Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, October 25, 2015

[Review Game] Naruto Shinobi War

tampilan home
Sudah beberapa minggu ini saya gemar main game android ini. Sebenarnya boleh dibilang agak telat, soalnya mulai ramainya itu dari berapa bulan lalu, tapi baru nemu installernya (ga di playstore) bulan kemaren, dan karena baru ada koneksi internet bagus, jadi mulai rajin maennya ya akhir2 ini.

Game ini merupakan tipe game yg memiliki target mengumpulkan karakter dan upgrade sampai level maksimum. Seperti Marvel Avengers Alliance, atau dulu juga ada Dynasty Warrior. Fitur ini yg membuat orang yg main jalan terus, sampe berhasil melengkapi semua karakter. Karakternya cukup banyak dan update, mulai dari Naruto dan teman-temannya, ninja2 lain di Konoha, sampai para Kage, Akatsuki, dan Hokage terdahulu. Kalo kita ngikutin main quest, plotnya sesuai dengan plot di manga. Makanya gw jadi tertarik untuk baca2 ulang Naruto dari awal.

RUTIN
Setiap hari, ketika mulai main, gw selalu menentukan 5 karakter yg bakal main untuk sehari itu. Karena untuk setiap battle, team terdiri dari 5 ninja, dan supaya adil, gw atur supaya semua dapet giliran. Jadi biar semua levelnya setara, ga cuma beberapa karakter aja yg diutamakan.

pilih karakter yang mau dimainkan
Masuk ke interface game, pertama kali adalah cek bonus sign-in dan mail. Setiap hal2 yg perlu dicek ditandai dengan bulatan merah pada menu yg dimaksud. Berikutnya cek daily bonus, ada task2 yg dipenuhi setiap hari untuk dapat bonus, misalnya melakukan normal mission 7x, elite mission 3x, dan heroic mission 1x (tingkat kesulitan tiap mission).

daily bonus
Lalu masuk ke guild. Normalnya, guild ini ada aktivitas lain, yaitu untuk guild war, kayak clan war di COC yg sepertinya bakal nambah rumit tugas. Sayangnya tiap guild yg gw join kayaknya ga aktif, jadi ga ikutan guild war. Gpp, masih bisa dapet income gold dari sana, dengan cara dispatch 2 ninja. Karakter lainnya bisa dipake untuk jaga strongholds, yg ada pilihan, mau farming gold, atau farming icha icha energy (untuk naikin level/exp). Tujuannya sama, buat dapet gold. Strongholds batasnya 4 jam, dan dalam sehari dapet jatah 3 kali. Sementara kalo dispatch guild ga ada batas, tapi diinget aja kalo udah sehari tarik lagi, biar bonusnya bisa diambil.

Lalu ada 3 daily task yg gw usahakan selalu komplit, yaitu Ninja Trial, Hunt Forest, dan Arena. Ninja Trial dan Hunt Forest ini untuk dapet bonus beragam, ada yg dapet jutsu, atau item yg bisa dijual buat dapet gold. Dan ada pilihan yang hanya available untuk hari tertentu. Misal: mission A available hari Senin, Rabu, Jumat. mission B hari Selasa, Kamis, Sabtu. Di hari Minggu, semua pilihan menjadi available. Sementara arena ini semacam PVP (player versus player). Seringnya sih walaupun udah refresh berkali2, tetep aja ga ada lawan yg lebih lemah, jadi biasanya gw kalah terus. Tapi gpp, soalnya yg penting adalah 2 kali arena tiap hari, untuk dapet bonus harian. Bonus dari arena juga tetep dapet tiap hari, ga peduli rankingnya berapa. Ada lagi Shadow Arena, tapi ini ga termasuk daily bonus, jadi kalo ga ikutan fight juga gpp, yg penting sediakan tim untuk defense. Bonus tetep ngalir, walaupun ratenya kecil.

