Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, January 04, 2013

(My) 2012 in Cinema

Jadi setelah ngubek2 arsip Twournal, gw berhasil menghitung berapa kali gw ke bioskop di tahun 2012 ini. Karena biasanya tiap gw nonton gw ngetwit tentang film itu sesudahnya. Hasilnya adalah 29 kali, gw nonton film di bioskop. Beberapa ada yg sehari nonton 2 film. Jelas ini meningkat pesat dibanding tahun sebelumnya. Di 2011 kayaknya gw cuma berapa kali, mungkin 3 atau 4 ke bioskopnya, ke PIM, trus nyobain ke Metropole Cikini. Sedangkan tahun ini, selain mencoba ke bioskop2 lain yg kemudian jadi langganan, ada pengalaman berbeda ketika menonton. Rinciannya sebagai berikut.

Di awal Januari, abis taun baru, di waktu jam kerja belom selesai, gw cabut duluan buat ngejar nonton Sherlock Holmes: A Game of Shadow di Djakarta XXI yang lumayan deket dari kantor. Jalan cepet kesana, bisa ngejar yg jam 4 lewat. Meskipun suasananya lumayan bagus, Djakarta XXI hanya punya 2 studio, jadi ya ga banyak variasi film yg disajikan.

Februari, nonton Chronicle sendiri di PIM, setelah sebelumnya ketemuan ama dian. Sukses menjadi distraksi otak, paling tidak selama beberapa jam. Setelahnya, gw berusaha menghindari untuk dateng ke PIM. Dengan armada bis Debora yg jalannya ogah-ogahan kecuali kalo udah di tol, perjalanan ke PIM bisa jadi melelahkan dan berpotensi telat. Lagipula, dalam perkembangan selanjutnya, tiket bioskop di PIM jadi yg termahal di penjuru Jakarta. *huealah, hiperbol deh.

Di bulan Maret, iseng2 gw menang kuisnya flickmagazine di suatu jumat malem waktu gw di kantor. Dapet tiket buat nonton bareng film Thailand Fabulous 30. Tapi waktu nontonnya besok paginya dong. Walhasil, yang mestinya tiketnya utk 2 orang gw pake sendiri aja. Tapi manfaatnya bagi gw adalah, gw menginjakkan kaki di GI (Grand Indonesia) dan memperkenalkan gw ke Blitz. Masih dengan semangat menjelajahi tempat baru, di akhir Maret, gw yg waktu itu udah temenan sama adit_adit meminta rekomendasi buat nonton di Botani, mall milik IPB. Pertama kalinya gw ke sana, gw langsung double aja nontonnya. Yg pertama nonton The Raid, film actionnya Iko Uwais yang udah jadi buah berita di Hollywood, kemudian The Hunger Games, yang juga lagi hot-hotnya waktu itu. Memuaskan juga, Botani XXInya. Dengan akses yg lebih mudah dijangkau (kereta+angkot), lebih cepet dibanding PIM, dan kualitas lebih bagus dibanding Detos.

Gw baru pergi ke bioskop lagi di bulan Mei. Tempatnya di Botani lagi. Kali itu rencananya nonton ama adit, utk The Avengers dan Modus Anomali. Apa boleh buat, Modus udah ga tayang, jadinya nonton Avengers saja. Yang memaksa gw untuk nonton Modus Anomali minggu depannya di Margo Platinum. Salah satu film yang berkesan utk gw. Lalu entah sesudahnya, diajak nonton di Djakarta XXI sma temen kantor. Tapi udah malem banget, jam 21.30 coba! Filmnya Jason Statham, Safe. Dalam kondisi biasa di siang hari aja gw suka ngantuk, apalagi udah larut gitu, jadinya sepanjang film gw jatuh bangun antara ngantuk dan ketiduran, ga nangkep ceritanya gimana. Untung itu nontonnya dibayarin, meskipun jadinya mubazir. Kemudian di akhir Mei, setelah rapat paginya dan nunggu jadwal masuk di sore hari, gw ngajak temen2 kantor nonton dulu di GI. Padahal selain nobar film Thailand waktu itu, gw belom kesana lagi. Mana langsung nontonnya yang 3D pula kali itu, Men In Black 3. Sempet pesimis dengan nonton 3d, tapi hasilnya ternyata di luar dugaan gw puas banget. Sehingga berikut2nya keterusan pengen nontonnya 3d di blitz.

Minggu depannya, udah masuk Juni, kembali gw ke Blitz untuk menonton film terbaik tahun ini menurut gw. Film yg paling berkesan. Prometheus. Alien stuff. 3D pula. For information, tiket 3D di blitz waktu itu (nomad) masih 35rb, dan yg biasa 30. Kalo sekarang sih udah naek 5rb. Abis itu sempet ke Botani lagi buat nonton Brave, film animasi Pixar yg katanya bagus, lanjut Abraham Lincoln: Vampire Hunter. Sayang gw lagi ngantuk berat waktu nonton kedua film ini dan melewatkan sebagian plotnya.

Juli, puncaknya summer movies. Tentunya pilih tempat terbaik buat nontonnya, di Blitz GI lagi. Dalam dua kesempatan terpisah, The Amazing Spider-Man, dan The Dark Knight Rises. Waktu TDKR udah masuk bulan Ramadan. Dan kalo biasanya gw selalu nonton 3D di Blitz, begitu TDKR yg ga menyediakan 3D, dapet studionya yg versi stadium, gede kapasitasnya.

