Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, October 30, 2006

Fitur Baru di Media Player Classic

Save Thumbnail, Sekali Tekan, Semua Selesai
Sebenarnya ga bener-bener baru sih, cuma baru tadi kemaren2 aja taunya. Sebelum ini, gw make K-Lite Codec versi 140, bukan yang terbaru, yg entah udah nyampe versi berapa, soalnya kalo pake yg baru, dia ga bisa save image. Padahal tiap gw nonton dorama atau film Asia, abis itu gw suka save image dari filenya tiap kelipatan 1 menit, maksudnya ketika waktu menunjukkan 01:00, gw save image, dan begitu untuk menit berikutnya. Dan yg gw tau versi 140 bisa, makanya gw pake yg itu aja.
Kemaren2 gw menemukan cara lebih akurat untuk mendapatkan waktu yang tepat. Kalo biasanya gw cari2 sendiri di seek bar(klik di menit yg akan disave image), sekarang tinggal klik CTrl + ->, dengan ini frame akan maju 5 detik. Kalo mau akurat nyampe 01:00, tinggal pencet terus sampe nyampe menitnya, baru save image.
Terimakasih pada Zhai yang udah ngasihtau caranya. Sebelum libur Lebaran, dia ngasihtau kalo pake Codec baru ternyata bisa save image. Caranya adalah ganti setingannya. Buka media player classic. Klik menu view - options. trus pilih Playback-Output. Disitu nanti ada pilihan2 yang ada bintang2nya, yang artinya ga bisa nyimpen image. Ganti aja ama yang bisa save image, setelah itu masalah save image terselesaikan.
Tapi kalo cuma itu doang, ga ada kelebihannya dibanding versi 140. Ternyata ada lagi kelebihannya, yaitu save thumbnail. Apa itu? Singkatnya : fitur ini merekam image dari file secara keseluruhan dengan jumlah tertentu. Cara penggunaan : klik menu File - Save Thumbnail. Akan ada save dialog, ada pilihan thumbnail dengan jumlah kolom dan baris. Maksimal 8 kolom dan 8 baris, jadi totalnya 64 image. Kalo misalnya filmnya berdurasi 46 menit, maka image akan direkam setiap rentang waktu 46*60 sec/64. Jadinya seluruh thumbnail akan dijajarkan pada satu file image. Lalu ada pilihan width, ini menentukan besar ukuran thumbnail, maksimal 2048pix. Kalo misalnya pilih 8x8, trus widthnya 2048, berarti setiap thumbnail memiliki width kira2 2048/8. *Ingat, dibagi jumlah kolom.
Dengan adanya fitur ini, cara kerja gw berubah. Kalo tadinya gw mesti geser dan save image satu-satu dari menit ke menit, sekarang tinggal save thumbnail dan semua beres. INI karena tujuan awalnya adalah merangkum keseluruhan isi film. Dengan adanya thumbnail yang isinya cuplikan (snapshot) dari awal sampe akhir, tujuan sudah tercapai. Paling gw save image kalo mau ambil sampel buat dimasukin ke blog atau sampel buat artisnya. (kayak Yada Akiko di Yamato Nadeshiko. Sayang bukan tokoh utama, padahal di ceritanya gw lebih milih dia yang jadi sama Osuke)
Ini contoh hasil dari save thumbnail

2 comments:

Anonymous said...

He.. lo punya blog di sini ta. Abis dari tempat bram eh ada link ke dwi.

Soal fitur media player, gw sebenernya gak terlalu ngerti fungsi thumbnail. Kayanya emg cuma buat kasih screen shot ya. Gw lebih pgn dia punya fitur save as .gif selama bbrp detik gitu. Yang bs di atur start+end nya, trus di atur jumlah imagenya dll.
Bisa gak ya bikin fitur gt.

Anonymous said...

Hi, I found ur site from google search. Thank u so much for the saving image from media player classic tips n__n I've been looking for it.

-hatsuchan

Post a Comment