Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, October 10, 2014

Jurnal 10 Oktober 2014

Minggu lalu mudik, untuk Idul Adha di kampung. Biasanya juga pas Idul Adha ga pernah mudik, cuma karena Lebaran kemaren ga pulang (karena ga dapet tiket), dan udah setahun lebih gw ga mudik (termasuk waktu mbah wafat), ya bagusnya sih mudik kali ini. Tiket udah dibeli sebelum-sebelumnya, udah diurus sama adek gw yg lebih sering mudik. Berangkat hari Kamis sore dari rumah, ke Gondangdia dulu, trus naek taksi ke Stasiun Pasar Senen. Kalo bertiga ya mending naek taksi, karena jatohnya 16rb (kalo uang pas), ga beda jauh ama naek bajaj yg 15rb waktu itu. Nunggu di ruang tunggu stasiun Senen yg adem (tapi tetep masih banyak calon penumpang yg menuhin selasar di luar), dan keretanya berangkat jam 10 malem. Kereta Senja Utama yg udah bertahun-tahun sejak gw naik terakhir. Kelas bisnis, bangku 2-2, gw duduknya sama orang lain. Buat tidur agak susah, kurang nyenyak sih, mana gw juga ga nyewa bantal, tapi karena udah terbiasa kalo di kantor tidur di kursi, jadi yaa ga ngaruh2 amat. Sambil baca buku AKTH kalo ga ngantuk. Sampe di Klaten jam setengah 8, trus lanjut naek taksi-taksian (mobil yg dijadiin taksi) dari stasiun ke rumah di kampung, di pedalaman.

To be honest, ga banyak yg dilakukan sih di rumah sana, soalnya kalo siang panas bgt, dan motor yg bisa dipake cuma 1, dan seringnya dipake. Makanya, gw kepengen beli sepeda buat di sana. Trus tadinya mau kurban di sana, tapi karena kambingnya udah pada laku, jadi batal. Kakak-adek gw jadinya kurban di tempat lain, sementara gw memutuskan untuk beli sepeda aja. Fungsional. Selain itu, kegiatan utama gw di sana ya, baca buku. Udah bawa buku 3, yaitu Aku Tahu Kamu Hantu, The Cold Moon (buku pinjeman dari Anila), sama Unforgiven (yg baru nyampe minggu kemaren). AKTH buat dibaca di kereta, biar ga usah nyatet2. Gw mulai baca The Cold Moon sambil bikin catetan. Malemnya udah takbiran. Jadi, di sana mayoritas lebih ngikut Muhammadiyah (pake metode hisab), jadi tanggal 10 Zulhijjah hari Sabtu, sama kayak di Arab). Sementara pemerintah masih pake metode rukyah (liat hilal dalam penentuan awal bulan). Kebetulan malemnya kita dateng ke rumah pakde yg deket situ, dan gw nemu majalah Muhammadiyah, juga selain itu baca twtinya Mentri Agama. Kesimpulan: di masa sekarang ini harusnya metode rukyah sudah ga perlu dipakai, dan pake hisab aja, biar penanggalan kalender Hijriyah sama di penjuru dunia, biar ga terpecah belah gitu lah. Dari pemerintah, tahun ini Idul Adha hari Minggu, karena udah ditetapin tanggal 1 Zulhijjah duluan, yg beda dengan Muhammadiyah.

Besoknya, jadinya gw ikut solat Id. Tadinya mau solat yg hari Minggu, tapi katanya kalo Minggu dikit, jadi ya ikut yg hari Sabtu aja. Selesai solat, kembali seolah ini hari biasa, dan memang menurut sebagian besar masyarakat Indonesia, ini emang hari biasa, Lebarannya minggu. Mantengin twitter, buat tau gimana yg lagi HS festival di PRJ sana. Ya, jadi ntah papa ya, HS Festival kok penetapannya udah mundur banget, trus mepet Idul Adha pula (emang Idul Adha pula kalo menurut sebagian orang). Ngeliatin pic-pic yg dishare sama member ato akun idol2 lain.

