Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, June 07, 2016

[Review] The Flash (season 2)


cast
Grant Gustin as Barry Allen/The Flash
Candice Patton as Iris West
Danielle Panabaker as Caitlin Snow
Carlos Valdes as Cisco Ramon
Keiynan Lonsdale as Wally West
with Tom Cavanagh as Harrison Wells
and Jesse L. Martin as Joe West

guest starring
Teddy Sears as Jay Garrick/Hunter Zolomon/Zoom
Shantel VanSanten as Patty Spivot
Violette Beane as Jessie Wells
and John Wesley Shipp as Henry Allen

Melanjutkan cliffhanger musim lalu, dimana dalam usaha Flash mengalahkan Reverse-Flash, singularity (black hole) tercipta di atas langit. Flash berusaha menutup singularity, tapi ga bisa sendiri. Firestorm membantu dan berhasil menghentikan singularity, tapi hanya Professor Stein yg selamat, sementara Ronnie lenyap, mengorbankan dirinya. Setelahnya, Barry menutup diri, dan menjalankan perannya sebagai Flash tanpa bantuan teman-temannya.

Selama kira2 6 bulan atau setahun, pokoknya masih di episode 1 lah, mereka udah rukun lagi, dan kerja sama lagi. Caitlin, Cisco, Joe, juga Iris, ikut bantu Barry dengan senantiasa stand by di STAR Labs. Barry juga mewarisi STAR Labs dari Dr Wells (alias Thawne), dan Wells juga ngasih rekaman video yg menyatakan kalo dialah yg membunuh ibunya Barry. Bukti itu berhasil membebaskan ayah Barry setelah dipenjara 15 tahun. Tapi Henry Allen memutuskan untuk pindah ke kota lain, supaya ga jadi beban pikiran untuk Barry.

Barry punya musuh dan masalah baru. Singularity yg tercipta waktu itu menyebabkan breach, portal ke universe lain, yg mereka sebut Earth-2. Metahuman bermunculan dari Earth-2 dan Flash mesti menghadapi mereka. Seseorang bernama Jay Garrick muncul ke hadapan Barry dan yg lain. Jay berasal dari Earth-2 dan disana, dia adalah Flash. Dia memperingatkan Barry kalo ada speedster jahat bernama Zoom, yg berasal dari Earth-2, dan dia mengirimkan para metahuman ke Earth-1 untuk membunuh Flash. Tujuan Zoom adalah untuk menjadi yg tercepat, terbaik di antara speedster yg lain. Jay tengah bertarung dengan Zoom dan di ambang kematian, ketika breach muncul, dan lari ke Earth-1. Sekarang dia kehilangan kekuatannya, jadi mereka hanya bisa berharap pada Barry untuk mengalahkan Zoom.

Harrison Wells muncul kembali, tapi yg ini adalah Wells yg berasal dari Earth-2. Seperti halnya terhadap Jay, sempat timbul kecurigaan dari Barry. Apalagi ini mengingatkannya akan Wells sebelumnya yg ternyata Reverse Flash yg sudah membunuh ibunya. Wells yg ini pun kepribadiannya agak menyebalkan dan sombong. Untuk membedakannya dengan Dr Wells yg mereka kenal, mereka memanggilnya Harry.

Harry datang untuk membantu Flash mengalahkan Zoom yg menculik putrinya, Jessie. Tapi karena terlalu dini, pertemuan pertama Flash dan Zoom berakhir dengan kegagalan. Zoom terlalu tangguh untuk Flash, dan mengalahkannya. Flash cedera berat dan sempat kehilangan kecepatannya.

Ketika di pertengahan awal masih meraba2 permasalahan dengan Zoom, muncul karakter2 dan perkembangan lain.

