Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, September 02, 2015

[Catatan Perjalanan] Gathering ke Pulau Pari

Sabtu kemaren ikut gathering dari perusahaan, ke Pulau Pari. Sudah diinfokan sejak bulan lalu, dan gw langsung tertarik. Soalnya beberapa tahun yg lalu, 2012 kayaknya, pernah ada gathering ke Pulau Tidung, tapi waktu itu gw ga ikut. Ga inget kenapa alasannya. Udah gitu yg taun lalu pas gathering ke Taman Safari juga ga ikut, karena mamak sakit waktu itu. Terakhir ikut taun 2013, yg ada rafting dll. Jadinya kali ini harus ikut. Anehnya, temen2 gw yg satu divisi pada ga ikutan, ga jelas juga alasannya kenapa. Apakah karena udah pernah, atau ga berminat, atau ada alasan2 lain, entah. Pokoknya gw mau ikut. Jadinya pas daftar, cuma gw doang yg ikut dari divisi.

Beberapa minggu lalu juga udah dikasih email berisi jadwal (itinerary) kegiatan selama di sana, dan apa aja yg mesti dibawa. H-1 alias Jumat, tapi ga begitu ribet ngurus perlengkapan. Ya pokoknya yg penting bawa baju ganti, karena acaranya ada snorkeling dan di pantai, bakal basah pastinya. Yg laennya ya biasa, paling bawa charger buat hape dan powerbank.

Sabtu pagi berangkat dari rumah jam 4-an pagi, buat naik kereta subuh, soalnya jadwal ngumpul di Mediatron jam 6 pagi. Bareng adek gw, yg juga panitia acara gathering. Sampe sana, nunggu peserta yg lain dateng, harusnya sampe 6.30 aja, tapi ditoleransi sampe jam 7. Sebagian besar gw ga kenal (karena mereka dari gedung lain). Temen2 dari satu kantor (yg beda divisi) dateng belakangan, rombongan. Ya jadi lumayan lah, temennya lumayan rame.

Naik bis merek Polisi sampe ke marina Ancol, di deretan dermaga dengan kapal2 feri yang siap ngangkut penumpang. Suasananya rame, banyak yg juga mau jalan2 hari itu. Tujuannya ya Kepulauan Seribu, cuma beda2 pulau. Ada yg ke Tidung, ke Pramuka, atau ke Pari. Gw apalnya cuma 3 pulau ini aja. Kita di sana juga dapet guide, dari Sheila Travel, 2 orang (apa 3 ya) yg ikut rombongan kita.

kapal ferry yg kita naiki
lautan, dan saya merasa wajib untuk merekam gambar ini
Setelah nunggu sejam (antrian di dermaga lumayan, bray), akhirnya rombongan dipanggil untuk masuk ke kapal. Itu campur sama penumpang lain, rombongan kita total 36 orang. Perjalanannya terbilang cepet, cuma sejam (atau kurang) sampe ke Pulau Pari. Kapal lumayan ngebut, yang menyebabkan seringnya guncangan, yang menyebabkan mual2. Awalnya gw kuat2 aja, malah sibuk melongok ke jendela, ngeliatin laut, tapi pas di akhir2, guncangan makin kenceng, mual juga, dan udah nahan2 buat ga muntah. Sempet minta kantong ke temen, buat nadahin muntah, tapi untunglah ga jadi, karena kapalnya sampe. Haha.

dermaga di Pulau Pari
Jam 10 kurang, merapat ke dermaga Pulau Pari. Dari sana kumpul sebentar trus jalan ke homestay, alias rumah tempat kita nginep. Kayak kos-kosan, tapi cuma sehari. Rombongan dibagi jadi beberapa grup, di rumah terpisah. Gw ikut sama anak2 SAC (yg masih satu kantor), bersepuluh (kira2). Coba diabsen dulu. Lutfi, Hadi, Rijal, Didit, yg laennya ga apal namanya, dan 3 orang non-SAC yaitu gw, Hasbi, sama Rafli. Grup lainnya ada anak2 dari kantor lain, cewek2 dikumpulin jadi satu grup, dan ada grup panitia.

