Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, March 08, 2013

That Oscars 2013

Tayangan Oscar (atau biasa dikenal dengan Academy Award) tahun ini udah dari minggu lalu, tapi gw baru sempet nonton tayangan fullnya kemarin, dari hasil donlot. Kita sudah tau yang menang Best Picture adalah Argo, juga dengan kategori2 yg pentingnya. Nah, ini gw mau coba rekap tayangannya, yang bagian penting2nya.


Host tahun ini adalah Seth McFarlane, yg tadinya gw ga tau itu siapa, ternyata yg bikin dan jadi TED, film boneka mesum itu. Dia langsung buka acara dengan rentetan joke yg cukup frontal, misalnya nyindir Academy yg ga nyantumin Ben Affleck sebagai nominasi best director, trus nyindir Jean Dujardin, pemenang best Actor taun lalu, yg taun ini, is 'everywhere'. Yah, that Frenchman belom kedengeran lagi kiprahnya sih, at least in Hollywood. Pembukaan dari Seth langsung disusul William Shatner sebagai Captain Kirk dari Star Trek yg ceritanya berkomunikasi dari masa depan dan ngasihtau headline berita besoknya kalo Seth adalah host Oscar terburuk, dan ditunjukin juga penyebabnya. Baru abis itu Seth berulang kali ngulang dgn ngasih performance dance dari beberapa bintang, dan slowly penilaiannya membaik.

Menurut gw sendiri sih Seth ini cukup bagus. Gw sempet baca katanya banyak yg menilai dia ofensif, sering nyindir orang, tapi menurut gw tolerable, karena setelah dapet boo, dia langsung ngerespon, dan mengakui kalo dia ofensif. Pokoknya masih lebih parah si yg orang Inggris itu.

Award pertama yg ditampilkan adalah Best Supporting Actor. Fantastis, karena semua nominee di kategori ini dan tahun ini, semuanya udah pernah menang Oscar.  Yang menang adalah Christoph Waltz dari Django, mengalahkan Alan Arkin, Robert de Niro, Philip Seymour Hoffman, dan Tommy Lee Jones. Yg lebih hebat, Waltz menang utk kedua kalinya, dari 2 nominasi. Dari film yg dibuat oleh Quentin Tarantino. Jadi next time dia main di filmnya Quentin lagi, ada kemungkinan besar dia bakal dinominasiin lagi dan menang lagi, haha.

Paperman menang utk kategori Short Animated Film, dan Brave yg menang utk kategori Animated Feature, ngalahin Wreck-It Ralph. Hmm harus nonton Brave ulang nih.

Cast dari The Avengers kemudian tampil buat bacain nominasi berikutnya. Robert Downey Jr (Iron Man), Chris Evans (Captain America), Mark Ruffalo (Hulk), Jeremy Renner (Hawkeye), dan Samuel L. Jackson (Nick Fury). Sayang, mestinya Chris Hemsworth (Thor) yg di sana, bukannya Sam Jackson. RDJ masih keliatan cool dan norak seperti biasanya, cuma ditandingin ama Jackson dalam masalah ngocolnya. Dan ini, ketika pembacaan award utk Best Visual Effect masalah muncul. Pemenang utk kategori ini adalah dari Life of Pi. Salah satu dari pemenang nyerocos banyak, ngucapin makasih ke semua orang, dan akhirnya karena kepanjangan musik udah disetel dan mic-nya dimute. Tadinya gw kira insiden ini agak aneh ya. Setelah gw ubek2 lagi di wiki dan link2 lain, ada masalah yg krusial ternyata.


Hari itu, dikatakan sedang terjadi semacam demo oleh orang2 yg bekerja di dunia visual effect. Ditambah salah satu perusahaan VFX, Rhytmn & Hues, yg notabene yg juga nanganin Life of Pi, bangkrut. Jadinya pidato pas menang award yg dipotong itu dipermasalahkan, disangkanya Academy sengaja motong biar mereka ga dapet kesempatan utk bahas masalah itu. Ditambah lagi kalimatnya Sam Jackson, yg skip basa-basi sebelum bacain nominasi, kesannya mereka ga mau ngehargain bidang visual efek, padahal kan ya film The Avengers itu ya ditopang ama visual efek juga. Banyak yg bilang, ga tau terimakasih nih orang2 Avengers. Laluuuu setelah gw baca2 lagi termasuk komen2nya, gw menyimpulkan gini. Bahwa perusahaan itu bangkrut bukan salah Academy ato pihak2 lain, (bad investment, management dll lah) pokoknya bukan salah siapa-siapa. Dan Academy tau tentang itu, dan mungkin mereka udah ngasih kesempatan para pemenang utk ngomong tentang itu, tapi mereka sendiri yg ngabisin waktu buat terimakasih sana sini, dan baru mulai bahas pas waktu udah lewat. Ya salah sendiri. Dan bener juga salah satu komen, kalo orang2 yg nonton kebanyakan ga aware dengan masalah vfx itu, dan mereka cuma mau hiburan malem itu. Ngomongin masalah itu di tempat lain aja, ato ya kembali lagi, kenapa ga langsung bahas itu dari awal, dan bukannya sibuk makasih sanasini?

