Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, September 20, 2014

[Review] True Blood (season 7)


"It is her light that pulls us in, just as she is pulled to our darkness."
 - Bill Compton

cast
Anna Paquin as Sookie Stackhouse
Stephen Moyer as Bill Compton
Ryan Kwanten as Jason Stackhouse
Alexander Skarsgard as Eric Northman
Chris Bauer as Andy Bellefleur
Kristin Bauer van Straten as Pam de Beaufort
Deborah Ann Woll as Jessica Hamby
and others.

Season terakhir True Blood. Jika dibandingkan dengan season2 sebelumnya, season terakhir ini tidak terlalu rame atau fantastis, porsi dramanya lebih banyak, terutama di sebagian akhir. Sepertinya pengen diberikan closure yang pas untuk mengakhiri serial ini. Beberapa karakter utama dibunuh tanpa ragu2, sehingga jadi ragu apakah ini True Blood atau Game of Thrones. Cerita langsung dibuka melanjutkan adegan di season sebelumnya, dimana para penduduk Bon Temps sedang mengadakan pesta di Bellefleur's bar (yg tadinya punya Sam). Pesta dimana vampire dan manusia berbaur, dan Sam sebagai mayor mencanangkan program satu vampire akan melindungi satu manusia, dengan imbalan boleh minum darahnya. Tujuanya untuk melindungi mereka dari bahaya hep-V. Di saat itulah, sekelompok vampire yg terinfeksi hep-V muncul.

Masalah dengan gerombolan hep-V vampire

Penyerbuan gerombolan vampire liar memakan cukup banyak korban vampire di pihak Bon Temps. Termasuk Tara, yg terbunuh off-screen. Mereka juga menculik beberapa manusia untuk ditawan dan disedot darahnya, termasuk di antaranya Arlene, Holly, dan Nicole (istrinya Sam). Mereka ditahan di sebuah dungeon (basement), yg ga lain ada di Fangtasia yg ditelantarin Eric.

Sookie yg mampu membaca pikiran orang2, mendapati bahwa sebagian besar mereka menyalahkannya atas kejadian penyerangan itu, termasuk Alcide, padahal Sookie juga sebagai korban dan ingin mengatasi masalah.

Masalah lain yg juga cukup gawat. Vince, saingan Sam sebagai calon mayor yg kalah, memergoki Sam berubah wujud, dan karena ga percaya dengan Sam, dia bertindak sendiri. Mengumpulkan massa dan memprovokasi mereka untuk mengatasi masalah sendiri, dengan mengambil senjata dari kantor polisi. Yang hendak mereka basmi bukan hanya hep-vamps, tapi juga semua mahluk non-human. Mereka hendak membunuh Bill, tapi Andy berhasil mencegahnya.

Sookie, team up dengan Alcide, Andy, Jason, dan Sam berusaha melacak hep-vamps. Mereka menemukan mayat korban sebelumnya, dan mendapati si korban berasa dari kota sebelah, jadi mereka pergi ke sana untuk menyelidik. Ga taunya di kota sebelah udah kayak kota mati, habis karena serangan hep-vamps.


Sookie diam-diam meminta bantuan Bill untuk menjalankan rencana untuk memancing hep-vamps. Sementara kelompok hep-vamps juga membawa Holly sebagai umpan, dan mereka ga bego2 amat. Mereka nyaris meringkus Bill, tapi untungnya backup datang yaitu Jason, Andy, Violet, Alcide. Para hep-vamps berhasil dibunuh. Tapi tak lama kemudian, Alcide tertembak. Pelakunya adalah kelompok Vince yg membawa senjata. And just like that, Alcide is gone.

Walaupun masih berduka atas kematian Alcide, Sookie tetap berusaha meneruskan usaha mencari korban lainnya. Setelah menanyai Holly dan membuka ingatannya, mereka tahu kalau korban yg lain ditahan di Fangtasia. Mereka menyusun rencana dan bantuan dulu.


