Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, August 16, 2015

Mengenai Andela Yuwono


Ini judul yg dipake di bagian news website official jkt48, ketika memberitahukan informasi terkait Andela. Mulai dari waktu Andela vakum dari kegiatan selama bulan Ramadhan, dan kemudian kemarin ada lagi pengumumannya.

Minggu lalu, gw bahas kalo andela yg kondisinya drop lagi, terancam bakal jadi non performing member (karena ga bisa perform), dan ujung2nya bakal grad. Ga taunya langsung kejadian dong.

Pernyataan Andela
Senin, 10 Agustus 2015, sekitar jam 15, Andela mengumumkan di akunnya, Y_AndelaJKT48, kalo dia sudah bukan anggota jkt48, sejak saat itu.


Boleh jadi, ini adalah berita paling menggemparkan sejak gw kenal JKT48 (alias sejak 2014, sebelumnya ga diitung soalnya gw belom kenal). Jagat fandom terguncang (lebay, tapi bener sih). Banyak yg kaget, dan menyampaikan simpati untuk Andela. Gw aja jadi ikut merasa kehilangan, walaupun sudah memperkirakan hal ini bakal terjadi, tapi ga nyangka secepat itu. Hestek #TerimakasihAndela muncul dan jadi trending topic.Twit ini kemudian diretweet, sampe jumlahnya lebih dari 7 ribu.

Btw, kalo nyimak twit2 Andela sehari sebelumnya, memang udah ada tanda2, dimana dia flashback masa sejak awal audisi sampe jadi member.

Seperti yg sudah diduga, penyebab Andela keluar adalah kondisi fisik yg ga memungkinkan untuk latihan dan perform. Disebutin juga di twit Andela sebelumnya. Yah, kalo emang begitu sih mau diapain. Mungkin memang ini jalan yg terbaik. Selama sehari itu, suasananya jadi sedih2 gitu (walopun masih ada aja yg nubirin).

Pernyataan Jiro
Kemudian berganti hari. Dan cukup heran, kok belum ada twit atau berita dari official tentang keluarnya Andela. Biasanya kan kalo ada member yg grad, diinfokan lewat official, malah biasanya membernya ga terang2an ngumumin. Dan akunnya Andela masih ada, belum dihapus.

Terjawab di malam harinya, ketika theater team K, Saishuu Bell ga Naru. Dari LR (live report) theater malam itu, gw dapet informasi lanjutan yg cukup mencengangkan. Di akhir theater, Jiro-san (Head of JOT) dateng dan ngasih pengumuman. Tentang Andela. Dia bilang kalo pernyataan Andela sudah bukan member itu, adalah pernyataan sepihak Andela. Aslinya mereka masih bernegosiasi dengan Andela. Alias, Andela belum resmi grad.

Nah kan, ternyata kasus. Waktu itu gw ngiranya JOT berusaha menahan Andela untuk ga keluar. Tapi dipikir2, ga sesimpel itu. Mari kita telaah.

Mari!
Kondisi Andela sudah ga fit, dan dia juga tahu itu, makanya mungkin sudah mengajukan ke manajemen untuk berhenti. Tapi mungkin kata JOT-nya, hmm nanti dulu, mari kita bicarakan lagi, alias negosiasi. Ga perlu dijelasin panjang lebar, Andela memang sangat penting buat JOT, salah satu aset berharga, ace-nya gen 3, dan boleh dibilang calon penerus masa depan JKT48. Terlihat dari hasil sousenkyo kemarin, dimana dia langsung menjulang ke posisi 4. Oke, keluarnya Andela boleh dibilang pasti bakal terjadi, dan segera.

Masalahnya adalah, Andela entah gegabah atau salah paham, telanjur mengeluarkan pernyataan. Dan fatalnya adalah, nyebut "mulai hari ini" sudah bukan member. Padahal minggu depan masih ada event HS. Nanggung banget kan. Apalagi ini masih dalam tahap pembicaraan, belom dapet ijin.

Diperburuk oleh langkah2 Andela, yg bikin akun twitter sendiri, andelandel97, dan ngetwit di sana. Avatarnya pake seifuku jeketi pula. Sementara kemaren katanya udah bukan member, tapi kok ini avatarnya ga konsisten. Malah memperkeruh suasana, dan gw takutnya, banyak aliran simpati yg kemarin berdatangan untuk Andela, akan menguap, bahkan jadi kebalikannya, karena blundernya ini.

Kalo mau bijak sih, seharusnya Andela ga langsung ngetwit secara sepihak, dan nunggu keputusan dari manajemen. Dan keluarnya, setelah HS lah, supaya fansnya yg banyak itu bisa mengucapkan perpisahan ke dia.

