyanna (flashback), the girl (salah satu korban Robert), Jaime Lannister, Tregar, Pycelle

Ned selesai dari urusan di brothel yg ditunjukin littlefinger. Littlefinger nyeritain anak2 bastard Robert yg tersebar dimana-mana. Di tengah jalan, mereka dicegat Jaime dan anakbuahnya. 3 lawan 20 pasukannya. Jaime biarin Ned hidup, tapi Jory dan lainya mati dibunuh pasukannya.

He thought of the promises he’d made Lyanna as she lay dying, and the price he’d paid to keep them. ? what is it, whats Lyanna's secret?

Chapter 36: Daenerys
Dany, Khal Drogo, Ser Jorah, Viserys, Cohollo, Irri, Jhiqui, Haggo, Qotho, Doreah

Viserys masih ngikut, masih berdelusi sama pasukan Drogo yg dijanjiin ke dia. Dany dan Jorah ngomongin peluang orang2 Dothraki nyerbu Seven Kingdoms. Mereka sampe di Vaes Dothrak, yg bangunanya dikit. Dany ngasih hadiah ke VIserys, tapi Viserys ngajak ribut. Dany ngelawan dan hajar VIserys pake gesper.

Dany could not have said why the city needed a gate when it had no walls … and no buildings that she could see. Vaes Dothrak

Chapter 37: Bran
Bran, Robb, Theon, the wildlings, Stiv, Osha, Hali, Joseth, Maester Luwin, Quent

Bran akhirnya bisa pergi berkuda bareng Robb dl, pake sadel rancangannya Tyrion. Robb ngasih berita tentang insiden Ned dgn Kingslayer. Pas Robb lagi nyari para wolves, Bran disergap sama kelompok wildlings. Hampir celaka Bran. Semua berhasil ditumpas, dan Osha yg tersisa jadi tawanan.
Robb sekarang 15thn. Bran 8thn

Chapter 38: Tyrion
Tyrion, Mord, Robert Arryn, Lysa, Catelyn, Ser Vardis Egen, Lord Hunter, Ser Albar ROyce, Ser Lyn Corbray, dll, Bronn

Tyrion jadi tawanan dan ditaroh di sel di Eyrie, yg kebuka ke langit (bisa jatuh). Tyrion mikirin tentang tuduhan yg dijatuhin ke dia, siapa pelaku sebenarnya. Dengan susah payah, bujuk Mord supaya nyampei pesan. Dia minta persidangan yg adil. Tapi ga bisa diharapkan, soalnya Lysa milih hakimnya si bocahnya. Tyrion minta trial by combat. Diketawain. Sulit nyari siapa champion, soalnya Jaime ga disana. Tapi kemudian Bronn menawarkan diri.

Chapter 39: Eddard
Ned, Ser Gerold Hightower, Ser Oswell Whent, Ser Arthur Dayne, Lyanna,
Vayon Poole, Alyn, King Robert, Cersei

mimpi waktu bertarung lawan 3 kingsguard di Tower of Joy. Ned bangun, dan kemudian Robert jenguk...bersama Cersei. Membicarakan permasalahan antara Ned dengan Jaime. Robert nampar Cersei ketika dia terus2an mencela Robert. Robert balikin lagi Ned jadi Hand of the King.

7 lawan 3.
Ned, Proud Martyn Cassel, Jory’s father; faithful Theo Wull; Ethan Glover, who had been Brandon’s squire; Ser Mark Ryswell, soft of speech and gentle of heart; the crannogman, Howland Reed; Lord Dustin on his great red stallion.
Ser Arthur Dayne, Ser Oswell Whent, Ser Gerold Hightower

Chapter 40: Catelyn
Cat, Ser Rodrik, Brynden, Lysa, Lord Eon Hunter, Ser Morton Waynwood, Ser Lyn Corbray, Maester Colemon, Lord Robert, Ser Vardis, Bronn, Brandon Stark (flashback), Littlefinger

Berita siaga perang dari Tully, Catelyn memutuskan untuk segera pulang. Tapi sebelumnya mesti liat combat trial Bronn vs Ser Vadis. Terlalu meremehkan Bronn, gataunya Bronn yg lihai menang. Tyrion bebas.

