Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, June 22, 2015

Jurnal 21 Juni 2015

Game of Thrones season 5 udah selesai minggu kemaren. Dan episode terakhirnya ternyata menyimpan kejutan yg lebih dahsyat yg biasanya ada di eps 9. Karena gw kayaknya males bikin reviewnya di postingan khusus, di sini aja lah singkatnya. Tiap plot hampir diakhiri dengan seseorang mati. Dari kubu Stannis, istrinya gantung diri karena ga tahan anaknya mati. Pasukan Stannis pun juga kalah (yah elahh) lawan pasukan Bolton, terutama juga karena sebagian pasukannya kabur. Sudah kalah dan terdesak, Brienne muncul untuk menunaikan tugasnya untuk balas dendam ke Stannis. Habis lah Stannis Baratheon, ga gunalah itu semua pengorbanan dan kepercayaan ke Lord of Light. Myrcella, yg lagi dianter pulang oleh Jaime ke Kingslanding, juga mati karena diracun oleh Ellaria Sand. Di lain tempat, Arya bunuh Ser Meryn Trant yg lagi ada di Bravoos. Dan yg paling menyesakkan adalah, di penghujung episode, Lord Commander dikhianati anak buahnya para Night Watch, dan dibunuh. Is this really the end of Jon Snow? I do really hope they bring him back next season, because well, the realm is doom if he died. I mean, who else can you find a good and capable person who can fight the Walkers?

Hasil terakhir untuk timnas sepakbola U-23 Indonesia di Sea Games: tanding untuk perebutan tempat ketiga (medali perunggu), kalah dari Vietnam, dengan skor yg lagi2 telak: 0-5. Yaudahlah ancur aja. Cuma selang 2 hari, berturut2 kalah lima gol tanpa balas. Yg bikin aneh adalah pelatihnya, Aji Santoso ini, sebenarnya udah sering kalah telak kalo tanding, tapi masih dipertahanin. Sedangkan Indra Sjafri, satu2nya pelatih terakhir yg ngasih prestasi, malah dipecat. Emang lah PSSI. Btw, yg juara jadinya Thailand, menang 3-0 lawan Myanmar di final. Emang mantap ya ini Thailand.

Minggu ini sudah masuk puasa, ditetapkan 1 Ramadhan hari Kamis. Hari Rabunya gw ke Margo City buat nonton Jurassic World, pokoknya sebelum masuk puasa. Ga taunya mallnya rame banget, jadi pas gw kesana mepet sih (karena pas naek angkot sempet macet), tiket yg jam siang itu abis, jadinya nonton yg sore. Jadinya selagi nunggu, makan dulu di Lotteria (kepengen makan di sana lagi), abis itu ke Gunung Agung buat nyari2 buku, yg pertama bukunya Iip, Reborn, yg waktu itu stoknya abis pas gw beli online di bukabuku. Satu lagi bukunya Rara, Flip-Flop yg baru beredar. Ya, pokoknya buku temen dan orang yg gw kenal, gw beli, walopun bacanya masih kapan2. Baru abis itu nonton Jurassic World. Mantap lah, soalnya jadi thriller/action, dinosaurusnya lebih sakti, dan ada berantem antar dinonya.

Karena selesai pas magrib, jadinya ga keburu pulang ke rumah buat solat taraweh di mesjid. Btw, setelah berkali2 ke Margo, akhirnya nemu letak mushollanya. Masih di lantai 2, tapi di ujung sana, dari Margo Platinum ke ujung satunya lagi. Tempatnya lumayan lah, ga terlalu gede tapi cukup. Abis itu, sebelum pulang, beli makanan, chicken wings di Wings Station yg di lt1. Soalnya pas lewat ngeliat promonya untuk hari Rabu, buy 1 get 1, 38rb. Buat sahur lah lumayan.

