Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, November 23, 2014

[LUCY]

Sepertinya menjelang akhir tahun 2013 lalu, pertama kali gw liat Lucy. Dia salah satu orang divisi belakang yg baru (ZTE), soalnya yg lama pada rame2 pindah. Gatau juga sih, apakah baru, ato dipindahtugasin ke sini. Divisi dia ini sebagian adalah orang Cina asli, dan sebagian lagi orang lokal, karena emang perusahannya kan dari Cina. Lucy ini lokal tapi turunan Cina, pake kacamata, badannya kurus, rambutnya sebahu, dan yg menurut gw paling unik, gayanya agak tomboi. Celana jeansnya longgar, ga ketat kayak cewek2 kebanyakan. Kalo dateng biasanya pake jaket, ada berapa macem ya, ada yg Chelsea (walopun gw ga yakin kalo dia ngerti bola), ada juga jaket hoodie coklat, yg mirip2 sama jaket gw sih. Penampilan dia yg agak beda itu bikin gw tertarik, dan sejak itu gw mulai naksir.

Biarpun penampilan tomboi, tapi mukanya cantik (apalagi kacamata kan) khas cewek Cina. And more importantly, she has a lovely voice, especially when she laugh. Dia duduknya di baris pas belakang barisan gw, jadi kadang gw bisa denger suara tawanya dia, dan itu bener-bener menyenangkan hati sekali.. Rasanya gw pengen tiduran aja trus dengerin suara ketawanya yg manis banget itu, sepanjang hari.

Biar begitu, ada kendala besar. Dia jarang ngobrol sama orang2 depan. Cuma dengan temen2 divisinya aja. Jadinya gw ga ada kesempatan untuk bicara dengan dia. Mungkin menurut orang2 yaelah ngobrol ama cewek aja susah, tapi ya kalo menurut gw ga bisa asal ngobrol gitu, mesti ada suatu hal yg mempertemukan dan membuat kita bicara dulu, baru berikutnya bisa ngobrol biasa. Kalo belom kenal, dan ngajak ngobrol gitu aja, ga sopan menurut gw. Dan sialnya, di beberapa kesempatan lucy sama divisi gw ngerjain tugas, biasanya yg nanganin temen gw. Pas dia mampir pun, dia diskusinya sama temen gw, atau atasan gw. Nantinya kesempatan itu kemudian muncul, berbulan2 kemudian.

Kemudian di bulan apa ya, Februari kayaknya, tiba2 dia ngilang. Sehari dua hari, minggu depan dan seterusnya. Kayaknya sih dipindahtugas ke tempat lain. Yah, yaudahlah kalo gitu, pikir gw waktu itu. Dan pada waktu2 itulah gw mulai mempelajari dan kemudian ngefans dengan JKT48, mungkin awalnya sebagai pengalihan ya. Di antara member JKT, gw juga sempet suka sama Ghaida, yg rambutnya pendek dan gayanya tomboi. Mungkin juga karena dia mirip Lucy, atau emang tipe2 begitu yg gw suka.

Dan gataunya di bulan Mei (kalo ga salah), Lucy nongol lagi. Mungkin ditransfer lagi kesini, yah apalah gw ga ngerti sistem project di divisinya. Masih sama seperti sebelumnya, dia ga pernah mampir2 ke depan, atau ngobrol. Padahal sering banget lho dia duduknya pas di belakang gw. Yah gpp, gw cukup seneng bisa denger suaranya. Dan satu lagi, kalo misalnya gw baru dateng, ato abis dari luar, pas balik lagi ke kursi, gw selalu, selaluuu memperhatiin tempat dia duduk, dia lagi ada disitu ato engga. Yup, I always look for her. Tapi waktu itu gw jg sibuk2nya ngefans dengan jkt48, jadi ga begitu mikirin lucy.

Di akhir Mei, gw akhirnya dateng ke theater pertama kalinya buat liat tim J perform. Itu hari Kamis. Hari Senennya (udah masuk Juni), karena masih eforia dengan teater minggu lalu, gw lagi nyari2 lagu setlist yg kemaren. Trus Lucy ceritanya lagi sibuk ngetes perangkat, trus kemudian tiba2 nanya ke gw, nanyain temen gw yg lebih ahli. Lagi makan, apa keluar, gw bilang gitu. Trus gw tanya, "emang kenapa?" dia bilang mau nanya password speedy buat perangkatnya. Untung pikiran gw lagi lancar aja waktu itu, jadi gw bilang eh kalo password gw bisa liat di webnya. Oh ya? kata dia. Jadilah dia ke arah gw, trus duduk di samping gw.

Astaga... inilah momen yg dari dulu gw harapkan, tapi sekarang sebenarnya udah ga terlalu diharapkan. Mungkin betul juga kalimat "Terkadang, kita mendapatkan sesuatu yg kita harapkan di saat kita sudah tidak mengharapkannya" Bret bret bret, sambil buka web tool yg buat liat password itu, dia ngelirik juga tab samping2nya, yg gw lagi search jkt48nya. Lah, padahal itu udah sengaja gw pinggirin, tetep keliatan juga. Tapi yg ga terduga adalah, gataunya dia nyambung. Terus terang gw surprise banget.

