Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, February 24, 2013

[Review] Avengers: Earth Mightiest Heroes (season 1)

Jadi setelah film The Avengers, yang kemudian lanjut dengan game Marvel Avengers Alliance di facaebook, euforia Avengers gw lanjut lagi dengan serial animasi ini. Untuk durasi sekitar 20 menit, ceritanya cukup padat, banyak karakter2 dari Marvel yang muncul, dan cerita yang cukup solid. Mungkin animasinya aja yg ga begitu sempurna, jadi tampilan karakter2nya ga sebagus di game. Yaiyalah, beda yg bikin gambarnya, hasilnya beda.

The Avengers

Adapun The Avengers di sini, diceritakan dengan versi yang berbeda dengan di film. Di serial ini, Avengers dicetuskan oleh Iron Man dkk, dan bukan oleh Nick Fury dari SHIELD. Dan di sini, Iron Man lah pemimpinnya, bukan Captain America. Para jagoan yang menjadi pendiri Avengers di antaranya adalah Iron Man, Thor, Ant-Man, Wasp, dan Hulk. Baru kemudian disusul oleh Captain America, Black Panther, dan Hawkeye. Ant-Man dan Wasp adalah dua karakter baru yg gw kenal di serial ini, bahkan belum muncul di game Marvel Avengers waktu itu. Ant-Man bisa mengubah ukuran tubuhnya mulai dari seukuran semut, hingga jadi raksasa (Giant-Man), sedangkan Wasp juga bisa mengubah ukuran tubuhnya jadi seukuran lebah dan terbang menyerang musuh dengan energi blast-nya.

Di season 1 yang total berjumlah 26 episode, plotnya diawali dengan para supervillain yang sudah terkurung oleh SHIELD di 4 fasilitasnya: The Cube, The Vault, The Big House, dan The Raft (nah gw baru tau tempat2 ini. Tiba2 secara bersamaan keamanan semua fasilitas itu jebol dan para supervillain lolos. Semuanya. Dan mulailah para jagoan kita saling bahu membahu menangkap kembali supervillain yang berkeliaran. Dan dari sinilah The Avengers dibentuk. Question: kalo tadinya semua supervillain udah ketangkep, nyaman banget yak, udah damai tentram itu. Cukup mengherankan.

Masters of Evil

Setelah diawali breakout besar-besaran itu, episode berikutnya ga langsung ke bagian nangkepin lagi para musuhnya, tapi episode yg bahas satu-satu anggota Avengersnya dan latar belakangnya. Kemudian tim yang baru terbentuk ini sempat mengalami perpecahan ketika Hulk cabut, merasa ga dianggep ama yg lain. Sementara Hulk ga ada, mereka malah nemu Captain America yang badannya membeku. Kemudian Black Panther, yg aslinya adalah T'Challa, seorang raja dari negeri bernama Wakanda, meminta bantuan Avengers untuk membebaskan negerinya dari diktator yg merebut kekuasaan dari raja sebelumnya, dengan bantuan pihak luar yg terkait dengan Hydra.

Lalu apa itu Hydra dan AIM? Hydra adalah organisasi kriminal yg menjadi musuh Captain America, dan hebatnya masih bertahan aja sampe sekarang, dan belum bubar. Entah bagaimana pergantian pimpinannya, yg di jaman dulu Red Skull, sekarang ganti jadi Baron von Strucker. Sementara masih ada juga Baron Zemo, juga musuh Cap, ga ngerti juga dia bekas anggota Hydra ato gimana. Sementara AIM, juga organisasi kriminal merangkap sains, dipimpin ilmuwan jahat berwujud setengah robot bernama MODOK. Diceritakan sebenarnya Hydra dan AIM ini saling berseteru, yg mestinya menguntungkan jagoan2 kita. Pada akhirnya kedua organisasi itu berhasil diringkus ketika mereka memperebutkan perangkat yg (katanya) bisa mengubah realita sesuai keinginan pemakainya.

Hydra

Hulk akhirnya kembali bergabung dengan Avengers, ketika di episode Gamma World, para penjahat yg berasal dari The Cube (berkaitan dengan korban radiasi sinar gamma) melaksanakan rencana besar mereka untuk mencemari dunia dengan radiasi gamma, mengubah manusia menjadi mahluk2 hijau seperti Hulk. Dengan bantuan Hawkeye, Hulk membebaskan para Avengers dan menggagalkan rencana musuh. Oh, btw, Hawkeye terlibat konflik dengan Black Widow, yg tadinya rekannya sesama agen SHIELD, kemudian ternyata double agent utk Hydra, dan malah balik memfitnah Hawkeye sebagai agent Hydra. Klimaks ketika Hydra berseteru dengan AIM, diketahuilah kalau Black Widow menyusup ke dalam Hydra, seolah2 sebagai double agent, atas perintah Nick Fury. Tapi berhubung Fury menghilang, statusnya masih dianggap sebagai pengkhianat oleh SHIELD.

