Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, October 31, 2015

Oshi dan Member Favorit di JKT48

Pengen nulis ini dari kemaren2, waktu masih antusias. Kalo sekarang sih udah ga terlalu, dan udah jarang mention juga. Tapi gpp lah, momennya pas lagi HS festival.

Oshi adalah member yg paling kita sukai, terfavorit, pokoknya nomor satu lah. Sukanya ini bisa karena macam2 faktor. Afterall, konsep idol memang dibuat dengan banyak member dengan beragam sifat dan keunikannya, jadi mesti ada satu (minimal) yg bisa menarik perhatian orang.

Kemudian definisi suka ini, luas. Ga cuma suka seperti halnya cowok suka cewek. There are different kinds of love. Seperti halnya suka dan cinta yg kita kenal, yg kadang susah dijelaskan. Walaupun pada kenyataannya memang banyak fans yg suka sama oshinya dan mengharap (membayangkan) jadi pacarnya.

Di kalangan fans, sudah umum ditemui adanya multi oshi, alias oshinya banyak. Kalo gw sih memakai paham oshi itu satu. Yg lain adalah member favorit. Di halaman web jkt48 pun kalo kita daftar sebagai anggota, disuruh ngisi nama oshi juga cuma satu. Lalu ada juga fenomena oshihen, ganti oshi dengan member lain. Ini juga ga berlaku buat gw, karena oshi gw dari awal sampe sekarang ga pernah berubah. Adanya juga nambah atau ganti member favorit. Percaya dan setia. Tentu saja ada faktor karena kenalnya dengan oshi duluan. Kalo misalnya kenalnya dengan member lain, mungkin oshinya juga beda.

Oshi:
Ayana Shahab


Ayana adalah oshi saya, dari awal saya milih oshi sampe sekarang. Dulu sudah pernah cerita, awalnya karena liat video ramadhan taun 2012-nya Melody dan Ayana. Anak ini agak lugu dan pea, makanya kadang kelakuannya bikin orang ketawa. Dan masih kekanakan sih, walaupun umur udah 18, tapi muka dan kelakuan 3 tahun lebih muda. Ga pinter2 banget, but it's okay. Ada hal2 lain dimana dia jago, kayak bahasa Jepang sama ngapalin koreo (katanya sih. Tapi emang, untuk ngapalin semua gerakan itu, dalam satu setlist aja, susah banget untuk orang biasa). Selain itu, hal utama yg paling diinget orang adalah, ayana ini tukang tidur. Lagi dimana aja, kalo lagi ngantuk, ya gampang aja tidurnya. Pada masanya, pernah bentar2 tidur mulu.

Kalo liat twitternya, bahasanya masih bahasa anak2, dan ciri khasnya yg ga pernah hilang adalah, sering typo. Ayana sering nongol di twitter, sementara banyak member lain yg jarang. Ngasih kabar lagi ngapain, juga ngingetin sholat dan makan. Beberapa kali bermasalah dengan kesehatan, karena makannya susah. Tapi sekarang kayaknya udah ga terlalu ya. Dan biasanya terlihat ceria dan semangat, enjoy aja menjalani peran sebagai idol. Ga banyak beban pikiran. (walopun ternyata pernah juga down waktu ga kepilih senbatsu). Keluguannya juga membuat dia baik ke semua orang. Rada usil atau bandel juga sih.

Ayana ini keturunan campuran. Bapaknya orang Arab (tapi kayaknya orang Indonesia turunan Arab, bukan orang Arab murni), ibunya orang Jepang. Lahirnya di Jepang, dan sempet pindah2 antara Jepang dan Indonesia. Jadi wajar kalo dia bisa bahasa Jepang. Lalu karena pernah pindah sekolah ke Jepang pas pertengahan musim, mesti ngulang kelasnya waktu itu dari awal. Normalnya dia udah kuliah sekarang, tapi masih kelas 3 SMA karena ngulang itu.

I love her, as a child, as my child. Makanya suka kuatir sama kelakuannya.

My concern for her: susah makan. Tapi setelah beberapa kali sakit, kayaknya sekarang udah mulai stabil. Mudah2an ya. Sekarang udah sering makan. Asal jangan kepikiran aja, kalo ada yg bilang dia gendut ato apa, harusnya abaikan aja, karena aslinya masih langsing kok. Ga perlu dimasukin hati kalo ada ucapan2 seperti itu.

