Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Saturday, August 23, 2014

[Review] The X-Files (season 9)

Agent Doggett dan Kersh
Starring
Gillian Anderson as Dana Scully
Robert Patrick as John Doggett
Annabeth Gish as Monica Reyes

with
Mitch Pileggi as Walter Skinner

Akhirnya sampai ke season terakhir di serial ini, dan boleh gw bilang, cukup mengecewakan, karena tidak seseru season2 sebelumnya. Ya, memang setelah David Duchovny mulai keluar dari serial ini, mestinya disudahi saja waktu itu. Di awal kita langsung dikejutkan dengan menghilangnya Mulder, yg ga jelas alasannya apa. Kontrak Duchovny dengan X-Files yg season lalu sempet muncul di sebagian akhir, di season ini ternyata abis lagi. Jadinya ga jelas. Plot tentang super soldier coba dibahas di awal2 season, termasuk mendatangkan karakter baru, Assistant Director Brad Follmer (Cary Elwes) yg dulu sempat pacaran sama Agent Reyes. Di pertengahan season juga plot ini sempat dikembangkan lagi, dan menghadirkan sindikat baru sebagai elemen konspirasi, dengan karakter Toothpick Man (Alan Dale) sebagai leadernya. Tapi ga cukup waktu bagi si Alan Dale untuk bicara, dan keberadaannya juga ga begitu jelas, dan akhirnya kepotong dan X-Files disetop. Akibatnya semua plot ini ditinggalkan begitu aja padahal boro2 terselesaikan, ini masalah makin menjadi.

Belom lagi tentang posisi karakter utama, yang harusnya jadi milik Agent Doggett (Robert Patrick) dan Agent Reyes (Annabeth Gish). Scully di awal2 mundur dari X-Files dan ngajar di Quantico (FBI Academy) dan sesekali diminta bantuan. Eh tapi kok berikutnya dia malah sering muncul dan entah kapan kayaknya udah balik lagi ke X-Files. Akibatnya, peran Agent Reyes jadi ga jelas dan ga guna. Ga ada yg istimewa selain punya penglihatan ke dunia gaib yg ga kepake. Selain itu, karena plot masih ga bisa lepas dengan Mulder dan Scully sehingga ga ada tempat buat kedua agen yg baru.

Agent Scully
Akhirnya di episode finale dimunculkan Mulder, dan plot tentang dia, sekaligus untuk menutup serial ini dengan banyak permasalahannya. Makin ga guna lah Agent Doggett dan Reyes yg ada di sana cuma sebagai supporting character, dan bukannya main character.

Agent Reyes
List Episode X-Files season 9

1. Nothing Important Happened Today
2. Nothing Important Happened Today (2)
3. Daemonicus
4. 4-D
5. Lord of the Flies
6. Trust No 1
7. John Doe
8. Hellbound
9. Provenance
10. Providence
11. Audrey Pauley
12. Underneath
13. Improbable
14. Scary Monsters
15. Jump the Shark
16. William
17. Release
18. Sunshine Days
19-20. The Truth

Episode 1. Akhir dari episode sebelumnya terlihat meyakinkan. Doggett dan Reyes akan menyelidiki keterlibatan deputy director Kersh dengan masalah super soldier. Mulder dan Scully happy ending. Well, ga semudah itu ternyata. Di episode ini Mulder menghilang. Doggett berusaha mencari tahu, tapi Scully dan Skinner bilang ga usah dipikirin. Entah apakah Mulder yg bersembunyi, atau dia diculik. Ga jelas. Dan tentang penyelidikan Doggett? Ga berhasil, karena bukti2 yg terkait dengan kejadian di tempat parkir, waktu Doggett, Mulder dan Skinner berjibaku dengan Knowle Rohrer, ya bukti2 itu ga ada, rekaman CCTVnya dihilangin dan diganti. Doggett ga bisa membuktikan keberadaan super soldier. Dan dia sempat merasa berjuang sendirian, kecuali Reyes yg tetap bantu cari bukti.

