Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, June 21, 2014

[Review] The X-Files (season 7)

Agent Mulder and Agent Scully
Season 7 ini merupakan season terakhir dimana Fox Mulder full berada di serial ini. Di 2 season berikutnya, dia hanya muncul sesekali, karena kabarnya David Duchovny, pemeran Agent Mulder, ga memperpanjang kontraknya lagi. Season ini juga tadinya dimaksudkan sebagai season terakhir serial X-Files ini, tapi yaa namanya studio, kalo masih bisa nambah season baru, kenapa engga. Itu juga sebabnya, ada beberapa kasus/plot yg diberi konklusi (penyelesaian) di season ini, misalnya misteri tentang adiknya Mulder yg hilang, yg selama ini dikira diculik oleh alien. Gw juga merasa di season ini, banyak episode yg ga terlalu serius dan banyak humornya, which is no problem for me. Masa-masa serius mungkin udah terlewati di season2 berikutnya. Season2 terakhir ini buat enjoy aja lah.

List Episode X-Files season 7

1. The Sixth Extinction
2. The Sixth Extinction II: Amor Fati
3. Hungry
4. Millennium
5. Rush
6. The Goldberg Variation
7. Orison
8. The Amazing Maleeni
9. Signs and Wonders
10. Sein und Zeit
11. Closure
12. X-Cops
13. First Person Shooter
14. Theef
15. En Ami
16. Chimera
17. all things
18. Brand X
19. Hollywood A.D.
20. Fight Club
21. Je Souhaite
22. Requiem

Episode 1 dan 2 merupakan mitologi arc, lanjutan dari episode finale season sebelumnya. Mulder kondisinya makin memburuk, masih dalam pengawasan di rumah sakit. Mulder meminta Skinner mencari Michael Kritschgau, karena dia yakin Kritschgau yg bekas orang CIA bisa menolongnya. Kritschgau memberi Mulder obat yang membuatnya kembali bisa berkomunikasi. Mulder bilang ke Skinner kalo dia tahu Skinner berada di bawah ancaman Krycek, dan kalo Diana Fowley bersekutu sama Smoking Man. Kritschgau melakukan tes yang membuktikan bahwa Mulder memiliki kemampuan ESP, hasil dari interaksinya dengan artifak ekstraterrestrial. Sayangnya, obat yg diberikan Kritschgau berdampak pada kondisi Mulder yg kembali kritis dan lumpuh.

Michael Kritschgau
Scully berada di Pantai Gading, Afrika, untuk menyelidiki artifak dan pesawat di dasar pantai yang ditemukannya. Kemudian muncul banyak pertanda plague seperti kawanan serangga, orang mati yg bangkit lagi, lautan yg menjadi merah darah, dan peringatan dari penampakan laki2 misterius, ditambah lagi ilmuwan jahat yg membunuh ilmuwan dari Afrika di episode sebelumnya. Setelah berhasil melepaskan diri, Scully pun memutuskan kembali ke US untuk menolong Mulder di sana.

Smoking Man
Di episode berikutnya, terjadi perkembangan mengejutkan. Smoking Man mengunjungi Mulder yg kritis, dan mengatakan bahwa dia adalah ayahnya. SM kemudian membawa Mulder pergi (menculiknya), seperti berusaha untuk menyembuhkan Mulder. Mulder kemudian dibawa ke sebuah perumahan dimana dia tinggal dengan Diana Fowley sebagai istrinya, bertemu dengan Deep Throat yg masih hidup, dan bertetangga dengan Smoking Man. Kemudian hidup bahagia dan menghabiskan sisa hidupnya. Ternyata itu adalah halusinasi yang dialaminya, sementara kenyataannya SM sedang mengoperasinya, untuk memindahkan bagian otak dari Mulder yg memiliki kemampuan alien padanya.

