Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, June 15, 2016

Jurnal 12 Juni 2016

Hari Senin sudah masuk puasa Ramadhan. Sudah masuk rutinitas ketika Ramadhan. Bangun sahur, biasanya gw jam 2 atau setengah 3 udah bangun. Paling telat jam setengah 4. Dan itu ga pernah pake alarm, memang sudah natural untuk bangun jam segitu. Kalo di rumah sih selalu ada makanan untuk sahur. Kalo ga ada, gw goreng pizza mie seperti biasa. Biasanya sahur sambil nonton serial ato apalah. Kalo sambil nonton TV males. Abis subuh, kadang tidur sebentar, tapi kadang ga tidur2. Sesudahnya waktu puasa, nunggu sampe sore. Ngisi waktu dengan apa ya, yg biasa aja, kecuali tanpa minum dan makan. Kalo dulu mau nonton film kan suka hati2 ya, kalo misalnya pas ada adegan. Tapi kali ini gpp, kalo mau nonton ya nonton aja. Kalo pas ada adegan ya gpp, yg penting tetep biasa dan datar aja, asal tetep nahan nafsu. Kalo pagi2, selain main school idol, juga nonton TVOD untuk acara2 kemaren, misalnya highlight pertandingan bola, atau acara INI Sahur, yg ada Haruka, atau acara lain yg ngundang member jeketi. Disempetin juga untuk baca quran, per harinya 2 halaman aja seperti tahun lalu, abis itu baca terjemahannya. Kemudian nunggu buka. Ga beli makanan apa2 sih buat buka, kalo gorengan males. Kalo ada yg jual mendoan sih gw mau beli. Kemaren ke depan, beli pisang 2 sisir 15rb, yg kecil2 sih. Lumayan, buat buka. Paling adek gw kalo pulang beli gorengan dikit. Yaudah pas buka minum aja dulu yg penting, bikin teh kalo pengen. Taraweh gw masih sendiri aja, belom pengen ke masjid, kadang juga pas malem hujan, ga jadi berangkat. Biasanya tarawehnya tengah malem, abis bangun tidur. Baru abis itu sahur.

Kalo masuk kantor, pas weekday, bukanya pake makanan takjil dari musolla. Lumayan itu. Trus buat makan malam dan sahurnya, udah dikasih uang makan, kita yg beli sendiri. Waktu pertama, gw beli makannya ke warteg kebon sirih, tapi agak dalem, beli soto daging dan pecel ayam buat sahur, masing2 15rb. Trus pas besoknya lagi masuk, ga beli, karena udah dikasih makan hokben, dan ada martabak lumayan banyak, jadi udah kenyang, ga perlu beli makan sahur. Besoknya lagi nyobain beli makan di Sabang, di warteg. Emang sih murah, tapi ga sreg aja makan warteg, besok2 mau belinya pecel ayam lagi aja. Tidurnya, biasanya jam 11an gw tidur, di matras, bangun2 jam 2.

Kaki masih cepet pegel dan capek. Kalo duduk lama ga nyaman, atau masalah posisi atau kursinya yg keras, gampang bikin pegel. Gw udah bawa balsem sih ke kantor, pas lagi ga enak gitu olesin, tapi tetep ga nyaman, karena panas dari balsemnya.

Masih lanjut nonton Supergirl, dan selesai hari Minggu, tinggal bikin review (kalo sempet). Juga nonton beberapa film yg ga masuk antrian. Belom baca buku selanjutnya, tapi gw malah memutuskan mau lanjut baca A Feast for Crows, lanjutan seri ASOIAF. Karena sambil asik ngikutin Game of Thrones season 6.

Ada 2 event bola di minggu ini. Pertama Copa America yg udah mulai dari minggu lalu, tayang di Kompas TV. Tapi kayaknya adem2 aja, dan ga begitu rame, walopun judulnya Copa America Centenario. Gw pengen nonton juga ga terlalu minat, dan karena siaran KompasTV di rumah ga bagus. Jadinya nonton highlight nya aja di Kompas Sport, hence TVOD. Udah seminggu, dan udah ada beberapa tim yg lolos ke perempat final. Event kedua adalah Euro2016 di Prancis, yg mulai dari hari Sabtu. Tayang di RCTI, pake antena. Jamnya ada yg jam 20.00, 23.00, dan jam 02.00. Ini masih sempet nonton, kalo tim yg main tim besar. Sejauh ini, golnya masih dikit2, menangnya tipis2 aja, dan tim yg mendominasi bola masih sulit mencetak gol, biasanya malah dari free kick atau situasi tak terduga. Perancis menang 2-1 lawan Romania. Besoknya, Inggris cuma seri 1-1 dengan Rusia. Faktor pelatih Roy Hodgson yg ga jelas, dan kenapa Harry Kane malah disuruh buat ngambil sepak pojok?? Kebobolan di injury time, entah karena sial atau emang strateginya payah. Jerman menang 2-0 lawan Ukraina.