Assistant Director Brad Follmer
Karakter baru. Brad Folmer yg tiba2 muncul sebagai Assistant Director. Ga terlalu muda apa? Dan dia masih usaha buat balik lagi sama Reyes. Dia ga begitu suka sama Doggett dan seperti menghambat usaha Doggett. Kayak Agent Spender dulu lah. Dan ada masalah dengan super soldier cewek, Shannon McMahon (diperankan Lucy Lawless) yang membunuh dua orang terkait dengan masalah water reclamation plant (pengolahan air ato apalah artinya). Kemudian Scully menyadari William, bayinya, bukan bayi biasa. William punya kemampuan, bisa menggerakkan benda dengan pikiran. Doggett dan Skinner menyelidik ke water plant, tapi kemudian Follmer dan agent2 yg lain datang menggerebek. Doggett bersembunyi dan ditenggelamkan oleh Shannon.

Shannon McMahon
Episode 2. Shannon yang menyelamatkan Doggett kemudian cerita tentang supersoldier, dan dia ingin membantu membongkar informasi tentang super soldier. Dia juga menceritakan program rahasia yang hendak mengubah penduduk menjadi super soldier, dengan cara menyusupkan chloramine ke air minum yang akan dikonsumsi orang2. Chloramine ini zat yg bisa mengubah DNA dan membuat jadi super soldier. Untuk mencegahnya, Doggett Scully Reyes mencari kapal dimana eksperimen dengan chloramine berlangsung. Mereka menemukan kapal itu dimana kaptennya sudah mati, dibunuh oleh Knowle Rohrer yg masih hidup. Shannon dan Knowle bertarung, dan keduanya tenggelam ke laut. Meskipun nanti diketahui, kalo mereka belum mati. Scully kepengen menyelidiki penelitian di kapal itu tentang manipulasi ovarium untuk menciptakan super soldier, tapi ada bom di kapal yg siap meledak, jadi Doggett membawa mereka kabur. Dan hilanglah lagi bukti atau petunjuk yang bisa membantu mereka.

Knowle Rohrer
Meanwhile, setelah pembicaraan dengan Kersh (yg bebas dari tuduhan), diketahui kalau Kersh memperingatkan Mulder untuk pergi, karena nyawanya terancam oleh sindikat. Dogget pun bingung, Kersh ini sebenarnya ada di pihak mana? Btw Agent Doggett terlihat begitu emosional, dan ga begitu cerdas di sini.

Episode 3. Pembunuhan dengan motif satanic ritual. Mereka mendatangi sebuah fasilitas kejiwaan dimana salah satu pasiennya kabur, dan kemungkinan adalah pelakunya. Mereka mendapat bantuan dari pasien lain, Kobold yang bisa melihat apa yang sedang dilakukan si pelaku. Doggett curiga justru Kobold, bekas profesor, inilah yang sebenarnya menjadi dalang, dan kecurigaannya terbukti.

Episode 4. Episode ini cukup menarik. Doggett tertembak ketika mengejar penjahat yang sudah membunuh Reyes. Tapi anehnya, pada saat yg bersamaan dia sedang berada bersama Agent Reyes di rumah Reyes. Doggett koma, dan Reyes menjadi tersangka karena Doggett ditembak dengan pistolnya. Akhirnya diketahui kalau ini melibatkan 2 universe yg berbeda, dan Lukesh, si penjahat, punya kemampuan untuk berpindah universe. Di universe lain dia beraksi menjadi serial killer. Wah, ini kayak basic dari Fringe. Sayangnya, closingnya kurang masuk akal. Doggett berada dalam keadaan koma, dan Dogget yg di universe sini ngilang. Penjelasannya karena tidak bisa ada dua orang yg sama di satu universe. Aneh. Dan setelah si Doggett lain ini mati, timeline mundur lagi waktu Dogget lagi di rumah Reyes. Lha kok gitu? Interesting idea, crappy ending.

Scully, Reyes, Skinner, Follmer
Episode 5. Diawali dengan parodi Jackass, show MTV yg isinya aksi2 tolol dan berbahaya, muncul kejadian dimana serangga2 menyerang seorang murid. Menggerogoti kepalanya dari dalam, kemudian ada lagi yang menyerang badan dengan pola tertentu. Ternyata pelakunya adalah seorang murid, yg mungkin bukan manusia biasa, tapi merupakan serangga. Episode ini termasuk yg bagus buat gw, karena banyak humor. Dan ada bintang tamu menarik, diantaranya Jane Lynch yg jadi ibu si pelaku, dan karakter ilmuwan norak bernama Rocky yg naksir Scully.

