Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Friday, September 06, 2013

[Review] True Blood Season 6


Okay. Season ini dimulai dari cliffhanger akhir season lalu, dimana Bill yang meminum darah Lillith, berubah menjadi monster dengan tubuh merah berlumuran darah. Erik membawa Sookie kabur sebelum Bill menyerang mereka. Mereka bergabung dengan rombongan lainnya, yaitu Jason, Jessica, Pam, Tara, dan Nora, meninggalkan markas The Authority yang hancur lebur. Yah, begitu saja ya ternyata the Authority.

Bill yang sudah memperoleh kekuatan Lillith

Mereka berdebat tentang apa yang mesti dilakukan pada Bill, mendapati bahwa dia berubah menjadi sesuatu yang berbeda. Mayoritas berpendapat mereka harus membunuh Bill, karena kuatir jika dia berubah menjadi reinkarnasi Lillith, hal itu dapat menyebabkan bencana. Bill kemudian muncul dengan sikapnya yang normal. Erik dan Sookie mencoba menikamnya (staking) dengan pasak, dan tak berhasil. Jessica membela Bill (sebagai ayahnya), dan mengusir yang lain agar tak mengganggu Bill.

Yang terjadi pada Bill adalah, dia memiliki kekuatan Lillith, telekinesis, dan memiliki memorinya. Bahkan dia sempat melihat bayangan masa depan, dimana para vampir, termasuk Jessica, Eric, Pam, Tara, dikumpulkan di suatu ruangan dan terbakar sinar matahari. Dalam keadaan trance, Bill bertemu dengan roh Lillith, berusaha meminta petunjuk. Lillith memberitahunya bahwa bangsa vampir dalam bahaya kehancuran, dan Bill mengemban tugas untuk mencegahnya.

Niall mengajari Sookie jurus bola cahayanya

Bahaya yang dimaksud berasal dari manusia, tepatnya gubernur Truman Burrell. Akibat ulah Authority di season sebelumnya, yg membuat onar dan menghancurkan pabrik Tru Blood, gubernur Burrel menerapkan peraturan ketat untuk vampir, dan bahkan menangkapi para vampir yang berkeliaran di malam hari. Burrell tidak bekerja sendiri, dia dibantu oleh Sarah Newlin, mantan istri reverend Steve Newlin (yg terakhir kita lihat di season 2). Sarah yang delusional, mengaku bahwa Tuhan-lah yang memberinya tugas untuk membasmi vampire, mengumpulkan para vampir yang tertangkap di sebuah camp, dimana mereka dikurung, dan diteliti, serta dijadikan bahan percobaan. Dilengkapi dengan persenjataan terbaru dan canggih untuk melawan vampir, mereka kelihatannya cukup berhasil. Nora, dan kemudian Pam tertangkap. Eric dan Tara menyerahkan diri (untuk membebaskan Pam). Kemudian, Jessica juga tertangkap setelah Sarah bertemu dengannya di rumah Jason. Tak ketinggalan, Steve Newlin juga.

Bill bermaksud untuk membuat sintesa dari darah faerie agar para vampir kebal dari sinar matahari. Awalnya dia meminta bantuan Sookie, dan ditolak. Berikutnya dia menculik keempat putri faerie sheriff Andy Bellefleur yang baru berusia beberapa hari (dan sudah berwujud remaja), mengambil darah mereka sebagai sampel, dan menculik Dr Takahashi, orang yang membuat sintesa True Blood, untuk melakukan hal yg sama pada darah faerie. Usaha ini baru berjalan setengahnya, dan keadaan menjadi runyam karena Jessica lepas kendali dan menyedot habis darah anak2 itu, kecuali seorang yang masih bertahan.

Eric menculik Willa, putri gubernur Burrell

Saat mendapat jalan buntu itulah, Bill menemukan Warlow yang sedang bersama Sookie.

Warlow. Vampir yang membunuh kedua orangtua Sookie, dan sempat menghantui Sookie di season lalu, merupakan progeny dari Lillith, dan sudah berusia lebih dari 5000 tahun. Kakek buyut faerie Sookie menjanjikan untuk mengawinkan Warlow dengan keturunan faerie pertama, yaitu Sookie. Orangtua Sookie tidak rela anak mereka menjadi vampir, dan hendak membunuh Sookie sebagai tindakan pencegahan. Warlow menggagalkan usaha mereka dan membunuhnya, dan kemudian faerie pelindung Sookie muncul dan mengurungnya di alam lain. Saat ini Warlow sudah berhasil lolos.

Niall Brigant, leluhur faerie Sookie, muncul bersama Jason, untuk membantu mereka membunuh Warlow. Sulitnya adalah, mereka tidak tahu wujud Warlow seperti apa. Warlow ternyata menyamar menjadi seorang faerie yang terluka, dan ditolong Sookie. Ketika Niall dan Jason berusaha menyergapnya, mereka gagal. Tak berapa lama, Sookie pun mengetahui identitas Warlow.

