Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, November 18, 2014

Clan War bersama GMF

map war
Boleh dibilang, main COC dan ikutan clan war sangat membantu gw melewati masa-masa sulit belakangan ini. Juga membuat anak2 di kantor makin kompak.

Awalnya, kita semua ada di clan lain yg lebih gede, Octagonesia. Waktu dulu gw join, anggotanya hampir full 50. Dan gw jadi anak bawang, pas clan war di urutan paling bawah, dan nyerangnya masih cupu. Tapi lambat laun semakin berkembang, dan belajar, makin lumayan jago lah, kalo nyerang udah bisa menang, apalagi pas udah sampe TH7 dan bisa bikin naga, berapa kali nyumbang full 3 bintang buat clan. Itu pencapaian yg bikin bangga #tsaah, hehe.

Tapi apa boleh buat, makin lama makin banyak anggota yg ga aktif, pas war ga ikutan nyerang, dan hasilnya clan kita kewalahan dan mulai sering kalah. Gw masih nyumbang bintang, tapi kalo banyak yg ga nyerang ya, bakal kalah sama lawan yg lebih aktif nyerangnya. Kecewa juga sih. Leader kita udah berusaha untuk ngingetin yg ga aktif buat berpartisipasi pas war, apalagi kan cuma seminggu sekali. Yang ada malah satu demi satu kemudian pada leave clan, entah kemana. Sampe akhirnya jumlah anggota makin berkurang, sampe 30an waktu itu.

Setelah kalah kesekian kali, pas awal Oktober, temen2 gw di kantor yg juga di clan, ngobrol2, ngusulin sambil lalu untuk bikin clan sendiri, yg khusus anak2 kantor aja. Rencana yg bagus sih, tapi gw ga yakin beneran dieksekusi. Ga taunya besoknya udah bikin clan baru, bernama GMF. Jangan tanya singkatannya apa, gw juga ga yakin. Trus rame2 pada leave Octagonesia, pindah ke sana. Tak lama gw pun juga ikut pindah. Walaupun clan ini udah ngasih banyak ilmu, tapi pasti ada masanya kita akan pergi.

clan GMF
Awal2 di clan baru ini ga jelas banget, karena anggotanya ga nyampe 10, dan belom bisa bikin war (minimal 10). Pada waktu itulah, ibu gw sakit, jadi gw juga ga aktif dulu mainnya. Setelah seminggu, baru akhirnya bikin war yg pertama, anggotanya udah lewat 10. Tapi waktu itu gw ga ikutan, karena ibu masih sakit. Lalu waktu di kampung, setelah pemakaman, barulah gw nyoba ikut war, walaupun waktunya udah hampir abis. Lumayan membantu bikin pikiran sibuk, biar ga stres atau merenung mulu.

War yg awal2 clan kita menang telak, simply karena clan lawan ga nyerang sama sekali, hahahah. Kacau itu, bisa menang 28-0. Skor maksimal kan 30 (untuk 3 bintang dari 10 lawan). Dan clan kita cukup gila, karena begitu selesai clan war, di hari yg sama langsung search lawan untuk war berikutnya. Jadi, kalo senen war, selasa istirahat untuk persiapan war, rabu udah war lagi, hahah.

Keuntungan dari clan kita adalah, warnya dengan 10 anggota. Jadi ngisi CC-nya lebih irit, walaupun saat ini yg bertanggung jawab untuk ngisi dengan naga level3 baru 2 orang. Tapi sebentar lagi bakal nambah 3 orang yg naganya udah diupgrade ke level3, termasuk gw. Baru upgrade sabtu kemaren, setelah seharian jaga di bluestack, nyerang buat ngerampok dan ga diserang2, hehe.