Musuh utama yg bergerak di balik layar mulai terungkap. Enchantress, salah satu karakter antagonis dari Asgaard sering muncul dan mengusik Avengers, dan mulai mengumpulkan para supervillain di bawah pimpinan Baron Zemo, sebagai Master of Evils untuk menandingi Avengers. Enchantress dan bodyguardnya, Executioner, tentu saja bekerja untuk Loki, saudara tiri Thor yang sedang diasingkan oleh Odin. Dialah yg memberi perintah, yang menyebabkan breakout besar2an di awal cerita, untuk membuat Thor sibuk, sementara dia membangun kekuatan dan strateginya menguasai 9 realm.

Kang

Pada klimaks season ini, dimana awalnya Avengers menghadapi Masters of Evil, akhirnya mereka masing2 terlempar ke 9 realm berbeda, dimana semuanya sudah dikuasai Loki. Dengan bantuan dari para pejuang dan orang2 Asgard yang menentang Loki, para Avengers berhasil menyatukan kekuatan dan menyingkirkan sumber kekuatan yg dimiliki Loki, yaitu Tree of Life. Asgard dan 9 realm pun berhasil diselamatkan dari kekuasaan Loki.

Di tengah2 plot utama yg berujung pada Loki, ada ancaman dari musuh2 lain, yaitu perkenalan dengan Kree, ras alien yang berperang dengan Skrull, ras alien lainnya. Pertempuran mereka sudah diperingatkan oleh salah satu agen mereka, Captain Marvel, dan akan berlangsung di bumi, dan bisa berakibat fatal. Sehubungan dengan inilah, pihak alien lain, Kang the Conqueror, untuk menyelamatkan bumi agar selamat dari invasi Kree dan Skrull, berniat menaklukannya. Tentu saja Avengers tidak membiarkan ini terjadi. Kang yang datang dari masa depan terbukti memiliki teknologi yang lebih canggih. Dengan bantuan pasukan Ultron lah, mereka berhasil mengalahkan Kang.

Ultron

Lalu apa itu Ultron? Tadinya pasukan robot buatan Tony Stark dan Hank Pyman (Ant-Man), yang membantu mereka menangani para tawanan supervillain. Setelah peperangan dengan Kang, Ultron yang melihat kondisi manusia yang tak logis, lepas kendali, dan seperti halnya robot yg terlalu pintar, memutuskan bahwa mereka mesti memperbaiki bumi dengan memusnahkan manusia. Hank berhasil menemukan cara utk menonaktifkan Ultron, dengan memanfaatkan logika Ultron yg juga tak sempurna.

Di akhir cerita, di saat Avengers sudah berhasil mengatasi Loki, ancaman baru muncul. Penyusup dari Skrull muncul dan menyerang Captain America. Hal ini cocok dengan yang dikuatirkan oleh Kang bahwa Captain akan berkhianat. Barulah jelas sekarang, prajurit Skrull itulah yg menyamar menjadi Captain dan menyabotase Avengers, sehingga terlihat bahwa Captain berkhianat.

Loki

Dan masih ada lanjutannya di season 2 yg belom gw tonton. Komentar gw yah seru karena bisa liat musuh yg macem2. Tapi jadinya para jagoan kita seringkali terlihat lemah. Terutama Thor yang ga sesuai dengan harapan. Thor jadi terlihat lemah di serial ini, seringkali dikalahkan oleh lawan2nya yg harusnya bisa dia atasi. Status dewa atau Asgardian seakan jadi sia-sia. Sementara Tony Stark digambarkan ga terlalu jenius, beda dengan versi filmnya. Dan SHIELD adalah organisasi menyebalkan yang seringkali menghambat kerja Avengers, terutama setelah Maria Hill menjabat sebagai director sementara Fury menghilang. Dan melihat musuh2 yg luar biasa, gw ga yakin kalo mereka2 ini bisa dimunculin di versi filmnya. Ragu, apa Avengers bisa mengalahkan musuh2 gaib yang ga masuk akal kekuatannya.

No comments:

Post a Comment