Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, June 10, 2016

Stop main Seven Knights


Sudah kepikiran sejak lama, tapi kemaren memutuskan untuk stop main Seven Knights. Ada banyak faktor yg jadi alasannya.

Pertama, seperti halnya siklus game2 lain yg melanda orang2 di kantor, kegemaran akan suatu game ga berlangsung lama, maksimal 2 bulan udah bosen dan ganti yg lain. Gw sendiri kayaknya udah 4-5 bulan main 7K, harusnya sudah sampe di titik jenuh. Orang yg dulu semangat ngajak, udah ga main ini lagi. Dan makin lama makin redup, tersisa beberapa saja, termasuk gw.

Kedua, hal ini ga hanya terjadi di lingkungan kantor, tapi juga di guild itu sendiri. Tadinya kan waktu temen2 kantor masih aktif, kita bikin guild sendiri, trus lama2 berkurang dan ga aktif. Jadinya gw pindah, cari guild yg bisa ditempatin, trus beberapa temen kemudian ikut pindah. Guild yg baru ini aktif banget, tapi juga peraturannya ketat, kalo ga login atau ikut CR, dikick. Masalahnya makin banyak yg ga aktif, makin banyak yg dikick, dan ga dapet orang baru. Dari yg tadinya full 30, sekarang anggotanya tinggal 16. Udah bonus hariannya berkurang (maksimal kalo yg login 20, dapet key x30), ga bisa ikutan guild war pula (karena minimal 25 anggota).

Ketiga, faktor utamanya adalah, game ini terlalu menghabiskan banyak waktu. Time consuming. Fiturnya terlalu banyak. Kalo dibandingin sama Naruto Shinobi War waktu itu yg makan banyak waktu juga, main 7K bisa ngabisin lebih banyak waktu. Ga sehat.


Fitur2: Adventure, Celestial Tower, Daily Dungeon, Raid, Arena, Castle Rush, dan Guild War.
Yg makan waktu paling singkat mungkin guild war, karena cuma nyerang 2 kali, dan ga perlu maksain menang juga sih, yg penting nyerang semampunya. Dan guild war ini cuma berlangsung 2 hari sekali, kayak war COC.

Berikutnya Daily Dungeon. Tapi kalo yg levelnya Normal. Kalo yg Hard, kadang dengan hero yg gw miliki, ga langsung berhasil, jadi mesti nyoba berkali2. Kalo udah mentok juga, yaudah yg Normal juga. Daily Dungeon penting untuk dapet Element, yg dipake untuk rank up hero, naikin bintangnya. Btw, ada tambahan lagi yaitu Special Power Up Dungeon dengan hadiah Rice Cake hero, yg berfungsi sebagai hero untuk boosting power up. Jadi kalo mau rank up, dia mesti di level maksimal (30) dan power up maksimal (+5). Perhitungannya, untuk hero 3 star, power up dengan hero 3 star hasilnya akan +1, tapi kalo power up dengan hero 2 star (1 star di bawahnya), nambahnya cuma 50%, dengan hero 2 star di bawahnya, nambah 25%, dst).


Masalah power up juga yg bikin game ini jadi time consuming. Power up hero 5 star dan 6 star bakal lama, karena kalo dipower up dengan hero2 level bawah misalnya 3 star, butuh banyak hero, baru bisa maksimal power upnya. Makanya mesti terus main biar bisa beli hero2 baru untuk power up.

Celestial Tower. Ini aslinya makin tinggi tingkatnya, makin berat musuhnya, makanya biasanya gw ga langsung nyerang di CTnya, tapi di Gold Chamber, sekedar untuk dapet tambahan gold 4000an. Dan itu diitung nyerang CT juga, jadi kalo ada task/quest untuk CT, tinggale ke gold chamber aja. Dan tingkat kesulitan di satu level CT akan berkurang kalo kita sudah nyerang level yg sama berkali2, dan nyerang gold chamber kan diitung. Jadi ya, Gold Chamber aja sampe udah maksimal pengurangan kesulitannya (90 kali), baru abis itu nyerang CT beneran. Tapi biasanya gw pake CT/Gold Chamber buat nambah2 gold sih, mayan banget daripada Adventure paling dapetnya cuma 1000-2000. Kunci untuk CT ada 5 aja, ketika abis, mesti nunggu kira2 2 jam untuk full lagi.

Konsep sama berlaku di Arena. Maksimal 5 kunci, kalo abis, nunggu reload kira2 2 jam. Arena ini termasuk yg bikin frustasi. Arena ini PVP, tapi dia otomatis, kita ga bisa nentuin urutan jurus yg dikeluarin, makanya stres kalo misalnya hero yg kita punya harusnya bisa menang dengan pake jurus andalannya, tapi oleh AI-nya ga dikeluarin. Makin stres karena komposisi hero yg lagi trend selalu berubah, seiring munculnya hero baru. Sementara formasi gw masih itu2 aja, kalo sebelumnya bisa dapet rangking lumayan, sekarang makin susah, seringnya kalah, dan jadinya dapet rangking jelek. Rangking yg direkap tiap minggu ini ngasuh ke jumlah hadiah ruby yg kita dapet. Ya, walopun ruby-nya juga ga terlalu gw pake sih.


Ruby ini biasanya gw pake untuk beli hero special (3-6 star) seharga 250 ruby, dapet 10 hero minimal 3 star, dan ada jaminan 1 hero 4 star. Tapi karena peluang untuk dapet Four Lords-nya ga jelas, jadi males beli pake ruby.

Berikutnya Castle Rush. Tiap hari berhadapan dengan salah satu Seven Knights (sudah ada jadwal tetapnya). Aslinya sih, hasil CR yg level S bagus2, tapi ya gitu2 aja juga sih. Jadi lebih ke pamer skor tinggi-tinggian aja. Sementara supaya dapet skor tinggi, mesti pake hero wajib yg tepat, yg immune terhadap skill 7K lawan, dan kalo skornya bagus, berarti bertahan lama, alias makan waktu. Sekali CR kalo misalnya skor tinggi, bisa sampe 10-15 menit. Jatah nyerang CR dalam sehari itu 3 kali (kalo Easy). Jumlah partisipasi dalam CR penting, karena tiap nyerang dapet 1 poin. Nanti poin CR bisa dituker buat beli element. Jadi ya gitu, setiap fitur selalu kepake untuk hal lain. Ga abis2.

Yg ga kalah dengan CR adalah Raid, tapi ini jarang banget gw lakukan, tapi sebenarnya ada kegunaannya. Kalo sering ikut Raid, nanti bakal lebih banyak kesempatan untuk dapet item2 bagus (3 star ke atas). Item2 ini penting untuk power up item. Nah, itu dia. Selain power up hero, ada power up item pula. Gunanya untuk memperkuat stat hero kita.

Banyak banget kan fitur dan atributnya? Melelahkan. Ga ada arah dan target yg bisa ditetapkan, sementara tiap minggu ada update, pasti ada tambahan hero baru yg lebih jago, capek ngikutinnya. Sementara kalo tujuan gw ngumpulin sebanyak mungkin hero, jadinya juga ga begitu guna, karena ga sempet make hero-heronya saking banyaknya. Make di Adventure pun, seringnya pake fitur Auto, jadi ga sempet mengamati jurus2nya.

Begitulah. Stop main game ini, luangkan waktu untuk membaca atau yg lain.

1 comment:

Morizi said...

Thanks gan, gw jg susah berenti main game ini, tpi dri tulisan agan ini bisa jadi alesan kuat biat saya berhenti main game seven knights

Post a Comment