Highlight HS kali ini ada dua menurut gw. Pertama, Dhike yg dandan ala kostum SNSD yg marinir itu. Haha, gw ikut seneng, karena ngerti kalo Dhike cosplay jadi Jessica yg kemaren keluar dari SNSD. Jadi, ceritanya hari selasa atau rabu ya, ada berita kpop, Jessica dikeluarin/atau keluar dari SNSD, dan pas gw liat fotonya, waduh, ini dia nih member SNSD yg mirip sama Dhike. Jadinya gw mention ke dhike, eh trus difavoritin, hehe. Yaa meskipun ga begitu spesial sih, soalnya neng dhike ini udah dari minggu2 kemaren hobi (atau iseng) klik tombol favorit, sampe bikin Reupload kewalahan. Anyway, kayaknya sih, gw ikut berperan sehingga neng Dhike memilih untuk bergaya kayak SNSD. Hehe, ikut seneng lah. Highlight kedua adalah: kemunculan Boby, si ganteng playboy yg bikin member dan fans2 cewek pada gesrek. Siapakah Boby ini? Tak lain adalah Beby yg pake jas, dan wig, serta kacamata sehingga terlihat kayak cwok. Ganteng sih, meskipun gw tetep berkeras kalo urusan ganteng, Ghaida nomer satu. Awalnya itu kan si beby sempet pake kostum wedding dress yg anggun itu, eh ternyata di sesi berikutnya, dia pake kostum wedding dress cowok, jas formal gitu (yg kegedean buat dia). Anyway, HS kali ini bikin gw ketawa2, meskipun gw ga di sana. Mungkin juga emang lebih menikmati live report dari jauh, ketimbang berada di sana dan terasingkan karena ga tau mau ngapain.

Hari Sabtu itu juga jadi beli sepeda di Pedan. Setelah milih2, beli yg harganya 1,1 jt. Langsung dipake. Hmm, bagus sih, tapi lebih banyak terasa guncangannya. Mungkin karena emang jalan di kampungnya pada ga rata, buktinya pas di jalan raya smooth aja. Lumayan terpake sih sepedanya buat keliling2, tapi ga sampe jauh2 banget, palingan ke Pedan, trus balik lagi. Biasa sih keliling2 di desa, trus ngelewatin sawah, udah gitu aja keliling. Tadinya gw mau bikin peta jalan di kampung sana, tapi gausah deh, udah apal pokoknya.

Selain baca buku, dan mantengin twitter, kegiatannya ya main COC (karena gw ga bawa laptop buat mudik). Tapi seret banget, karena koneksinya susah di pedalaman. Kalo ke pedan sih, lumayan lancar, tapi di pedalaman rada lambat dan sering lost connection, sampe males kan kalo lagi nyerang trus lost connection, dan padahal itu udah hampir menang, eh pas diliat hasilnya ternyata belom. Jadi, antara lost connection sebenarnya, sama message lost connection yg muncul di monitor, ada jedanya, jedanya itu yg bikin menipu. Capedeh.

Kembali ke HS, karena acaranya emang seharian dan sampe malem gitu. Yaampun, ga mikirin takbiran apa yak, ato emang kalo Idul Adha ga serame kalo takbiran Lebaran. Anyway, pulang malem udah biasa ya buat member2, meskipun kita sebagai fans berharapnya mereka ga kecapekan. Kalo baca twit orang2 sih, HS kali ini meskipun ga pake bilik lagi (sekarang malah kayak antrian di kasir), tapi tempatnya lebih luas, jadi ga sumpek. Dan kembali, lagi-lagi merasa iri dan kepengen ikutan juga. Selalu, tiap HS berlalu kayak gini.

Anyway, setelah HS, entah kenapa, jadi makin perhatian (sayang) ke oshi saya, ayana. Karena gw ga ikutan HS, dan mungkin juga karena ga ada kesibukan di sini. Jadi sejak itu, jadi lebih sering mention aja, ngereply twitnya kalo nongol. Mana itu bocah jadinya sering kecapekan, ga enak badan, bolos sekolah, tapi tetep aja ikut acara JKT kemana-mana, ya gimana ga capek. Jadi setelah sabtu HS sampe malem, senen ga masuk sekolah karena ga enak badan, tapi tetep dateng latihan. Selasa ke Surabaya, ada event charm, sampe malem juga ya baru pulang. Rabu baru masuk, dan malemnya ikut ke GlobalTV, sampe malem lagi, dan Kamisnya bolos lagi karena kecapekan.