Diana Fowley, di alam mimpi Mulder
Mulder yg hendak menuju kematiannya, baik di dalam mimpi maupun nyata, kemudian didatangi Scully yang menyadarkan dan membangunkan Mulder kembali. Rupanya Fowley memberitahu lokasi Mulder ke Scully. Dan kemudian Mulder pun kembali pulih, tanpa penjelasan yg komplit. Episode ini memakan korban. Kritschgau tewas dibunuh sama Krycek, dan Fowley kemudian juga ditemukan tewas (off screen), kemungkinan oleh Smoking Man karena membocorkan rahasia.

Lanjut ke episode 3, yg kembali dengan format Monster of the Week. Mulder dan Scully menangani kasus pembunuhan berantai yang pelakunya adalah mutant yg menyamarkan diri sebagai salah satu pegawai restoran fast food, dan tidak bisa mengatasi rasa laparnya (untuk makan otak orang). Episode ini sedikit beda, karena disajikan dari POV si pelaku.

Lance Henriksen sebagai Frank Black
Episode 4 juga episode spesial karena merupakan crossover dengan serial lain yg juga dibuat sama Chris Carter, yaitu Millennium. Guest star Lance Henriksen sebagai Frank Black, karakter utama serial itu. Mereka menangani kasus hilangnya mayat2 di kuburan, dimana mayat2 itu bangkit kembali dan menyerang manusia. Rupanya berkaitan dengan seseorang yg punya kemampuan membangkitkan orang mati, dan Millennium Group, berkaitan dengan kepercayaan bahwa kiamat akan datang di millenium yg baru (tahun 2000). Dengan bantuan Frank, mereka berhasil mencegah rencana grup itu yg hendak menghadirkan apocalypse dalam wujud zombie. Episode ini berakhir dengan kejutan dimana Mulder dan Scully berciuman, untuk pertama kalinya di serial ini, pada saat pergantian tahun. Scene yg tentu saja memunculkan banyak spekulasi dan teori.

Episode 5 menceritakan beberapa anak SMA yang memiliki kecepatan super setelah mendatangi suatu lokasi penambangan. Salah satu di antara mereka merupakan murid bandel yg kemudian menggunakan kemampuannya untuk membunuh orang2 yg dibencinya. Yg bisa menghadangnya adalah temannya yg juga memiliki kemampuan itu.

Episode 6 menceritakan tentang orang yg mungkin saja memiliki keberuntungan terbaik sedunia, dimana dia selalu selamat dari upaya2 orang yg hendak mencelakainya. Dia terlibat dengan sindikat mafia demi mendapatkan uang yang cukup untuk biaya operasi seorang anak dari pemilik apartemennya. Di episode ini, ada guest star Shia LaBeaouf yg masih bocah. Gw suka sama episode ini, seru aja liat orang yg hoki terus2an.

Episode 7, merupakan lanjutan dari salah satu episode di season2 sebelumnya. Donny Faster, napi yg ditahan karena kasus penculikan dan pembunuhan berantai beberapa wanita, kabur dari penjara dengan bantuan seorang pendeta yg memiliki kemampuan hipnotis. Pendeta ini dulunya juga bekas kriminal, dan entah maksudnya apa, sepertinya dia percaya kalo dia memiliki tugas untuk menghukum Donny, yg gagal dan berujung buruk. Donny kemudian menyergap Scully di rumahnya, hingga kemudian Mulder datang. Episode ini ditutup dengan Scully menembak Donny di kepala. Hal yg jarang kita temui, Mulder atau Scully membunuh.

Episode 8 juga episode yang menarik, berhubungan dengan magician. Tentang kematian seorang magician The Amazing Maleeni, kepalanya putus setelah dia melakukan trik memutar kepala 360 derajat. Kasus ini kemudian berkaitan dengan magician lain yg menjadi rival Maleeni, dan mafia yg menagih hutang Maleeni. Kesimpulan episode ini ga begitu jelas, karena si Maleeni ternyata merencanakan trik yg rumit ini dengan rivalnya untuk satu rencana besar merampok bank.

