Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, September 12, 2012

Our Public Transportation is Sucks.

Senin kemaren, adek gw ga masuk kantor. Padahal udah berangkat paginya, tapi jam setengah 10 udah balik ke rumah lagi. Sebabnya adalah suasana senin pagi yg luar biasa padat. Udah dari jam 6 nunggu angkot, tapi ga ada yg kosong. Semua penuh, isinya ama anak sekolah yg pinter banget jadwal masuknya kok bisa sama ama jadwal orang2 berangkat kerja. Akhirnya jam 6.20 katanya baru dapet angkot. Tapi itu pun hanya untuk menemui masalah berikutnya. Macet. Padahal dari depan kompleks ke stasiun itu ga jauh2 banget, 15 menit mestinya nyampe. Ini katanya jalanan penuh minta ampun. Ya gw bisa bayangin, isinya angkot2, dan motor2 yg ga mau ngalah yang juga mau buru2 berangkat kerja.

Setelah jam 7 lewat masih belom beranjak, dan baru setengah perjalanan, adek gw mutusin utk ga masuk aja sekalian. Karena dengan jam kantor yg jam 8, kalo naek kereta abis itu pasti masuknya telat, dan kalo telat ga dapet uang makan. Hasilnya dia nunggu angkotnya jalan aja biar bisa ke puskesmas, buat bikin surat sakit. Baru abis itu pulang.

Malemnya, kakak gw baru pulang setengah 9. Sebabnya adalah, mau naek kereta dari cawang, tapi ga bisa masuk, karena penuh minta ampun terus. Alhasil, setelah nunggu sejam baru dapet kereta. Padahal pulangnya udah dari jam 5. Tapi mau naek bis TJ juga terhambat karena selalu penuh. Dobel lah telatnya.

Apa yg bisa ditarik dari peristiwa-peristiwa di atas? Yaitu transportasi umum kita payah. Banget.

Mulai dari angkot yg di Depok dulu deh. Specific case: angkot O5 tujuan Depok-Citayam. Ini angkot taik yang jumlahnya kebanyakan, dan sering ngetem lelet, tapi anehnya kalo pagi selalu penuh dan ga menyisakan tempat kosong. Pastilah jumlah yg bejibun itu hanya diperuntukkan untuk pagi hari aja, dimana anak2 sekolah dan orang2 masuk kerja berangkat bersamaan. Dari jumlah yg banyak itu, casingnya (bodi mobilnya) banyak yg ga layak pakai dan udah pada ancur-ancuran. Yg ga ancur suka norak, masang lampu temaram di dalem yg ga ada gunanya, atau mejeng botol bir di depan. Buat apaan? Belom kalo ada ban di dalem, menuh-menuhin tempat sehingga bikin susah duduk. Beberapa kali gw nemu duduk di bangku depan yg pintunya susah ditutup. Belom lagi tingkah supirnya yg hobi banget nungguin penumpang yang masih ada di rumahnya buat keluar ke jalan, yang belum tentu juga mau naek angkot jurusannya. Belom lagi mayoritas supir angkot adalah orang2 yg mencurigakan, dan perokok.

Mungkin ini memang masalah klasik angkutan umum seperti angkot dan metro mini, yg masih pake sistem setoran. Eh iya bukan sih? Sepengetahuan gw sih gitu. Kalo emang iya ya berarti ga ada perubahan dari dulu ya. Yang menyebabkan sopir2 hobi ngetem demi setoran, dan munculnya sopir2 cabutan, yg ga jarang menimbulkan kasus kriminal di angkot. *perkosaan, rampok, hih*

Semestinya koperasi atau organda apa yg ngurus angkutan ini meninggalkan sistem yg kadaluarsa ini dan memakai sistem seperti bus TJ, dimana sopirnya udah dijamin honornya, ga pake rebutan setoran lagi, sehingga kalo bisnya penuh ato engga, dia tetep jalan.