Guest star Terry O' Quinn
Episode 6. Setelah bertemu dengan pasangan suami-istri yang mencurigakan, Scully dihubungi lewat telpon oleh seseorang yg kelihatannya mengetahui segalanya tentang dia dan Mulder, yg juga mengawasi semua gerak-geriknya lewat kamera CCTV (dia punya akses dan orang NSA). Dengan cara yg rumit, dia meminta bertemu dengan Scully, dan mengatakan bahwa dia bisa membantu Mulder supaya bisa kembali dari persembunyiannya. Well, orang ini ternyata bukan orang baik, karena dia adalah super soldier. Berita baiknya, setelah kejar-kejaran, si supersoldier mati sendiri. Ternyata logam magnetite adalah kelemahan supersoldier. Mereka mati kalo deket2 logam itu. Menampilkan Terry O' Quinn (yg jadi John Locke di serial LOST) sebagai si super soldier.


Episode 7. Doggett terbangun di sebuah tempat antah berantah di Mexico, dan dia ga inget namanya sendiri. Amnesia. Selagi berusaha mencari tahu siapa dirinya, dia ngikut sama kriminal lokal. Sementara Scully, Reyes, dll nyari keberadaan dia. Doggett yg tengah menyelidiki kasus kartel Meksiko rupanya diambil memorinya oleh seseorang yg punya kemampuan khusus. Mereka harus berhadapan dengan pihak kartel yg juga menguasai kepolisian untuk membawa Doggett keluar dari sana.

Episode 8. Beberapa eks kriminal mati mengenaskan, dengan tubuh dikuliti. Kasus yg serupa dengan yg pernah terjadi 40 tahun sebelumnya. Kenyataan rupanya lebih aneh, karena pelaku dan korban telah melalui reinkarnasi yang berulang supaya si pelaku bisa membalaskan dendamnya ke para korban. Reyes, rupanya termasuk salah satu yg bereinkarnasi dan berusaha menggagalkan niat pelaku.

Episode 9. Agak rumit ini. Scully diminta keterangan seputar artifak bahasa asing. Sejenis dengan artifak dari pesawat UFO yg dia temukan di season sebelumnya. Tapi pihak FBI ga mau terus terang ini masalahnya tentang apa. Rupanya ada agent undercover yg membawa artifak itu. Agent Comer, si undercover itu, sedang menyelidiki kelompok cult UFO, yg ternyata menemukan pesawat lain. Jadi rumit, karena FBI yg disusupi sama orang2 mencurigakan, diantaranya Toothpick Man (Alan Dale) menginginkan artifak itu karena tau dengan kekuatannya. Agent Comer mendatangi rumah Scully dan hendak membunuh William, tapi Scully berhasil mencegah dan menembak Comer. Selain itu, kelompok cult UFO yg dimaksud juga menginginkan William. Scully pun berencana untuk membawa William pergi, tapi ketahuan sama anggota kult. Doggett ditabrak mobil, dan walaupun Scully minta bantuan sama The Lone Gunmen, si wanita misterius anggota kult ini menemukan mereka dan berhasil membawa William.

penemuan pesawat UFO oleh kelompok kult
Episode 10. Diawali dengan flashback si pemimpin kult UFO, yg nyawanya diselamatkan oleh para supersoldier ketika perang. Dia pun memuja supersoldier dan alien. Setelah menemukan pesawat UFO, mereka mencoba membukanya, tapi pesawat malah mengunci sendiri dan menewaskan beberapa anggotanya. Dengan bantuan artifak yg memiliki kemampuan healing, Scully dan Reyes menanyai Agent Comer. Comer cerita kalo si kult memuja alien dan percaya kalau bayi Scully, William, akan menjadi pemimpin supersoldier, makanya Comer ingin membunuh William untuk mencegah kult dan supersoldier. Comer mati sesudahnya, kemungkinan dibunuh si Toothpick. Setelah bertemu dengan pemimpin kult, Scully dan Reyes ngikutin dia ke markasnya. Pesawat UFOnya nyala, dan menewaskan seluruh anggota kult, dan hanya William yang selamat. Doggett juga udah sadar lagi setelah sempet koma. Btw, ini Doggett sering banget tertimpa masalah ya, koma mulu lah, amnesia lah.