Amour menang utk kategori Best Foreign Language Film, dimana di saat bersamaan juga dinominasikan utk Best Picture. Hmm, gw bertanya2 batas sebuah film asing utk bisa dinominasikan jadi Best Picture juga itu semana ya? Kenapa film asing yg lain jarang dinominasiin juga?

Lalu ada penampilan musikal dari seluruh cast Les Miserables. Gw ga begitu suka sama musikal, dan Russel Crowe ga begitu bagus nyanyinya.

Berikutnya Seth membacain nominasi... tapi dalam bentuk boneka Ted, bareng Mark Wahlberg.

Christopher Plummer bacain nominasi utk Best Supporting Actress. He's quite funny I think he could be one of good stand up comedian. Dan yg menang Anne Hathaway, yg maju masih dengan dressnya yg seksi itu.


Lalu Adele performing Skyfall. Adele ini sesuatu yah, katanya bajunya malem itu spesial, beratnya 15 kilo. wow. Jadi kalo ada yg ngomong "Adele... 15 kg" ternyata bukan dia turun berat badan segitu, tapi malah nambah karena pakaiannya yg berat. Saya pun bertanya2, gimana caranya dia jalan dengan pakaian seberat itu? Oh, and btw, Adele maju lagi kemudian karena menang Best Original Song.

Daniel Radcliffe dari Harry Potter dan Kristen Stewart dari Twilight bacain nominasi, dan gw perhatiin Kristen jalannya terpincang-pincang dan di tangannya kayak ada lebam gitu. Kenapakah? Dan tampangnya masih kusut seperti biasa.

George Clooney bacain In Memoriam  tahun ini, di antaranya ada Michael Clarke Duncan si big guy itu dan Tony Scott, director dari film2nya Denzel.

Quentin Tarantino menang utk Best Original Screenplay, something that he already won once, long time ago for Pulp Fiction. Dan Quentin ini emang cool pidatonya, dia kayak mau udah selesai, eh tiba2 ngomong lagi. Peace out!

Ang Lee menang utk Best Director. Pidatonya cukup kalem, dan yg gw tunggu2 adalah dia nyebut Suraj Sharma, si pemeran Pi di filmnya.

Jean Dujardin maju bacain nominasi utk Best Actress. Cool juga gayanya, quite funny. Nominasi taun ini rentang usianya luar biasa, ada anak kecil dari Beast of Southern Wild yg baru 9 taun, sampe Emmanuelle Riva dari Amour yg udah 85. Sisanya Jessica Chastain, Jennifer Lawrence, dan Naomi Watts. Somehow, menurut gw pemenangnya antara Chastain ato Lawrence. Watts disana sebagai pelengkap aja, seperti nominasi2nya yg sebelumnya, ada bkan utk menang. Dan yg menang Lawrence, dan dia sempet jatoh pas naek tangga, gaunnya nyangkut. Dan namanya juga masih anak muda, keliatan kesannya yg bebas.


Meryl Strepp maju bacain nominasi tuk Best Actor. Bradley Cooper, Daniel Day Lewis, Hugh Jackman, Joaquin Phoenix (?), Dan Denzel Washington. Yg menang Day-Lewis, dan dia ini sempet2nya joke dengan muka yg masih datar. Cocok banget jadi stand up comedian. And this is his 3rd win, jadi pemegang rekor satu2nya yg udh menang 3 kali di kategori best actor.


Finally, Best Picture, yg dibacain ama Jack Nicholson dan... Michelle Obama (?) Apapula ini bawa2 White House. Yg menang adalah... Argo! Ben Affleck dan semua rombongan Argo maju. Tapi yg ngomong malah bukan Ben, ato George Clooney, tapi Grant Heslov. Ternyata, dia bilang karena dia ingin ngucapin terimakasih utk Ben sebagai directornya. Dan mulailah Ben Affleck dengan winning speechnya. Keren pokoknya. Dia ngomongnya cepet saking excitednya, ngucapin terimakasih juga utk Kanada, orang2 di Iran, istrinya. Dan dia juga nyebutin 15 taun yg lalu waktu dia menang Oscar (utk Best Adapted Screenplay, menang bareng Matt Damon) dan sekarang bisa menang lagi, betapa besar sekali dia tumbuh. Keren pokoknya.


And that's how Oscar goes.

No comments:

Post a Comment