Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, November 02, 2013

Menulis Cerpen Pertama

Sebenarnya gw udah pernah nulis mengenai pengalaman menulis, tahun lalu di postingan ini. Tapi dipikir-pikir, itu kan bukan pertama kalinya gw nulis cerpen. Pertama kalinya dijadikan buku dan diterbitkan sih iya :D

Gw ga begitu sering nulis fiksi (cerpen atau FF). Serajin-rajinnya gw nulis, frekuensi terbanyak gw nulis itu ada di pertengahan 2011 sampai pertengahan 2012. Sebelumnya hampir ga pernah nulis cerpen. Tapi pernah, beberapa kali sewaktu kuliah gw nyoba2 untuk nulis cerpen.

Waktu itu belom ada twitter. Facebook pun masih baru-baru aja dikenalkan. Jadi belom ada yang namanya event2 menulis, atau nerbitin buku sendiri lewat nulisbuku. Tapi gw sudah punya blog dari dulu, nulis tentang macam2 hal yg kebanyakan cuma uneg2 atau hal ga jelas lain.

Sudah cukup lama gw pengen nulis sebuah cerita, yg tokoh2nya merupakan temen2 gw di unit waktu itu. Tujuannya apa ya, mungkin sebagai tribut dan ucapan terimakasih atas waktu-waktu menyenangkan selama gw bergabung dengan mereka. Nulisnya di Word, dan tersendat-sendat sampe beberapa minggu, tapi akhirnya jadi juga, hahaha. Hasilnya 6 atau 7 halaman kalo ga salah.

Ceritanya semacam dongeng ala Extravaganza (yg di Trans TV), ada raja, ada panglima, ada penyihir, dan ada pendekar yang merupakan pemeran utama. Plotnya tentang pendekar yang diutus untuk mengalahkan penyihir, tapi alih-alih lawan penyihir, jadinya malah lawan pendekar lain. Seperti halnya Extravaganza, yg jadi peran2 tadi adalah temen2 gw sendiri (plus bintang tamu Aya Ueto, idola gw waktu itu :D). Sementara gw sendiri jadi tokoh antagonis yg sama2 pendekar, dan bertarung dengan pendekar jagoannya.

Setelah jadi, gw promosiin dikit tentang cerpen tadi, lewat status Yahoo Messenger. Iya, karena waktu itu belom ada smartphone sejenis blackberry apalagi iphone. Selain itu gw kasihtau langsung ke temen2 gw yg ada di dalem ceritanya, baik lewat ym ato pas ketemu langsung. Responnya, kebanyakan menganggap ceritanya lucu dan menghibur. Emang sih, agak2 bodor dan ga bisa dibilang serius, tapi gw puas sih dengan hasilnya, karena untuk pertama kali berhasil menyelesaikan sebuah cerpen, "ga cuma ngambang-ngambang tanpa realisasi yang jelas".

Setelahnya, gw sempat nyoba nulis sekali dua kali, dan kemudian vakum, hingga akhirnya pertengahan tahun 2011, setelah dikenalkan dan bergabung di twitter, gw mulai belajar nulis lagi.

Hmm, seperti halnya yg lain, gw juga ingin menulis novel nantinya, tapi entahlah, saat ini ada banyak distraksi dan prioritas lain yang menyebabkan gw jarang menulis.

-OoO-

Okay, tulisan ini diikutkan untuk kuisnya bella dan mput. Lalu kenapa gw mesti menang? Ngg, kenapa ya, ga harus juga sih, ini buat ngeramein aja :D

No comments:

Post a Comment