Dan akhirnya bulan puasa dimulai. Sejauh ini lancar. Sahur ga kesiangan, makanan ada. Dan untuk ibadah, gw juga atur supaya konsisten. Taraweh di mesjid gw jadwalin 3 hari sekali aja. Sekalinya berarti di rumah, sekali lagi di kantor. Ga perlu tiap hari ke mesjid juga lah, sendiri juga gpp asal khusyu. Baca quran juga rajin, ga perlu banyak2, sehari selembar alias 2 halaman. Ya mungkin ini lebih cocok buat gw sekarang, ga perlu ngebut ngejar 1 juz per hari kayak jaman sma. Sekalian abis tadarus, sambil baca terjemahannya, biar nambah ilmu, walopun kadang jadi kritis juga kalo penafsiran ayatnya ada yg ga sreg menurut gw. Trus gw juga mau membangkitkan lagi apalan surat2 pendek di juz amma. Well, ga pendek sih, surat2 yg gw belom apal, lumayan panjang. Dulu pas sma kan pernah nyoba ngapalin, tapi abis itu udah lupa lagi karena ga dibaca. Kemaren ngapalin lagi surat Al Bayyinah, "Lam yakunilladziina kafaru min ahlil kitabi wal musyrikiina munfakkiina hatta ta' tiyahumul bayyinah". Ngapalinnya sambil baca terjemahannya, karena bakal lebih mudah, kalo kita tau maknanya. Baru satu, rencana tiap 2 hari sekali, ngapalin surat lain.

Selama puasa juga, jadinya jadwal nonton film ga bisa dilakukan siang2, takutnya ada adegan2 rating R, kan repot, jadi ditontonnya kalo udah buka, malem. Kemaren kan baca bukunya Sandra Brown, itu juga nyari2 waktu. Kalo ceritanya masih aman, gpp baca siang2, begitu mulai ada adegan, bacanya ditunggu abis buka. Juga abis itu nonton film, Sin City yg extended. Jadinya kadang berencana untuk begadang malamnya, baru paginya tidur. Ga selalu berhasil, karena pas pagi atau siang, kadang malah susah untuk tidur, walopun matanya capek, tapi ga ngantuk2.

Rutinitas lain adalah ngelanjutin Hunter X Hunter, kalo ini ga ada masalah ditonton pas puasa. Trus ngelanjutin CoC dan clan war. Gw minggu ini udah nembus 500 bintang, hasil dari performa gemilang di beberapa kesempatan. Juga lanjut main MAA, tapi ini rada ribet, karena pake koneksi tethering dari hape ga stabil, sering putus. Makanya, gw maksimalkan ketika masuk kantor. Atau pernah juga pas malem2 ga putus2. Tapi, untuk lebih amannya, kemudian gw pake cara ini: simcard dari hape gw lepas, dan taroh di modem, baru colok ke laptop. Nah, ini baru lancar. Specopsnya sih gw udah beres, udah dapet hero barunya, Ultimate Spider-Man dan Superior Spider-Man, hasil dari lockbox.

Masuk kantor jadinya jam 4, karena yg masuk pagi pulangnya lebih awal, biar bisa buka di rumah. Ya gpp sih, toh di kantor dapet jatah makan untuk buka dan sahur, dan kerjaan sekarang udah berkurang. Ohiya, untuk baca buku berikutnya, setelah yg Sandra Brown selesai, gw nambahin rule baru, jadi baca 2 buku sesuai pilihan random org, abis itu baca buku temen2 yg belom dibaca. Itupun diundi lagi, dan jadinya baca Flip-Flop yg notabene baru beli kemaren. Sip, lanjut.

