Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Sunday, January 26, 2014

[Review] The X-Files (Season 4)

Starring:
David Duchovny as Fox Mulder, and Gillian Anderson as Dana Scully

Others:
Mitch Pileggi (Walter Skinner), William B. Davis (Smoking Man)

Gw ga mau lama-lama nunda buat nonton X-Files season berikutnya. Takutnya nanti makin lama namatin sampe season 9. Episode terakhir di season sebelumnya berjudul "Talitha Cumi" dimana Mulder dan Scully dan Jeremiah Smith, si alien yg bisa nyembuhin orang itu, diikutin sama Alien Bounty Hunter.

Ujung-ujungnya, rencana Mulder untuk bawa Jeremiah dan mengekspos keberadaan alien dan UFO, kembali gagal. Not surprising sih, mengingat dia masih aja ragu2 dalam bertindak (pistolnya dipake buat nembak napa). Padahal tadinya dia juga mengharapkan Jeremiah buat nyembuhin ibunya yg kena stroke. Tapi pada akhirnya, ibunya disembuhkan oleh si ABH yg diminta oleh Smoking Man. Kenapa? Karena antara Smoking Man sama ibunya Mulder sepertinya ada semacam hubungan spesial.

Di episode mitologi lainnya, kembali kita ketemu dengan Krycek, yang sengaja minta ditangkep supaya ketemu Mulder. Untuk menyelidiki arus perjalanan black oil yg musim lalu nongol itu, mereka berdua ke Rusia dan sempat ditahan oleh komplotan penjahat di sana yg melakukan eksperimen ke orang2. Mulder dengan susah payah lolos, sedangkan Krycek tangannya dipotong, tapi dia emang bagian dari mereka sih. Sementara Scully berkutat dengan komite investigasi yg malah sibuk nanyain Mulder lagi dimana. Ujung2nya si Smoking Man berada di balik kejadian ini dan mengendalikan situasi.

Kabar yg mengejutkan buat Scully muncul. Dia mengidap kanker. Dalam sebuah episode monster of the week, dimana mereka berhadapan dengan Leonard Betts yg punya kemampuan mendeteksi kanker, secara implisit dia memberitahukan kondisi Scully. Kanker ini adalah hasil dari penculikan Scully oleh UFO di season 2 lalu. Kira2 seperti ini prosesnya, orang2 yg diculik dijadikan induk untuk mengembangbiakkan alien2 hybrid, yg berwujud identikal, male and female, yg kemudian nongol di episode pertama season ini. Proses ini menghasilkan efek samping yaitu kanker pada korban2 penculikan UFO.

Berikutnya, Mulder dan Scully menyelidiki sebuah kecelakaan pesawat yg jatuh, dimana salah satu penumpangnya, Max Fenig pernah berkali-kali diculik UFO. Kecelakaan itu diindikasi terkait dengan UFO dan serangan dari pesawat militer yg berusaha menembak jatuh UFO. Seperti biasa, kebenarannya ditutupi.

Oh iya, setelah Scully kena kanker, Mulder sempat berpikir untuk kompromi dengan Smoking Man, supaya dia bisa nyembuhin Scully. AD Skinner, atasan Mulder, melarang. Eh tapi malah ujung2nya Skinner yg bikin deal dengan Smoking Man. Akibatnya, dia dipaksa untuk menutupi suatu kasus yg melibatkan kematian beberapa orang oleh killer bee.

Dan akhirnya di episode terakhir season ini, Mulder dapet berita dari temennya yg profesor kalo mereka nemuin bangkai alien di gua es di Alaska. Mulder tertarik untuk nyelidiki ini karena kalo itu beneran alien, dia bisa menjadikan itu sebagai bukti keberadaan mereka. Tapi seperti biasa, usaha mereka digagalkan oleh orang Sindikat. Sementara Scully yg mulai capek dengan obsesi Mulder tentang alien bertemu seorang agen Sindikat yg menyebut kalo selama ini, yg dikejar Mulder adalah hoax. Di akhir episode, Mulder ditemukan tewas bunuh diri di apartemennya.