Agustus. Setelah Lebaran, sehari setelah balik dari kampung, ke GI, nonton Perahu Kertas (1) berdua ama Rara. Cukup mendadak, direncanain kemarennya. Soalnya gw males baca convo rencana2 orang2 mau nobar, tapi banyak yg ga pas lah waktunya, yaudah mending berdua aja. ga usah ajak2 yg laen. Abis itu masih tetep di Blitz dan nonton ulang TDKR sendiri. Sebabnya gw masih belom puas nonton yg pertama, belom ngerti banget isi filmnya. Sayangnya, gw ga ngerti deh tuh, kenapa file film yg diputer kyknya bukan kualitas GI, tapi kualitas XXI. Ga setajem aslinya. Minggu berikutnya nonton The Expendables 2. Berhubung ga tayang di Blitz, gw nontonnya ke Botani XXI.

Di bulan September, nontonnya terpusat di seminggu waktu Pilkada DKI. Hari Selasanya gw nonton film Korea, The Thieves yg keren itu, dan lanjut Resident Evil Retribution. Dan Jumat sorenya nonton film drama Korea, Architecture bareng adit dan iip.

Memasuki bulan Oktober, experience dalam menontonnya berbeda. Beda, karena sekarang seringnya nonton berdua sama pacar, hihi. Our first date setelah jadian, nonton Perahu Kertas 2 di PIM. Sayang itu Minggu, dan penuh banget yg nonton, jadinya kita kebagian di baris2 depan.*deleted* Anyway, karena harga tiket yg juga mahal (50rb kalo hari libur di PIM), disepakati utk acara berikutnya jangan di PIM. Minggu depannya gw kembali ke Margo Platinum utk nonton Looper, film time travelnya JGL yg keren. Alasan sama, film ga tayang di Blitz. Abis itu lanjut Dredd, remake film taun 90an dengan nuansa yg lebih kelam.

Berhubung waktu availablenya pacar terbatas banget, berarti nontonnya mesti yg deket2 tempatnya aja. Karena itulah awal November gw nyobain pergi ke Teras Kota BSD, buat survey lokasi dan Blitznya yg kataya harga tiketnya lebih murah. Emang bener sih, harga tiketnya lebih murah 10rb ketimbang GI. Misal, film biasa di GI (sekarang) 35rb, di Teko 25rb. Of course kalo diitung biaya ongkosnya, ya jadinya sama aja. Nonton Skyfall di Blitz Teko siang2, dan sorenya sekalian nyobain naek kereta dari stasiun Rawa Buntu (yg kayaknya paling deket ke Teko) ke Tanah Abang. Berikutnya, tiap kali gw ke Teko, gw naeknya kereta aja. Minggu depannya kita nonton, tapi bukan di Teko, melainkan di Bintaro Mall. Tetep naek kereta, dan bahkan lebih deket dari stasiun Pondok Ranji, tinggal jalan 15 menit aja. Nonton Jakarta Hati di XXInya, dan *deleted* Masih di bulan November, gw sempetin sekali lagi nonton di Blitz GI, Wreck It Ralph. Keren, film animasi paling keren tahun ini.

Desember, tiga kali nonton, ketiganya sama rara. Pertama waktu yg tadinya buat kumpul2 di Teko, tapi yg dateng cuma mbak wangi, mbak indah, gw, rara, sama rina. Nonton Life of Pi sorenya. Dua minggu kemudian, karena kangen, kembali ketemu di bintaro dan nonton 5cm. Selain itu, karena sewaktu di teko suasananya agak kaku, bad mood, kali ini utk bayar utang momen yg hilang waktu itu. *deleted* Dan akhirnya, di penghujung tahun, our last date. Ga ada berantem2an, ngambek2an. Fokus supaya momen terakhir ini bener2 menyenangkan. Juga ga peduli kalo pulangnya malem banget. Dipikir2 jam 10 sampe rumah ga parah2 banget sih. Rencana awal adalah nonton The Hobbit, karena durasinya 3 jam, jadi biar bisa lama disana. Opsi berikutnya adalah Habibie Ainun. Tapi berhubung hari Minggu itu yg nonton dua film itu bejibun banget, dan jadinya malah ga nyaman, jadinya pilih nonton Jack Reacher, yg relatif lebih dikit. Ga mengecewakan banget, soalnya filmnya seru dan keren. Dan kita masih norak aja dong :p Sengaja milih duduk di lajur kiri, bukan di tengah. Soalnya kosong, bisa puas pacaran disana :p Anyway, itu acara nonton terakhir kita, di tahun ini, dan seterusnya. Fun dan menyenangkan :) yang membuat gw mesti membiasakan diri lagi untuk nonton film sendiri di kesempatan2 berikutnya.

Di antara film2 yg ditonton tahun 2012 ini, favorit nomer satu gw adalah Prometheus, berikutnya Modus Anomali, lalu The Thieves. Film2 kayak TDKR, Avengers, Hunger Games juga asik, apalagi film2 yg nontonnya berdua sama pacar.

No comments:

Post a Comment