Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, November 03, 2012

Tabrak Lari

Kemarin siang, saya melihat seorang perempuan tergeletak di jalan, dengan kepalanya yang berdarah. Saya takut.

Jujur, meskipun sudah tak terhitung banyaknya liat adegan kekerasan di film, yang berdarah-darah, dan anteng2 aja, begitu melihat sendiri, sensasinya beda, ngeri. Gw lagi naek angkot, lewat di jalan margonda yg sesudah akses UI, ketika supirnya nunjukin ke arah kanan depan. Ada cewek yg tergeletak di jalan, pingsan, salah satu sepatunya terlepas. Darah bercucuran dari kepalanya.

Tabrak lari. Begitu kata supir angkotnya, memperkirakan. Ceweknya lagi mau nyebrang, dan motor yg lewat ga mau melanin dan malah nabrak cewek itu, dan abis itu kabur. Motor merah, ninja, bukan bebek, kira2 begitu yg dibilang supir angkot. Entah apa dia bener2 ngeliat motor itu tadi kabur setelahnya.

Supir angkot langsung nyahut "Tolongin tuh!" ke orang2 di jalan, dan segera mereka mendekat untuk nolong mbaknya tadi. Sementara angkot kami melanjutkan perjalanan. Sementara saya cuma shock aja ngeliatnya, ga berani ngeliat ke arah situ lagi. Memang seperti itu yang bisa kami, atau saya lakukan. Prihatin, kesal, takut, kuatir karena kondisi cewek yg tergeletak tadi. Berharap dia segera dirawat dan kembali pulih. Kesal pada si pelaku, si pengendara motor tabrak lari itu, berharap kejadian serupa tidak akan pernah terjadi pada kita, dan kemudian kembali berlalu beberapa menit setelahnya, mencoba melupakan apa yang barusan kita lihat.

Si supir malah berkomentar yg menurut saya ga penting, seperti wah kasian itu mbaknya entar pas di rumah sakit siapa coba yg bayarin perawatannya dsb. Ga penting, karena menurut saya ada hal lebih penting. Masa sih rumah sakit segitu jahatnya biarin korban tabrak lari gitu aja, dan mikirin yg bayar siapa? itu kan belakangan. Lagian kejadian seperti ini kan mestinya ditanggung, entah ama polisi, ato emang udah jadi bagian tugas rumahsakitnya.

Saya memikirkan si pengendara motor keparat itu. Apa yg ada di pikirannya setelah nabrak cewek itu terus lari? Saya berpikir, pengendara motor seperti dia, yg asal-asalan dan membahayakan orang, hidupnya pasti ga bahagia. Atau paling tidak, saya mendoakan agar hidupnya ga bahagia. Biar dia menderita dan merasa bersalah karena apa yg sudah dilakukannya.

Saya juga memikirkan bahwa ini tanggung jawab pemkot depok. Kepikiran bahwa mestinya mereka lebih banyak masang lampu merah di jalan2 seperti margonda yg lebar itu, biar para pejalan kaki dapet kesempatan untuk nyebrang dengan aman. Masalah motornya tetap nyelonong itu masalah berikutnya, yg penting pemkot mestinya memfasilitasi lampu lalu lintas, biar orang bisa nyebrang. Emang ini pemkot agak aneh.

Ga cuma di margonda itu, tapi setidaknya ada 2 lokasi lain yg menurut saya mesti dipasang lampu lalu lintas. Pertama di pertigaan depan stasiun Depok. Sering terjadi macet karena kendaraan dari seberang mau masuk ke stasiun, dan bentrok ama kendaraan jalur di depannya yg mau lanjut terus. Orang mau nyebrang pun susah, karena motor2 pada ga mau berhenti dan jalan terus. Serius, motor2 bangke ini lebih ngeselin ketimbang mobil. Kalo ada polisi sih lumayan, dibantu sebrangin, tapi kemunculan mereka di sana itu jarang banget.

Lokasi berikutnya di pertigaan GDC. Ribetnya bisa keliatan di malem minggu, pernah waktu itu, situasi stuck karena kendaraan dari 3 arah pada ga mau ngalah ke arah tujuannya. Ada yg dari kartini mau lurus, bentrok ama yg dari GDC mau keluar, dan ada lagi dari arah citayam mau ke GDC, Dan sopir2nya pun bego2, ga mau ngalah malah maksa maju mulu, udah tau mentok. Kalo udah ga mau ngalah ini emang mestinya pasang lampu lalu lintas, biar mereka dipaksa untuk tertib. Kalo ga ya susah, kemungkinan kejadian macet ancur2an kayak gitu pasti terjadi lagi.

Bagaimana ya cara efektif biar pemkot dengerin aspirasi ini, utk bikin lampu lalu lintas, biar orang2 lebih gampang nyebrang. Jembatan penyebrangan kan cuma satu, ada zebra cross tapi motor2 pada ga berenti kan sama aja boong. Biaya bikin lampu lalin mestinya ga segede gali2 buat pelebaran dan penebalan jalan baru kan? Dan ga terlalu nyusahin pengendara daripada sebagian jalan ga bisa dipake karena lagi dicor. Apa ada LSM khusus konsumen warga Depok atau sejenisnya gitu, yg bisa lebih menyuarakan agar didenger ama walikota dan pemkotnya.

*another uneg-uneg, agar tidak kehilangan rasa kemanusiaan*

No comments:

Post a Comment