Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, April 24, 2015

Sousenkyo JKT48 2015: Prediksi


Seperti halnya tahun lalu, kali ini diadakan lagi Sousenkyo (Pemilihan Umum) di JKT48 untuk menentukan 16 senbatsu (member pilihan) untuk single ke-10. Kali ini, untuk urutan 17-32 juga ditetapkan untuk jadi undergirls (coupling song), walaupun gatau ya apakah untuk coupling song-nya nanti dipromosiin juga ato engga (dibikin video klip, perform di tv, blabla).

Tata caranya masih sama. Beli CD single ke-9 (Pareo wa Emerald), nanti akan dapet kode untuk voting. Kalo CD, dapet 3 vote, kalo DVD dapet 6. Kalo kehadiran di theater, juga dapet 1 kode vote. Juga lewat SMS, 1 vote, setelah download konten lagu Pareo. Bedanya adalah, CD-nya ga diedarkan lewat Alfamart/Alfamidi/Lawson. Semua peredaran CD melalui theater (beli langsung) atau Rakuten (pesan online). Acara direct selling di beberapa kota diadakan, tapi menurut gw sih ga cukup untuk menjaring vote dari penjuru Indonesia. Pasti ada yg ga kebagian kedatengan DS. Tapi gantinya, ga cuma CD reguler yg ada votenya, sekarang CD theater (yg buat handshake) juga ada kode votenya. Berdasarkan fakta ini, gw jadi mikir: fungsinya CD reguler buat apaan yak? Mending jg beli CD HS, udah dapet tiket HS, dapet kode voting juga.

Anyway. Segala info tentang sousenkyo ini bisa dilihat di sini

Sejak awal periode voting dimulai, setiap member mulai berkampanye. Masing2 ada video kampanyenya di youtube official JKT48 (playlist), dan masing2 punya tagline sendiri, misalnya Melody dengan #Focus, atau Beby dengan #JadiYangTerbaik. Yang paling unik kayaknya Nabilah, yg terobsesi sama joke tukang bajaynya, sehingga tagline dia adalah #BajayBawaBerkah (?). Juga ada Gaby, dengan tagline yg random abis, gatau asalnya, kita bahas nanti.

Review Video Kampanye Member
Sebagian besar standar sebenarnya, banyak yg pake analogi pemilihan untuk mencapai impian dan berusaha keras dengan berbagai hal, misalnya bola basket, naik tangga, dll dll. Beberapa ada yg nyanyi dan suaranya bagus. Ini gw sebutin yg oshi dan member2 favorit gw yak.

1) Ayana
hmm, akting pura2 tidur di awal, yang sayangnya ga bagus. Ya kalo akting biasanya emang ga natural.
2) Desy
Untuk Desy, kampanye dia tergolong biasa. Dia ngomong kalimat bijak sambil nunjukin koleksi PPnya (yg semuanya Sonia)
"Segala sesuatu yg telah terjadi di masa sekarang maupun yang akan terjadi di masa depan, tidak pernah luput dari segala sesuatu yang telah terjadi di masa lalu."
3) Beby
Pake kostum ala Oshima Yuko, oshinya beby. Keliatan ga natural juga monolognya, karena ngapal sih, terutama pas ketawa hehe.
4) Ghaida
keliatan banget pedenya, aktingnya juga bikin kocak, pas ngomongin konspirasi Gorgom, dan juga begal.
5) Dhike
nah ini juga kocak, soalnya gw baru nyadar, dhike ini niru iklan indomie-nya Al. Mulai dari: "Mie goreng dulu yuk","gak ada duanya", dan terutama "hmm, sadessss!" Sumpah, begitu nyadar, gw selalu ketawa2 kalo inget ini.

Tapi juara dari video kampanye member ini adalah: Gaby dengan tagline: Mana yang Lebih Dulu? Ayam atau Telur? Disambung dengan joget ayam bertelor ala gaby dan lagu anak2 yg lucu banget pokoknya. Lagu ini melegenda, sampe dibikin video joget ayam bertelur ama anak2 tim j yg lain, buat ngeledekin gaby, semua gerakannya secara lebay ditiru, termasuk ketika tangannya gaby kepentok meja juga ditiru. Rusak lah ini :)) Ga ada lah itu hubungannya ayam atau telur sama pemilihan, entah si gaby dapet idenya dari mana. Ga jelas pokoknya, haha.