Baca The Cold Moon dari hari jumat siang, selesai hari Senen pagi. Lanjut baca Unforgiven, selesai Selasa sore. Cepet juga bacanya, karena ga banyak kegiatan sih. Jarang nonton TV. Cuma pas sore2 kemaren2 itu di Global tayang film Harry Potter. Adek gw udah balik ke Jakarta hari Minggu sore. Gw masih hari Rabu baru balik. Di sana cuma ada ibu gw, trus bulek dan suaminya, yg seharian biasanya ke sawah. Cuma sekali sih gw nyuciin piring, ato nungguin mesin cuci sama jemurin baju. Kalo makan tapi lebih tenang, karena lebih gampang tersedia, ada yg masak. Kalo di rumah justru lebih susah, hehe. Mandi, bab, sampe tidur pun kayak terjadwal. Mandi sore jam 6an, soalnya udah dingin dan gelap bgt sih. Tidur jadi jam 8an, dan tengah malem suka bangun lagi jam 1-2an, dan gatau mau ngapain. Jadinya baca buku aja, walopun penerangan ga begitu bagus.

Balik hari Rabu, dari Klaten jam setengah 4 lewat (sore). Dan gw pulang sendiri. Naik kereta ekonomi AC, Bengawan. Gw mau bilang kalo ini pertama kalinya naik kereta sendiri, tapi kan sebenarnya dulu udah berapa kali naek kereta Parahyangan Jakarta Bandung. Pas naik, baru inget kalo kereta ekonomi ya begini, bangkunya 2-3 dan berhadapan, dan lorongnya sempit. Duduk pun sempit. Bagusnya sih kalo naek kereta eko ini rombongan berempat ato berenam, karena bisa saling ngobrol2, kayak di film 5cm. Kalo sendiri ya jadi ga enakan, sungkan kalo mau ngelurusin kaki dsb. Sampe di stasiun Senen jam 1 lewat (tengah malem), barengan sama selesainya acara ultah Global, dan member2 baru pada pulang. Gw udah milih untuk nunggu sampe pagi, dan naek kereta commuter line dari Senen. Nah, tapi problemnya adalah, ruang tunggu yg nyaman dan berAC di stasiun ini kayaknya ditutup kalo tengah malem (ato mungkin sebenarnya tetep buka, tapi karena lampunya ga nyala, gw kirain dikunci), jadi gw lesehan di depan alfamart bareng orang2 lain, tapi ga tidur (riskan banget bro), melainkan lanjutin baca AKTH yg udah mau selesai. Diitung2 ga lama sih kalo dari jam setengah 2 ke jam 4, yaa 2-3 jam lah. Jam 4 kan udah bisa lah ya masuk ke peron commuter line. Keretanya ada jam setengah 6, dari Senen ke Bogor, tapi lewat rute yg jauh, yg ke Rajawali, Angke, Duri, Tanah Abang, dst. Sampe rumah jam 7, mau tidur tapi ternyata cuma sejam doang.

Sorenya berangkat lagi, ngantor. Kemaren2 cuti dan tukeran jadwal sama temen. Tapi masuk2 udah dapet kabar lagi. Fitri, salah satu personel kita, resign dan pindah. Meskipun gw nyaman di sini (dengan bayaran ga seberapa), tapi kalo satu demi satu resign lama2 jadi kuatir juga. Ya ngerti sih orang2 lain kan perlu kebutuhan yg lebih juga. Trus dapet info lagi, kalo si Opick juga udah balik ke Makasar. Opik ini padahal temen waktu nonton theater. Besok2 kalo mau nonton theater ato konser, jadinya ga ada temen dong, jadi berat rasanya. Mana Lusi juga kayaknya udah dipindahin, udah sejak Agustus kali yak.

Baiklah, life goes on.

-OoO-

No comments:

Post a Comment