Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, January 07, 2011

Survey Kecil

Jawaban langsungnya adalah Agnes Monica. (Update 5 Jan 2013)

10 Akun Twitter Indonesia dengan Jumlah Follower Terbanyak
(Nama/akun twitter/jml follower)

agnezmo        6,409,920
sherinamunaf    5,081,738
vidialdiano    4,097,093
LunaMaya26    3,913,004
radityadika    3,888,909
afgansyah_reza    3,801,106
bepe20        3,622,158
shireensungkar    3,423,720
IrfanBachdim10    3,339,122
Poconggg        2,193,608
edited: update berdasarkan Twitter Statistics di Socialbakers utk area Indonesia. Juga dibandingkan dengan terakhir kali saya update, ada akun2 yang ga tercantum di sana, karenanya areanya bukan Indonesia.


Latar Belakang

Sewaktu saya mencari2 informasi tentang akun twitter artis2 Indonesia dengan follower terbanyak di Google, kok sedikit banget dapetnya. Waktu ada satu, itu juga ga terlalu akurat. Memang disebutkan beberapa, tapi dibatasi dgn lokasi pencarian di Jakarta. Karena itulah saya memutuskan untuk coba cari sendiri, berdasar sedikit info dari yg sudah ada, yaitu Sherina yg nomer satu, LadyGaga-nya Indonesia dalam urusan twitter.

Metode Penelitian
Dengan berdasar bahwa Sherina yg tertinggi, saya klik twitternya, trus cek siapa aja yg difollownya. Karena, biasanya orang2 dgn follower yg banyak, biasanya saling memfollow. Dari orang2 yg difollow Sherina, didapat banyak nama seleb yg punya banyak follower. Saya pake batasan minimal 100,000 follower biar bisa saya data. Trus datanya catet dulu di Excel. Sesudah yg dari Sherina selesai, saya ikuti lagi yg nomer 2 terbanyak dari daftar sementara, trus ngeliatin list followingnya, dan terus nemu lagi nama2 lain. Ketika sudah agak banyak, yg di Excel disort dan jadilah hasilnya.
Memang mungkin masih ada yang terlewat. Tadi aja IrfanBachdim10 baru ketauan tiba2 dah 400ribuan aja, langsung menyodok ke nomer 4. Dan tentunya perlu dilakukan update berkala biar listnya bisa tetap akurat.
Oiya, akun twitter yang dicantumkan ini khusus yg orang beneran lho, bukan kayak SoalBowBow, DamnItsTrue, infoll, infogempabmg ato sejenisnya.

Kesimpulan
Akun twitter yang paling banyak diikuti tweeps masih berasal dari kalangan artis, ato yg mendadak jd seleb seperti Irfan Bachdim yg meroket setelah Piala AFF digelar. Sementara profil2 menarik seperti hotradero, kisarannya masih belasan ato puluhan ribu saja.

Saran
Mohon masukannya kalo ada akun yang belum tersebut tapi memenuhi kriteria list di atas. Maaf juga kalo saya ngepostnya kayak orang bikin laporan tugas kuliah hehehe.

2 comments:

reddarich said...

Thanks infonya Mas. Teruslah berkreasi. Saya terbantu dengan informasi ini :)

Anonymous said...

diupdate ya mas... sekarang nomor 1 agnes :)

Post a Comment