Kemaren2 sempet kuatir sama Okta. Iya, Ayu Safira Oktaviani, anak lugu ini, yg belom tahu banyak hal. Sejak minggu lalu kayaknya jadi sering ngoceh di twitter, sebelumnya jarang2. Dan isinya jadi banyak curhat, baperan, ya ngambekan, aduh ini anak pokoknya minta diurus dan diperhatikan banget. Ya pas ada yg mention ngasih gambar yg bilang dia php, jadi sedih dan takut lah. Pas nonton film horor merem lah. Trus pas berangkat taraweh ada yg godain lah, si abang tahu (?). Tapi gw sempet kuatir, pas besok sahurnya dia beli makan sendiri di luar, mana duitnya kurang. Trus katanya papanya ga puasa, mamanya kerja. Hah, lho gimana ini situasinya kok ga kondusif. Papanya sakit ato gimana, trus mamanya kerja malem2 ato gimana, jadi kepikiran. Besok2nya sih udah engga, karena sekarang si Okta kalo sahur ga sendiri lagi, kalo ga ngajak nginep member yg lain, ya pokoknya ga sendirian lah. Yaudahlah ok, mudah2an itu anak situasinya selalu aman, dan ga baperan mulu. Saya mau mengalihkan perhatian kembali ke ayana dan desy saja.

Sabtu kemaren akhirnya buka kemasan CD Kiboteki Refrain yg beli waktu itu. Setel lagunya, trus ngerip sendiri, dan nonton MV dan behind the scene, dan sekarang udah mulai dengerin lagu2nya, udah enak di kuping.
Suka sekali (suka sekali), suka sekali (suka sekali, wow wow wow wow)
Trus malemnya ada tayangan konser yg minggu lalu, di Rajawali TV. Tapi gw ga nonton karena tidur abisnya ngantuk berat. Baru tadi malem nonton TVODnya. Ga semua lagu sih, tapi cukup lah.

Memasuki bulan puasa ini, memperhatikan beberapa fenomena. Karena masih ada orang2 yg mempermasalahkan hal2 toleransi, seperti misalnya warung mesti tutup (yaelah), minta orang non muslim untuk ga makan di depan orang puasa (yaelah), ya yg berasal dari orang Muslim sendiri. Rewel, dan ini malah merusak citra umat. Dan kemaren baru tau berita Lukman Sardi yg pindah agama, ini aja banyak komen yg mencela dia. Gw baca artikelnya, dia pindah udah 6 tahun yg lalu karena ada gejolak batin. Ya, kalo liat bagaimana kelakuan sebagian kaum Muslim kayak FPI, trus orang2 bigot yg pake isu agama buat ngejatuhin image Jokowi, yg ngelarang pembangunan gereja, dan tindakan2 yg ga menunjukan sikap toleransi beragama, mungkin aja itu sebabnya yg bikin dia gejolak batin. Agama yg seharusnya membuat hati damai, kok isinya malah dipenuhi kebencian. Mungkin seperti itu ya.

Di lain pihak, gw liat dari member2 yg non muslim, banyak juga yg ngucapin selamat puasa, ngasih semangat supaya puasanya lancar, bahkan ada yg ikut puasa juga. Ya, mungkin sebagian cuma template, tapi yg lainnya gw ngerasa bener2 ikut puasa, karena ingin ikut merasakan, mungkin juga karena curious. Yg oke2 aja menurut gw, malah ikut senang. Ada yg ikut puasa, kayak Haruka (yg gw ga tau keyakinannya gimana, dia sebagai orang Jepang), dan Elaine. Ada yg ga ikut puasa, tapi tetap ngasih semangat kayak Desy dan Sisca, yg gw simpulkan karena mereka Katolik, sementara Ilen mungkin Protestan. Soalnya, Katolik sepertinya lebih strict. Tapi Desy sampe bilang, kalo dia ga ikutan puasa, yg sebenarnya ya gpp, karena kan emang ga diwajibkan ke dia, jadi dia ga perlu merasa ga enak. Tetap setia terhadap agamanya, dan sekaligus menghormati dan menghargai pemeluk agama lain, bukankah itu yg bener, inti dari toleransi.

Tapi, untuk ini pun masih ada yg masalahin kalo ada member yg non muslim ikut puasa. Yaelah, makan2 terangan ga boleh, tapi giliran ikut puasa juga ga boleh. Mau lu apa sih? Ribet lah orang2 yg terus mencari2 masalah seperti ini. Sementara kita yg rukun2 aja, biar orang yg ribut, kita tetap calm. Mudah2an lancar puasa sebulan ini.

-OoO-

No comments:

Post a Comment