Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, August 12, 2014

Ganti Laptop

Seperti yg sudah diceritakan kemaren2, minggu lalu laptop gw bermasalah. Aslinya sampe sebelum berangkat dari rumah, kondisinya masih baik-baik aja. Trus berangkat. Pas sampe kantor, ga langsung dinyalain, soalnya gw makan dulu. Nah, begitu dinyalain, bunyi deh tuh kretek-kretek. Jenis bunyi yg berisik dan mengkhawatirkan. Pikir gw, restartnya ga bener nih, makanya gw matiin lagi laptopnya, trus nyalain lagi. Eeh, di kesempatan berikutnya, dia malah ga bisa masuk ke windowsnya, ada tulisan OS not found. Dicoba restart berkali-kali, hasilnya tetep begitu, OS not found. Udah coba bongkar laptop, buka satu2 murnya, trus diliat. Sempet nyopot hardisknya trus dipasang lagi. Trus restart lagi. Ga ada perubahan.

Gw pake PC kantor buat cari2 info di google, katanya kalo OS not found itu, kemungkinan hardisknya rusak dan ga kebaca. Waduh, jadi inget sama hd eksternal kakak gw yg pernah ga kebaca itu. Dan akhirnya bisa direcover ke hd baru sih, tapi biayanya nyampe 1 juta. Hah? Gw cari2 info lagi tentang jasa recover data ini, beneran ternyata mahal. Untuk 500 giga (isi hardisk di laptop), biaya bisa satu juta lebih. Haaah, udah mulai stres dan panik. Data-data gw, yang sebenarnya kebanyakan film2 donlotan, terancam hangus, dan hanya bisa diambil dengan biaya sejuta lebih. Pilihannya antara merelakan data-data itu hilang, atau ngeluarin duit sejuta lebih.

Btw isi laptopnya ga melulu film donlotan. Ada juga file2 dan notepad yg berguna buat kerjaan kantor, tapi ya mayoritas file2 gw sendiri. Sampe gw daftar dulu ada apa aja disitu, trus dicatet di draft email, tujuannya biar bisa dipertimbangkan untuk direlakan pergi ato engga. Ada kumpulan manga (yg terpenting adalah One Piece dari chapter 600 sampe yg terbaru), lagu2 yg dikumpulin dari taun 2011an (tapi yg akhir2 ini didengerin lagu2 jeketi sih), dan galeri film. Jadi gini, tiap gw abis nonton film, gw selalu save image dari keseluruhan film, dengan rentang 30an detik. Gunanya apa? Ya biar ga ilang aja filmnya. Filenya bisa diapus, tapi gw masih bisa liat scene-scenenya dari awal sampe akhir. Rangkuman dari film itu lah intinya. Dan yg juga ada di sana, adalah folder jkt48 yg isinya twitpic yg dishare sama membernya di twitter. Ga begitu penting sih, soalnya gw cuma save-save aja, tapi sebenarnya jarang diliat2 lagi. Lagipula masih bisa diliat di twitternya. Tapi sayang aja. Gw juga suka save image dari twitter dari dulu2, yg juga sekarang udah ga penting dan ga pernah gw liat lagi. Jadi intinya data2 ini bisa diikhlaskan.

Rencana berikutnya adalah nyerahin laptop itu ke bagian kantor yg ngurus, trus minta ganti dengan laptop baru. Ya, karena ini laptop dari kantor, dan udah 3 tahun dipake. Mungkin emang masa hidup laptop emang di kisaran itu ya, apalagi gw kan makenya sering banget. Sehari bisa berapa jam. Wajar kalo dia udah abis masa operasionalnya. Tapi masih ga rela, soalnya laptop ini adalah hidup gw selama 3 tahun ini.

Sekarang masalah teknisnya. Temen gw nyaranin untuk restart lagi, masuk ke bios. Siapa tau masih bisa diselamatkan. Eh ternyata bisa masuk BIOS, dan hardisknya kedetek sih. Trus coba2 masuk pake safe mode. Bisa sih, trus coba menu repair disk, dan ujung2nya gagal karena lama banget. Bolak balik restart dan BIOS, diambil kesimpulan. Hardisknya mungkin masih bisa terbaca, tapi ada partisi yg ga kebaca, yaitu C dimana OS berada. Satu-satunya cara: install ulang windows, beserta format untuk drive Cnya.

Kebetulan waktu itu beruntung karena ada temen gw, haryo, yg bantuin install ulang. Gw udah lupa cara nginstall windows cuy, ga punya CD installernya ato apa. Pake usb isi installer windows 8, akhirnya diinstall ulang lah. C diformat. Artinya, film2 donlotan terbaru yg default foldernya di my document-download bakal lenyap. Juga, file2 video donlot dari youtube, dan banyak video tentang jeketi yg belum dipindahin. Yasudahlah, daripada ga ada yg bisa diselamatkan sama sekali.