Selain itu, dia butuh untuk lebih disiplin, dalam sekolahnya. Tapi kayaknya udah bagus sekarang, soalnya dia kelas 3, udah ada pendalaman materi, dan harus belajar yg bener.

Yang masih menjadi concern adalah, keluguannya yg kadang mengundang masalah. Misalnya kalo foto atau pakaian agak terbuka, suka ga nyadar kalo bisa menimbulkan salkus.

Selain itu, dia juga kurang bisa tegas dan serius. Kadang dibutuhkan untuk menghadapi orang2 yg ngomong macem2 atau jahat tentang dia.

Di balik kekurangannya, kalo udah sayang ya mau gimana. Cuma bisa mengingatkan dan mendoakan.

Member Favorit no. 2
Desy
aka Maria Desy, aka Maria Genoveva Natalia Desy Purnamasari Gunawan, aka Tan Hong Lie


Member yg badannya paling tinggi, dan namanya paling panjang. Asalnya dari Cilacap, makanya kalo ngomong suka ngapak. Suka ngelawak ga jelas dan sok asik. Suka sama stand up comedy juga, dan tau komika2 lokal. Aslinya Desy ini dulu juga fans, oshinya Wawa (Sonia), dan hobi ngumpulin dan trade photopack, dan jago wotagei (dancing with light stick). Woti banget pokoknya, dan hobi2nya ga ilang, malah kadang difasilitasi. Jadi pas HS ini ada event trade PP dan juga tutorial wotagei dari desy. Mantab.

Awalnya gw tertarik untuk mengenal Desy karena dia deket sama Ayana. Waktu mereka ikut syuting acara Yokoso ke Jepang, bareng2 juga dengan Kinal dan Lidya. Sekarang sih ga begitu sering interaksi, soalnya aktivitas beda tim. Dari Desy, gw jadi kenal sama member2 tim T lain, terutama yg jadi "adek2nya" Desy yaitu Okta, Feni, sama Sisca juga.

I like her. Kalo ke Desy, gw suka dia, sebagai temen. Juga untuk flirting :p Maksudnya, kebanyakan yg mention desy kan suka balik nyela gitu, karena dianya juga ga jelas.

My concern for her: belom kuliah. Jadi dia sebenarnya udah lulus SMA dari tahun lalu, dan harusnya udah kuliah sekarang. Sempat bertanya2 kenapa belom kuliah. Tapi kemaren2 di gplus dia bilangnya belum kuliah karena alasan tertentu, bukan karena males. Entah, mungkin masalah birokrasi atau sesuatu yg ga memungkinkan. Tapi jadinya sehari2 dia kayak ga ada kerjaan gitu. Nonton TV, serial turki, balveer. Kalo lagi ga ada kegiatan atau latihan, jadinya bosen banget itu. Apalagi ga ada hobi kayak main game atau apa, kan lumayan. Palingan jadinya jalan2 sama adek2nya. Yah, pokoknya cari kesibukan lah des.

Member Favorit no. 3
Elaine
aka Elaine Hartanto, aka Ilen


Ilen ini badannya kecil, mungil, menggemaskan gitu deh. Dan mencitrakan diri sebagai bebek yg datang dari Neptunus. Dan cantik. Umurnya udah 19, tapi ga keliatan kayak anak kuliah, lebih mirip anak SMP. Tapi pemikirannya sedewasa umurnya. Dia cerdas,dan fleksibel. Dia bisa berekspresi lucu dan imut, tapi bisa juga serius dan dingin pas perform.

Pas awal2 gen 3 muncul, Ilen termasuk yg menarik perhatian gw. Selain karena faktor wajah, juga karena kesukaannya dengan buku dan menulis dongeng. Tapi entah ya sekarang kayaknya udah jarang ato ga sempet. Yang juga menarik adalah interaksinya dengan Andela waktu itu, mereka berdua saking deketnya kayak orang pacaran gitu, haha. Lucu pokoknya kalo misalnya Andela lagi godain member lain, dan ilen cemburu. Yah, sayang Andela-nya udah grad, jadi ga pernah melihat kehebohan mereka.