Chapter 41: Jon
Ser Alliser, Pyp, Halder, Toad, Dareon, Grenn, Jon, Sam, Matthar, Jeren, Bowen Marsh, Chett, Maester Aemon

8 orang dinyatakan lulus dari training Ser Allister, dan bakal dikasih posisi. Jon dan temen2nya dapet, kecuali Sam. Jon dateng ke Maester Aemon, minta dia supaya ngasih Sam posisi, karena Sam pinter.

Chapter 42: Tyrion
Tyrion, Bronn, Gunthor, Shagga, Conn

Tyrrion dan Bronn berusaha bertahan hidup di perjalanan yg berbahaya karena ada orang2 gunung. Saling ejek, akrab. Tyrion cerita tentang cinta pertamanya, istrinya, yg kemudian dipisahin ama ayahnya, Lord Tywin. Dan kemudian istrinya katanya pelacur kemudian digilir ama prajurit Lord Tywin. Mereka kemudian dikepung orang gunung, tapi Tyrion nawarin deal.

Chapter 43: Eddard
Ned, Varys, Pycelle, Littlefinger, Ser Raymun Darry, Ser Karyl Vance, Ser Arys Oakhart (kingsguard), Joss (penduduk), Ser Marq Piper, Ser Robar Royce, Ser Loras, Lord Beric

Ned mimpin court untuk dengerin keluhan masyarakat (yg harusnya tugas raja). Penduduk Sherrer ngadu kalo desa mereka dihancurkan sama pasukan Lannister di bawah pimpinan Ser Gregor. Ned sebagai Hand, ngasih perintah untuk beresin si Gregor. dibawah pimpinan Lord Beric Dondarrion.

Chapter 44: Sansa
Sansa, Jeyne Poole, Littlefinger, Septa Mordane, Arya, Ned

Sansa dan Jeyne bicarain Ned yg ngirim Lord Berric, bukannya Ser Loras. Sansa berantem lagi ama Arya. Abis itu Ned ngumpulin mereka, ngasihtau kalo dia mau ngirim mereka pulang, soalnya ga aman di Kingslanding. Sansa ngoceh tentang nikahin Joffrey dan golden hair, membuat Ned tersadar sesuatu.

Chapter 45: Eddard
Pycelle, Ned, Lord Baelish, Tomard (Fat Tom), Cersei

Ned dapet kabar kalo Lord Tywin marah. Ned udah menyadari fakta yg menyebabkan Jon Arryn mati. Ned ngundang Cersei, dan nodong bahwa semua anak Cersei adalah hasil incest dia dengan Jaime. Mereka berdebat. Cersei berlogika kalo mereka semua sama2 ga bersih, tapi Ned tetap akan ngasihtau Robert, dan ngasih saran ke Cersei untuk pergi.

Bad decision, Ned.

Chapter 46: Daenerys
Dany, Khal Drogo, the Dothraki crones (dukun/peramal), Doreah dll, Ser Jorah

Dany makan jantung stallion (kuda), sebagai tradisi supaya bayinya sehat dan kuat. Dany ngasih nama bayinya Rhaego. Abis itu mandi di danau. Abis itu seks sama Drogo di hadapan para khalasar. Semua merayakan bayi Dany yg digadang2 menjadi the stallion that mounts the world. Ser Jorah ngasihtau kalo Viserys pengen ngambil telor naganya buat dijual. Viserys mabok dan bikin kacau lagi, ngeluarin pedang, padahal terlarang di Vaes Dothrak. DIa nagih janji pasukan Drogo, dan ngancem Dany. Khal Drogo kemudian ngasih golden crown buat viserys: sabuk emasnya dilebur trus dituang ke kepala Viserys, mati.

Dosh khaleen: istrinya khal. setelah khal mati, dosh khaleen gabung sama sesamanya jadi tetua/elders gitu.