Patty Spivot, polisi baru yg menjadi partner Joe. Dia meminta bergabung dengan metahuman taskforce, yg sebenarnya ga jelas masih ada ato engga (cuma pengisi waktu 6 bulan sewaktu Barry beroperasi sendiri). Barry sendiri kemudian dekat dengan Patty dan mereka pacaran. Cuma Barry tetap merahasiakan identitasnya sebagai Flash, bahkan mengelak ketika Patty mulai menduga bahwa dia adalah Flash. Akhirnya Patty memutuskan untuk pisah, dan pindah ke kota lain untuk belajar lebih lanjut jadi polisi. Ya, di episode 11, hubungan mereka berakhir.

Wally West. Joe dan Iris didatangi Francine, istri Joe yg sudah lama meninggalkan mereka. Awalnya, Joe menolak bicara dengan Francine. Diketahuilah kalo Francine sedang sekarat karena sebuah penyakit, dan bahwa dia punya anak laki-laki bernama Wally. Setelah Francine mati, Wally pun muncul. Butuh waktu lama bagi Joe untuk menyesuaikan diri, tapi akhirnya Wally pindah juga dan menjadi bagian dari keluarga.

Kondisi Professor Stein sempat kritis, dan Barry dan lainnya harus mencari partner baru untuk Prof Stein sebagai Firestorm. Mereka menemukannya pada Jefferson Jackson, bekas atlit football yg putus sekolah setelah cedera. Firestorm kemudian ga pernah muncul lagi, karena sudah pindah ke spinoff lain, yaitu Legend of Tomorrow.

Cisco menyadari bahwa dia punya kekuatan, seperti yg sudah diisyaratkan musim sebelumnya. Dia punya kekuatan untuk melihat vision, dalam hal ini ke Earth-2. Kemudian, dia juga mempelajari kalo kekuatannya bisa lebih dari itu, dia juga bisa menciptakan breach ke Earth-2.

Kendra Saunders, barista baru yg menjadi love interest Cisco. Well, sampe episode 8, dimana crossover dengan Arrow, yg kemudian berujung menjadi pemicu spinoff Legend of Tomorrow.

Episode crossover ini diawali dengan kemunculan Vandal Savage, tokoh mistis berusia ribuan tahun yg memburu Kendra. Barry dan kawan2 membawa Kendra ke Starling City, meminta bantuan Oliver Queen (Green Arrow). Kendra adalah titisan pendeta Mesir Kuno. Dia dan kekasihnya ditakdirkan untuk terus bereinkarnasi setiap kali mereka terbunuh oleh Savage, sementara Savage semakin bertambah kuat setelah membunuh Hawkgirl dan Hawkman. Dengan joint operation, termasuk mesti melalui time travel, mereka berhasil mengalahkan Vandal Savage (sementara, karena berlanjut ke Legend of Tomorrow). Legend of Tomorrow juga membawa Leonard Snart dan Mick Rory serta, jadi mereka udah ga nongol di lanjutan season ini.

Kembali ke masalah Zoom. Zoom mengancam Harry, dan menyuruhnya untuk mencuri speed Flash, supaya Zoom bertambah kuat. Harry yg terobsesi menyelamatkan putrinya, sampai membunuh salah satu metahuman yg mereka tangkap, dalam rangka menemukan cara untuk mencuri kecepatan Flash. Ketika Barry dan yg lain menyadari kalo kecepatan Flash berkurang, Harry pun mengaku kalo dia sudah mencuri sedikit speed dari Flash. Sempat menahan Harry, Barry dan yg lain pun sepakat, kalo mereka akan membantu Barry membebaskan putrinya, dengan cara pergi ke Earth-2.

Reverse-Flash, sempat muncul lagi. Tapi yg ini ternyata Reverse-Flash yg pertama kali datang dari masa depan, dia belum tahu identitas Barry, dan belum pergi ke masa lalu untuk membunuh ibu Barry. Walopun Barry berhasil mengalahkan Thawne (R-Flash), dia harus melepas dan mengirimnya kembali ke masa depan, karena efek samping mengubah timeline menyebabkan Cisco sekarat.