Jadi kalo mau nginstall windows ga perlu pake CD (apalagi ga semua laptop ada CD/DVD romnya). Bisa pake usb berisi installer, nanti di BIOS ganti settingan bootnya dari USB. Install  ulangnya berhasil, makan waktu lebih lama sih. Dan btw, laptopnya masih terus berisik karena bunyi kretek2 tadi. Itu diperkirakan bukan hardisk, tapi kipasnya yg udah ga berfungsi (ga muter). Hardisknya juga udah mengkuatirkan, meragukan masih bisa dipake kalo kondisinya udah begini.

Setelah install berhasil, dan OS ganti jadi windows 8. Gw ga begitu tertarik untuk make windows 8, rada bingung masalah menunya, aksesnya ribet. Mending windows 7 aja, udah nyaman pakenya. Berikutnya backup data, yg di drive D (yg C udah diformat). Dikopi ke hardisk eksternal. Gw ga bawa hardisk, tapi untungnya di kantor ada hardisk 10 tera, jadi dikopi ke situ aja. Yg gw backup ga semuanya sih, yang masih pengen gw pake aja. Misalnya musik, sebagian besar lagu ga gw kopi, cuma yg jkt48 sama lagu lain2 aja, yg ga termasuk lagu dari chart.

Ngopi dari laptop yh hardisknya udah mengkuatirkan ke hardisk eksternal ini makan waktu lama banget. Kira2 ada 350 giga yg dipindahin, dan itu berlangsung semaleman, dari jam 11 barangkali ya, sampe jam 8 keesokan paginya. Mungkin harusnya film2nya ga usah gw kopi semua ya, dan didonlot ulang aja.

Okeh, backup selesai. Berikutnya adalah nukerin laptopnya ke kantor yg letaknya terpisah, jadi nelpon dulu, nanyain bisa ganti ato ga, orangnya udah dateng apa belom. Jalan dulu ke kantornya, dari sto ke alia. Nuker laptop lancar. Laptop lama yg Acer ganti sama laptop merek HP. Dan inilah saat perpisahan dengan laptop lama yg udah 3 tahun dipake.

laptop lama yg sudah 3 tahun bertugas
Abis itu ga langsung pulang, tapi ke kantor di sto lagi, buat ngopi data2 yg tadi dibackup ke laptop yg baru ini. Ini juga makan waktu lama, tapi ga selama yg tadi. Jadi dari jam 10 sampe jam setengah 2 lah, kelar juga itu 350 giga. Trus sempet cek program yg udah diinstall apa aja. Untung ga kosong2 amat. OSnya windows 7, jadi gausah diinstall ulang. Udah ada office juga, firefox dan chrome udah update. Barulah gw pulang.

Namanya jg laptop baru, butuh penyesuaian. Sampe besoknya masih bersih2 program yg sebelumnya diinstall, kayak addons2 yg nyampah, yg suka nambah2in menu di browser, atau jadi default home. Buang semua lah. Trus install winamp sama media player classic, wajib hukumnya. Gw udah pernah bikin list program2 apa aja yg mesti diinstall, tapi itu di notepad yg juga ada di laptop. Makanya, postingan macam ini yg ditaroh di blog bisa berguna banget kalo kondisi serupa terjadi lagi nanti.

Trus sempet juga masalah display. Pas mau view pictures, tiap berapa detik jadi hang, dan mesti diclose. Udah ubrak abrik cari info di google, ternyata penyebabnya adalah driver VGA yg mesti diupdate. Mana sempet uninstall driver dan bingung nyari driver yg tepat. Untung tadi dicatet sebelum diuninstall. Tapi akibatnya kuota modem jadi makin abis karena dipake donlot driver vga.

Setelah itu bisa dibilang normal. Tentang tampilan web tertentu yg nongol tiap kali open new tab, bisa diganti di about:settings ato semacamnya, infonya dicari di google. Besoknya pas masuk pun udah bisa, cuma untuk buka beberapa web kerjaan, masih belom bisa. Entah apakah ada program yg mesti diinstall dulu ato apa.

laptop yang baru
Begitulah proses pergantian laptopnya. Sekarang laptopnya lebih tangguh sih, memorinya 4 giga, jadi ga gampang lemot kayak laptop Acer yg memorinya 2 giga. Keyboardnya ga begitu enak, ato mungkin butuh penyesuaian juga ya. Kemudian hal utama yg berbeda adalah letak colokan earphone dan usb. Yg tadinya udah terbiasa di sebelah kanan, sekarang earphone dicolok di sebelah kiri. Colokan charger juga adanya di sebelah kanan, di laptop lama kiri. Dan karena ga ada bungkusan buat chargernya, kalo mau beresin laptop jadi agak ribet, karena ngatur2 kabel chargerannya. But all in all, everything's good. Cuma butuh penyesuaian.

Gatau berapa lama laptop baru ini akan bertahan. Bisa aja lebih cepet berakhir kalo kontraknya ganti. Mungkin juga gw mesti beli laptop sendiri untuk cadangan. Demikian.

-OoO-

No comments:

Post a Comment