Chapter 47: Eddard
Ned, Tomard, Cayn, king's steward, King Robert, Renly, Pycelle, Varys, Littlefinger

Ned dipanggil ke kediaman Robert yg baru balik dari berburu. Robert luka parah dan sekarat. Dia ngasih wasiat ke Ned untuk jadi Regent, pemegang kekuasaan sementara Joffrey belum cukup umur. Renly langsung ngusulin supaya mereka siapin pasukan untuk mencegah Cersei berkuasa, tapi Ned nolak. Ned ngirim surat ke Stannis ngasih tau kalo dialah pewaris sah tahta. Ned minta saran ke Littlefinger, dan dia usul supaya Ned damai sama Cersei dan Lannister, tapi again Ned nolak. UJung2 Ned minta bantuan Littlefinger untuk mengamankan City Watch supaya dukung dia.

Ser Barristan Selmy, Ser Jaime Lannister, Ser Merryn Trant, Ser Arys Oakhart, Ser Boros Blount, Ser Preston Greenfield, Ser Mandon Moore
wait a minute. Mya Stone yg nganterin Catelyn ke atas Vale... itu anaknya Robert?

Chapter 48: Jon
Jon, Sam, Lord Commander Mormont, Grenn, Pyp, Ser Jaremy, Yarwyck, Bowen Marsh, Maester Aemon, Dareon, Dywen

Sam lulus dan akan jadi asistennya MAester Aemon, dan jadi anggota Night Watch. Sebelum dilantik, Jon dan Sam mau berdoa dulu ke godswood (old gods). Pas disebutin posisinya, Jon ditaroh sebagai steward. terang aja ini mengejutkan, soalnya harusnya dia jadi ranger. Jon ditaroh sebagai personal steward Lord Commander. Jon marah, ga terima. Sam ngingetin kalo dia sedang disiapkan untuk gantiin Commander. ABis itu Jon sadar dan malu karena udah sombong. Abis itu dilantik, ngucapin sumpah.

high officer in Castle Black.
Maester Aemon, Ser Alliser Thorne, Lord Commander Jeor Mormon,
Bowen Marsh, Othell Yarwyck, Ser Jaremy Rykker

Chapter 49: Eddard
Ned, Arya, Sansa, Septa Mordane, Pycelle, Ser Barristan, Littlefinger, Varys, Fat Tom, kings steward, Joffrey, Cersei, Sandor Clegane, Myrcella, Janos Slynt

King Robert akhirnya mati. Clash segera terjadi. Ned ngumpulin anggota council untuk ngasihtau surat Robert yg ngasih kuasa ke dia sebagai Protector. Renly udah keburu kabur. Cersei udah mengumumkan Joffrey sebagai king yg baru, dan minta Ned dan semua council dateng. Ned ngasih suratnya ke Cersei, tapi dirobek. Ned yg yakin dengan dukungan City Watch minta mereka menahan Cersei, tapi gataunya City Watch malah nyerang orang2 Stark. Diboongin sama Littlefinger.

Chapter 50: Arya
Arya, Syrio Forel, Ser Meryn Trant, Lannister men, Hullen, the stableboy, Robb

Syrio lagi ngasih pelajaran terakhir, kemudian Ser Meryn dan prajurit Lannister datang, minta Arya ikut. Syrio ngelawan mereka, sementara Arya lari. Arya ngambil Needle, bunuh seorang anak yg ngancem dia. Arya kabur lewat lorong2 gelap dimana dia pernah nyasar.

Chapter 51: Sansa
Sansa, Jeyne Poole, Ser Boros Blount, Cersei, Lord Baelish, Pycelle, Varys

Sansa ditahan di kamarnya bersama Jeyne. Baru di hari ketiga dia dibawa ke Cersei.Cersei bicarain ayahnya (Ned) yg traitor. Dan Sansa dengan menjijikkan ngemis ke Cersei supaya tetap dijodohin sama Joffrey. Cersei nyuruh Sansa nulis surat ke ibunya dan Robb, minta mereka supaya tunduk sama King Joffrey.

yah goblok lah Sansa, ternyata dia cerita ke cersei tentang rencana mereka pergi naik kapal.

