Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, July 05, 2015

Jurnal 5 Juli 2015

Rutinitas bulan Ramadhan masih jalan, seperti biasa, yg jadwal taraweh, baca quran. Apalan surat tapinya agak2 nawar, soalnya ga ngapalin surat baru, lebih ke surat2 yg udah apal diperdalam lagi, sambil dibaca artinya. Dan setelah beberapa kali taraweh di mesjid, merasa kalo sepertinya lebih khusyu kalo solat sendiri alias solat malam di rumah. Solat jamaah, kitanya pasif, cuma dengerin, jadinya gampang ngantuk pas imam baca surat, dan kalo ngantuk pikiran suka ngelamun dan kemana2. Makanya tetep sesuai jadwal aja, 3 hari sekali, biar seimbang.

Nonton anime HxH udah selesai yg arc Chimera Ant, dan di bagian akhir2 emang bikin nangis haru sih. Karena siapa sangka, King Meruem yang tadinya iblis itu, sifatnya berubah menjadi manusiawi karena seorang manusia bernama Komugi yg menjadi lawan tanding caturnya. Kepikiran buat bikin review, tapi lagi2 karena nantinya bakal makan waktu banyak buat nulisnya, mending gausah deh. One Piece juga arc yg Doflamingo udah hampir selesai, Doffy udah kalah.

Clan war COC minggu ini rada suram, karena seringnya kalah. Ada yg pas lawannya berat, dan ada juga pas lawannya seimbang, mereka lebih jago. Baca buku Muhammad Al Fatih selesai hari Kamis kemarin. Abisnya nonton film Sunshine, yg arahan Danny Boyle, tapi kepotong2 karena ngantuk, dan karena ga konsen akibat isu yg sedang berkembang. Udah nentuin urutan buku selanjutnya, tapi belom mulai2.

Katering buat buka dan sahur di kantor udah disetop, diganti jadi uang cash, biar beli sendiri aja. Sejauh ini sih hasilnya lebih efektif, jadi bebas mau beli apa, dan lebih murah. Ya beli makan di warteg, nasi padang, pesen McD (nyobain menu promonya), dan juga soto daging. Senin kemarin buka bersama kantor, di Hanamasa Menteng. Pertama kalinya makan jenis all you can eat-nya Hanamasa, hasil perut kekenyangan dan jalan sampe nunduk gitu, haha. Kacau emang kenyangnya, sampe udah eneg liat makanan.

Masalah internet pake modem/wifi di rumah ini akhirnya gw bikin solusinya dengan beli nomer perdana baru buat dipake di modem. Tapi dari kemaren2 susah banget ga bisa aktif, registrasi gagal, buat beli paket ga bisa2... hingga akhirnya tadi pagi, nanya lewat twitter ke akun Telkomsel. Dan dikasih tau register dari T-sel menu, yg gw cari2, ada di aplikasi Sim Toolkit. Beuh, kemana aja? Ya emang ga pernah make itu sih, soalnya pas mulai make hape android, kan nomernya yg lama. Jadi sekarang udah beres, karena gw pake paket TAU yg 30rb, lumayan 3 kali ngisi. Abis itu kalo udah ga bisa, ya beli nomer baru lagi, biar bisa pake TAU lagi, heheh. Karena masalah koneksi internet ini, kalo mau internetan dari laptop rada susah kemaren2, main MAAnya pun jadi males.

Berita2 hangat minggu ini. Ada berita pesawat Hercules yg jatuh di Medan, jatuh korban 100 orang lebih. Ada yg bahas juga, pesawat yg harusnya bukan komersil ini kenapa banyak penumpang? Dan emang usia pesawatnya udah tua banget. Berita lain: Gojek makin ramai, ya makin banyak yg make (dan gw masih belom pernah nyoba), makin banyak yg kepengen jadi driver, tapi masih banyak juga ojek pangkalan yg menolak kehadiran gojek. Trus ada berita heboh, pesen barang iPhone di lazada, tapi pas dikirim kok malah jadi sabun? Ini jadi rame banget dan entah emang Lazada bermasalah, atau ini black campaign dari konsumer yg ternyata dia orang OL shop sebelah. Lah... Copa America udah selesai tadi pagi, finalnya Argentina vs tuan rumah Chile. Yg menang Chile lewat adu penalti. Ngenes banget lah jadi Argentina, hahah. Oiya minggu ini jadi banyak nyamuk di rumah, udah mulai musim kayaknya.

