Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, January 16, 2011

Masih Adakah Air Tanah yang Bersih?

Sabtu kemaren saya cuma mandi sekali, pas siang2 aja. Penyebabnya adalah pasokan air bersih yang kurang lancar pada hari tsb, dan hasilnya mandinya pun pake air tanah yang butek.

Rumah saya pake air pompa listrik yg biasanya nyedot air bersih dari pasokan air di kompleks. Tapi berhubung entah kemaren lagi banyak rumah laen yg nyedot air, hasilnya di rumah saya air yg keluar dikit banget. Hampir ga keluar malah. Makanya jadinya pompanya dimatiin sambil nunggu setengah jam baru dinyalain lagi. Apa mau dikata dah berjam2 dicoba tetep aja keluarnya dikit2 juga. Jadinya beralih ke air tanah, yg juga bisa disedot ama pompa listrik ybs.

Masalahnya adalah air tanah yg disedot ini cukup butek, jauh dari kata jernih, dan bau pula. Karena itulah saya cuma mandi sekali dan ga gosok gigi sampe air bersihnya tersedia. Mungkin karena rumah saya letaknya deket ama kali, yg airnya jelas ga jernih, makanya aer yg didapat butek. Tapi coba berpikir lebih jauh. Andaikan di tempat lain, apakah airnya lantas jernih? Belum tentu.

Dari kecil sampe saya lulus SMA, saya tinggal di rumah kontrakan di pemukiman padat penduduk yg kalo mandi mesti giliran di kamar mandi umum. Ngambil airnya dengan cara mompa, pake tangan. Walhasil otot2 tangan saya jadi kuat karena rutin mompa air. Dan air yg keluar lumayan oke lah, jernih. Cuma kalo abis ujan doang kadang rada butek, tapi normalnya jernih.

Kemudian saya pergi kuliah di Bandung, yg airnya udah disedot otomatis. Sewaktu pulang ke rumah pas liburan ngambil air masih dari mompa, hingga kalo ga salah tahun ketiga/keempat, kita udah mulai meninggalkan pompa manual, dan make sistem keran. Walopun agak repot soalnya airnya ini asalnya dari yg punya kontrakan, notabene pelit banget, sampe2 airnya dijatah cuma bisa dipake jam tertentu, pada pagi dan sore hari. Jadinya mesti nampung air berapa ember biar kalo siang bisa tetep make air. Udah deh ga pernah mompa lagi.

Kemudian tahun kemaren keluarga pindah rumah dari tempat yg lama ke Depok, ke kompleks perumahan gt, yg suasananya jelas lebih lega dari sebelumnya, dan make air otomatis sendiri, yg ga perlu dijatah ama orang lain. Tapi tetep aja ga semudah keliatannya, karena mesti pinter2 ngatur kapan ngisi airnya.

Kembali ke inti masalah yaitu air tanah. Penyebab kenapa di tempat yg lama beralih ke sistem keran, karena air dari pompa udah kurang bisa diandalkan, alias ga sejernih dulu. Kalopun jernih, ada bau yg agak2 mencurigakan. Mungkin persediaan air bersihnya udah abis, ato pompanya kurang dalem, tapi yg jelas sama aja: sulit untuk mendapat air tanah yang bersih.

Bisakah kita temukan kembali sumber air alami yg jernih dan bersih? Mungkin kalo orang2 bisa hidup bersih dan ga buang sampah sembarangan ato mencemari lingkungan, yah mungkin... Tapi apa iya? Ataukah ini sudah menjadi hal yang irreversible, dalam arti boleh jadi Air tanah yang bersih sudah tak mungkin lagi didapat di kota besar.

No comments:

Post a Comment