Satu lagi, masalah bayar ongkos angkot. Meskipun ga bisa dihindari, tapi kepikiran juga kalo bayar pas turun itu menghambat banget. Apalagi kalo mesti pake kembalian. Waktu yg terbuang buat ngurus bayar ongkos ini bisa nyebabin macet, apalagi di jalan yg cuma dua ruas bolak-balik, jadi kalo berhenti, yg belakang ga bisa maju. Kalo ga pake sistem tiket (tapi susah kali ye kalo angkot jadul gitu) ya pake sistem akun prabayar/pascabayar gitu, kayak telpon. Jadi tiap ke halte/stasiunnya, gesek kartu, nanti nominal berkurang. Udah abis itu tinggal naek angkot, trus berhenti langsung turun ga pake lama2 bayar. Dan lebih gampang karena ga usah nyari2 kembalian buat supir, atau uang pas bagi penumpang. Serius, ngerogoh kantong buat nyari duit itu kadang2 repot, apalagi kalo penuh, susah ngambilnya.

Loncat ke kereta. PT KAI, kalian mesti betah ya dimaki2 ama banyak orang tiap harinya. Perjalanan menggunakan kereta adalah sarana transportasi yang paling efektif, karena ga terjebak macet seperti halnya kendaraan di jalan, apalagi yg rumahnya di sekitar Bodetabek. Sayangnya, jenis 'kemacetan' utk kereta pun tetap ada dalam bentuk lain. Kereta yg penuh sesak. Yang bikin perjalanan terhambat karena mesti nunggu kereta berikutnya yg agak kosong, dan seterusnya. Mending kalo kereta berikutnya cuma nunggu bentar. Yang ada kadang setengah jam baru ada, dan udah pasti penuh juga. Emang sih ngerasa kalo jumlah penumpang kereta makin banyak aja yg dari depok dan bogor, akibat pemekaran kota, katanya begitu. Makin banyak yg tinggalnya di luar jakarta, walhasil yg naek kereta makin banyak. Solusinya sih emang mesti nambah armada kereta, yg tiap lima menit ada gitu. Kalo ga gitu ya tetep aja tiap hari orang bakal stres pas berangkat dan pulang kerja.

Terakhir, bis trans jakarta. Sarana transportasi yang paling diandalkan orang2 yg mau kerja di lokasi2 strategis di jakarta. Masalahnya sejenis ama kereta, penumpangnya udah terlalu banyak sekarang sehingga mesti nunggu lama biar bisa naek, karena nunggu yang kosong. Sering beberapa bis lewat gitu aja, tanpa ada penumpang bisa masuk karena udah pada penuh. Lalu dari kesaksian para pengguna bis lewat twitter, katanya kondisi bis sekarang udah banyak yg memprihatinkan ya, ada yg atapnya jebol, trus tiang buat peganganya copot lah.

Ga ada yg nyaman dan mudah dan lancar. Di lain pihak untuk mengurangi kemacetan, orang2 dianjurkan untuk mengurangi penggunaan kendaraan pribadi dan make transportasi umum. Tapi udah banyak nih yg make transportasi umum, dan hasilnya sarananya ternyata belom cukup, atau tepatnya udah ga cukup untuk melayani jumlah penumpang yg membludak. Padahal yg make kendaraan pribadi juga masih banyak loh. Ga ada solusi jadinya. Tambah armada. Mungkin itu. Baik kereta ataupun bis tj.

Lalu kalo capek nungguin kereta/bis yang selalu penuh dan capek desak-desakan, pake kendaraan pribadi aja. Mobil gitu, kalo udah ada duit. Mobil? Maksudnya biar bisa ikut terjebak macet gitu di jalan, apalagi nyetir sendiri? Yg membuat gw ga akan milih mobil selain karena ga punya duit buat beli adalah, terjebak macet, nambah2 kemacetan di jalan, biaya maintenance yg gede.

