Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, February 26, 2013

[Review Buku] Pembunuhan Atas Roger Ackroyd


Author: Agatha Christie
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama


Ini salah satu buku yg gw beli duluuu banget, waktu smp. Di waktu gw masih baca buku2 Goosebumps, gw juga udah hobi baca Agatha Christie. Buku ini juga salah satu buku karangan AC pertama yg gw beli sendiri. Sisanya kebanyakan ikut baca dari buku2 yg kakak gw pinjem dari perpus sekolah, yg mana sewaktu gw SMA ikut nerusin kebiasaan itu. Minjem buku dari perpus sekolah setiap minggunya. Kebiasaan yg bertahan sampe kelas 2 saja, karena begitu masuk kelas 3, stok buku2 yg pengen gw baca udah ga terlalu banyak.

Karena udah lama banget (cetakannya aja taun 96), sampulnya aja udah agak2 burem, bolong-bolong dan ada nodanya, sementara halamannya udah menguning. Kalo sekarang mungkin udah dua kali dicetak dengan cover yg berbeda, yg lebih baru. Tapi tetep aja versi yg jadul ini udah cukup buat gw. Buku ini sempet terselip di kolong tempat tidur ato tempat2 lain yang ga terjamah, akibat buruknya sistem penyimpanan buku di rumah waktu itu. Untungnya masih bertahan sampe sekarang.

Novel ini disebut-sebut sebagai salah satu karya terbaik Agatha Christie. Menampilkan Hercule Poirot, detektif yg merupakan salah satu karakter andalan Agatha Christie. Diceritakan Poirot yang sudah pensiun dari kehidupan sebagai detektif swasta di kota besar, pindah ke desa kecil bernama King's Abbott. Tentu saja karena ini novel misteri, ada kasus kematian di sana. Seorang bernama Roger Ackroyd yang merupakan salah satu orang terkaya di desa itu telah dibunuh. Kematiannya yang terjadi di awal cerita sekaligus memberikan waktu tampil yang sangat singkat untuk karakter yang namanya menjadi judul novel ini.

Dengan bantuan dokter lokal, James Shephard yang juga merangkap sebagai narator cerita ini, Poirot pun mulai menyelidik. (Biasanya peran narator ini dilakukan oleh Hastings, sahabat Poirot). Seperti halnya cerita-cerita Agatha Christie lain, faktor keluarga besar menjadi sajian utama. Satu persatu dari anak-anaknya, pelayan-pelayannya, sampai anak haramnya pun dibahas, dimana masing-masing memiliki motif untuk melakukan tindakan kriminal tersebut. Red herring, istilah untuk hal-hal yang akhirnya hanya menjadi tambahan plot yang bukan merupakan kesimpulan cerita, bermunculan. Pelayan yang suka mencuri dengar dan juga suka mencuri barang, putrinya yang ternyata juga mengambil sejumlah uang, dan anak haram yang kurang ajar yang keras kepala meskipun banyak bukti yang memberatkannya. Semua itu menjadi red herring yang mengisi cerita ini.

Agatha Christie memberikan salah satu twist paling tak terduga di buku ini. Siapa pelaku sebenarnya yang melakukan pembunuhan atas tuan Roger Ackroyd, yang akhirnya diketahui di klimaks cerita, betul-betul tak terduga. And that's why we love it. Sewaktu pertama kali baca, gw merasa ditampar dan tertipu, karena tidak menduga kalo pelakunya ternyata orang ini. Mungkin banyak kritikus yang menilai Agatha curang, tapi bagi gw justru hal ini yang membuat seru.

Mau tahu siapa pelakunya? Tanyalah, nanti bakal gw jawab di bagian komen :D

*review ini dibuat untuk partisipasi di #KuisLoveFool nya @kopilovie. Partisipasi aja sih, biar rame. Urusan menangnya ga terlalu penting. *dibahas

5 comments:

meta harisno said...

Hai salam kenal,

setuju. Ini adalah salah satu kisah / novel terbaik dari Agatha Christie. Sama sekali ga terduga si orang itulah pembunuhnya, tapi sebenarnya kalo kita teliti agatha christie sendiri sudah meninggalkan petunjuknya di awal cerita ^^ (ini baru saya ketahui setelah saya baca lagi dari awal).

Well, yg jelas bukunya sendiri emang udah berapa kali dicetak ulang. Yg terbaru tahun 2013 dengan desain yg lumayan cantik bergaya vintage. Btw, saya kagum juga kamu masih punya yg cetakan lama hehe

minky_monster said...

halo salam kenal juga :D

iya, untung bukunya masih ada, hehe
soalnya males beli yang cetakan baru, soalnya udah hampir baca semua judulnya.

meta harisno said...

oo...ini sekedar saran sih. Kapan2 kamu bisa bikin review khusus edisi agatha christie. Bisa 7 novel terbaik ato malah 20 novel terbaiknya ato yg paling buat kamu terkesan....Banyak juga lo penggemar AC di indonesia ^^

minky_monster said...

boleh banget idenya :D
aku masih ada beberapa bukunya sih (paling 10), rencananya emang mau dibaca ulang, trus nulis reviewnya di goodreads, tapi mesti ngatur jadwal bacanya, hehe

meta harisno said...

ok...ditunggu reviewnya hehe ...

Btw blog kamu bagus dan lumayan komplit, soalnya membahas hampir segala hal .... semangat nge-blog ya !

Post a Comment