"Suka ama jeketi ya?" "Iya" "Pasti sukanya ama Nabilah ya?" dengan sotoy dia nebak, yg kemudian gw jelaskan dengan panjang lebar, bedanya image JKT di mata orang awam dan di mata fans. Di mata umum, emang yg terkenal itu Melody sama Nabilah, tapi kalo udah kenal betul, nanti bakal tau kok member2 lain yg mungkin aja lebih cocok. Begitu.. Dan jadinya kita malah ngobrolin JKT. Dia nanya udah sering ke theater ya, yg gw bilang baru sekali, yg kemaren itu. Yaampun, kok bisa kebetulan gitu ya, dan ga disangka2, JKT48 menjadi sesuatu yg menghubungkan gw dan Lucy. Dia bilang waktu di kantornya yg lain (I'm guessing kantor waktu dia ga nongol di sini), temen2nya juga banyak yg ngefans. Dia juga bilang katanya pengen nyoba dateng dan nonton theater tapi belom sempet. Yg lalu gw jelasin gampang kok caranya, bikin akun pake email dst dst.

Hari itu menyenangkan sekali. That was our first conversation, and I do really hope there will be another conversations later. Makin seneng karena besoknya pas Ayana ulangtaun.

Setelah itu beberapa kali aja sih kita ngobrol2 atau nyapa. Oke, ga sering2 banget sih. Palingan nyapa kalo kebetulan ngelewatin, sambil nanya2 kapan jadi mau theaterannya. Soalnya, gw udah siap2 ngajakin kesana bareng, kalo perlu gw bantuin bikin akunnya. Dan dia bilangnya selalu belom sempet. Ya emang lebih sibuk sih kerjaannya dia, apalagi kalo lagi rame sama orang2 Cina, makanya gw jg ga leluasa kalo mau ngobrol kalo lagi sibuk gitu. Jadi paling mungkin bisa ngobrol lumayan lama itu buat masalah kerjaan. Pernah juga sih kita duduk samping2an sama temen gw yg satu lagi, trus ketawa2 sampe dia mukul2 bahu gw. I think that's the closest contact we ever had.

Anyway. Gw sadar kalo sebenarnya sedikit sekali hal yg gw tau tentang dia. Nama lengkapnya gw ga tau. Kalo arah pulangnya sih gw tau, kadang2 suka ngeliat di jalan, pas gw pulang, dia dateng. Rumahnya dimana, dia kalo ke kantor naik apa, itu semua gw taunya karena dengerin pembicaraan dia sama bos gw. Dan gw juga ga yakin apakah dia tau nama gw atau enggak, kayaknya taunya mas yg ngefans jkt. Apa lupa nanya, ato mungkin nama ga begitu penting buat dia, atao mungkin dia udah nanya ke yg lain, entahlah. That kinda bummer. Tapi kalo ngomongin jeketi, selalu ada harapan buat pergi ke theater bareng. Ya paling ga, sekalian ada temennya.

Masuk bulan puasa. Oiya, Lucy ini kan ga puasa, dan sebenarnya gw juga sering bertanya2 sih, anak2 ZTE pada makan dimana sih? Di kantin belakang ato beli makanan sendiri (pesen mcd atau sebagainya). Ya gataunya sama aja kayak yg laen. Trus pas puasa, kan kalo lewat pantry, kadang liat dia lagi makan. Trus gw sapa aja, makannya beli di warung ya? Eh gataunya dia bikin sendiri. Oh, pokoknya bisa masak juga.

Dengan jam kerja gw yg ga masuk setiap hari, setiap Senin dimana gw masuk pagi waktu itu, gw ga pernah males buat masuk, dengan harapan bisa ketemu Lucy di kantor. Udah kayak anak sekolah aja, yg kalo ke sekolah cuma karena pengen ketemu orang yg disuka. Haha, begitulah. Dan kadang gw juga kesel sendiri karena baju gw kurang rapi ato kurang bagus, jadi pas ketemu dia, ah ini kok jelek banget sih. Trus, pas buka bersama kita yg ke sabang itu (deket2 aja), kepikiran pengen ngajak ikutan lucy (walopun dia ga puasa), tapi begitu jam 5, orangnya langsung cabut sih, cepet banget. Waktu itu pas mau bukber, setelah dia pulang, gw bilang mau nyusul ke yg bukber, sekalian nyusul lucy, eh meskipun udah lari, orangnya udah ga keliatan. Ga jadi diajak bukber.

Lebaran, dan kemudian masuk setelah lebaran. Di hari pertama masuk, ketemu dan sempet nyapa2 bentar pas dia dan temennya2 berinisiatif untuk halal bihalal sampe ke depan2 dan satu kantor dikelilingin. Terus, kita ketemu lagi hari Rabunya. Itu gw baru beli CD Gingham Check di theater kemarennya, dan beli 2, buat ikutan HS (yg kemudian gw ga jadi ikut karena mudik). Pas ketemu, gw nawarin, mau CD jeketi ga? gw beli dua. Akhirnya berhasil ngasih satu CD ke dia, dan kita sama2 seneng. Nah, kemudian setelahnya gw jadi jarang ketemu, mungkin seminggu atau dua minggu setelah itu, gw ga pernah liat dia lagi.