Toothpick Man (Alan Dale)
Trus di akhir ada scene menarik. Follmer hendak mencabut laporannya tentang kematian Comer. Kersh menolak, dan abis itu dia ketemu sama Toothpick, yg keliatannya punya kuasa atas Kersh. Toothpick yg ternyata juga supersoldier (alien).

"Maybe if you weren't so busy backpedalling, Mr Follmer...
you might get me an explanation."
-Kersh.

Audrey
Episode 11. Reyes mengalami koma setelah kecelakaan mobil. Dia berada di alam lain, seperti rumah sakit tempatnya dirawat, hanya saja tidak ada orang lain di sana, kecuali beberapa pasien yg bernasib sama dengannya. Hanya satu orang yg bisa melintasi alam itu, yaitu seorang caretaker bernama Audrey. Sementara dicurigai, seorang dokter memberikan obat tertentu sehingga Reyes dan pasien lainnya terlihat seolah2 sudah mati, dan setelahnya kemudian mendonorkan organ milik si pasien. Audrey adalah kunci bagi Reyes untuk kembali sadar, karena Reyes berada dalam dunia ciptaan Audrey, di dalam pikirannya.

Episode 12. 13 tahun yang lalu, Doggett dan rekannya menangkap seorang pelaku pembunuhan di rumah korban. Sekarang, si pelaku dinyatakan tidak bersalah dan dibebaskan dari penjara, dan pengacaranya berusaha memulihkan nama baiknya dan menuntut kepolisian. Doggett yang yakin kalo si pelaku bersalah, mencoba menguak kembali kasus lama ini. Si pelaku mungkin memang tidak bersalah, tapi kepribadiannya yg lain, yang bisa merubah wujud menjadi seorang lain, dialah yang berperan melakukan semua pembunuhan itu.

guest star Burt Reynolds
Episode 13. Episode khusus, dan antara humor dan tekateki. Pembunuhan berantai yang berhubungan dengan angka2, dan membuat Reyes yg paham tentang numerologi, tertarik untuk menyelidiki. Scully dan Reyes mencari pelaku hingga kemudian menyadari bahwa mereka mungkin adalah target berikutnya. Dan ada orang aneh yang keliatannya tahu segalanya tentang masalah ini, tapi malah memberikan teka teki. Selain tentang aspek angka2, orang asing ini juga menarik. Special guest star: Burt Reynolds sebagai si orang misterius.

Leyla Harrison
Episode 14. Agent Leyla Harrison (yg dari musim lalu) is back. Dia kembali meminta bantuan X-Files untuk menangani kasus anak yang katanya melihat monster. Doggett dan Reyes ikut dengan Leyla ke rumah si anak, dan ikut terperangkap di sana dengan imajinasi si anak yang berbahaya. Untunglah, Agent Doggett yg skeptis, ga percaya dengan semua ilusi itu dan menyelamatkan mereka. Seakan ga cukup, ditambahin karakter lain, yaitu seorang cowok yg naksir sama Leyla.

The Lone Gunmen
Episode 15. Episode spesial The Lone Gunmen. No, seriously, ini emang lebih mirip episode TLG. Jadi, ada serial spinoff X-Files, yaitu TLG yg dibikin tahun sebelumnya, tapi cuma sebentar sih. Episode ini dimaksudkan sebagai closure. Yg muncul di episode in ya karakter reguler di TLG, di antaranya Byers, Langly, Frohike (trio The Lone Gunmen), lalu ada Morris Fletcher (yg dulu sempet nongol di X-Files dan bertuker tubuh dengan Mulder), Jimmy (anggota baru TLG), dan Yves Adele Harlow (hacker yg berteman dengan mereka). Tadinya, Morris datang ke X-Files minta bantuan nanganin kasus nyari si Yves ini, dengan dalih super soldier, padahal ga nyambung. Semata2 supaya mereka ke TLG dan ikut nyari Yves yg notabene rekan mereka. Udah, keterlibatan Doggett sama Reyes cuma di situ aja. Berikutnya, TLG ragu apakah Yves ini pelaku pembunuhan. Yves kemudian mengaku ingin menghentikan upaya sekumpulan ilmuwan yg ingin melepas biovirus. Mereka kemudian mencari pelaku penyebar, dan ketika berhasil, The Lone Gunmen yg kehabisan waktu, memerangkap diri mereka bersama si pelaku supaya virus tidak menyebar.