Jadi dengan bantuan Bill, mereka hanya berhasil mengumpulkan sedikit vampire untuk membantu. Jadi yg ikut operasi penyelamatan di antaranya Sookie, Bill, Jason, Sam, Jessica, James, Violet, dan 2 orang vampir lain yg mau membantu. Tapi kebetulan banget Eric dan Pam dateng, jadilah mereka ikut serta, walaupun Eric kondisinya ga memungkinkan karena dia terkena hep-v juga. Willa, vampire progeny-nya Eric juga ikut.

I don't see what the big deal. Mereka berhasil membebaskan para korban, membunuh para hep-vamps, dan juga membunuh kelompoknya Vince yg juga muncul dan malah menambah kacau masalah. Bill yg bunuh Vince sewaktu dia hendak menikam Jessica.

And so, masalah dengan hep-vamps pun selesai di episode 4.

Eric Northman dan hep-v

Di ending season lalu, Eric terlihat terbakar waktu lagi santai2 di gunung salju. Nah, ternyata emang ga mati kan. Pam pun nyari Eric sampe ke Maroko, ikut challenge russian roulette biar dapet informasi keberadaan Eric. Akhirnya dia nemuin Eric di Perancis, dalam keadaan terinfeksi hep-V.


Rhone Valley, kota di Perancis dimana Eric kabur itu menyimpan memori, karena bertahun2 lalu Eric sempet tinggal di sana dan berhubungan intim dengan anak pemilik perkebunan, Sylvie. Tapi kemudian Nan Flanagan sebagai utusan Authority datang dan memintanya untuk jangan terlalu pamer kemesraan, karena waktu itu vampire belom membuka diri ke publik. Karena Eric ngeyel, Authority kemudian ngirim kelompok Yakuza untuk mengancam Eric. Dihadapkan pada pilihan antara Pam atau Sylvie, Eric memilih Pam untuk tetap hidup. Btw kenapa Yakuza? Karena Authority bekerja sama dengan Yakanomo Corp, perusahaan yg bikin Tru Blood, dan Yakanomo menggunakan bantuan yakuza dalam kegiatannya. Lalu flashbacknya lanjut ketika Eric dan Pam diberi tugas oleh Authority untuk jadi sheriff di Bon Temps dan disuruh jalanin bisnis tempat penyewaan dvd. Iya, Fangtasia dulunya tempat penyewaan dvd, hingga kemudian si Ginger kerja sama Eric, trus ngusulin supaya mereka mengubahnya jadi bar/night club bernama Fangtasia.

Pam berhasil membujuk Eric untuk kembali, dengan sebuah misi, yaitu menemukan dan membunuh Sarah Newlin, orang yg bertanggung jawab atas mewabahnya hep-v dan kematian Nora, adik sedarah Eric.

Jadi mereka balik ke Bon Temps. Eric minta ketemu sama Willa, progeny yg diabaikannya, minta maaf, melepasnya dari hubungan maker-progeny (I release you), dan minta info tentang keberadaan Sarah Newlin. Sarah punya saudara perempuan yg vampire, yg dirahasiakan dari umum.

Setelah ikut membantu membereskan masalah hep-vamps, Eric dan Pam pergi ke tempat Amber, saudaranya Sarah, dan dapat info kalo Sarah mungkin lagi ada di sana, minta bantuan ke orangtuanya yg senator.


Eric dan Pam dateng ke acaranya senator, tapi suasana jadi rumit karena yakuza nyerbu ke sana juga. Begitu Eric menemukan dan hampir membunuh Sarah, dia ngeliat yakuza yg dateng itu adalah orang yg sama yg waktu itu bunuh Sylvie, jadinya Sarah dia lepas dan dia bunuh si Hiroki, yakuza yg tadi. Akibatnya, sekarang dia harus meladenin para yakuza, dan akhirnya diringkus ketika Pam tertangkap.