koleksi karakter
Masuk ke tujuan utama. Kumpulin karakter dan upgrade. Untuk dapet karakter baru, kita kumpulin dulu soul dari ninja itu. Ada yg butuhnya 10 soul, ada yg 30, ada juga yg 50, tergantung tingkat rare karakternya. Untuk dapetin soul ini, kita bisa lakukan heroic mission yg dibatasi cuma bisa sekali dalam sehari untuk tiap mission. Tiap mission akan memberi hadiah berupa scroll, yg jumlahnya bervariasi, minimal 1, maksimal berapa ya, paling banyak gw dapet 8. Tapi ya namanya bonus, kadang isinya nyampah, ga sesuai dengan yg kita pengen. Makanya suka lama banget ngumpulin soul. Selain dari mission, soul juga bisa didapat dari bonus login harian (khusus karakter Yondaime/Fourth), atau dari Path Shop, bisa beli berapa soul karakter pake diamond. Atau bonus random dari Scroll Store. Atau bonus dari Challenge.

tampilan pre-mission, lawan dan potensi bonus yg didapat
Selain untuk dapetin soul, mission yg normal dan elite berguna untuk ngumpulin jutsu, yg merupakan syarat untuk upgrade karakter. Tiap karakter ada 6 slot jutsu, dan mesti dilengkapin, baru bisa diupgrade. Tingkatannya dari yg awal adalah Chunin, trus Genin, Jounin, sampe Hokage. Dan semakin tinggi level, semakin susah dapet jutsunya, karena tiap jutsu mesti ngumpulin dulu pecahannya (kayak ngumpulin soul untuk karakter), dan itu bisa didapet di main quest, atau bonus2 lain.

detail tiap karakter, untuk upgrade ability dan lengkapin jutsu
Selain itu ada upgrade ability. Tiap karakter ada ability tersendiri, jumlah tergantung level. Kalo baru genin cuma 2, jounin jadi 3, pas hokage jadi 4. Masing2 ability diupgrade untuk nambah power dan stats lainnya. Kebanyakan ability untuk attack, kecuali beberapa ninja seperti Sakura, yg punya ability untuk healing karakter2 lain. Upgrade ability pake gold, sementara upgrade level (lv 40 misal) pake icha2 energy.

Yang ga terlupakan dari rutinitas harian adalah Challenge. Kalo di main quest, lawan kita sudah ditentukan, di challenge ini kita bisa dapet lawan yg bervariasi dan random. Alias bisa liat macem2 variasi jurus. Sering juga ketemu karakter2 rare yg belom ditemui di main quest. Tantangannya emang di situ. Setiap menang, bakal berhadapan dengan lawan yg levelnya lebih tinggi lagi. Dan kenaikan levelnya juga ikut naik ketika level kita juga naik. Makanya ini yg bikin berat, karena biasanya gw naik levelnya aja, tapi ability belom diupgrade full (keterbatasan gold). Jadinya keburu dapet lawan yg berat, sementara ability belum mendukung.

challenge, dengan lawan random
Pada akhirnya, yg membatasi game adalah kehabisan stamina (ramen), dan mesti nunggu keisi lagi, atau nunggu bonus 60 stamina harian. Sehari ada dua kali bonus stamina, pertama di jam 11-13 siang, kedua pas jam 17-19 sore. Juga ada bonus 15 stamina kalo ngasih salute di guild, tapi sehari cuma bisa sekali. Kalo pengen banget sih bisa beli stamina pake diamond, tapi cuma bisa sekali juga dalam sehari.

Selain keterbatasan stamina, ya keterbatasan gold untuk upgrade ability. Makanya mesti terus dispatch dan stronghold segala macem untuk dapet gold. Kalo mission sebenarnya juga dapet gold, tapi dikit bener.

Saat ini gw udah punya 20an karakter, udah lumayan banyak, ketimbang awal2 susah banget cuma pake 4 ninja.

Daftar Ninja yg gw punya saat ini (urut abjad):
Aburame, Chouji, Gaara, Haku, Hinata, Iruka, Jiraiya, Kakashi, Kankuro, Kiba Inuzuka, Killer B, Lee, Naruto, Neji, Pain, Sakura, Sasuke, Shikamaru, Temari, Tenten, Yakushi Kabuto, Yondaime, Zabuza

3 comments:

Mama Bali said...

baruto store buat apa

Tammy Wijaya said...

makasih infonya gan, bermanfaat bgt, kebetulan ane lagi mau download game naruto

Unknown said...

Jaelani

Post a Comment