Keuntungan lain adalah, koordinasinya lebih kuat, lebih kompak, karena kita kan satu kantor, jadi udah pada kenal, trus ngasih aba2, ini nyerang nomer ini, gw nyerang nomor itu, dsb, bisa saling ngasih petunjuk atau saran nyerangnya gimana, dll. Mantap pokoknya.

war log
Yah, emang ga selalu menang sih. Ada kalanya menang telak karena lawan ga aktif, dan jadi merasa sia-sia karena udah ngisiin CC padahal ga diserang lawan. Tapi ada kalanya juga kita udah unggul jauh, tapi kemudian terlena, dan kemudian lawan menyerang di saat-saat akhir, dan jadinya kebalap dan kita kalah, huhuhu. Tapi selalu ada pelajaran yg bisa diambil dari tiap war. Misalnya, jadi waspada akan saat2 akhir, apalagi kalo lawan masih punya jatah nyerang banyak. Lalu, lawan yg nomer bawah2 harus diutamakan full 3 bintang, soalnya sering cuma 1 atau 2 bintang, trus ga diserang lagi, lebih milih yg atas, yg bonus lootnya lebih gede. Atau tiap ada lawan yg berhasil menang 3 bintang ke kita, kita bisa pelajari cara nyerangnya gimana. Bisa pake hog, atau yg kemaren ada pake kombinasi balon dan naga. Baru tau kan, sementara kita taunya nyerang pake full naga doang. Atau jadi tau desain base yg kokoh itu gimana, yg sulit tembus. Yg punya air defense level 5 ada tiga biji, trus ditaroh di tengah semua, saling melindungi, dan ditambah hidden tesla pula, itu susahnya minta ampun. Gw cuma menang 1 bintang pas di 50%.


Soal urutan nyerang, gw sih nurut sama nomer. Jadi, kalo gw ada di nomer 6, maka tanggung jawab gw untuk nyerang lawan yg nomer 6 juga. Nah, abis itu untuk serangan kedua, bebas, biasanya gw nyerang yg bawah2 yg belom ada bintang. Kalo pede sih nyerang yg atas, tapi kalo berat ya gausah, mending fokus dapetin bintang.

kondisi saat war, dan hasilnya
Soal skuad yg gw bawa, biasanya gw bikin full naga 10 ekor, plus rekuest isi CC naga juga. Sekarang gw ga full naga, bikin 9 aja, sisanya minion, buat beresin yg pinggir2, supaya naganya ga ngalor ngidul ke pinggir2, padahal harusnya dia maju lurus ke tengah, buat ngancurin air defense dan TH lawan. Kalo spell, gw bawa Rage 2 biji, sama Healing 1. Kalo yg laen sih biasanya bawa Petir 3 buat ngancurin salah satu AD, tapi gw suka pake petir 3 biji, ngabis2in jatah spell.

Kemaren2 kita dapet lawan yg paling berat sejauh ini, karena sejak awal lawan udah aktif nyerang dan selalu unggul dalam skor. Kita pun berusaha ngejar, dan jadinya skornya jadi ketat, hingga akhirnya kita bisa menang juga dengan skor 25-22, dan untungnya di saat terakhir pas musuh nyerang, dia gagal, ga tembus :D


Btw, kemaren sempet stres gimana caranya ini nabung 3 juta elixir buat upgrade naga ke level3, sementara tiap hari war, elix abis kepake buat bikin naga, trus mau ngerampok pun, kalo elix udah nyampe 2 jutaan pasti kerampok banyak terus2an. Capek deh. Makanya pas ada temen gw yg sukses upgrade naga, nanya caranya gimana. Jadinya pake bluestack diinstall di laptop. Sabtu seharian standby, laptop dan bluestack nyala. Bonus loot war kemarin masih di CC, belom ditransfer ke storage, biar kesannya ga banyak2 banget isi storagenya, biar ga keliatan menggiurkan banget buat dirampok. TH gw geser ke pojok, biar silahkan deh abisin TH, biar gw dapet shield berapa jam gitu, jadi elixir gw aman. Hasilnya tembus juga sih pas siang, kalo jumlah elix di storage tambah yg di CC udah nyampe 3 juta, tapi lab nya masih dipake buat upgrade archer, jadinya nunggu sampe setengah 8 malem, sambil nyerang dikit2. Begitu selisihnya udah lumayan aman, stop. Dan voila, upgrade naga pun dimulai.

-OoO-
base gw saat ini

1 comment:

Raihans said...

Kalau mo nyerang, setting bahasa nya jadiin bahasa belanda.. biasanya hasilnya 150000-300000 elix dan gold....

Post a Comment