Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, August 11, 2011

Symphony no. 7 Allegreto from Beethoven


The best word to describe this melody was: DEPRESSING. Karena memang iramanya yang menggetarkan hati itulah, Symphony no. 7 bagian Allegreto ini seringkali dijadikan theme untuk situasi yang mencekam dan sulit.

Pertama kali aku dengerin melodi ini adalah di film Knowing. Aku langsung jatuh cinta sama musiknya yang menyayat-nyayat itu. Setelah cari namanya di imdb, ketauan lah kalo ini salah satu masterpiecenya Beethoven, dan memang dikompose di hadapan para korban perang, jadi wajar kalo suasananya depressing.

Sudah 3 kesempatan saya mendengarkan melodi ini disisipkan pada film. Berikut diantaranya.

1. Knowing
Melodi ini mengiringi momen2 kehancuran planet bumi, tapi bukan tentang kehancurannya itu sendiri, melainkan keputusasaan umat manusia yang tak mampu berbuat apa-apa untuk mencegahnya. Kerusuhan dimana-mana, situasi tak terkendali, orang-orang berlarian berusaha menyelamatkan diri meski tahu bahwa hal itu sia-sia. The End is Coming.





2. The Man from Earth
Melodi ini disetel oleh John Oldman, karakter utama, sewaktu dia mulai serius dan mengindikasikan ke rekan-rekannya bahwa tak hanya dia adalah manusia Cro-Magnon yang sudah hidup selama ribuan tahun, tapi juga bahwa Jesus yang dikenal orang, sebenarnya adalah dia yang waktu itu kebetulan berguru pada Buddha (Siddharta Gautama) and simply menyebarkan ajaran yang dipelajarinya itu. Terang saja penjelasannya ini membuat rekan-rekannya shock, dan langsung memicu perdebatan sengit.

3. The King's Speech
Yang teraktual adalah melodi ini mengiringi pidato King George V, yg punya masalah dalam berbicara di depan umum. Pidatonya sendiri berisi penjelasan akan situasi yg dihadapi Inggris saat itu, yang diambang perang dengan Jerman dengan Nazi-nya Hitler. Beliau memberitahu rakyat bahwa situasi sulit di depan mata, tapi juga berusaha membangkitkan harapan rakyat bahwa mereka bisa melaluinya. Jujur, mendengar pidato ini akan membuat kita merinding, Selain King George yang bicara diberi jeda tiap berapa kata (bukan karena biar tegas, tapi memang dia mesti berhenti karena bicaranya ga lancar, tapi justru hal inilah yang membuat pidatonya powerful), musik Symphony no. 7 ini makin membuat suasana mencekam.


Yah, setidaknya 3 contoh itulah yang saya temukan sejauh ini di film2 yang saya tonton.

No comments:

Post a Comment