Apa dia pulangnya cepet ya? Ato udah ditransfer lagi. Gw coba nanya, kesannya iseng, eh lucy kemana sih, kok jarang keliatan? ke temen gw yg di belakang. Katanya sibayu sih, lucy sakit. Sakit apaan? gw tanya lagi, eh malah ditanyain hayoo, kenapa, suka ya? Yee malah digituin, jadinya gw stop nanya. Besok2nya juga gw ga pernah liat Lucy lagi, dan satu2nya kesempatan gw bisa liat lucy adalah hari rabu sore aja, pas gw masuk (sisanya gw masuk sabtu sama minggu). Sepertinya dia udah dipindahin lagi. Yasudahlah kalo gitu, gw mau ngapain, nanya2 kantornya dimana sekarang gitu? Trus apa? Harapan untuk ngajak ke theater pun gugur, dan jadinya sekarang kalo ke theater berarti sendiri aja.

Hari berlalu, kemudian bulan kemaren ibu gw sakit, kemudian meninggal, gw ke kampung lagi, dan kemudian masuk kantor lagi di akhir Oktober. Hari-hari berjalan dengan biasanya. Main COC, masuk kantor, main COC.

Hingga kemarin pagi. Waktu temen2 kantor lagi ngumpul dan ngobrol2, lagi bahas video lucu, trus bahas duit arisan. Nama Lucy kemudian muncul, katanya duit arisan bulan kemaren ada yg disisihkan buat lucy. Hah?

"Emang Lucy kenapa?" tanya gw

Dan keluarlah berita mengejutkan itu.
Lucy udah meninggal.

...

Gw shock... dan serasa pengen nangis tapi ga bisa.

Trus gw coba tanya lagi, kenapa dsb. Kurang puas dengan penjelasan temen2 gw, gw tanya ke anak ZTE yg kebetulan pagi itu dateng. Iya, katanya Lucy kena tipus waktu itu, tapi kemudian katanya ada komplikasi2 lain juga, gataulah, organ dalam, pencernaan ato apa, trus dirawat di rumah sakit. Cukup lama, trus meninggal. Dan itu udah sebulan yg lalu... sementara gw baru tau sekarang. Ga ada yg ngasihtau sebelumnya, karena berita seperti itu biasanya emang hanya bertahan sehari, apalagi kalo bukan temennya. Dan emang ga ada yg kepikiran ngabarin gw. Ya buat apa juga sih? Ga ada yg tau kalo gw suka sama Lucy..

atau mungkin juga waktu berita itu muncul, bersamaan sama ibu gw sakit, jadinya emang bersamaan gitu.

This is so unfair... After my mother, now the girl that I like died too?

Trus gw coba tanya-tanya lagi, lucy nama lengkapnya siapa, dia ada akun facebook gitu ga, emailnya apa. Semata-mata gw ingin mengetahui lebih banyak hal tentang lucy yg bisa gw kenang. Ga banyak ternyata. Nama lengkapnya adalah Lucifer. Lho? Lucifer bukannya yg Iblis itu? Ya itulah gw juga heran, ini betul nama aslinya Lucifer. Tapi kayaknya sih betulan. Di email kantornya juga pake id lucifer, sementara temennya yg lain pake id nama asli, jadi sepertinya nama aslinya emang lucifer. Sebetulnya gw pernah liat email lucifernya dia waktu itu, tapi gw kirain itu cuma nickname aja. Heran juga, kenapa orangtuanya ngasih nama Lucifer yg notabene nama Iblis? Dari emailnya pun ga ada yg bisa gw dapet, ga ada akun facebook, twitter, gplus, atau apapun yg bisa membuat gw tau lebih banyak tentang dia. Satu lagi, selama ini gw ngira kalo lucy itu lebih muda dari gw, 24-25an gitu lah, eh tapi ternyata seumuran dengan gw. Mungkin kita harusnya cocok. Harusnya...

Hal yang paling gw kenang dari Lucy mungkin sewaktu kita pertama kali ngobrol. That first conversation. Waktu dia duduk di samping gw, dan kita ngobrolin tentang jkt48 selama beberapa menit. Hal yang jauh lebih berarti ketimbang segala jenis handshake apapun yg mungkin gw lakukan dengan member jkt.

I'm sorry Lucy, I didn't know it until know
I wish I could be there for you before you were gone
There are things that I would like to say to you,
or even just to say goodbye
I wish I knew it earlier...
I wish I could know you better...
and now you already gone..

Dan Lucy benar-benar sudah pindah. Pindah ke suatu kota yang sangat jauh..
Mudah-mudahan dia tenang di sana, dan langit di sana juga cerah

dan mungkin kita masih bisa bertemu di dalam mimpi, siapa tahu..

Goodbye, Lucy.

-OoO-

1 comment:

Anonymous said...

turut berduka ya...

Post a Comment