Episode 9 membahas kematian beberapa orang karena gigitan ular yg muncul dan hilang tiba2. Tersangka adalah pimpinan salah satu sekte ekstrim, yg menggunakan ular untuk menguji kebaikan seseorang. Makin aneh karena melibatkan iblis yg menyamar, dan menghamili salah satu perempuan. Episode ini ngeri karena banyak ular berkeliaran. Mulder juga nyaris jadi korban karena diserang ular2 jahanam itu.

Episode 10 dan 11, membahas tentang hilangnya anak2 secara misterius setelah sebelumnya orangtuanya mendapatkan visi kematian anaknya. Mulder yg sebenarnya ga ditugasin berkeras untuk ikut mengambil bagian dalam kasus ini, partially karena kasus adiknya yg hilang yg masih belum terselesaikan. Menggunakan keyword Santa Claus yg entah kenapa muncul di beberapa kasus, penyelidikan mereka akhirnya membawa mereka ke pelaku penculikan anak2, yg ternyata sudah berkali2 menculik dan membunuh anak2 kecil. Masalahnya, kasus anak hilang yg mereka tangani ternyata tidak masuk dalam daftar korban si pelaku. Lalu, kemana  sebenarnya anak2 itu menghilang? Kasus ini sempat memberi tekanan pada Mulder, apalagi bersamaan dengan itu adalah kematian ibunya Mulder karena bunuh diri.

Di episode berikutnya, diperkenalkan seorang polisi yg mengaku bisa melihat dan berbicara dengan roh anak2. Dia juga dalam proses mencari anaknya yg hilang bertahun2 lalu. Lalu ada lagi masalah dengan Smoking Man yg dulu menghentikan penyelidikan atas pencarian Samantha Mulder. Penyelidikan Mulder membawanya ke lokasi pemukiman di area militer, yg diduga tempat dimana Samantha dulu dibawa. Rupanya Samantha dulu memang diculik sama orang2 Sindikat, kemudian dibesarkan disana bersama Jeffrey Spender oleh si Smoking Man, tapi kemudian setelah itu menghilang, saat orang2 Sindikat hendak melakukan tes lebih lanjut padanya. Mulder menemukan surat yg ditulis Samantha, dan kemudian, dengan dipandu oleh salah satu roh anak kecil, dia dipertemukan dengan roh Samantha.

rohnya Samantha Mulder remaja
Episode ini dimaksudkan sebagai penutup untuk masalah Samantha, adik Mulder yg hilang. Yg menurut gw aneh jadinya, soalnya dari awal kita dituntun bahwa si Samantha diculik sama alien, seperti halnya Cassandra Spender, dan nanti bakal dikembaliin lagi. Eh, ga taunya malah 'diselamatkan' terlebih dahulu oleh roh2 penjaga, dengan tujuan untuk menghindarkannya dari penderitaan. Dan anak2 yg 'diselamatkan' itu, semuanya sudah mati. Aneh. Ini namanya menyelamatkan atau apa sih? Ga memuaskan pokoknya. Mana waktu itu (di awal season ini juga) pernah Mulder dipertemukan dengan Samantha yg sudah dewasa.

Lanjut. Episode 12, unik karena semacam crossover dengan serial reality show COPS. Mulder dan Scully bekerja sama dengan kepolisian setempat untuk menyelidiki beberapa kematian di kawasan rawan kriminal. Ternyata penyebabnya adalah rasa takut yg dialami orang2 yg berinteraksi dengan mahluk tertentu yg muncul di bulan purnama. Untuk lebih memberikan kesan unik, episode ini diambil dengan style seperti reality show Cops, dengan kameramen yg ngikutin gerak mereka. Keren pokoknya.

Scully's in the zone
Episode 13, episode unik yg membahas virtual reality game. Karakter asing berwujud wanita seksi muncul di game dan membunuh pemain, yang anehnya menyebabkan kematian di dunia nyata. The Lone Gunmen, yg menjadi salah satu kontributor game ini, meminta bantuan Mulder dan Scully. Mereka pun harus masuk ke dalam game dan mencoba mengalahkan si karakter asing ini. Best part of this episode: Scully's in the zone!