Rumahnya ada dua kamar tidur, satu ruang tamu, dan satu ruang tengah buat nonton TV. Kamar mandi 2, tapi agak sempit. Ada AC 2 di masing2 kamar, dipasangnya di tengah2 perbatasan kamar dengan ruang luarnya, jadi biar kecipratan dingin juga. Tapi yg penting sih, kasurnya cukup, ada 6 totalnya. Bantal guling juga cukup, Pokoknya nyaman buat tidur. Sambil nunggu acara berikutnya, pada molor aja, tidur2an sampe abis zuhur.

rumah kosan (homestay) tempat kita istirahat
Oiya, ini kayaknya hampir semua rumah di pulau ini dijadiin kos-kosan, tempat nginep buat pengunjung. Yg punya rumah tinggalnya di deket situ juga, di bagian belakang rumah, terpisah dari kamar yg disediakan untuk pengunjung. Dan di tiap rumah disediain beberapa sepeda buat jalan2. Kayaknya sih udah termasuk fasilitas, termasuk makan siang, makan pagi. Entah bayarnya berapa, soalnya itu udah diurus sama panitia.

Makan siang, digelar di rumah tempat grup gw. Di luar ada meja panjang. Makanan disajikan di meja (oleh yg punya kosan), lauknya ayam goreng, dan teri. Karena ga semua yg daftar ikut, jadinya banyak makanan sisa, termasuk ayamnya sisa banyak. Walopun gw udah nambah gadoin ayamnya, masih sisa juga. Entah, kayaknya dikembaliin ke pemilik rumah. Eh ini gw asumsikan pemilik rumah merangkap pengurus fasilitas seperti makanan dan transport, gatau deh kalo misalnya ternyata beda orang. Btw, kadang bikin prihatin juga kalo liat kelakuan anak2 yg lain yg kalo makan ga diabisin, apalagi lauknya masih sisa banyak. Mubazir. Pengen gw abisin aja sih, tapi udah kenyang. Dan jadinya piring bekas makan, malah jadi asbak buat rokok. Itu juga kadang bikin sedih.

Abis itu, sekitar jam 2 kayaknya, berangkat buat snorkeling. Sebelumnya kumpul dulu, dikasih briefing sama guide, cara masang pelampung dan masker, dll. Berangkat jalan ke dermaga, trus naik perahu (lebih kecil dari kapal ferry pas berangkat tadi), masih pake mesin, dan berangkat. Meninggalkan pulau Pari, tapi masih di sekitaran Kep Seribu (ga balik ke Ancol), dan berada di perairan deket suatu pulau kecil. Berhenti di sana, dan jadwal snorkeling pun dimulai.

Nah, di sinilah kesalahan saya.
Jadi gw kan ga bisa berenang. Terakhir belajar renang itu pas SMP, dan itu pun belom bisa kalo renang di tempat yg dalem. Terakhir kali nyebur ke air itu pas rafting 2 taun lalu (baru inget), dan itu pun sempat kesulitan. Tapi kemaren gw mikir, nah it's fine. Pake pelampung, berenang2 kecil aja di permukaan, sambil coba2 nyelam ke bawah. Hasilnya gagal total, pemirsa. Setelah nyebur, gw lepas kendali. Ngambang sih, tapi gw nya panik. Nyari2 pegangan ke temen, jadinya segera dianterin lagi dan naik ke perahu. Udah, abis itu ga nyebur2 lagi.

Betapa sotoynya gw, mengira oke2 aja nyebur ke laut. Sementara ga bisa berenang, udah lupa semua basic gerakannya. Ga mikirin ini pula. Jadinya sepanjang sisa waktu acara snorkeling, gw cuma duduk di dalem perahu ngeliatin anak2 yg lain di perairan. Sambil mikirin (baru akhirnya mikir), basic2 dan teori berenang. Bahwa kalo pake pelampung, ngambang, tapi muka ke bawah, harus gerak2in kaki, dsb dsb. Dan kalo mau nyelam, kepala masuk dulu ke air, kaki belakangan. Ini hasil pengamatan. Teorikal, dan pengen nyobain belajar lagi, tapi ga di laut juga kali, karena juga bakal ngerepotin yg lain. Baiklah, sepertinya saya harus mencoret daerah2 tujuan traveling yg kegiatan utamanya snorkeling.

Lumayan lama jadi penonton, sejam lebih lah, akhirnya yg snorkeling udahan. Sayang juga sih, ga bawa hape (kan tadinya ngira mau nyebur2 jadi ga bawa hape), ga bisa setidaknya ngambil foto. Balik lagi ke Pari, dan pergi ke pantainya, yg namanya Pantai Perawan. Jarak dari kos-kosan ke pantai sebenarnya ga jauh2 amat, tapi tetep dikasih transport, naik omprengan, semacam hibrid motor/pickup, yg biasa dipake buat ngangkut air galon atau gas. Atau bisa juga naik sepeda, gw pake sepeda aja, walopun posisi joknya miring ga jelas, jadinya ga begitu nyaman. Kalo jalan kaki mungkin bisa 10-15 menit. Lumayan lah kalo naek sepeda.