Yang lainnya juga beda adalah Melody, yg nunjukin skill dia dalam narik taplak dari meja yang ada gelasnya. Trik ini yg dulu pernah ditampilin waktu event tahun baru, dan di video ini, hasilnya perfect banget, smooth abis. Subarashiii, mantap lah.
 

Yang lainnya tergolong biasa dan ga berkesan buat gw. Frieska pake video yg kesannya nyindir manajemen soalnya dia ga pernah dapet senbatsu sampe sekarang. Sisil yg taun lalu gila, sekarang biasa aja. Yah gitu lah.

Anyway, video kampanye cuma ngaruh dikit sih. Soalnya, kalo udah jelas oshinya siapa, ya jelas lah fansnya bakal ngevote untuk oshinya sendiri, bukan ke yg lain meskipun videonya kocak. Dari periode voting yg akan berakhir 30 April nanti, sudah dua kali ada pengumuman jumlah vote sementara. Terakhir minggu lalu, dan nanti akan langsung diumumkan hasilnya tanggal 2 Mei. Nah, dari hasil sementara inilah, kita coba perkirakan siapa yg bakal lolos. Juga berdasarkan pembelian tiket HS yg sold out untuk member tertentu.



Dari hasil sementara, terlihat Melody udah menguasai puncak klasemen dengan beda suara yg signifikan dengan peringkat 2, apalagi peringkat 3 yg makin jauh selisihnya. Selebihnya selisihnya berkisar ratusan saja. Ayana, sama Beby yg tahun lalu peringkat 5, masih di nomor 20an. Meskipun di tahap terakhir ini pastinya bakal ngebom voting, belom tentu juga berhasil sebab yg di posisi atas kemungkinan juga ngebom voting.

Satu tempat kayaknya hampir pasti milik Melody. Meskipun rada misteri juga ya ini suaranya dapet darimana, soalnya sesi HSnya melody yg udah soldout baru sedikit. Veranda, Shania, Kinal, dan Nabilah yg udah di posisi 2-5 juga relatif aman, soalnya ini member2 utama, masak kelempar sih. Berikutnya Sisil, yg sementara nomer 6. Menarik, apakah perolehan suara Sisil bisa bertahan di 16 besar? Menurut gw bisa, tapi mungkin posisi akhirnya di bawah2, di 13-15 lah. Ghaida ya, lolos lah. Fanbasenya kuat. Nah, ngomong2 kuat, Andela ini yg paling berbahaya progresnya, karena sesi HSnya yg ada 5 sesi (ditambah jadi 6), semuanya soldout! Mungkin posisi akhirnya bisa tinggi, 5 besar mungkin. Elaine juga berpotensi untuk bertahan di 16 besar. Viny juga kmungkinan aman, soalnya gw tau, beberapa fans Viny loyal dan mau gelontorin duit banyak. Sesuatu yg jarang2 dimiliki member lain.

Jadi, siapa yg terlempar dan akan masuk 16 besar dari yg bawah? Bicara kans, gimana Ayana? Hmm, terus terang gw ga yakin sih. Taun lalu dia peringkat 14, dan taun ini makin sulit soalnya ada member2 baru yg fansnya juara, kayak Andela dan Elaine. No, kayaknya Ayana ga masuk 16 besar. Strategi fanbasenya juga menurut gw ga meyakinkan. Tapi kalo Beby, sepertinya bisa. Strategi yg rata2 diambil adalah ngasih jasa pembelian CD HS bersubsidi, jadi beli CD HS cuma 25rb, didiskon, dengan catatan kartu votenya bakal dipake untuk vote member itu. Banyak juga yg pake cara ini, tapi Achanation ga pake. Ah yasudahlah, pokoknya saya sudah menggunakan hak voting saya, yg total 7 suara (beli CD 2, plus theateran 1 kali). Sisanya, saya serahkan ke Achanation. It's on them now.

Di antara 16, siapa yg terlempar. Mungkin ya, Ikha, Chikano dan Yupi. Dan yg masuk gantiin adalah Beby, Ayana, dan Desy (?), hehe, bagus banget kalo jadinya begitu. Okelah, sesuai dengan harapan gw juga ya, prediksinya jadi begini:

Melody, Veranda, Andela, Shania,
Nabilah, Ghaida, KInal, Viny,
Haruka, Beby, Elaine, Sisil,
Sendy, Yona, Ayana, Desy

Hasilnya, kita tunggu minggu depan!

-OoO-

No comments:

Post a Comment