Episode 14, seorang dokter dan keluarganya diteror oleh seorang dukun voodoo, satu demi satu membunuh anggota keluarganya dengan sihir. Dia dendam karena anaknya yg dulu sekarat tidak berhasil diselamatkan oleh si dokter. Terlepas dari motivasi si dukun yg salah kaprah, gila ini kemampuan sihirnya berbahaya banget.

Episode 15, juga episode spesial karena naskahnya ditulis oleh William B Davis, pemeran Smoking Man. Scully didatangi oleh Smoking Man yang menawarkan padanya untuk mendapatkan penemuan obat yang dapat menyembuhkan segala penyakit, yang dapat memberikan jasa bagi dunia kesehatan. Tentu saja obat itu berasal dari teknologi alien. SM kemudian membawa Scully ke perjalanan, tanpa sepengetahuan Mulder, untuk bertemu dengan ilmuwan yg memiliki obat itu. Di sini kita dibuat bingung dengan apa sih maunya si Smokey ini, dia bener2 berbuat baik ato gimana? SM beralasan karena kematiannya sudah dekat, dia ingin mencoba berbuat baik dengan memberikan jasa bagi dunia kesehatan.

Episode 16, penyelidikan atas kematian seorang istri pejabat lokal, membawa mereka ke mahluk buas yang merupakan kepribadian lain dari seorang istri sheriff yg ramah. Entah kenapa namanya Chimera.

Episode 17, episode spesial yang ditulis dan disutradarai oleh Gillian Anderson, pemeran Agent Scully. Menurut gw, episode ini ga jelas dan mengecewakan, karena bukan merupakan X-File, melainkan drama yg menceritakan pertemuan Scully dengan bekas profesornya dulu, dimana pernah ada affair di antara mereka. Scully kemudian mencoba memberikan pengobatan alternatif dengan bantuan ahli chakra untuk menyembuhkan profesornya.

Episode 18, menceritakan intrik dan skandal di perusaan rokok fiktif Morley, dimana seorang ilmuwan menjadi korban dengan serangga di sekitar mulut dan di dalam parunya. Hal ini ternyata disebabkan karena penelitian dari perusahaan itu menyebabkan rokok mereka, asapnya mengandung larva2 serangga yang digunakan dalam penelitiannya. Ga kebayang kalo hal ini beneran terjadi. Jadi tiap ada yg ngerokok, orang yg di deketnya bakal menghirup asap yg ada larvanya, trus paru2nya nanti dipenuhin sama serangga. Eugh. Menampilkan guest star Tobin Bell, pemeran jigsaw di film seri SAW. Yang juga aneh dari episode ini, walaupun Morley adalah jenis rokok yg digunakan oleh Smoking Man, dia sama sekali ga muncul.

pemeran Agent Mulder (Gary Shandling) dan Scully (Tea Leoni)
Episode 19, juga episode spesial yg ditulis dan diarahkan oleh David Duchovny, pemeran Agent Mulder. Semacam parodi. Tadinya, mereka menyelidiki kasus di sebuah gereja, dimana orang mati bisa bangkit lagi. Zombie lagi. Tapi kemudian berganti fokus, bahwa seorang penulis skrip Hollywood yg merupakan teman kuliah (apa temen sekolah) Skinner, ikut dalam penyelidikan mereka, kemudian membuat film berdasarkan kasus yg ditangani mereka. Jadi lucu, karena kemudian difilmkan dengan aktor2 beneran memerankan Mulder dan Scully. Yg memerankan Mulder adalah Garry Shandling, sedang yg memerankan Scully adalah Tea Leoni, yg waktu itu merupakan istrinya David Duchovny.