Kegiatan sore itu sebenarnya ga jelas, bebas. Dan kembali menyesal karena ga ke kos2an dulu ngambil hape dan duit, buat beli jajanan. Karena ga jelas, cuma jalan2 nyusuri pantai, nyebrang ke tanaman2 bakau. Dan cuci mata. Oiya, karena ini pantai, wajarlah kalo ada pemandangan cewek2 (banyak juga yg cakep) pake celana pendek. Ga ada yg pake bikini doang sih, kalo pun ada dia pake pelapis juga. Ada beberapa jga yg punggung keliatan. Yah pokoknya banyak lah. Bikin kenyang mata. Belom lagi kalo duduk di depan rumah, ngeliatin cewek2 yg lewat naek sepeda. Atau yg di rumah seberang, dimana ceweknya 4 cowoknya 2, dan bayangin mereka ngapain aja ya. Eits, udah lah. Fokus.

Magrib balik dulu ke kosan. Mandi, solat. Ganti kaos karena yg tadi basah. Oiya, outfit. Pas berangkat dari rumah gw pake celana panjang jins, pas sampe di kosan, ganti celana pendek, yg kemudian dipake nyebur (sebentar). Dan gw ga bawa sepatu, pake sendal jepit aja dari berangkat sampai pulang lagi. Trus seharusnya jam 7 acara berikutnya, makan malam barbeque di pantai. Tapi nunggunya ga jelas, dan capek pegel abis snorkeling, pada tiduran lagi. Udah mau jam 8, barulah panitia ada yg jemput, nyuruh berangkat ke pantai. Gw naek sepeda aja.

bbq di warung pantai
pembagian doorprize
acara bebas setelahnya
Sesampenya di sana, sepertinya grup kita telat, karena makanannya udah tinggal yg sisa. Segala jenis ikan bakar. Setelah makan, ada sesi doorprize. Nama2 dipanggil, sebelum dikasih hadiah, dikasih pertanyaan macem2. Gw ga dapet doorprize, dan emang biasa aja sih, ga ngarep dapet juga. Biasanya besok2nya dikasih suvenir juga. Btw, doorprize kali ini biasa, ga mahal2. Hadiah utamanya mug, trus ada power bank mediatron (yg gw juga udah punya). Kayaknya bener teori kalo tempat gatheringnya biasa2 aja, doorprizenya gede, kayak tab, hape. Tapi kalo tempatnya udah bagus (alias pasti mahal ongkosnya), doorprizenya yg murah2 aja. Acara sampe jam 9 aja, abis itu bebas. Nongkrong2 dulu bentar, abis itu balik ke kosan. Setel TV, liat Liga Inggris, tapi karena capek ya gw tidur aja.

Bangun2 jam 2an. Karena AC dingin banget, jadi susah buat tidur lagi, jadinya melek, sambil nyalain paket data, ngecek twitter, livescore, sama CoC. Ya, selama di Pulau, gw pake airplane mode, paket data off. Sebenarnya sinyal di Pulau ada, dan cukup bagus (ada BTSnya), tapi gw milih offline aja, biar batrenya awet, karena hape mau gw pake sebagai kamera. Nyari waktu, dan colokan buat charger bisa cukup sulit.

Sampe kemudian subuh. Harusnya ini acara liat sunrise di pantai. Tapi emang bebas sih. Sementara yg lain masih pada betah tidur (semalem kayaknya melek sampe jam 1-2, sambil ngerokok dan gaplean), cuma ada hasbi dan seorang lagi yg melek, jadinya cuma kita aja yg ke pantai. Pagi2 buta naik sepeda ke pantai. Udah cukup rame, sama orang2 yang, antara mau liat sunrise, dan yg ngambil gambar sunrise sampe bawa2 tripod. Wajar lah kalo banyak yg pengen jadi fotografer, tapi eneg jg kalo ada yg begini, "mas jangan disitu dong, ngalingin" Yaelah, lu orang udah kayak yg punya pantai. Space masih luas, kalo ga mau terhalang, cari posisi yg lebih tinggi lah. Ato pindah ke yg lebih kosong. Wajar sih kalo orang moto ga pengen dialingi, tapi dikira2 lah, daerah kekuasaan lu untuk moto tuh ga luas2 banget. Masa orang berdiri 5 meter di depan lo suruh minggir.