And just like that, The Lone Gunmen died. Sampe ada pemakamannya segala, dimana Scully dan Skinner muncul. Endingnya mengecewakan, setelah plotnya juga medioker. Kenapa mesti dimatiin karakternya, coba?

Spender dan Scully
Episode 16. Pria misterius dengan luka bakar di sekujur tubuhnya muncul dan menyerang Doggett di kantor X-Files. Dia mengaku tau tentang Mulder. Scully pun datang dan menginterogasi, dan pria itu mengoceh macam2 tentang konspirasi, bahwa Mulder dalam bahaya dan sebagainya. Doggett dan Reyes mengira kalo pria itu mungkin adalah Mulder, tapi Scully ragu. Dia membawanya ke rumahnya, dan pria itu diam2 menyuntik William dengan sesuatu. Anehnya, kondisi William normal2 aja. Kemudian terbongkarlah identitas pria itu. Jeffrey Spender, yg diduga sudah mati ditembak oleh Smoking Man beberapa musim lalu. Dan dia tidak berniat jahat, dia menyuntikkan zat yg membuat William normal, dan lepas dari kemampuan aliennya. Akan tetapi, mendengar penjelasan Spender tentang konspirasi sindikat yg baru, dan bahwa bayinya tidak akan aman, Scully kemudian memberikan bayinya untuk diadopsi.

Again, episode ini aneh. Ngapain Spender tiba2 dimunculin masih hidup. Maksain banget.

Episode 17. Dogget mendapat tip yang membawanya ke kasus pembunuhan berantai para wanita yg tersangkanya adalah seorang anggota mafia. Kasus ini juga lebih cepat dipecahkan berkat bantuan salah satu kadet di akademi FBI. Masalahnya, si kadet ini ternyata bekas pasien di fasilitas mental yg menggunakan nama palsu. Dia sengaja mendekati Doggett untuk membantunya menyelesaikan kasus penculikan dan pembunuhan putra Doggett, belasan tahun yg lalu. Si anggota mafia inilah kemungkinan pelakunya. Masalah dipertambah dengan AD Brad Follmer yg ternyata terlibat kasus suap dengan si anggota mafia. Pada akhirnya, tidak ada bukti, tapi si anggota mafia mengisyaratkan kalau dia pelakunya. Begitu Doggett hendak mengejar, si pelaku sudah mati ditembak sama Follmer.

Temanya terlalu menyebar kemana-mana, dan di akhir ga ada pemecahan, malah jalan pintas pelakunya dibunuh Follmer. Nasib Follmer yg terlibat dengan si pelaku juga ga ditunjukin kelanjutannya gimana. Dan kenapa mesti jadiin Follmer sebagai kambing hitam. Again, maksa. Episode ini mungkin maksudnya memberikan closure pada kasus kematian anaknya Doggett, tapi maksa.

Episode 18. Doggett dan Reyes menyelidiki rumah Oliver Martin, dimana diduga, dua orang pemuda tewas terlempar dari dalam rumah itu. Diketahui ternyata Oliver ini memiliki kemampuan untuk mewujudkan imajinasinya (lho kok mirip sama salah satu episode sebelum ini ya), dan terobsesi dgn serial The Brady Bunch. Mereka bertemu dengan dokter yg dulu menangani Oliver sewaktu masih anak2. Mereka kemudian bersama-sama berusaha meminta Oliver untuk menunjukkan kemampuannya, untuk menunjukkan kalau potensi manusia bisa lebih dari normal. Tapi ternyata kemampuannya menyebabkan Oliver sakit, dan dia mesti berhenti menggunakannya, dan itu bisa dilakukannya ketika dia sedang bahagia, dalam ini, tidak sendirian.