Chapter 52: Jon
Jon, Ser Jaremy Rykker, Lord Commander Mormont, Sam, Dywen, Chett, Bowen Marsh, Donal Noye, Pyp, Matthar, Ser Alliser

Mereka menemukan dua mayat ranger yg ikut rombongan Benjen Stark. Kedua mayatnya mencurigakan, darahnya udah kering, tapi mayat belum membusuk. Mormont minta mayatnya dibawa untuk diperiksa. Kabar tentang kematian King RObert dan Ned ditahan karena tuduhan pemberontak nyampe ke Jon. Jon sempet ngamuk waktu Ser Alliser menghina dia, dan jadinya ditahan di sel. Malemnya, Ghost bangunin dia. Penjaga udah mati, leher patah. Mayat yg tadi dibawa idup lagi, dan coba nyerang mormont. Jon mencegah, bertarung lawan undead yg ga mati2. Sampe akhirnay dia membakar mayatnya pake tirai dan lampu minyak.

Chapter 53: Bran
Bran, Robb, Maester Luwin, Hodor, Lord Umber, OSha, Hallis Mollen, the Karstark son, Rickon

Bannermen Stark ngumpul semua di Winterfell. Robb berhasil membuat mereka nurut, walopun dia kuatir sama beberapa Lord yg berbahaya. Bran (dan Hodor) pergi ke godswood buat berdoa. Osha yg nemenin cerita tentang raksasa di luar Wall, dan mahluk2 walkers, dan bahwa mereka harusnya bawa pasukan ke sana. Robb berangkat untuk perang, dan Bran tinggal di Winterfell sebagai lord.

Glovers, Mormont, Bolton, Hornwoods, Cerwyns, Tallharts, Umber, Karstark, Manderly, Flint

Chapter 54: Daenerys
Dany, Khal Drogo, Ser Jorah, Irri, wine merchant, Doreah, Jhiqui, Captain Byan Votyris
Aggo, Rakharo, Quaro (bloodriders)

Dany belum berhasil membujuk Drogo untuk mnaklukkan Seven Kingdoms, karena masalah laut dan Drogo simply not interested. Dany dan Jorah jalan2 ke pasar. Dany ditawarin anggur merah, tapi Jorah mencegah, dan mergokin kalo si penjual hendak meracuni Dany. Jorah dapet surat dari illyrio kalo King Robert pengen Dany mati. Setelah Drogo dikasihtau, dia marah. dan berjanji akan menguasai Seven Kingdoms.

Eastern Market: isinya dari Free Cities, orang2 aneh
Western Market: isinya mirip Westeros, pake Common Tongue.

Chapter 55: Catelyn
Catelyn Stark, Ser Wylis Manderly, Brynden Tully, Lord Wyman Manderly, Ser Wendel Manderly, Robb Stark, Ser Helman Tallhart, Theon Greyjoy, Greatjon Umber, Roose Bolton, Lysa Arryn

Catelyn sampe di Moat Cailin, benteng pasukan Stark, dianterin sama Ser Manderly boys. Catelyn ketemu lagi dengan Robb, dan kemudian ngasih nasehat dan semangat, Robb sempet kuatir ga mampu mimpin perang. Mereka tidak punya pilihan selain maju perang, dan menang. Bicarain strategi untuk maju ke selatan. Catelyn akan tinggal dan menemui House Tully.

Moat Cailin hanya inggal ruin2, tapi masih tangguh.
Gatehouse Tower, Children's Tower, Drunkard's Tower. 3 tower dari yg semula 20.

Chapter 56: Tyrion
Chella, Tyrion, Bronn, Ulf, Shagga, Timmett, Ser Flement Brax, Lannister men, Tywin Lannister, Ser Kevan Lannister, Conn

Tyrion bersama Bronn dan gerombolan clansmen gabung dengan pasukan Tywin. Tyrion menemui Tywin bersama pimpinan clansmen. Bahas situasi terkini, perang antara Lannister dan Stark, bla blabla. Tywin berhasil memancing para clansmen untuk bergabung dengan mereka, ikut perang.

Tywin: 50an.