pagi menjelang sunrise di pantai, isinya orang2 pengen moto
momen sunrise-nya (?) bener ga sih begini?
suasana di pantai (fokus ke 2 cewek di sebelah kiri)
matahari pagi, yg terlihat kecil di foto
Anyway, setelah jalan ke tempat yg rada sepi, sunrise pun muncul. Gw ikut moto sih, tapi biasa aja jadinya. Kurang tercapture dengan baik, pas matahari nongol juga, keliatan kecil doang. Yah, keterbatasan perangkat yg ga akan bisa sebaik mata sebagai organ penglihatan yg bisa merekam pemandangan dengan lebih jelas. Kemudian nyusurin pantai, moto2 dikit. Gw sebenarnya lebih suka motoin orang2 secara natural. Sambil cuci mata juga, siapa tau ada yg hot.

Balik lagi ke kosan jam 6an, dan ga berapa lama, makan pagi disiapkan. Nasi uduk. Setelahnya jadwal acara jam 8, jadi gw muter2 pulau dulu naek sepeda. Beberapa kali ngeliat orang yg kesulitan naik sepeda. Heran juga, mungkin ini juga yg dirasakan orang2 kalo liat gw yg ga bisa berenang, lah.

Jam 8 lewat jadinya ke pantai, untuk acara games. Dibawa santai aja sih. Ga perlu takut kena hukuman, kalo misalnya kalah. Jadi kan disuruh bikin kelompok, pertama 2 orang, trus 3 orang, trus 4 orang, trus 5. Yg ga kebagian kelompok dihukum. Untungnya gw selalu dapet, hehe. Setelahnya, rombongan dibagi jadi 4 kelompok. Masing2 disuruh bikin nama kelompok, pemimpin, dan yel-yel. Baru abis itu diadakan games kompetisi lagi. Kayak mindahin holahup dari depan ke belakang, trus ada satu games yg kita menang, mindahin bola dari ujung ke ujung pake potongan bambu. Nah, ini gw udah pernah liat, jadinya gampang aja. Trus game beriktnya ga taunya basah-basahan lagi. Yahh, mesti ganti kaos lagi berarti. Untung bawa. Di akhir sesi games, dibagiin hadiah ke tiap2 kelompok yg menang, yg sebenarnya semuanya dikasih hadiah, berupa flahsdisk berbentuk kartu nama.

ada lapangan voli yg bisa dipake
di tengah2 games
Setelahnya balik ke kosan untuk mandi dan beres2, checkout jam 11, karena jadwal kapal ke Jakarta jam 12. Karena tadi basah2an di pantai, ga cuma aer, tapi juga pasir masuk ke rambut. Jadi pas berangkat masih ada sisa pasirnya. Oke, udah mandi, udah beres, sambil nunggu moloran lagi. Btw, beberapa kali diingatkan temen, betapa beruntungnya kita karena ikut gathering ini, udah gratis, dapet makan banyak, bisa seneng2 pula. Alias, ga abis pikir kenapa temen2 gw ga ada yg ikutan. Biasanya sigap.

seperti perahu terdampar (?)
suasana antrian masuk kapal
tribute ke sebagian temen2 yg ikut gathering
Jam 11 lewat kumpul dan jalan ke dermaga. Tapi kapalnya ga jadi jam 12, jadi nunggu lagi lumayan lama, jam 1 baru kapalnya dateng. Naik kapal lagi, yg udah setengah penuh sama penumpang dari pulau lain, dan berangkat ke Ancol. Kali ini ga pake mual2 lagi, udah terbiasa kali yak, ato karena ga kena AC. Setengah 2 sampe dermaga Ancol, abis itu dibagiin box makanan, dan langsung naek ke bis (yg kemaren juga) dan balik ke Mediatron. Jadinya makan di dalem bis deh, meskipun posisinya ribet.

Sampe di Mediatron jam 2 lewat, dan ga lama gw jalan ke stasiun, pulang deh naek commuter line. Berakhirlah acara gathering jalan2 ini. Meskipun ga bisa menikmati secara penuh (karena ga bisa berenang dan ikut snorkeling beneran), tetap bersyukur bisa ikut dengan yg lain. Daripada kerja mulu.

-OoO-

No comments:

Post a Comment