Episode yg ngalor ngidul maksudnya apa. Sebagai episode Monster of the Week yg terakhir, rada mengecewakan.

Mulder muncul kembali
Episode 19-20. Dan inilah episode terakhir X-Files. Mulder muncul lagi, dia sedang menyusup ke sebuah markas militer rahasia, dimana hendak mencari informasi. Usahanya dihalangi oleh Knowle Rohrer, yg wtf kenapa dia ada di situ? (jadi sebenarnya si Knowle ini kerjanya dimana sih?). Mereka bergulat dan Knowle jatuh terus kesetrum. Setelahnya Mulder ditangkap dan kemudian ditahan dengan tuduhan membunuh Knowle. (Really?) Setelah sesi brainwashing yg ga berhasil, diputuskan bahwa akan diadakan pengadilan militer untuk memutuskan apakah Mulder bersalah, dengan dipimpin oleh director Kersh.

Scully, Skinner, juga Doggett dan Reyes mengunjungi Mulder. Kemudian Skinner menjadi pembela Mulder, alih2 pake jasa pengacara. Satu demi satu Skinner menghadirkan saksi untuk Mulder. Mulai dari Scully, Jeffrey Spender, Doggett, Reyes, kemudian Gibson Praise, Marita Covarrubias. Masing2 memberikan kesaksian yg pada dasarnya adalah intisari cerita X-Files dari season awal sampe akhir. Of course, segala kesaksian ini ga ngaruh, karena pimpinan sidangnya, selain Kersh, adalah Toothpick dan anggota sindikat baru yg lain. Mulder diputuskan bersalah.

Scully, Skinner, Doggett, Reyes kemudian membantu Mulder kabur dari penjara, dan kemudian ada Kersh juga yg ikutan bantu (telat, dan ga begitu ngaruh bantuannya, bentar banget soalnya). Mulder dan Scully pun pergi ke area gurun di Anasazi, dimana Mulder mendengar ada seorang bijak yg tinggal di sana. Orang itu tak lain adalah Smoking Man yg masih aja bertahan hidup. (yaelah). Smoking Man ga bener2 bantu Mulder, dia cuma nunjukin bahwa mereka tidak punya harapan, karena Mulder sudah liat di markas militer, bahwa invasi akan dilakukan tahun 2012 (sesuai akhir kalender Maya).


Ga berapa lama, rombongan pasukan blackops datang dan menyerbu Anasazi. Knowle Rohrer juga datang dan berhadapan dengan Doggett dan Reyes, tapi dia mati karena daerah itu banyak logam magnetite. Rombongan helikopternya lebih cerdas, mereka langsung ngebom daerah itu, dan Smoking Man mati beneran. Sementara Mulder dan Scully kabur, begitu juga Doggett dan Reyes.

Epilog. Mulder dan Scully ngobrol di kamar motel, membicarakan apakah mereka masih punya harapan, dengan adanya invasi alien dan sebagainya. Dan Mulder percaya mereka masih punya harapan (untuk survive).

"Maybe there's hope"
Udah. Kemunculan Mulder yg tiba2 di episode ini aja, trus karakter2 lain yg dimunculin lagi, yg dikira udah mati ternyata masih idup. Itu maksa. Tapi ada juga yg emang udah mati, tapi Mulder bisa liat dan bicara sama mereka, yaitu Krycek, X, dan The Lone Gunmen.

Dan di akhir, masalah masih begitu nyata, dan belum diselesaikan sama sekali. Serial ini ditutup dengan karakter utama yg melarikan diri. And btw, karakter utama kembali ke Mulder. Doggett dan Reyes udah kebuang begitu aja posisinya. Kesannya episode penutup ini buru2, karena udah dinyatakan ga dilanjutin lagi. Hasilnya kacau.

Btw, tentang invasi alien, ga ada kelanjutannya tuh. Di film The X-Files: I Want to Believe dimana Mulder dan Scully muncul lagi, juga ga dibahas masalah alien. Ngilang gitu aja.

Sekian akhir dari serial ini. Mungkin harusnya distop di season 6 atau 7, karena season terakhir dan penutupnya ini menurut gw ga memuaskan banget.

-OoO-

No comments:

Post a Comment