Mr Gus, perwakilan Yakanomo Corp di Amerika, datang dan menawarkan deal untuk Eric dan Pam, untuk membantu mencari Sarah Newlin, kalau ga, mereka akan dibiarkan terbakar sunrise. Pam buka mulut, tapi mereka menegaskan kalo nyarinya bareng2, dan Eric yg bakal bunuh Sarah. Oke.

Mereka (Eric, Pam, dan yakuza) mendatangi lagi saudaranya Sarah, dan kaget. Karena waktu kemaren mereka ke sana, Amber ini kena hep-v, dan sekarang udah sembuh. Mereka pun tahu kalo Sarah adalah antidot untuk hep-v. Dia meminum habis semua antidot, dan jadinya darah Sarah adalah antidot-nya. Objektif pun berubah, mereka tidak jadi membunuh Sarah, tapi menangkapnya dan memperbanyak darahnya.

Ketika mereka menemukan Sarah (dengan bantuan satelit dari Yakanomo Corp pusat, wow), Eric menghisap darah Sarah, dan serta merta dia pun sembuh. Hep-V nya lenyap. Mr Gus kemudian menawari Eric sebagai duta untuk promosi produk baru mereka, New Blood, yg diambil dari darah Sarah. Tapi mereka sengaja ga bikin darahnya perfect, yg bisa langsung nyembuhin hep-V, supaya orang2 bakal terus beli.

Bill Compton and his true death

Setelah urusan dengan hep-vamps beres, besoknya ketika Bill bangun, dia mendapati kalo dia sudah terinfeksi hep-v. Keliatan dari urat2 hitam yg mengakar dari jantung. Setelah dicek ke dokter juga, ternyata Sookie yg menularinya. Jadi begini, waktu mereka mancing hep-vamps itu, ketika hep-vamps nya mati, darahnya kan nyiprat ke mukanya Sookie, dan sepertinya ketelan. Trus abis itu Sookie yg ga mengira kalo dia terinfeksi, ngasih darah ke Bill supaya dia kuat, untuk persiapan operasi penyelamatan ke Fangtasia. Begitulah Bill terinfeksi, dan karena tercampur dengan darah Sookie yg fairy, perkembangan hep-v nya cepet banget. Hanya dalam dua hari, kondisi Bill udah stage akhir.

Bill sempat pergi ke kantor pengacara, untuk mengurus supaya rumah dan hartanya bisa diwariskan ke Jessica kalo dia mati, tapi prosedur berbelit2, dia ga jadi. Jessica juga nyadar kalo Bill kondisinya aneh, dan cerita ke Sookie, akhirnya nanya langsung ke Bill, dan tahu tentang hep-V nya.

Sookie tinggal di rumah Bill, untuk merawatnya, dan berusaha mencari obatnya, walaupun ga ada ide. Saat itulah, Eric datang lagi dalam kondisi yg udah segar bugar setelah sembuh. Sookie pun nanyain tentang penawarnya, tapi Eric menolak ngasihtau, tapi janji bakal datang lagi besoknya. Soalnya Eric udah bikin perjanjian sama Mr Gus untuk ga cerita soal Sarah sebagai antidot ke siapa-siapa, dan karena mereka kan emang sengaja bikin produknya yg ga sempurna.

Jadinya Sookie nekat dateng sendiri ke Fangtasia di tengah hari, dan langsung ketemu sama Mr Gus dan para yakuza yg nanya dia siapa. Untung, Eric dengan cerdik bisa ngasih alasan, dan Sookie bisa pergi dengan selamat. Sookie juga tau kalo penawarnya ada di basement, setelah baca pikiran Mr Gus.


Malemnya, Sookie, Bill dan Jessica diam-diam dateng ke basement Fangtasia, lewat terowongan rahasia yg sudah mereka tau sewaktu kemaren nyerbu hep-vamps. Eric dan Pam juga ada di sana. Begitu juga Sarah Newlin yg ditahan di sana. Tapi ga taunya Bill menolak untuk meminum darah Sarah, dan memilih untuk menerima kematiannya. Keputusan yg ga bisa diterima oleh Sookie dan Jessica.