Ah ya, masuk ke bahasan utama, tentang fandom.
Sebenarnya pas bulan ramadhan, justru makin banyak event JKT48, di theater hampir tiap hari. Ya JKT school (sekolah malam), trus ada talk show bahas kamar para member, dan JKT48 cucok yg isinya jodoh2an member, semacam parodi realiti show cari jodoh, sebagian berperan jadi cowok, sebagian jadi ceweknya. Pas yg hari Selasa, ayana sama desy ikut yg school, dan gw jadi berharap dan nungguin foto barengnya, cuma satu doang ternyata.

Gw sendiri kayaknya ga berminat ikut event2 ini, tapi masih berminat banget untuk tau isinya, jadi biasanya nyari live reportnya. Dan dari LRnya, jadi ngerasa kurang sreg, dan itu terwakilkan juga sama beberapa yg ikut nonton langsung. Candaannya kadang berlebihan, dan ada yg rame ketika di school, ada sesi ngospek dari jeje dan sendy ke anak gen4 (calon trainee). Minggu lalu sempet rame, karena ada yg bilang dua anak gen4 ngeluh kesel ama perlakuan jeje di toilet. Dan isu2 seperti ini nyampe ke member, karena dibahas di acara hari berikutnya. Memang sempet dijelaskan kalo ospeknya ya tujuannya baik. Tapi entah kenapa malah jadi dibahas berkali2 masalah obrolan di toilet ini, seakan jeje ga terima. Besoknya juga dibahas lagi, dan jeje juga makin menjadi dengan ngeluarin joke fisik, pas ngospek. Hal yg seharusnya ga pantas, kalo korbannya bukan orang yg lo kenal baik. Jadinya kayak Kemal yg dulu jelek2in Sisil.

Oiya, masuk ke kasus Jeje. Banyak yg ga suka dengan sikap Jeje yg ngeluarin joke fisik. Gw sendiri mikir, wah ini mesti hati2 si jeje, kalo misalnya yg dibully ngebales dengan ngebahas skandal dia dulu, kan repot. Ternyata ga perlu kuatir, besoknya malah jeje sendiri yg bahas itu, sebagai bagian dari joke pula. Well, waktu itu gw ga nyangka juga, gataunya malah dia sendiri yg bahas. Gw pikir waktu itu, wah ini jeje udah unvincible, ga bisa digertak pake apapun. Jadi antisipasi dia, sebelum orang lain make skandal itu buat nyerang dia, dia sendiri yg ngebahas. Well, tapi hal ini semakin menambah antipati orang2 yg ga suka dengan joke fisiknya kemarin, apalagi ga ada tanda2 minta maaf dari dia karena udah menyinggung orang. Kalo liat replian twitnya malem itu, banyak yg ngingetin dia untuk ga keterlaluan dan ngelampauin batas, ga usahlah pake joke2 fisik blablabla. Tapi orangnya ga bergeming, katanya ga usah serius2 amat lah, itu kan buat menghibur. Ini sebenarnya udah mirip sama gayanya Olga, Raffi dll di Dahsyat. Olga yg dulu suka ngumbar2 ngatain orang. Udah mirip banget Jeje sama dia. Kesannya ga ada yg dianggap serius, semua dianggap candaan. Gawat sebenarnya. Juga yg bahas skandalnya itu, kayak raffi yg ama presenter lain malah sering dicandain soal dia ditangkep BNN waktu itu. Gw sendiri sempat ragu, harus gimana nyikapinnya. Soalnya waktu di Dahsyat becandain kasusnya Rafi, gw ikut ketawa2 aja, tapi pas kasus Jeje, kok jadi beda ya. Apakah perlu ngetawain aja, atau engga? Tauk lah, pokoknya hari itu diisi dengan kekecewaan banyak orang ke jeje.

