Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, March 25, 2011

Cara Download dari Youtube (dengan FlashGot)

Youtube makin hari makin populer. Sekarang orang dapet sensasi baru dari Youtube. Tapi apakah biasanya orang2 emang nonton langsung di youtubenya (streaming) gitu? Meragukan ya, soalnya dengan koneksi telkomflash aja loadingnya bakal lama. Kalo di warnet mungkin kadang cepet, tapi kan ga beda2 jauh ama yg modem. Yg tonton langsung dengan lancar itu kemungkinan di kantor2 yg koneksinya cepet.

Jadi yg masuk akal adalah videonya didonlot dulu, disimpan di local disk, baru disetel. Masalahnya adalah bagaimana cara ngedonlotnya, sementara dari Youtube sendiri ga menyediakan fasilitas video untuk didownload. (kalo liat di film2 sih saya berasumsi koneksi internet di Amerika sana cepet banget, nontonnya lancar2 gitu). Saya sendiri mengalami nyari2 cara buat donlot dari Youtube.

Pertama kali, dikasihtau temen, pake situs buat donlot, waktu itu saya pake http://keepvid.com . Link youtubenya dipaste di situs itu, trus entar ada pilihannya mau yg kualitasnya bagus atau sedang (resolusinya gede apa kecil). Itu bekerja untuk beberapa lama, kemudian suatu saat udah ga bisa, seringnya error (sampe sekarang kyknya).

Kedua, saya coba ke warnet lain. Eh ternyata ada add-ons dari Firefox namanya Fast Video Downloader. Ketika buka alamat video youtube, di taskbar nanti ada tanda kelap-kelip, artinya videonya siap untuk didonlot, ada pilihan resolusinya (meskipun ga pas) disavenya nanti berupa mp4. Saya ga inget kenapa tapi pake ini kemudian ga bisa, soalnya di list pilihan donlotnya ada file2 lain yg ga nyambung. Entahlah.

Tapi dari cara itu, saya paham, kalo Firefox bisa make macem2 addons, dan yg buat donlot Youtube itu masih ada yg lain2. Saya liat2 yg komen dan jumlah donlotnya oke, dapatlah FlashGot. Dan setelah digunakan sampe sekarang, lancar2 saja.

1. Pasang dulu addon FlashGot. Ke web addons buat firefox aja, cari2 yg Flashgot, install.
2. Udh dienable, restart firefoxnya (diclose, trus diopen lagi) supaya addons bekerja,
3. Buka halaman youtube untuk video yg mau didonlot.
4. INI PENTING, di videonya kan ada tulisan 360p. Itu jenis resolusinya. 360p itu standar, kalo 240p jelek, kalo videonya HD suka ada 480p, 720p. Tapi 360p sebenarnya sudah sangat memadai.
5. Untuk menghemat koneksi, videonya dipause aja, biar ga ngeloading terus. Tunggu sinyal Flashgot di pojok kanan bawah Firefox. Kalo dah nyala, klik buat liat file donlotannya.
6. Klik nama file itu, kemudian akan muncul save dialog. Atau seperti yg saya pakai, pakelah IDM (Internet Download Manager) untuk segala keperluan donlot anda.
7. Defaultnya nama file adalah videoplayback.flv. Save aja dulu dengan nama itu. Nanti bisa direname di explorer atau di IDMnya selagi donlot berlangsung. Nama filenya? Kopi paste aja judul video di halaman youtube yang bersangkutan.
8. Tunggu donlotan. Hati2 kalo pake IDM jangan sering2 dipause trus resume, soalnya meskipun bisa diresume, kadang ada timeoutnya, trus linknya expire, sehingga mesti donlot dari awal lagi.
9. Kalo udh selesai donlot, open filenya dan tonton.




Semoga petunjuk diatas bisa membantu.

No comments:

Post a Comment