Chapter 57: Sansa
Sansa, king's herald, King Joffrey, Pycelle, Cersei, Ser Barristan, Janos Slynt, Littlefinger, Varys, The Hound, Ser Boros

Sansa menghadiri kings council, dimana dibacain beberapa keputusan, diantara minta para lord yg berlawanan untuk tunduk pada Joffrey,; Tywin jadi hand of the king, Cersei masuk council, Janos Slynt jadi lord dan masuk council juga. Dan Ser Barristan dikeluarin dari Kingsguard. Dia marah, dan keluar dengan nantangin. The Hound diangkat jadi anggota Kingsguard. Sansa memohon ke Joffrey supaya dia mengampuni Ned. Keputusannya: Ned akan diampuni kalo dia mengakui pemberontakannya, dan mengakui Joffrey sebagai raja.

Chapter 58: Eddard
Ned, Robert, gaoler, Rhaegar, Varys

NEd dipenjara di dungeon di dasar Red Keep. Tersiksa dalam kegelapan dan nightmares. Ned malah nginget waktu Rhaegar menang turnamen, dan deketin Lyanna, padahal dia udah beristri, Elia Martell. Varys nyamar dan ngunjungin NEd, ngasihtau semua situasi saat ini, dan ngasih saran, spaya Ned nurut sama permintaan Sansa, demi keselamatan putri2nya.

Chapter 59: Catelyn
Cat, Robb, Robett Glover, Theon, Ser Brynden, Roose Bolton, Helman Tallhart, Ser Stevron Frey, Galbart Glover, Ser Wendel Manderly, Ser Wylis Manderly, Greatjon Umber, Lord Walder Frey, Ryger (his bastard), Lord Frey's children etc, Ser Jared Frey

Armada Robb tiba di The Twins, daerahnya Lord Walder Frey. Cat ga suka dengan Frey yg ga jelas loyalitasnya. Mereka butuh ijin Lord Frey untuk ngelintasin Green Fork (sungai besar). Lord Frey ngundang Robb untuk bicara, tapi karena ga aman, jadinya Cat yg ngajuin diri. Cat berunding dengan Lord Frey yg menyebalkan, supaya bisa menyeberangi sungai. Akhirnya berhasil, dengan sejumlah syarat, diantaranya Robb harus menikahi salah satu anaknya Lord Frey nanti.

Chapter 60: Jon
Jon, Lord Mormont, Pyp, Toad, Grenn, Halder, Matt, Sam, Maester Aemon

Lord Mormont cerita tentang kabar Ser Barristan yg jadi buronan, tapi dia ga cerita tentang Robb yg berperang. Mormont ngasih Jon pedang warisan keluarga Mormont, yg tadinya punya Jorah. Ser Alliser dikirim buat nunjukin tangan undead ke King Joffrey. Btw, Ser Jaremy mati oleh undead yg satu lagi. ABis itu dia diminta dateng ke Master Aemon. Aemon ceramah tnetang betapa anggota Night WAtch ga boelh terikat ikatan cinta dengan keluarga dsb, karena itu bakal mempersulit ketika harus memilih. Maester Aemon ngasihtau Jon kalo dia adalah seorang Targaryen, dan dia pun pernah menghadapi masa sulit ketika keluarganya hancur.

Chapter 61: Daenerys
Dany, Ser Jorah, Quaro, Irri, Jhogo, Khal Drogo, Mago, Qotho, Cohollo, Aggo, Mirri Maz Duur, Haggo

Khalasar Drogo abis membantai khalasar Ogo. Dany ga tahan sama budaya Dothraki yg setelah perang, mereka mengambil para wanita tawanan sebagai objek perkosaan. Dia minta  mereka stop merkosa para tawanan. Ngomong ke Drogo juga. Drogo kena luka, dan healernya lagi pada pergi. Mirri, salah satu tawanan, menawarkan diri dan kemudian mengobati Drogo. Dia seorang maegi (witch/doctor).