(eits, tapi jangan kuatir, itu boongan, bukan Mulder yg mati. Nanti pasti dijelasin di season depan)

Ya sejujurnya, gw juga mulai capek dengan obsesi Mulder. Kenapa ngotot banget sih pengen ngekspos alien dan UFO ke publik? Harusnya ngerti lah ga semua orang bakal siap denger berita itu. Kenapa ga kerjasama aja ama Sindikat, bergabung sama mereka. Tujuan mereka sebenarnya baik, demi menghindari dan mempersiapkan diri dari invasi alien. Ga semua pimpinan Sindikat jahat kayak Smoking Man yg sering bunuh orang. Ada Well Manicured Man yg jalan pikirannya lebih masuk akal. Pokoknya obsesi untuk mengekspos alien itu maksain diri banget. Iya udah jelas dia tau kalo alien ada, dan udah liat sendiri. Itu cukup. Ga perlu memaksain diri buat bikin orang lain percaya. Atau nyusun kekuatan dan dukungan untuk bubarin Sindikat.

Memasuki season ini, ada sedikit perubahan pada karakter pendukung. X (Steven Williams) kedoknya ketahuan dan mati dibunuh Sindikat. Tapi dia ngasih petunjuk ke Mulder tentang informan penggantinya. Orang dari Sekretariat UN, wanita cantik bernama Marita Covarrubias (Laurie Holden). Dia beberapa kali muncul, tapi durasinya singkat sih. Adem aja liat karakter yg cantik. Di season ini juga Scully (Gillian Anderson) makin keliatan cantik. Begitulah.

Ah iya lupa. Ada Agent Pendrell, divisi lab FBI yg naksir Scully. Karakternya dimatiin di season ini, dengan cara yg engga banget. Waktu lagi di bar, Pendrell yg mabuk ketembak sama orang Sindikat yg mau bunuh Scully. Ah, bagian yg ini emang bikin kesel.

Mengenai episode2 lain yg Monster of the Week, beberapa yg menarik di antara yg tentang keluarga deform yg mirip The Hills Have Eyes atau Texas Chainsaw Massacre. Lalu ada pembunuhan2 yg terjadi di rumah sakit berkaitan dengan sihir. Lalu episode Leonard Betts yg hidup lebih lama dari seharusnya. Ada juga sewaktu Scully nyelidikin kasus sendiri, ketemu tersangka dan mereka sempet ngedate. Langka sekali momen kayak gitu. Lalu ada tentara yg wujudnya ga keliatan sama orang-orang. Lalu ada orang yg bisa mengubah wujudnya jadi orang lain, dan sempet menimbulkan kerepotan karena dia nyamar jadi Mulder. Kemudian juga ada time travel, dimana orang dari masa depan muncul dan mencoba menggagalkan suatu penemuan. Lalu ada pembunuhan berantai dimana ada penampakan korban sebelum mereka terbunuh.

Ada juga episode yg biasa2 aja dan ga jelas, kayak El Chupacabra, yg ini menyinggung orang Meksiko, lalu ada juga yg nyinggung orang Afrika, dan orang Yahudi. Ga jelas pokoknya. Lalu ada satu episode khusus yg bahas tentang Smoking Man, bahwa dia orang yg berperan penting di pemerintahan rahasia, tapi sebenarnya pengen berhenti dan ngebocorin rahasianya dengan nerbitin buku. Tapi kesahihan cerita ini diragukan sih.

Season berikutnya kemungkinan akan lebih menarik. Tapi gw mau nonton selingan Game of Thrones season 1 dulu deh kayaknya, baru lanjut season 5.

-OoO-

Scully

Mulder

Smoking Man

Skinner

Ms Covarrubias

No comments:

Post a Comment