Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, April 08, 2011

Tim Favorit Saya

Menurut saya, ada hubungan antara tim favorit seseorang dan kapan pertama kali dia nonton sepakbola. Bagaimana ceritanya? Saya terangkan pengalaman saya.

Saya mulai nonton bola dengan rajin setelah Piala Dunia 1998. Sebelumnya cuma kadang2 aja liat Liga Champions, sempet liat final waktu Juventus kalah dari Real Madrid. Liga yg disiarkan waktu itu Liga Italia di RCTI dan Liga Inggris di SCTV. Di akhir musim 1998/1999, yang juara adalah AC Milan di Italia dan Manchester United di Inggris. Kontan sejak itulah 2 tim itu jadi tim favorit saya, yg nonton bola tanpa dipengaruhi atau didoktrin untuk suka pada suatu tim.

Akhirnya jelas, saya suka AC Milan dan MU karena pertama kali nonton bola, mereka yg juara. Andaikata saya nonton semusim sebelumnya, kemungkinan tim favorit saya sekarang Juventus dan Arsenal. Dan ini sudah cukup menjadi pondasi untuk seterusnya mendukung kedua tim ini.
Sebenarnya di liga lain, yg juga saya ikuti dengan membaca tabloid BOLA, juga ada juara2nya, tapi tidak saya teruskan dengan mendukung mereka sampai sekarang. Kenapa? Karena ga disiarin. Mereka antara lain Barcelona (Spanyol), Bayern Munich (Jerman), Feyenoord (Belanda), dan Bordeaux (Perancis).

Tentu saja ini bukan hal yg mutlak, terutama bagi orang yg sewaktu nonton sudah dicekoki oleh bapaknya misalnya buat dukung tim tertentu. Tapi korelasi antara tim yg juara waktu itu dan tim favorit hingga sekarang cukup kuat.

Note:
AC Milan juara di musim 98/99 dengan didukung pemain seperti Bierhoff, Weah, Albertini dan pelatih Zaccheroni.



Man United juara di musim 98/99 sekaligus treble dengan pemain2 generasi emas, David Beckham, duet maut Andy Cole-Dwight Yorke dan supersub Solskjaer-Sheringham (kombinasi striker terhebat MU yg sulit ditandingi) dan kiper legendaris Schmeichel.



Suatu kebetulan juga kalau AC Milan dan MU sama2 dijulukin Setan Merah (Diavolo Rossi utk Milan dan Red Devils utk MU).

No comments:

Post a Comment