Bill melepas Jessica dari status progeny-nya. Kemudian dia menjelaskan ke Eric kenapa dia memilih mati. Semata2 demi Sookie. Sebelumnya dia bermimpi, bahwa Sookie akan melahirkan kegelapan kalo dia terus bersama Bill. Sookie ga akan punya anak normal. Dan selama Bill masih hidup, Sookie ga akan bisa move on dan hidup normal. Sebabnya menurut Bill, Sookie yg fairy yg penuh dengan cahaya, otomatis akan tertarik pada vampir yg penuh kegelapan, dan sebaliknya.

Juga ada flashback masa lalu Bill dengan keluarganya, yg tujuannya apa ya, mungkin untuk membuat Bill merasa seperti manusia lagi. Dan memang, katanya mendekati kematiannya, dia merasa lebih manusiawi, bahkan Sookie bisa membaca pikirannya di saat2 akhir. Padahal selama ini Sookie (sebagai fairy) ga pernah bisa baca pikiran vampire.


Sebelum kematian Bill, Jessica setuju untuk menikah dengan Hoyt. (Lho, Hoyt? Nanti dibahas) Jadilah mereka mengadakan pernikahan kecil-kecilan di dalam rumah Bill, dimana Bill akhirnya berkesempatan untuk mengantarkan sosok 'putrinya' menikah, hal yg ga bisa dilakukannya pada anaknya dulu.

Setelahnya Bill meminta Sookie untuk membunuh dan menguburnya, dengan kekuatan Sookie yg hanya bisa digunakan sekali, supaya Sookie kehilangan kekuatan fairynya dan kembali jadi manusia biasa. Sookie menolak untuk menggunakannya, karena menjadi fairy adalah bagian dari dirinya. Jadinya, Sookie mengakhiri hidup Bill dengan menusukkan stake (pasak kayu), dan Bill pun hancur.


Plot dan karakter lainnya

Hubungan Jessica dengan sheriff Andy Bellefleur tidak begitu bagus, karena Jessica sudah membunuh anak2 fairy Andy, dan yg tersisa tinggal Adilyn. Jessica sudah menyatakan memberikan perlindungannya untuk Adilyn, tapi Andy berkeras agar Adilyn tidak mengijinkan Jessica masuk. Tapi akhirnya Adilyn membolehkan Jessica masuk, ketika ada hep-vamp yg hendak menyerang mereka. Berikutnya, setelah masalah hep-vamps selesai, Andy pun melunak sikapnya, dan berdamai dengan Jessica.


Masalah dengan Violet, vampir yg jadi kekasihnya Jason. Violet ini posesif dan pencemburu. Udah ga berperasaan pula. Sewaktu diadakan pesta untuk menghibur Sookie dan untuk merayakan keberhasilan mereka menumpas hep-vamps, dia mencuri dengar Jason dan Jessica yg melakukan seks. Violet kemudian menyatakan putus dengan Jason lewat surat, tapi padahal dia masih mendendam. Violet kemudian menculik Adilyn dan Wade, dengan dalih memberi tempat untuk mereka tinggal, padahal dia kemudian menahan mereka. Untuk memancing Jessica, yg kemudian disekap juga. Kemudian dia meminta Jason untuk datang, sebagai perangkap. Violet nyaris membunuh mereka semua, tapi untungnya Hoyt datang dan menembak Violet hingga mati. Oiya, senjata untuk ngelawan vampir udah efektif, hampir semua pake peluru silver.

Btw, Adilyn dan Wade. Wade ini anaknya Holly, Adilyn anak (fairy) Andy. Padahal Andy dan Holly pacaran, dan kemudian berencana nikah. Jadi sebenarnya Adilyn dan Wade ini saudara tiri, makanya waktu Andy mergokin mereka tidur bareng, dia ngusir Wade, dan ujung2nya Adilyn kabur dari rumah. Yg menyebabkan Violet dengan mudah menculik mereka.