Besoknya, kasus ghaida. Kalo merhatiin, mungkin tau kalo ghaida akhir2 ini sensitif, keliatan keselnya, dan kalo beropini bahasanya kurang bijak, jadi menyinggung sebagian orang. Makanya entah apakah lagi banyak pikiran jadi gampang emosional. Beberapa fansnya yg dari GFC coba ngingetin ketika untuk kesekian kalinya, Ghaida ngetwit kesel karena baca mention yg ga sopan. Ya supaya lebih bijak, diemin aja yg bikin kesel, dst dst. Gataunya si ghai yg mungkin makin numpuk emosinya, malah makin blunder. Ngepost di gplus dengan bahasa yg kurang elok, yg malah bikin orang, terutama fansnya, tersinggung. Pesan yg ditangkap adalah, kalian ga usah ngatur2 saya, kalo ga suka ya cari oshi yg lain aja. Yg menunjukkan sifatnya yg arogan dan ga mau nerima kritik. Makin diperparah karena abis itu unfollow GFC dan ngeblock beberapa fans beratnya, dan juga orang2 lainnya yg kebetulan ikut nimbrung bahas dia. Lha untung gw ga ikutan reply, ketauan sih kalo orangnya lagi sensi, mending jangan reply dulu.

Terlepas dari ghaida yg kayaknya emang lagi banyak pikiran, tindakannya yg block massal ini menyakitkan banget, untuk fansnya. Mereka ini yg udah kayak keluarga dan sayang banget ke dia, hanya ingin mengingatkan dan nasehatin ghaida yg keliatannya kacau, biar ga dimusuhin sama orang2 di luar fans. Tapi balasan dari ghaida malah seperti, "kalian ga usah ikut campur nyuruh ini itu, kalian cuma fans." Situasi ini sebenarnya familiar buat gw, ketika orang yg kita peduliin, malah nyuruh kita pergi. It's heartbreaking. Gw ga pernah nyangka ghaida bisa begini. I have always great respect for her, but now, I'm not sure.

Btw, keadaan ini diperkeruh sama orang2 di luar fans ghaida, yg sok2 ngerti dan sok tau dan malah ikutan komen yg memojokkan GFC. Yg di kaskus lah, malah jadi menggurui, padahal mereka peduli ke ghaida aja mungkin engga. Kalo ga bisa berempati dengan yg fansnya ghaida rasakan, mending ga usah memperburuk suasana sih.

Okeh, besoknya, Jeje yg belom ngetwit2 lagi, melakukan hal serupa. Ngeblock orang2, terutama yg ngasih kritik tentang joke2nya dia kemaren. Satu lagi member yg ga mau nerima kritik. This is quite problem. Dan kayaknya gw salah. She's not invincible. Walopun dia sendiri yg bahas kasus skandalnya, sepertinya dia sendiri ngerasa ga enak. Walopun coba ditutupi dengan candaannya. Makanya abis itu ga ngetwit2 lagi. Sedang untuk ghaida, well, mungkin nanti dia bakal minta maaf, tapi gw ga tau deh apakah fanbasenya mau memaafkan dan kembali dukung dengan sepenuh tenaga. Pasti ada beberapa yg pergi. Good luck aja deh kalo begitu.

Dan kepikiran, semua masalah ini, termasuk Tata dan Nobi yg mau hengkang dari tim K, terjadi setelah shuffle yg bikin gempar. Mungkin banget shuffle ini jadi pemicu masalah2 ini, bikin dua member K ngerasa yaudah kayaknya sekarang saat yg tepat untuk keluar, dan bikin dua member J jadi kacau dan ga stabil.

Dan sementara beberapa member itu bermasalah, event dari JOT jalan terus. Theaternya libur seminggu dari tgl 3, tapi gantinya mereka ngejar setoran, ngadain event OFC terus2an. Ampir tiap hari kayaknya, beuh. Emang sih eventnya yg sekarang ini bagus2 dan worth banget, tapi kalo tiap hari ga capek apa?

Trus siapa yg sebenarnya bertanggung jawab untuk ngatasi masalah member2 ini. Apa dibiarkan sendiri, atau kaptennya ikut bantu. Kalo mau care sih, harusnya ada staf psikolog yg bisa bantu, tapi kayaknya mereka ga punya, adanya manajer yg mungkin jobdesc-nya ga mencakup itu.

Dalam hal ini, gw jadi bersyukur, karena oshi dan member2 favorit gw ga bermasalah. Palingan ayana yg males makan, tapi sekarang kayaknya ya (mudah2an betul) udah ga males2an lagi. Lumayan bikin tenang.

-OoO-

No comments:

Post a Comment