Gw sebenarnya jarang mention ilen, tapi masukin twitnya ke notifikasi. Kalo lagi share pic, fotonya biasanya cakep2. Tapi sekarang udah jarang share pic sih.

Tentang Ilen, gw suka, dan lebih ke arah kagum sama dia. Selain cantik, kepribadiannya juga mengagumkan. Pernah dia bahas kalo dia ga suka nyontek, lebih milih ngerjain ujian dengan usaha sendiri, dan dia juga ga suka bohong, karena ga diajarin untuk boong. Integritasnya bagus. I like that.

My concern for her: aktivitasnya yg segunung. Dia ambil kuliahnya yg akselerasi, setahun 3 semester. Udah lah jadwal kuliah padat, dia kayak sengaja ngambil kesibukan lain, daftar jadi asisten sama ngajar dll. Suka bingung gimana bagi waktunya, kayaknya suka keteteran.

Lainnya
Ya sebenarnya selain oshi dan member favorit, ada juga member2 lain yg gw suka setelahnya. Waktu itu sempat ada kuis-kuisan, dan dari situ bisa dirangkum siapa aja member2 favorit.

(gambar)
Kalo di tim J, ada Beby. Si jago dance yg selalu ngumpetin jidatnya. Interaksinya sama gaby yg kayak tom n jerry juga menghibur banget. Ghaida juga gw suka, walopun waktu dia sempet emosional, trus ngeblok orang2. Jadinya gw jadi ga begitu sering mention dia. Hati2 aja. Dhike cantik, genit, tapi bodor. Sayang jarang nongol di twitter. Jeje juga, terlepas dari kasus taun lalu, atau waktu ngospek berlebihan, ketika teater dan MC, dia bikin suasana asik. Dan dia jago main piano. Jangan lupakan Melody dan Nabilah. Melody yg kalo ngomong adem, dan dewasa.

Kalo di tim K3, agak susah ya, ga ada yg bener2 bikin tertarik. Tapi entah gimana nama Viny ada di urutan 6. Viny yg sekarang beda dari yg gw kenal taun lalu, yg serius dan kayak mengemban tugas bawa tim K. Sekarang lebih lepas, ga jaim, makan banyak, tapi ga takut gendut. Dan dia suka baca, ohiya akhir2 ini mulai banyak member yg keliatan suka baca buku. Dia juga bikin blog di web jkt. Selain Viny ada Yupi yg tampangnya imut banget, suaranya juga lucu. Dia anak2 yg udah kuliah.

Di tim T, banyak juga nih yg gw suka. Adek2nya Desy, yaitu Okta, Feni, dan Sisca. Okta yg badannya tinggi, sok2 dewasa padahal masih cengeng dan baperan, suka ngatain yg laen anak kecil padahal dia juga anak kecil. Feni badannya kecil dan berisik, ga bisa diem. Kalo bikin video, sambil muter2. Sisca yg tergila2 sama Captain America, dan punya suara emas calon2 finalis Indonesian Idol. Yg lainnya juga menarik dan unik. Ada Gracia dan Shani yang tiba2 menjadi bintang baru di T setelah Andela pergi. Tapi gw heran juga sih banyak yg terpesona sama mereka, karena kecantikan saja kah. Padahal gw lebih suka ngeliat sisi lainnya Gracia yg jahil kalo lagi sama sister project sama ilen dan sofia. Ada juga Michelle, Anin, Nadse. Overall karena mereka generasi terbaru dan sering ngetwit sih, jadinya itu yg bikin menarik. Kecuali Haruka. Gw masih berpikir kalo keputusan manajemen mindahin Haruka ke tim T adalah kesalahan. Emang dia jadi semacam mami buat anak2 tim T, tapi sebagai kapten, dia ga begitu bagus, karena sering ngilang untuk kesibukan lain. Mudah2an manajemen juga sadar, dan menentukan kapten baru di tim T, yg benar2 dari mereka sendiri.

-oOo-

Masalah waro. Banyak yg berpendapat waro penting, supaya fans setia sama oshinya. Kalo gw sih berusaha untuk ga mengharapkan waro, karena biasanya kalo berharap, ga dapet. Mungkin juga karena gw lebih paham, makanya sekarang jadi jarang mention2 ke ayana atau desy lagi. Biarlah, yg penting tetap memperhatikan dari jauh.

*foto dari twitter member masing2

No comments:

Post a Comment