Barry, Cisco, dan Harry pergi ke Earth-2. Di sana, Barry bertukar tempat dengan doppelgangernya yg menjadi kepala polisi. Ada banyak perbedaan di Earth-2. Salah satunya, Barry Allen di sana orangnya gagap dan penakut, dia menikah dengan Iris yg juga menjadi polisi, sementara Joe menjadi penyanyi jazz. Kedua orangtua Barry masih hidup, sedang berlibur. Kejutan juga pada doppelganger Cisco dan Caitlin, keduanya adalah metahuman yg menjadi anak buah Zoom. Doppelganger Cisco berjuluk Reverb, sementara doppelganger Caitlin bernama Killer Frost. Ada Ronny alias Firestorm juga, yg menjadi musuh. Reverb, Killer Frost, dan Firestorm sempat membuat Barry terpojok dan hendak membunuhnya, tapi Zoom datang dan menghentikan, karena dia ingin Barry hidup2. Barry kemudian ditawan oleh Zoom, bersama Jessie, putri Harry, dan seorang dengan topeng besi (the man in iron mask). Cisco dan Harry bergabung dengan Iris dan Barry-2 untuk membebaskan Barry, dengan bantuan Killer Frost, yg setuju karena Zoom sudah membunuh Firestorm (dan Reverb). Barry berhasil membebaskan dirinya dan Jessie, dan kembali ke Earth-1, dan meminta Cisco menutup breach. Tapi sebelum breach tertutup, Zoom membunuh Jay dan menariknya ke Earth-2.

Kematian Jay membuat Barry bertekad menjadi lebih cepat supaya bisa mengalahkan Zoom. Dia setuju untuk mengambil Velocity 9, ramuan yg berhasil mereka ciptakan untuk menambah kecepatan. Velocity 9 ini tadinya sudah dicoba ke Jay, dan kecepatannya sempat muncul, walopun cuma sebentar. Velocity 9 memang menambah kecepatan, tapi ada efek samping yg bisa mematikan. Dari sinilah, mereka menyadari, kesamaan kondisi antara Jay dan Zoom, dan setelah Cisco vibe ke Earth-2, terungkaplah, kalau Jay Garrick yg mereka kenal, adalah Zoom. Ini plot twist yg mungkin terlalu awal terungkap (episode 15-16).

Mencari cara lain untuk meningkatkan kecepatan, Barry melakukan time travel ke masa lalu, untuk meminta jawaban ke Dr Wells (alias Reverse Flash), ketika dia masih hidup. Dengan sedikit kerumitan, karena mereka mesti mengatasi Time Wraith dulu, semacam mahluk dementor pencabut nyawa yg muncul ketika speedster melakukan time travel dan mengacaukan timeline. Dari episode itu juga, kita tahu kalo bisa ada 2 Barry sekaligus dalam satu timeline akibat timetravel, duplikatnya itu disebut time remnant. Ini penting, karena nanti kepake di episode akhir saat berhadapan dengan Zoom.


Barry pun siap menghadapi Zoom lagi. Cisco membuka portal ke Earth-2, Zoom muncul, dan dengan menggunakan perangkap berdasarkan identitas asli Zoom yaitu Hunter Zolomon, serial killer yg hendak dieksekusi mati, Barry mengalahkan Zoom. Tapi dia lengah, dan Zoom kabur, membawa Wally sebagai sandera. Zoom meminta Barry memberikan kecepatannya kalo ingin Barry selamat. Jadilah. Barry kehilangan speed, sementara Zoom bertambah kuat, dan menculik Caitlin. Sebuah keputusan yg berakibat fatal. Karena menyebabkan Zoom bebas merajalela meneror Earth-1 (karena Earth-2 sudah lebih dulu takluk). Jatuh lebih banyak korban. Kepikiran, mungkin harusnya mereka mengorbankan Wally saja, atau mencari cara lain supaya Barry ga memberikan kecepatannya.


