Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, July 23, 2006

Ganti-Ganti IP


Beginilah jika hidup di jaringan. Mesti belajar biar ngerti gimana caranya bisa beradaptasi dengan masalah koneksi, baik untuk jaringan maupun internet keluar.

Di ruangan kerja kami, jaringannya berformat NAT, di mata orang luar, kelima komputer kami dianggap sebagai satu IP yang sama. Makanya kalo make ai3 rame2 atau cache3, kadang-kadang muncul peringatan melebihi batas koneksi. Begitu juga kalo lagi akses ke ftp. Sering muncul peringatan : There's to much connection from your address.

Untuk mengatur masalah koneksi NAT ini, ada satu komputer yang jadi gateway, yaitu komputer gw. Tapi kemudian ternyata Kimpul bikin ethernet buat gatewa juga. Jadinya sekarang gatewaynya bisa dipindah-pindah. Kadang-kadang perlu kalo misalnya gw mau pulang, komputer ge hibernate, trus kabel LANnya dipindahin ke komputer Kimpul, trus ganti lagi IP buat local network.

Kemudian setelah beberapa kali merasakan 24 jam di PAU, ada beberapa hal yang diketahui. Yaitu : IP disini ga stabil. Default IP kami adalah 185. Meski begitu, ada kalanya kita ga bisa ngenet keluar. Lalu kita coba2 ganti IP jadi 188, kadang-kadang 171. Eh, abis itu bisa connect lagi, sampe kemudian IP ini ga bisa nyambung lagi, trus IPnya ganti lagi ke IP semula. Repot juga sih, sampe2 kita mikir jangan2 IP sini diblok, atau pada jam segini, IP ini ga bisa dipake, yang bisa IP yang laen. Padahal sih IPnya tetap, kalo kebetulan ganti IP, mungkin komputer pemiliki IP aslinya lagi ga nyala.

Lalu ada satu fenomena lagi. Komputer2 anak ga bisa ngenet keluar tanpa 'dianterin' ama gateway. Analogi yang mirip anak ayam. Kalo mau pergi kemana-mana ga bisa sendiri, mesti dianterin ama induknya. Begitu induknya ikut nganterin, abis itu udah deh terserah si anak ayam mau ngapain. Agak repot juga sih awalnya, lagi-lagi kami kira kami diblok. Padahal emang udah jatuh korban. Ntah kenapa, ai3nya kimpul ga bisa dipake lagi, mungkin ketauan karena udah ngabisin bandwith yang besar.

No comments:

Post a Comment