Chapter 62: Tyrion
Tywin, Tyrion, Lord Lefford, Ser Kevan, Conn son of Coratt, Bronn, Podrick Payne, Shae, Ser Gregor, Shagga, Stark men, Ser Addam Marbrand

Tyrion sama pasukan barbarnya ga jelas mau ditaroh di posisi mana, soalnya meragukan. Tyrion balik ke kemahnya, udah ada squire, Pod, dan Shae, cewek yg dibawain sama Bronn buat dia. Tyrion masih tidur ketika ada peringatan pasukan Stark menyerang, buru2 dia bersiap2 pake armor dll. Tyrion ikut di bawah komando Ser Gregor, jaga daerah sungai, dan perang pun pecah. Tyrion benar2 merasakan sendiri berperang, dan nyaris berapa kali terbunuh lawannya, tapi dia selamat. Dan mereka berhasil memukul mundur pasukan Stark. Pas udah selesai, Tywin bilang dia sengaja naroh pasukan Tryion di kiri, karena mereka yg paling ga disiplin diharapkan bisa mancing pasukan musuh masuk, biar abis itu diserbu ama pasukan inti. Ternyata ketauan kalo Robb ga ikut dalam pasukan itu, dan ke RIverrun dengan pasukan intinya yg lebih banyak.

Chapter 63: Catelyn
Cat, Hallis Mollen, Lord Hoster Tully (flashback), Brandon Stark (flashback), Ser Brynden, Robb, Galbart Glover, Ser Jaime Lannister, Theon, Greatjon Umber

Catelyn nunggu dengan gelisah sementara Robb nyerang pasukan Jaime. Mereka menyiapkan perangkap buat Jaime. Mereka berhasil menangkap jaime, walopun ada beberapa korban mati karena melindungi Robb. Cat ngingetin perang masih berlangsung. Mereka masih harus membebaskan Riverrun (Edmure Tully).

Chapter 64: Daenerys
Dany, Khal Drogo, Cohollo, Haggo, Qotho, Doreah, Jhiqui, Irri, Eroeh, Aggo, Ser Jorah, Mirri Maz Duur, Jhogo, Rakharo, Quaro

Kondisi Drogo malah memburuk, kayak orang ga sadar gitu, lumpuh. Drogo jatuh dari kudanya. Qotho mulai membangkang, karena Drogo udah lemah. Ser Jorah meriksa Drogo, dan menyatakan Drogo as good as dead. Jorah ngajak Dany kabur, soalnya kalo Drogo mati, anak buahnya bakal berebut jadi khal, dan nasib Dany dan bayinya ga aman. Para bloodrider hendak bunuh Mirri, tapi dicegah Dany, yg minta supaya dia nolong Drogo. Mirri bilang Drogo udah ga bisa diselamatkan. Akhirnya pake sihir, tapi dibayar dengan kematian kudanya Drogo. Abis itu kacau, Qotho pengen masuk ke tenda dan bunuh Mirri. Dany nyuruh khas dan Jorah mencegah, Jorah berhasil bunuh Qotho, bloodrider yg lain juga bisa dikalahkan. Tapi kacau. Rusuh. Khalasar nya bubar, pada pergi karena ga ada pemimpin. Sihirnya Mirri ada bayangan2 iblis segala, ngeri. Sementara Dany udah kritis, udah mau melahirkan, akhirnya dibawa masuk ama Jorah ke Mirri.

bloodriders: Qotho, Cohollo, Haggo
khas (pengawalnya Dany): Jhogo, Rakharo, Quaro, Aggo
maid: Jhiqui, Doreah, Irri

Chapter 65: Arya
Arya, pushcart man, fake guardsmen, para penduduk, Lord Eddard Stark, High Septon, Joffrey,
 Cersei, The Hound, Varys, Littlefinger, Sansa, Ser Ilyn, Yoren

Arya terjebak di daerah kumuh Flea Bottom, karena ga bisa keluar dari Kings Landing yg dijaga ketat. Kelaperan, ga ada duit, susah dapet makan. Ada bel yg menandakan orang2 untuk berkumpul di alun alun Baelor plaza. Padat sama orang, Arya bisa liat dengan jelas, di atas patung Baelor. Ned Stark dibawa ke sana, dalam keadaan lemah. Ned mengakui telah berkhianat, dan mengakui Joffrey sebagai raja yg sah (sesuai kesepakatan yg diberikan Joffrey ke Sansa kalo nanti dia bakal diampuni). Gataunya Joffrey minta Ned dihukum mati. Walaupun Cersei dll berusaha mencegah. Ned dieksekusi. Arya pengen maju berontak, tapi ditahan ama Yoren, yg mencegah dia untuk melihat eksekusinya. Yoren nyuruh dia untuk diam, dan ikut dia kalo mau pergi dengan selamat.