Lalu kenapa dia bisa bertindak gegabah begini? Ada dua orang yg diduga terlibat. Pertama, kakaknya, caramelia. Kedua, dan ini yg mencurigakan buat gw, adalah Milen. Anak gen 3 yg sebelumnya udah grad. Milen yg awal2 bereaksi setelah akun barunya Andela muncul. Gw juga curiga ini ada hubungannya dengan tayangan Sudut Pandang di Metro TV hari Minggu (kemarennya), yg bahas tentang member2 JKT48 yg udah grad, salah satunya Milen. Nah. Misalkan Andela ikut nonton, trus membandingkan dengan kondisinya yg mau grad, trus kontak2an sama Milen, dan somehow, makin memperkuat niatnya untuk keluar, dan jadinya terburu2, ga sabaran, mungkin juga emosional, ngumumin secara sepihak.

Dan jadinya selama beberapa hari, masalah ini menggantung, sementara Andela lanjut ngetwit di akun baru, karena ga bisa masuk ke akun jeketi-nya. Kemungkinan, dilakukan manajemen utk jaga2 supaya dia ga twit sepihak lagi.

Pengumuman Lagi
Hingga kemarin. Akhirnya ada pengumuman lagi, kalo Andela bisa mengikuti HS event besok, tgl 17 Agustus. Akun Andela yg andelandel97 juga udah deactiv. Infonya ada di web, tapi coba dibaca baik2.


Disebutin tata cara refund untuk yg sudah beli tiket HS Andela. Kenapa? Padahal di atasnya disebut kalo Andela masih bisa ikut HS. Mungkin manajemen sudah mengantisipasi kalo misalnya negosiasinya gagal, dan Andela ga ikut HS, dan lupa ngedit tulisan tentang refund. Atau mungkinkah ada kejutan besok, yg ga sesuai dengan rencana? Soalnya Andela sendiri masih belum aktif di akun offisial member, dan kita ga tau apakah dia ada persiapan untuk HS besok, seperti halnya member2 lain.

Lalu bagaimana kelanjutannya, apakah Andela jadi grad atau masih jadi member setelah ini? Itu juga kemungkinan akan ada di pengumuman besok pas HS, juga pengumuman tentang member2 lain yg sudah jauh2 hari bakal keluar, yaitu Tata dan Nobi.

Gw berharapnya sih, beneran grad. Soalnya kalo tetep bertahan tapi ga perform dan segala macem, dianya juga pasti ga enak. Kecuali kalo ada harapan kondisinya bisa kembali prima, bertahan akan jadi pilihan utama.

let's wait and see.

-OoO-

Update: ternyata di HS tidak ada pengumuman tentang Andela. Dia ikut HS dengan para fans, tapi ga ikut kegiatan lain di stage ataupun perform, dan katanya ketika HS didampingi oleh 'penjaga' (dokter), dan ga bisa jelasin banyak tentang kondisi/statusnya.

Jadi secara de jure Andela masih member, walaupun kelihatannya secara de facto, dia ga ikut kegiatan JKT48 lagi.

Update 4 September 2015:
Sehari menjelang special RKJ Show dalam rangka 3rd Anniversary Theater JKT48, muncul pengumuman tentang Andela. Menyebutkan bahwa Andela tidak bisa melanjutkan kegiatan di jkt48, bla bla bla. Alias, Andela resmi grad.


Kalo diliat2, sepertinya penundaan pengumuman keluarnya Andela ini ada kaitannya juga dengan kontrak2 terkait iklan yg turut menyertakan Andela. Hal yg sama mungkin juga terjadi pada Tata, yg baru diumumkan grad tgl 26 Agustus kemarin (kontrak iklan dan Bima-X). Ditunggu kontrak iklannya selesai, baru  resmi keluar.

Anw, setelahnya akun twitter andela yg baru belum muncul. Pas muncul pun, akunnya digembok. Gw malah lebih dulu tau akunnya yg di instagram, sama, digembok juga. Tapi bisa follow, entar di accept sama dia.

Well, sekali lagi, keluarnya Andela adalah sebuah kehilangan besar. Gw kepikiran sama Elaine yg mesti kehilangan pasangan terbaiknya. Ga ada lagi deh, mereka mesra-mesraan, karena ga keliatan ada kontak setelah Andela keluar.

Meski begitu, sepertinya kita ga perlu kuatir dengan prospek team T setelah ditinggal Andela, karena bintang2 lain seakan muncul ke permukaan, semakin bersinar. Shani dan Gracia, sekarang menjadi figur utama tim ini dan. Dan masih ada Michelle dan Desy.

Untuk Andela sendiri, mudah-mudahan kamu menemukan jalan terbaik yang bisa membuatmu tetap bersinar. #TerimakasihAndela

No comments:

Post a Comment