Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, June 30, 2014

JOT seperti Jepang sebelum Restorasi Meiji


Mulainya darimana ya, tadi pagi pas sahur sih, ada twitnya viny yg nyindir kok ada fancam lagu teater, padahal kan peraturannya ga boleh ngerekam selama di teater. Trus ada juga pembahasan tentang acara Ini Talkshow di Net TV edisi sahur yg nampilin Nabilah dan Haruka, dimana masih dirasa kurang maksimal. Yg ada benang merahnya menurut gw, yaitu strategi JOT yg kurang terbuka.

Bahas dari yg fancam itu dulu ya. Peraturan yg ga boleh ngerekam perform member di teater itu sebenarnya udah bener sih, tapi masalahnya kan masih banyak fans di luar sana yg ga berkesempatan untuk datang ke teater, entah karena sibuk ga punya waktu, atau karena lokasinya di daerah, jadi ga bisa dateng ke teater yg cuma ada di jakarta. Harusnya ya, JOT juga memfasilitasi supaya fans2 yg ga bisa dateng bisa ikut menikmati perform2 member di teater. Gimana caranya? Ya rilis lah CD lagu2 teater, juallah ke umum. Jangan nunggu masa perform set listnya selesai, baru dirilis DVD-nya. Kalo takut performnya jadi ga eksklusif, yaudah rilis lagunya aja. Kalo udah dirilis kan kita bisa beli dengan legal, ga perlu ngebajak hasil fancam lagi*.

Untuk bahasan yg talkshow, JOT terlalu berpatok pada member2 mainstream yg dikenal masyarakat, yg ujung2nya Melody, Nabilah, Haruka. Padahal, menurut pembahasannya om Nathan, masih banyak member lain yg lebih cocok, yg bisa lebih rame lah. Wah gatau juga sih kalo ini. Sebenarnya kalo pas siaran di OZ (yg menjelang handshake event), yg siaran orangnya beda2. Tapi yaa risikonya, kalo member yg siaran kebetulan pendiem, siarannya jadi kurang rame. Contoh ya, waktu Februari lalu jeje siaran (sama nobi dan acha), siarannya rame karena jeje kan berisik. Sebelumnya juga pas kinal sama shania juga kayaknya cukup rame. Nah, kemaren yg bulan mei itu gw sempet dengerin siaran yg ngisi dena, frieska, sama rachel kalo ga salah ya. Ga rame, karena mereka kan pendiem semua gitu. Ya diatur2 lah strateginya.

Anyway, permasalahan utama dari JOT adalah, publikasinya kurang banget. Ga informatif. Sepertinya segala pemberitahuan cuma lewat webnya (jkt48.com), tapi itu pun seringnya kurang informatif. Ga jelas. Misalnya peraturan2 baru di teater, ga dicantumin kan di situ. Event2 khusus juga kadang ada infonya, kadang engga. Jadi, jangankan mau memperluas pasar ke masyarakat, ke fansnya aja informasi suka ga jelas. Ini yg sempet jadi keluhan.

Keluhan lain. Film VivaJKT48 yg kemaren itu, dinilai flop, gagal di pasaran. Karena yg nonton paling cuma fans, dan rame pas ada nonton bareng membernya. Sementara orang2 awam ga begitu tertarik buat nonton. Lalu ada juga keluhan tentang kualitas filmnya yg ga begitu bagus, tapi kalo buat gw sih enjoy2 aja. Lalu pas JKT48 menang di beberapa award untuk kategori2 tertentu, yg diragukan itu menangnya benar-benar layak ga sih? Soalnya, kalo mau dianalisa, kalo ditentukan lewat vote/sms, ya jelas lah JKT bakal menang, karena fansnya kan militan, liat aja pas voting buat senbatsu sousenkyo kemaren. Trus kalo kategori lain, yg produksi apa gitu, gataunya menang karena diliat dari penjualan album/CD, yg jelas aja terjual banyak karena strategi akal2an JOT, yg mesti beli CD untuk dapat benefit buat handshake ato voting. Yaiyalah kalo begitu juga yg kejual banyak, tapi banyak yg satu orang beli banyak CD, ya ga representatif hasilnya.

Apa yg bisa disimpulkan? Strategi pemasaran JOT yg kesannya eksklusif ini, hanya berhasil membawa JKT48 populer di kalangan fansnya aja, dan cenderung mengeruk duit sebanyak2nya dari loyalitas fans. Sementara orang luar masih ga tersentuh. Gimana mau menjangkau pasar yg lebih luas, kalo apa2 masih tertutup?

Gausah jauh2 deh, kasus terdekat adalah, gimana kabarnya single terbaru Gingham Check?
Iya udah dirilis, dan udah ada konsernya 2 minggu lalu, sekaligus jual CD dan photopack disana. Trus? Yaudah, ilang lagi. Ga ada promosi untuk beli CD-nya, dari member juga masih belom ada yg ngajak fans buat beli CDnya. Belum ada penampilan member JKT48 di acara tv untuk perform Gingham Check. Yg paling mendekati mungkin iklan terbaru All Honda Jazz yg ada sekilas lagu GC yg ga nyambung sama iklan mobilnya. Ya jadi orang2 ga ada yg tau kalo JKT48 udah rilis single baru. Jangankan orang awam, fansnya aja belom begitu tau.

Waktu itu di postingan lain, gw bilang JKT udah mainstream karena Fortune Cookies video klipnya sering tayang di TV. Ternyata ya yg terakhir KFC itu. Mungkin cuma River dan KFC yg klipnya tayang di tv (yuuhi juga sih pernah liat di JKT48 Mission, tapi gatau deh tayang di acara musik juga apa engga), sementara setelahnya, video klip single2 JKT ga ditayangin di TV, dan eksklusif hanya bisa diliat di DVDnya aja. Gw bilang sih ini strategi yg kurang bijak. Dengan bikin jadi eksklusif kayak gitu, emang penjualan DVD terjamin karena fans mesti beli biar bisa liat, tapi orang awam jadi ga kenal sama sekali dengan lagunya. Promo single mereka pun terbatas sama perform di acara TV kayak Dahsyat, tapi itu juga paling sering seminggu sekali. Kurang banget untuk promosi ke masyarakat. Gatau juga sih apakah ini emang kebijakan dari pusat (AKB sana), untuk melarang penayangan klip di TV lokal, tapi cobalah dipertimbangkan lagi. Ini kan demi kebaikan JKT48 juga, biar bisa dikenal lebih banyak orang.

Hal2 yg bisa diusulkan dari pembahasan di atas, sementara ini adalah:
1. Video klip single/lagu JKT48 agar dirilis untuk umum, ditayangkan di acara2 musik di TV, dan dirilis di youtube juga.
2. Lagu2 teater dirilis dalam bentuk CD (audionya aja). Versi DVD yg berisi penampilan member bisa dirilis kemudian kalo setlistnya udah ga ditampilkan lagi di teater.

Sebegitu sulitkah, JOT?

-OoO-
btw, walopun udah beli CDnya, gw tetep cari donlotannya sih, biar lebih gampang diputer di laptop :p

No comments:

Post a Comment