Chapter 66: Bran
Bran, Ser Rodrik, Maester Luwin, Osha, RIckon

Bran cerita tentang mimpi dimana dia terbang turun ke crypt dan ada Eddard di sana. BRan turun ke bawah untuk ngecek bersama Master Luwin dan Osha, cerita2 tentang para pendahulu Stark. Ada Rickon disana, dan dia juga dapet mimpi yg sama tentang Ned. Mereka kemudian kumpul di ruangannya Luwin. LUwin berkeras ke Bran supaya ga percaya ama mimpi ama dongeng2 tentang children of the forest, semetnara Osha percaya cerita2 itu masih ada. Master Luwin ceritain sejarah children of forest, kemudian First Men, Andals, tapi kemudian kepotong, ada raven dateng bawa kabar. (bahwa Ned sudah mati)

Dragonglass, mata panah hitam yg dibuat oleh children of forest, satu2nya yg ampuh lawan white walkers.

Chapter 67: Sansa
Sansa, Joffrey, The Hound, Ser Meryn

Sansa masih bersedih, dan mendekam doang di kamarnya karena kematian ayahnya. Hingga Joffrey dan pengawalnya datang, minta dia datang ke court. Sansa nolak dan marah ke Joffrey, dan Joffrey nyuruh orang buat nampar Sansa. Barulah Sansa sadar betapa kejam si Joffrey. Joffrey menunjukkan kekejamannya ketika court, ngasih hukuman ga kira2. Joffrey kemudian membawa Sansa dan menunjukkan kepala ayahnya yg dipenggal, dan ditancap ke tombak di atas wall. Sengaja banget mau nyiksa dia. Dia juga ngancem bakal bawa kepala RObb juga. Ketika Sansa bales ucapannya, Joffrey nyuruh Ser Meryn nampar dia lagi. Sansa ngeliat kesempatan untuk dorong Joffrey jatuh dari pagar, tapi The Hound mencegah.

wowow, wtf?
Once Grand Maester Pycelle came with a box of flasks and bottles, to ask if she was ill. He felt her brow, made her undress, and touched her all over while her bedmaid held her down.
Sandor Clegane scooped her up around the waist and lifted her off the featherbed as she struggled feebly. Her blanket fell to the floor. Underneath she had only a thin bedgown to cover her nakedness.

Chapter 68: Daenerys
Dany, nightmare, Jhiqui, Ser Jorah, Irri, Mirri Maz Duur, Doreah, Jhogo, Aggo, Rakharo

Dany mimpi buruk, dan dia menjadi naga, terbang. Dany ga sadar berhari2, dan pas bangun ternyata bayinya ga selamat. Mirri ngasihtau kalo bayinya terlahir seperti monster, dan langsung mati.

Dany mimpi jadi naga, kayak Bran mimpi jadi crow.
“Monstrous,” Mirri Maz Duur finished for him. The knight was a powerful man, yet Dany understood in that moment that the maegi was stronger, and crueler, and infinitely more dangerous. “Twisted. I drew him forth myself. He was scaled like a lizard, blind, with the stub of a tail and small leather wings like the wings of a bat. When I touched him, the flesh sloughed off the bone, and inside he was full of graveworms and the stink of corruption. He had been dead for years.”