James. Awalnya James ini kan pacaran sama Jessica, meskipun gitu2 aja. Sewaktu James ditugaskan untuk melindungi Lafayette, mereka malah jadi akrab. James merasa lebih dekat dengan Lafayette ketimbang Jessica. Cerita2 tentang masa lalu James, nyimeng bareng. Karena terus2an dikacangin Jessica, James pun beralih ke Lafayette. Si James ini emang gay sih, tapi juga bisex. Yah gitu lah. Jessica sempet marah2, tapi Lafayette bales ngomelin dia soalnya selama ini dia ga peduli sama James. Okay. Nah, sewaktu abis putus itulah Jessica curhat ke Jason dan mereka having sex lagi, yg memancing Violet bertindak gila.


Kemunculan Hoyt Fortenberry. Hoyt kan aslinya udah pergi dari Bon Temps setelah memorinya tentang Jessica dan Jason dihapus. Nah, Maxine, ibunya Hoyt ini mati dibunuh Violet. Sebabnya, Maxine ikut dalam gerombolannya Vince yg main hakim sendiri. Dia nembak Jessica (pake peluru biasa), dan abis itu Violet langsung bunuh dia. Jason mengabari kematian Maxine ke Hoyt yg tinggal di Alaska. Hoyt pun pulang bersama Brigette, pacarnya yg hot.

Hoyt dan Jessica, Jason dan Brigette. Jadi sejak Hoyt dateng bersama Brigette, Jason udah naksir Brigette, tapi dia berusaha untuk nahan diri. Hoyt dan Brigette sempat bertengkar ketika Brigette ngomongin bayi, soalnya Hoyt ga pengen punya anak. Jadinya Brigette ikut sama Jason ke tempatnya Violet, yg kemudian berujung dengan Hoyt menyelamatkan mereka semua dengan membunuh Violet. Saat itu dia ketemu lagi sama Jessica. Walaupun ingatan tentang Jessica udah ilang, entah gimana Hoyt tertarik lagi dengan Jessica. Jessica pun semacam kangen sama Hoyt. Singkat cerita, Hoyt putus dengan Brigette dan jadian sama Jessica. Dan kemudian ketika ketemu Bill, mereka setuju untuk menikah (sebelum Bill mati). Sementara Brigette mengungsi ke tempat Jason, yg mengingatkan kalo mereka ga akan ngapa-ngapain. Dan memang, Jason berhasil menahan diri untuk ga tidur bareng sama Brigette, meskipun dia naksir. Brigette pun rupanya juga naksir sama Jason.

Lettie Mae, ibunya Tara. Setelah kematian Tara, dia terobsesi dengan darah vampire, karena setelah meminumnya dia bisa melihat penampakan hantu Tara. Awalnya dia minta darah dari Willa, tapi kemudian dilarang sama Reverend Daniels, suaminya Lettie Mae. Lettie Mae yg ngotot bahkan sempat menyerang Willa, kemudian dibawa pergi sama Lafayette. James pun menawari darahnya, yang membuat Lafayette setuju. Kemudian mereka juga mengajak Reverend Daniels meminum darah James, dan mereka bertiga pun melihat hantunya Tara. Dia menunjukkan masa kecilnya, dimana Tara menyembunyikan pistol milik ayahnya yg abusif ketika bertengkar dengan Lettie Mae. Kita asumsikan, setelahnya hantu Tara pun pergi dengan tenang.

Sarah Newlin. Tadinya dia bersembunyi di sebuah ashram dan pindah menjadi Buddha, sekaligus tidur dengan Guru di sana. Tapi tetep aja keberadaannya dilacak sama yakuza, yg membunuh si Guru. Sarah kabur, ke orangtuanya, yg kemudian juga diserang yakuza. Btw ini gw ga abis pikir, yakuza ini hebat banget apa, masa ini lagi acara senator dbantai aja gitu semua orang. Parah. Itu senator, bro, mungkin nanti jadi calon presiden. Sarah kabur lagi ke tempat Amber, adiknya yg vampir, dan nyembuhin Amber dengan darahnya. Terus lari, dan dihantui oleh Steve Newlin, Jason, juga si Guru. Akhirnya ditangkap oleh Eric dan Mr Gus, kemudian ditahan, dan darahnya diambil untuk diproduksi jadi New Blood.