Episode 20, dua wanita yang memiliki wajah yg serupa, tapi bukan saudara kembar (istilahnya doppelganger). Mereka entah bagaimana, satu sama lain selalu mengikuti yg lain, dan sudah berkali2 berpindah kota dan pekerjaan. Tiap kali mereka bertemu, ada kejadian buruk yg terjadi, dari orang2 yg tiba berkelahi atau sampai kaca2 dan botol yang pecah dan bencana lain. Repot juga, karena ujung2nya pun Mulder dan Scully ga bener2 berhasil mengatasi masalah ini. Buat lucu2an aja sih ini.

Jinnie yg mengabulkan 3 permintaan
Episode 21, ini episode aneh yg juga favorit gw. Berawal dari beberapa kejadian aneh yg ga masuk akal, mereka bertemu dengan wanita yg bisa mengabulkan 3 permintaan. Iya, jin seperti yg di cerita Aladdin. Cuma ini wanita dan penampilannya ngikutin jaman. Masalah klasiknya, wanita ini ga benar2 mengabulkan keinginan sesuai yg diharapkan si peminta, tapi diakalin sehingga hasilnya buruk, dan beralasan kalo permintaan/wish-nya harus detail. Mulder pun berkesempatan untuk mengajukan 3 permintaan. Permintaan pertamanya, adalah meminta perdamaian di dunia, berujung pada si jin menghapus keberadaan semua manusia, jadi si Mulder sendirian aja. Iya, itulah konsep perdamaian yg dimaksudkan oleh si jin. Episode ini keren juga.

Episode 22, terakhir di season ini. Episode mitologi alien yg membawa mereka kembali ke Oregon, lokasi kemunculan UFO dan alien abduction di episode pertama serial ini, di season 1 banget. Jadi karena season ini tadinya dimaksudkan sebagai season terakhir, makanya dimasukin juga unsur2 dari episode awal. Ada karakter2 dari episode awal itu yg muncul lagi, walopun gw ga inget karena udah lama nontonnya. Jadi, ada UFO crash lagi di Oregon, dan Billy Miles, korban abduction yg dulu, meminta bantuan Mulder dan Scully. Sementara itu, Smoking Man yg kondisinya udah menjelang maut, mengumpulkan kembali Marita Cobarrubias dan Alex Krycek, dan meminta Krycek untuk mencari pesawat UFO yg crash itu, untuk memulai kembali project mereka. Entah gimana caranya. Pesawat UFOnya itu tersembunyi oleh medan energi, dan keliatannya orang2 yg dulu pernah diculik pengen diculik lagi, oleh si alien bounty hunter yg bisa nyamar itu.

Skinner mempertemukan Krycek dan Mulder
Meeting, everyone
Mulder yg diculik oleh UFO

Ujung2nya karena mentok, Krycek bergabung dengan Mulder. Jadi, ini adegannya epic, soalnya Mulder, Scully, Skinner, Krycek, dan Marita, dan kemudian The Lone Gunmen juga, berkumpul di satu lokasi, rapat gitu. Whoa. Kurang Smoking Man aja sih. Mulder yg kuatir melarang Scully ikut ke lokasi karena beresiko Scully diculik lagi. Ternyata, yg terjadi malah sebaliknya. Mulder, yg kena pengaruh alien di awal season (yg bisa ESP segala macem), ternyata malah dia yg diculik. Bersama korban2 abductee lainnya, mereka pun dibawa oleh pesawat UFO, sementara Skinner yg ikut cuma bisa melihat aja. Untuk menambah efek cliffhanger, di akhir2, Krycek mendorong Smoking Man yg di kursi roda sampai jatuh ke tangga, dan Scully memberitahu Skinner kalau dia, entah bagaimana, hamil.

-OoO-

Banyak episode yg unik di season ini. Dan karena di season berikutnya, Mulder ga lagi tampil fulltime, mari kita ucapkan, "Farewell, Agent Mulder."

1 comment:

Anonymous said...

Naaaaiiissss...... :)

Post a Comment