Chapter 69: Tyrion
Tywin, Tyrion, messenger, Ser Harys Swyft, Ser Kevan, Ser Gregor, Ser Flamant Brax, Lord Lefford, Ser Addam Marbrand, Shae

Rapat di pimpinan pasukan Lord Tywin, messenger melaporkan kekalahan pasukan Jaime oleh strategi Robb Stark, dan Jaime ditawan. Semua berdebat harus ngapain sekarang untuk bebasin Jaime. Lord Tywin ngusir semua keluar kecuali Tyrion dan Kevan. Dia menyesalkan tindakan Joffrey yg menggal Eddard, padahal Eddard bisa jadi bargain buat tuker sandera sama Jaime. Update lainnya, Renly gabung dengan Tyrells dan mengklaim diri sebagai King. Mereka juga perlu kuatir dengan STannis. Banyak musuh, jir. Tywin ngambil keputusan. Mereka bergerak ke Harrenhal untuk bermarkas disana. Dan dia ngutus Tyrion untuk jadi Hand, supaya Joffrey ga terus2an bikin keputusan ngaco.

Chapter 70: Jon
Jon, Sam, Grenn, Pyp, Toad, Halder, Matthar, Lord Mormont

Jon kabur dari Castle Black, untuk bergabung dengan Robb dan membalaskan kematian ayahnya. Sam berusaha mencegah, gagal. Jon udah sampe ke Mole Towns di kingsroad, tapi temen2nya nyusul dan meminta dia untuk kembali, ngingetin dia akan sumpah yg sudah mereka ucapkan sebagai Night Watch. JOn ikut balik ke Castle Black. Lord Mormont/Old Bear manggil dia, tau kalo Jon semalem mencoba kabur. Dia ngingetin Jon, bahwa keberadaannya lebih dibutuhkan di sana, dan bahaya dari North of the Wall mengancam. Mormont bakal memimpin pasukan untuk pergi ke luar Wall, untuk mencari kebenaran, dan menanyakan kesetiaan Jon. Jon berjanji setia dan ga akan kabur lagi.

Chapter 71: Catelyn
Cat, Ser Edmure, Lord Hoster Tully, Ser Brynden, Theon, Robb, Galbart Glover, Ser Marq Piper, Lady Maege Mormont, Ser Stevron Frey, Greatjon Umber, Lord Rickard Karstark, Lord Jonos Bracken, Lord Tytos Blackwood, little Darry boy

Cat dan rombongan Robb dateng ke House Tully. Cat jenguk ayahnya, Hoster, yg menjelang ajal, sakit. Cat bilang ke Robb kalo kakeknya pengen ketemu, tapi Robb minta rapat dulu. Membicarakan strategi yg mesti mereka ambil dengan perkembangan terbaru. Ada yg minta supaya mereka join dengan Renly, supaya tambah kuat dan pasti menang, Robb blang kalo Renly ga punya hak sebagai raja, soalnya masih ada kakaknya, Stannis. Cat pengen damai, supaya anak2nya kembali dengan selamat. Greatjon kemudian menyatakan kalo lebih baik mereka berdiri sendiri kembali sebagai kerajaan terpisah, dan menobatkan Robb sebagai King in the North, dan semuanya pun berlutut.

fyi, King in the North udah 300 tahun dihapus sejak invasi dinasti Targaryen.

Chapter 72: Daenerys
Rakharo, Aggo, Mirri Maz Duur, Dany, Jhogo, Ser Jorah, her new khalasar, Jhiqui, Doreah, Irri

Dany nyiapin upacara pembakaran Khal Drogo. Ser Jorah kuatir Dany bakal ikut membakar diri, tapi Dany tenang2 aja. Dany ngasih hadiah ke para pengawalnya dan minta mereka untuk jadi bloodrider, semua menolak, soalnya mereka ga bisa menjadikan wanita sebagai pemimpinnya. Cuma Ser Jorah yg mau, dan dia jadi Queensguard. Dia mandi, juga mandiin Drogo, kemudian naroh di atas susunan kayu, untuk dibakar. Telur2 naganya juga ikut dibakar bersama Drogo. Mirri yg diiket, juga ikut dibakar hidup2. Ketika api makin membesar, Dany maju ke dalam kobaran api. Ikut terbakar. Tapi keajaiban terjadi. Setelah api padam, Dany masih utuh, ga terluka. Dan bersamanya, ada 3 bayi naga yg lahir dari telur2 tadi.

Jrenggg! Akhirnya naga lahir kembali.

No comments:

Post a Comment