Satu lagi. Arlene yg sempat disekap sama hep-vamps, aslinya sekarat sewaktu Sookie dan lainnya datang menyelamatkan mereka. Untungnya Keith, salah satu vampir temennya James yg ikut membantu nyerang, memberikan darahnya. Sejak itu, Arlene kebayang2 sama Keith, dan mereka pun ujung2nya pacaran.


Mr Gus dan Yakuza. Dari awalnya, Mr Gus ga pernah benar2 percaya sama Eric dan Pam. Tapi dia orang yg setia sama janjinya, bahwa deal dengan Eric akan terus jalan. Ketika Sookie nongol, Mr Gus makin curiga, akhirnya ketauan kalo Eric bocorin informasi tentang Sarah ke Sookie. Dengan mengancam akan membunuh Pam, Mr Gus memaksa Eric ngaku. Mereka hendak membunuh Sookie, tapi kemudian Eric membunuh Mr Gus dan para yakuza. Finally. Eric juga sempat melepas Sarah, biar dia dikira hilang, padahal masih dalam genggaman mereka.

Epilog


Sekitar empat tahun kemudian, Sookie sudah menikah dengan orang lain dan sedang mengandung. Jason udah nikah dengan Brigette, dan punya anak 3. Eric dan Pam mengambil alih bisnis New Blood, dan bisnis itu maju pesat, sementara mereka masih menahan Sarah di basement. Adegan terakhir menunjukkan Sookie dan yg lainnya makan malam bersama di pekarangan rumahnya.

-OoO-

Akhirnya selesai juga. Season ini memang kurang begitu menegangkan, karena sosok musuh/lawannya ga begitu tangguh. Ya siapa, yg pertama hep-vamps, terus yakuza. With all due respect, lawan2 ini harusnya bisa dibereskan dengan mudah. Secara Eric umurnya 1000 tahun gitu, masa lama banget sebelum dia membasmi si yakuza?

Dan agak kurang ajar sama Tara dan Alcide yg dibunuh terlalu cepat. Emang kebanyakan karakter sih, tapi jangan cepet2 banget lah dimatiinnya..

Di season ini, banyak banget yg dicantumin sebagai main cast.
Selain yg biasa regular dari season2 sebelumnya, seperti Sam, Tara, Alcide (Tara dan Alcide tetap dicantumin walaupun mereka muncul sedikit), Holly, Sarah Newlin, Lafayette, Lettie Mae, Hoyt, Arlene, Nicole; ada juga yg naik status jadi reguler, yaitu Willa, Reverend Daniels, Adilyn, Wade dan Rocky, James, dan Violet.

Notable guest star: Will Yun Lee sebagai Mr Gus, dan Ashley Hinshaw sebagai Brigette. Ada juga special guest star dari karakter2 reguler season sebelumnya, di antaranya Robert Patrick sebagai Jackson Herveaux (ayahnya Alcide), Steve Newlin, Nan Flanagan, Terry Bellefleur, Rutger Hauer sebagai Niall Brigent (buyut fairynya Sookie), dan Lois Smith sebagai Adele Stackhouse (neneknya Sookie yg udah mati).

This is it. Ga bakal ada vampir lagi di tahun depan.

Ada kutipan bagus dari Reverend Daniels, ketika Sookie bertanya apakah dia yg fairy, lalu vampir dan lainnya adalah kesalahan.

"I believe we are all as God made us, but I also believe He doesn't have to lead our lives and He doesn't have to walk in our shoes.
What I'm getting at is God wouldn't have given us these amazing brains we've got if He didn't expect that, at some point we were gonna start using 'em to make our own decisions, to exercise our free will."
- Reverend Daniels

No comments:

Post a Comment