Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, October 28, 2015

[Review Game] Love Live! School Idol Festival


Ini juga termasuk game yg kemaren2 gw sibuk main. Tapi untungnya sekarang udah engga, paling cuma ngecek buat login doang tiap harinya. Sebenarnya ini game yg rame taun lalu, tapi gw belom kesampean buat main, karena makan space yg gede (cuma bisa dari tab).

Game ini ceritanya tentang sebuah idol group dari sebuah high school, beranggotakan 9 orang. Kita ceritanya diminta bantu2 mereka latihan dan perform, dan nyari anggota baru dari luar. Secara garis besar, ngumpulin dan upgrade karakter, yak standar game yg populer saat ini.

Format utamanya adalah rythmic game, jadi mencocokkan irama lagu dengan pencet tombol yang sesuai. Kalo pernah main game Piano, ya semacam itu lah. Waktu itu gw kesulitan banget, tapi setelah biasa main, jadi lumayan bisa, sering dapet full combo pula. Tapi buat yg easy doang, kalo levelnya intermediate atau hard, langsung ga berkutik, saking cepet banget ritmenya jalan.

RUTINITAS

setiap login, ada bonus harian. Bisa berupa gold, atau Love Gem (kayak diamond). Standar ya. Gold buat transaksi biasa, Love Gem buat transaksi premium. Dan ada stamina untuk membatasi waktu main, dan exp untuk naik level.

Juga ada bonus harian, gratis 1x regular scout. Scout ini gunanya untuk dapet member baru, berupa kartu member. Dibilang baru juga ga selalu baru, ada juga yg duplikat, sudah ada. Tapi jangan kuatir, semua kartu member, baik yg baru ataupun duplikat, semuanya berguna.


Setelah ngumpulin bonus, kalo udah siap, langsung masuk ke Live Perform, untuk main rythmic game tadi. Pilih mau perform lagu apa. kemudian pilih tim mana yg mau main. Minimal ada satu tim berisi 9 orang, bisa bikin tim kedua, ketiga sampe kelima, dgn variasi member. Abis itu, pilih penonton, gunanya buat nambah Friend Points. Nah kan, kebanyakan satuan mata uang, kalo pemula pasti bingung.


Live perform. Seiring lagunya berkumandang, ada bulatan2 melambangkan nada yg menuju ke arah yg berbeda, ke 9 member yg perform. Kita mesti neken di tombol/gambar member yg sesuai, timingnya juga. Tingkat ketepatannya, ada Perfect kalo pas banget, Great kalo lumayan pas, lalu Good kalo ga pas. Ada juga Miss kalo sama sekali ga kena. Untuk diitung combo, mesti Perfect atau Great. Combo maksudnya tepat berurutan, karena ketika kena Good alias ga pas, combonya restart dari awal lagi. Jumlah combo ngaruh ke skor, dan achievement. Kalo full combo, langsung rangkingnya S, bukan A, B atau C. Untuk masalah skor, kalo mau skornya tinggi, pakelah member2 yg eksklusif/rare, karena mereka punya skill tambahan yg bantu naikin skor. Member yg rare ini ya 9 member inti school idol tadi.

Setelah berhasil menyelesaikan live perform, dapet hadiah gold, juga exp, dan ada juga bond untuk tiap member. Dan juga dapet kartu member, biasanya dapet 3. Tapi biasanya duplikat, jarang dapet kartu member yg baru. Setelahnya kalo masih ada stamina, bisa lanjut live perform lagi.

Koleksi Member dan Upgrade

Agak lupa, kalo ga salah di awal kita dikasih 9 member, 1 yg rare, yg merupakan leader yg kita pilih pas awal main game. Trus kemudian nambah member2 baru dengan live perform, dapet bonus kartu member.

member yg gw pilih jadi leader: Maki Nishikino
Juga dari scouting. Scouting ini ada yg reguler, untuk dapet member2 biasa (member dari luar), dan ada yg honor scouting, untuk dapet member rare. Untuk reguler scouting, belinya pake Friend Pts, sementara honor scouting, pake love gem. Ada lagi tingkatan di atasnya, pake satuan yg lebih premium lagi, untuk scouting member level SR atau UR.

Tingkatan level member (rarity), ada yg Normal (ini member biasa dari luar grup), dan untuk yg member grup, ada R (rare), SR (Super Rare), dan paling tinggi UR (Ultra Rare).

Lalu untuk masalah upgrade. Kita butuh duplikat untuk suatu kartu, supaya member tersebut bisa di idolize. Kalo Normal, di kartunya biasanya membernya penampilan non-idol, kalo udah idolized, nanti di kartunya dia ganti kostum untuk idol. Yang diitung upgrade adalah versi idolized ini. Untuk member biasa, mungkin gampang untuk idolized, karena gampang dapat duplikatnya. Tapi untuk member rare, sudah dapet duplikatnya, jadi jarang yg idolized.


kartu member yg normal (atas) dan yg idolized (bawah)
Nah, di sinilah peran kartu2 baru itu, yg duplikat maupun yg beda. Kalo duplikat, pertama kali, bisa dipake untuk idolized member tsb, dengan cara special training. 2 kartu dilebur jadi 1. Duplikat berikutnya emang ga ngaruh untuk idolized, tapi karena expendables, dia cocok untuk digunakan untuk hal lain, yaitu naikin level member. Yup, biasanya tiap setelah live perform dan dapet 3 member (yg duplikat), gw naikin level salah satu member, dgn cara ngelebur 3 kartu baru tadi.

Selain upgrade level, ada juga upgrade Bond (ikatan, experience). Bond ini didapat sedikit demi sedikit dari Live Perform. Kalo udah cukup, nanti bond-nya full. Kalo udah full, fitur story untuk member tsb akan terbuka, dan bisa diliat.


Sebenarnya asik2 aja ngumpulin karakternya, tapi masalahnya jumlahnya banyakkk banget. Dan lagi, tujuan koleksi membernya ini kalo buat gw sih, ya supaya koleksi gambar membernya kan. Nah, daripada repot2 tiap hari mantengin, mending cek aja ke wikia-nya, udah lumayan lengkap daftar kartu membernya.
http://love-live.wikia.com/wiki/Love_Live!_School_Idol_Festival_Card_List
Dan dengan ini, ga ada perlunya lagi main game.

Kecuali kalo mau dengerin lagunya.

LAGU

Ya, karena lumayan sering, jadi suka sama beberapa lagunya. Yg gw suka sih yg awal2, Bokura no LIVE Kimi to no LIFE, sama Snow Halation. Tapi nyari di youtube agak susah nemunya, jadi kalo pengen dengerin lagi, ya mainin live perform nya.

Minggu lalu gw gencar main karena pas lagi ada special event, setelahnya ya udah, ga perlu lagi.

-OoO-

No comments:

Post a Comment