Sookie yang hendak menjerat Warlow

Warlow berterus terang pada Sookie tentang niatnya, tentang orangtua Sookie yg hendak membunuhnya, dan dia ingin Sookie menjadi pasangannya, hidup abadi sebagai faerie-vampir. Sookie merupakan keturunan ningrat faerie, dan Niall semacam raja faerie, karena itulah Warlow menginginkannya. Warlow, yang tadinya adalah faerie, diculik oleh Lillith dan diubah menjadi vampir, dan dia sangat membenci keadaannya. Warlow kembali ke desa faerie dan tak mampu menahan lapar, memangsa semua faerie, kecuali Niall yg waktu itu masih anak2. Warlow yg kesal kemudian membunuh Lillith, mengeksposnya dengan sinar matahari. Dan jadilah dia sebagai satu-satunya faerie vampire, vampir yg bisa berjalan di bawah sinar matahari.

Bill yang memiliki memori Lillith, dapat bertindak seolah2 sebagai Lillith dan memanggil Warlow sebagai muridnya. Darah Warlow pun dijadikan sampel untuk disintesa oleh Takahashi. Ketika Sookie dalam bahaya karena arwah ayahnya yg merasuki Lafayette hendak membunuhnya, Warlow dilepaskan untuk menolong Sookie. Sookie kemudian membawa Warlow ke alam faerie untuk menyembunyikannya dari Bill.

Jessica dan Tara di sel camp vampir

Di lain pihak, Eric berusaha mengatasi masalah dengan Burrell dengan caranya sendiri. Dia menculik putri Burrell, Willa yang bersimpati pada vampir, dan kemudian mengubahnya, menjadikannya murid kedua setelah Pam. Eric berharap dengan mengubah putrinya menjadi vampir, Burrell akan mengubah sikapnya pada vampir. Nyatanya tidak, Burrell pun juga menahan Willa di camp. Selanjutnya, Eric dan Tara menyerahkan diri. Eric sempat diadu dengan Pam untuk saling membunuh, tapi mereka berdua menolaknya. Kesal dengan ulah Eric, gubernur Burrell menjadikan Nora sebagai target. Dia menyuntikkan Tru Blood yang dicampur dengan racun hep V pada Nora, yang menyebabkan kondisi Nora memburuk.

Eric berhasil kabur dari camp dan membawa Nora pada Bill, dengan harapan darah Bill mampu menyembuhkannya. Kenyataannya tidak. Hep V tidak bisa disembuhkan. Darah Lillith tidak membantu. Begitu pun darah Warlow, yg memang berkhasiat membuat vampir kebal terhadap sinar matahari, tapi tidak untuk hep V. Eric setuju untuk membantu Bill menangkap Warlow untuk diambil darahnya, asalkan dia menolong Nora. Nyatanya, Nora tak tertolong, dan Eric yang marah pada Bill, mencari Warlow sendirian.

Kepala Burrell yang dipenggal Bill

Dia berhasil masuk ke alam faerie setelah menghisap darah Adilyn, putri faerie Andy yang selamat. Padahal Bill sudah susah payah meminta bantuan Sookie untuk menyerahkan Warlow, beralasan hal itu dapat membantu menyelamatkan Jessica dan Tara yg notabene teman Sookie. Mereka menemukan Warlow dalam keadaan sekarat setelah darahnya disedot Eric. Sookie menyuruh Bill untuk mengejar Eric saja, karena dialah yang memiliki darah Warlow saat ini.

Oh btw, Bill membunuh gubernur Burrell, memenggal kepalanya. Hal ini menyebabkan Sarah lah yang sekarang memegang kendali. Jason yang menyusup dengan menjadi salah satu prajurit, ditangkap dan diserahkan ke sel vampir cewek. Beruntung salah satu vampir yg merupakan jagoan di sana, Violet, mengambilnya sebagai miliknya, melindunginya dari vampir lainnya.

Tru Blood yang sudah dicampur racun hep V diedarkan ke seluruh camp. Pam, Tara, Jessica, dan Willa yang tahu tentang hep V tidak ikut meminumnya. Aksi mereka lambat laun ketahuan oleh Sarah. Dia kemudian mengumpulkan semua yg menolak minum Tru Blood, termasuk juga Violet, James (vampir cowok temannya Jessica), dan Steve Newlin (yg diberitahu James) ke sebuah ruangan, dimana mereka akan dihadapkan pada matahari. Sesuai dengan gambaran yg dilihat Bill.

Nora tak berhasil selamat dari virus hep V

Pada saat hampir bersamaan, Eric dan Bill, masing2 menyerbu camp. Eric yang lebih dulu datang membunuh para penjaga dan membebaskan para vampir, dan menolong Jason yang kehabisan darah. Tapi Bill lebih dulu tiba di ruangan Pam dll dikurung, dan memberikan darahnya, yg juga sudah bercampur darah Warlow (meskipun tak sebanyak Eric) pada mereka. Semua vampir menghisap darah Bill, kecuali Steve Newlin. Eric menahannya dan membiarkan Steve terbakar.