Seperti yg ditulis di post sebelumnya, gw udah males main Seven Knights, apalagi udah dikick dari guild sebelumnya, karena ga ikut CR sekali. Jadi ya cuma main School Idol aja di tab. Berkat ini, batre hape jadi lebih awet, biasanya sehari bisa 3-4 kali ngecharg (kalo abis main game kan cepet abis), sekarang paling 2 kali doang. Hape juga seringnya buat watsapp sama twitter aja.

Selama ramadhan, ga ada show, tapi tetep ada event theater yg macem2 kayak tahun lalu. Ada yg namanya JKT48 Versus, JKT48 Buka-bukaan, JKT48 Cucok, JKT48 School, dan ada event charity alias lelang. Desy lumayan sering jadi MC, udah fix. Kalo dulu kepengen dateng, sekarang2 sih udah ga minat, karena males dateng kesana sore, buka di sana, dan pulang malem dari sana. Mending mantau live reportnya aja.

Menjelang akhir pekan, ada peristiwa yg bikin rame netizen (halah istilahnya), yaitu razia warung makan di Serang oleh Satpol PP. Normalnya kan dari Mentri Agama udah bilang, kalo warung2 ga perlu disuruh tutup pas Ramadhan, kalo mau buka ya buka aja. Tapi di Serang (dan kayaknya banyak di daerah Jawa Barat) ada Perda sendiri, warung dilarang buka, untuk menghormati bulan Ramadhan. Rame karena pas dirazia, kesannya ga manusiawi, makanannya pada disita, dan ibu yg punya warungnya nangis2. Ya tapi kan namanya Satpol PP hanya menjalankan tugas, ya razia lanjut aja. Dan ini disorot TV, makanya rame. Mampus lah. Rame lah di twitter. Pertama, karena harusnya razia ga terjadi, warung2 kan mestinya ga usah dilarang2 buka segala, apalagi kemudian diketahui, warungnya juga ga terang2an buka, kok dirazia sampe segitunya. Well, congrats lah buat Satpol PP Serang, you have made yourself look really bad. Setelahnya ada gerak cepat dari dwikaputra dan lain2, untuk galang dana buat ibu Eni yg warungnya dirazia (yg ditayangin di TV), dan untuk warung2 lain yg juga kena. Ga disangka, dalam 2 hari, jumlah dananya udah sampe 200 juta lebih. Gw aja mau donate ga jadi, karena udah banyak, dan emang hati2 sebelum komen. Dan ga berhenti di situ, karena makin rame, sampe juga lah ke pemerintah (ya iyalah). Penggalangan ini diberitain, dan dwika diwawancara juga. Yg disayangkan sih bu Eni jadi target wawancara TV lain juga (selain Kompas) yg nyusul memberitakan. Mulai deh dari pemerintahnya bicara. Kepala Satpol PP dan walikotanya tampak terbata2 dalam komen. Dari Mendagri, dan Jokowi ngasih bantuan, tapi ga cukup lah. Masa ngasih bantuan doang, ya harus dibenerin jg dong, karena itu dasar masalahnya adalah Peraturan Daerah yg ga bener, memaksa warung2 untuk tutup. Ya walopun kalo gw lewat warung yg buka masih suka aneh sih, tapi ya ga perlu lebay nyuruh nutup.

Selagi rame dengan masalah razia, ada berita dari Amerika. Peristiwa penembakan terjadi lagi, 2 hari berturut2. Pas hari Sabtu, ada penyanyi muda finalis The Voice, Christina Grimmie, ditembak setelah dia konser/show. Ini mengejutkan, dan gw mikirnya kacau banget sih keamanannya, sampe publik figur dengan mudahnya jadi korban. Gw ga kenal sih orangnya dan lagunya juga ga tau, tapi masih muda banget, 22, dan cantik. Sayang banget. Selagi masih berduka dengan peristiwa ini, eh besoknya malah ada peristiwa penembakan lain yg memakan korban dengan jumlah terbanyak di sepanjang sejarah peristiwa penembakan di Amerika. 50 orang jadi korban di penembakan klub malam, diduga motif terkait LGBT. Ngeri aja sih, orang bawa senjata, trus nembakin semua orang di sana. Terlalu banyak korban.

Well, itu memang masalah Amerika. Mereka punya masalah dengan penembakan, dan gun control. Sementara Indonesia masih bermasalah dengan toleransi dan hidup beragama, sampe warung aja dipaksa tutup pas bulan Puasa.

-OoO-

No comments:

Post a Comment