Btw, diungkap juga trik bagaimana Zoom seolah2 membunuh Jay yg padahal adalah dirinya sendiri. Bukan dengan teknik speed mirage seperti Reverse Flash, tapi simply pake time remnant melalui time travel, jadi ada 2 Zoom, yg satu nyamar jadi Jay Garrick dan deketin timnya Barry, sementara yg satu di Earth-2. Hingga Zoom yg di Earth-2 mengorbankan Jay.

Barry dan tim sempat berusaha mengatasi ketiadaan Flash dengan menggunakan hologram Flash untuk membuat metahuman jahat gentar, tapi Zoom membongkar taktik mereka. Dia bahkan mengerahkan pasukan metahuman miliknya untuk mengacaukan kota. Harry mengusulkan, kalo mereka mengembalikan speed force ke Barry dengan mengulang particle accelerator, yg dikontain sehingga ga menyebar ke luar.

Percobaan ini sempat membuat Barry lenyap, dan mereka mengira dia mati, padahal Barry terlempar dan terjebak ke dalam Speed Force. Oleh entitas Speed Force yg menggunakan wujud orang2 yg dikenalnya, Barry diminta untuk move on dari kematian ibunya. Cisco menggunakan kemampuan vibe-nya untuk menghubungkan Iris dan Barry, dan membawa Barry yg sudah mendapat kekuatannya kembali.

Barry yg percaya diri siap berhadapan dengan Zoom. Mereka berhasil meredam serbuan pasukan metahuman, dengan menggunakan trik frekuensi Earth-2. Caitlin juga sudah kembali. Tapi Zoom tiba2 muncul dan membawa ayah Barry, kemudian membunuhnya di depan mata Barry.

Zoom menantang Barry untuk berlomba dengannya, membuktikan siapa yg tercepat. Barry dan tim mengetahui kalo Zoom punya rencana lain, yaitu menggerakan Magnatar untuk menghancurkan multiverse, dan menyisakan Earth-1 saja. Awalnya, tim Star Labs ga setuju Barry menuruti permintaan Zoom, dan sempat menahannya. Mereka mencoba menangkap Zoom tanpa Barry, hampir berhasil, tapi berakhir dengan diculik oleh Zoom. Akhirnya mereka setuju untuk membantu Barry berlomba dengan Zoom. Di tengah race, Flash melakukan time travel dan menciptakan time remnant, dan membagi tugas. Barry yg asli bertarung dengan Zoom, sementara remnant menyelamatkan Joe, dan menghentikan Magnatar dan mengorbankan dirinya. Zoom pun dikalahkan (gitu aja). Semua selamat, dan tawanan Zoom yg tersisa, man iron mask, dibebaskan. Begitu topengnya dilepas, ternyata dia berwujud seperti ayah Barry. Dia adalah Jay Garrick yg asli, yg datang dari Earth-3, dan dia juga adalah Flash. Zoom waktu itu mengalahkannya kemudian menjadikannya tawanan.

Ketika semua masalah sepertinya selesai, Barry masih bersedih, karena kematian ayahnya, karena sekarang dia sudah kehilangan kedua orangtuanya. Dia pun melakukan time travel lagi, ke waktu ibunya hendak dibunuh, dan kali ini dia menghentikan Reverse-Flash, menyelamatkan ibunya. Season ini pun berakhir cliffhanger. Apa yg akan terjadi kemudian, setelah Barry mengubah timeline?

-OoO-

Setelah awalnya ga tertarik, gw nonton juga season 1, dan lanjut dengan season 2. Hype dari twitter juga lumayan berpengaruh sih. Season 2 ini masih seru, twistnya bener2 nyakitin, dan trik2 yg digunakan juga mengundang rasa penasaran dan teori2, seperti siapa sebenarnya Zoom (awalnya), siapa the man in the mask, gitu lah. Ditambah episode selingan yg ada Reverse Flash. Mantap.

No comments:

Post a Comment