Rencana Sarah untuk memusnahkan para vampir gagal, dan dia hendak melarikan diri. Jason menghadangnya, tapi dia enggan membunuhnya, dan membiarkan Sarah pergi. Sementara para vampir bereforia setelah meminum darah Warlow. Mereka berjalan dengan gembira di bawah matahari.

Sarah Newlin, dalang dari penahanan para vampir

Kembali ke Sookie yang baru saja menghadiri pemakaman Terry Bellefleur. Ketika dia kembali menemui Warlow, dia mengaku belum siap untuk menjadi vampir dan meninggalkan teman-temannya, dan mengusulkan untuk pacaran dulu dengan Warlow. Warlow yang sedari tadi kelihatannya kalem2 aja, menunjukkan sifat aslinya yang buas. Dia tidak sudi, dan tak sabar, kemudian memaksa Sookie dan menahannya di alam faerie.

Pada saat ini, Jessica menyarankan Bill untuk membebaskan Sookie dari Warlow. Dengan dibantu oleh Jason, Violet, serta Andy dan Adilyn yang mampu memasuki alam faerie, Bill menghadapi Warlow sementara yang lain menyelamatkan Sookie. Bill yang kehabisan darah Lillith tak seimbang melawan Warlow. Warlow kelihatannya akan berhasil, tapi tiba2 Niall muncul dari belakangnya dan menahannya, dan Jason menikamnya. Warlow bukan Lillith yang kebal akan tikaman, karena dia meleleh dan mati. Whussh. That easy.

Bill memberikan darahnya untuk menyelamatkan para vampir

Kematian Warlow menyebabkan vampir2 yg tadi meminum darahnya, tak lagi kebal terhadap sinar matahari. Termasuk Eric yang dengan epicnya digambarkan terbakar dalam keadaan nude (wtf).

Cerita melompat ke enam bulan kemudian. Sookie sekarang dengan Alcide. Hubungan antara vampir dan manusia membaik, dengan Bill menjadi semacam duta perdamaian. Saat ini, bahaya yang mengancam adalah vampir2 yg terkena hep V, yg menjadi semacam zombie. Sam Merlotte, yg sekarang jadi mayor, membuat program dimana vampir dan manusia bekerja sama, dimana manusia memberi darahnya, dan vampir melindungi mereka. Weird.

-OoO-

Okay. Plotnya padat banget dan kompleks, dan banyak detail penting. Itu pun masih ada plot tambahan yang ga begitu penting, yang terpisah dari plot vampir dan Warlow. Ada plot Sam dan Nicole, yg berurusan dengan pack-nya Alcide, dimana Alcide akhirnya keluar dari pack karena ga cocok dengan kehidupan pack yang liar dan ga beradab. Juga ada plot Terry Bellefleur yg stres setelah di season lalu bunuh temennya. Akhirnya dia mengatur agar salah satu teman lamanya bunuh dia, dan dia meninggalkan uang asuransi utk istrinya, Arlene.

Warlow berhasil dibunuh, dengan cara ditikam layaknya vampir

Plotnya terlalu cepet kalo menurut gw. Baru juga vampir2 ditangkep sama Burrell, eh di episode 6 si Burrell udah dibunuh sama Bill. Udah lah ga ada gunanya status main cast, kalo si Burrell dimatiin. Nora juga abis itu dimatiin, padahal munculnya juga ga begitu sering. Dan yg ga gw suka adalah, musuh besar mereka di season ini, Warlow, simpel banget dibunuhnya. Sama kayak Russell Edgington season lalu. Ya mungkin realistisnya gitu ya, soalnya secara kekuatan, Warlow ga ada yg menandingi, jadi ngalahinnya mesti pake trik. Dan menurut gw, season ini masih kalah dibanding season lalu. Memang ga ada yg ngalahin karakternya Russel Edgington yg eksplosif sih.

Pemeran utamanya yg bertahan masih sama. Anna Paquin sebagai Sookie, Stephen Moyer sebagai Bill, Alexander Skarsgaard sebagai Eric, Ryan Kwanten sebagai Jason. Deborah Ann Woll sebagai Jessica, Kristin Bauer von Stratten sebagai Pam, Rutina Wesley sebagai Tara. Wajah lama yg kembali adalah Anna Camp sebagai Sarah Newlin. Wajah2 baru yg jadi pemeran utama antara lain Arliss Howard (gw inget dia dulu main di Jurassic Park) sebagai Burrell, Rutger Hauer (!) sebagai Niall, dan Rob Kazinsky sebagai Warlow. Rob Kazinsky ini yang juga main di Pacific Rim jadi salah satu pilot Jaeger, makanya pas nonton film itu kok familiar. Selain itu, karakter2 baru seperti Willa, Violet, James, dan Adilyn, cukup menarik perhatian dan mungkin bakal jadi main cast season depan, yg katanya bakal jadi season finale.

Oiya, gw baru nyadar, episode2 True Blood ini dinamain sesuai judul lagu yg disetel di akhir episode. Kayak episode terakhir, Radioactive, itu judul lagunya Imagine Dragons. Jadi, keliatannya judul episodenya yg disesuaikan dengan judul lagu, atau dicari2 yg pas lah.

No comments:

Post a Comment