Yaudah, pake motor aja kalo gitu. Enggak. Gw ga suka ama motor2 yg menuhin jalan di depok sini, juga secara umum yg berkeliaran di jalanan jakarta. Kasusnya agak beda. Yg di depok, jumlah motor udah terlalu banyak sehingga seringkali merekalah yg bikin macet, dan yg gw ga suka, pada suka berebut mau jalan, sehingga bikin susah orang yg mau nyebrang jalan kayak gw, karena motor ga abis2 lewatnya. Nah, ini mestinya masalah infrastruktur, mesti dikasih lampu merah biar orang2 punya kesempatan buat nyebrang.

Yg di jakarta, kelakuan pengendara motor tuh ya, dari pengendara mobil aja udah banyak keluhannya, yg suka seenaknya nyalip lah, ntar asal keserempet malah nyalahin mobilnya. Lalu ada juga yg suka bandel masuk ke jalur busway. Giliran ketabrak dan mati, masuk berita, trus nyalahin bisnya deh. Kalo kasus gw sebagai pejalan kaki sih, selain ga mau ngalah, motor2 ini suka tetep nyelonong meskipun udah lampu merah. Beberapa kali gw nyebrang tetep aja ada motor yg ngelaju. Kadang pengen gw sikut beneran itu yg nyetir, biar jatoh.

Dengan ga sukanya gw akan pengendara motor yg begitu, gw ga bakal mau menjadi salah satu dari mereka. Makanya gw ga mau make motor di jalanan. Cukup di lingkungan komplek aja yg deket2.

Lalu belum ada solusi untuk permasalahan transportasi umum dan kemacetan secara umum, yg bikin orang2 tiap hari ngabisin waktu berjam2 buat perjalanan dari dan ke kantor. Bikin stres. Ini Jakarta, kota yg sebentar lagi akan lumpuh karena kemacetannya. Solusi global adalah memisahkan peran jakarta sebagai pusat industri dan ibukota. Atau sebagian aktivitas dialihkan, dipindahin ke kota lain. Coba itu kantor pusatnya dipindah ke Bogor, biar yg di Bogor ga usah jauh2 ke Jakarta.

Untungnya gw ga mengalami tingkat stres seperti orang2 yg biasanya berangkat tiap pagi dan terjebak permasalahan ini. Jadwal gw yg beda cukup membuat gw bisa bernapas lega. Masuknya kebanyakan siang ato malem, dan banyak liburnya. Tolong jangan dibahas berapa gajinya, kemungkinan sih masih gedean orang2 lain lah. Tapi gapapa, gw ngitungnya ini kerja partime, jadi wajar kalo gajinya cuma setengah dari orang2. Lebih milih begini daripada ikut-ikutan stres. Mungkin orang2 kuat. Tapi gw ga mau nyobain stres berkepanjangan.

Solusi lain yg diambil beberapa temen kantor gw untuk mengurangi masalah kemacetan adalah: mengurangi jarak dari kantor ke tempat tinggal. Kos. Iya, kos adalah solusi efektif untuk terhindar dari kemacetan. Apalagi yg bisa dapet kos murah tapi deket sama kantor biar bisa jalan kaki. Tersebutlah daerah kebon sirih. Lalu ada juga yg agak ekstrim solusinya, yaitu ga punya tempat tinggal. Tinggalnya di kantor. Serius. Ga pulang-pulang, baju disimpen aja di loker, mandi juga di kantor. Pulangnya nanti sekalian mudik kalo udah ngumpulin jatah libur seminggu misalnya.

Orang2 mungkin berpendapat, sebaiknya kita menghadapi masalah dengan gagah berani. Tapi kalo gw sih, kalo bisa dihindari kenapa enggak?

Juga ada yg bilang, daripada cuma ngeluh, mending ngasih solusi, perbaiki. Ya gimana, emang bisanya cuma komplain kok. Dikira kita kerjanya di dinas transportasi apa. Yakali kalo boleh langsung kesana trus ngotakngatik sistemnya.

*tolong maafkan uneg-uneg yang terlalu panjang ini*

No comments:

Post a Comment