Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, May 21, 2015

pandji dan jkt48

Kemarin, pandji ngetwit sesuatu tentang fans JKT48, yg nyindir.

"Kadang gue berpikir, yg suka nonton JKT48 nanti pas tua suka ikutan Aerobik. Untuk alasan yg sama."

Ini bukan yg pertama emang, sebelumnya juga dia pernah nyebut kalo yg suka nonton theater ato show itu mesum. Ya jelas ada lah yg ga suka dengan pernyataan dia. Sampe mendiskreditkan pandji yg standupnya katanya ga lucu. Dan kemarin kejadian lagi, Desy yg nanggepin twitnya Pandji. Karena berpotensi tubir, gw twit ke desy biar jangan dilanjutin. Untung ga lanjut sih.

Well, gw respek dengan pandji dalam banyak hal, termasuk pandangan politik, artikel2nya, stand up nya juga lucu dan cerdas kok menurut gw. Tapi untuk masalah JKT48, ya, gw ga setuju lah. Dia menggeneralisir (stereotyping) semua penonton (fans) JKT48 itu mesum. Padahal harusnya untuk orang yg terbuka seperti dia, paham kalo tiap orang punya cara pandang dan pikiran yg berbeda-beda. Niat mereka dateng untuk liat adek-adek perform ga semuanya sama. Ya, memang di antara penonton (juga fans), jelas ada yg mikir mesum ato sejenisnya. Tapi itu ga semua, mungkin juga sebagian kecil, ato sedang, entah, ga tau pernah disurvey ato enggak. Sementara yg lain punya tujuan dan motivasi tersendiri ketika menonton, dan bukan untuk hal2 mesum.

Kalo gw sendiri pun sebenarnya ga terlalu nyaman kalo berlama-lama nonton dari jarak dekat. Penampilan member dengan kostumnya mungkin ga begitu bermasalah buat gw, tapi lebih ke tema-tema lagunya, yg beberapa terlalu dewasa kalo menurut gw, dan ga cocok dibawakan sama mereka. Ya, ini bawaan dari Aki-P, si bos besar dari Jepang dengan budayanya yg lebih buka-bukaan. Tapi buat yg lain, tema lagu ga masalah, karena mungkin mereka ga mikirin makna dan arti lagunya, performnya lebih penting.

Lalu kenapa pandji menggeneralisir kalo penonton show JKT48 itu mesum? Cara pandang pandji yg family man (yg sudah berkeluarga dan punya anak), kalo ngeliat bapak2 seumuran dia (ato yg udah tua lah) nonton anak2 cewek SMA joget2 di panggung pastilah terlihat aneh banget. Selain itu, menurut gw, karena dia ga kenal, dan ga mau mengenal lebih jauh tentang JKT48. Tak kenal maka tak sayang kan? Kayak di Mad Max, Max pun awalnya bersikap hostile ke Furiosa, karena dia ga kenal Furiosa, tapi di ujung hari, Max ikut bantuin Furiosa. Karena sudah kenal lebih dalam, makanya dia peduli. Begitu juga yg terjadi. Pandji ga tahu banyak tentang JKT48, taunya cuma luarnya dan sedikit doang. Lebih gampang berkomentar jelek tentang sesuatu hal yg ga kita kenal.

Lalu bagaimana sebaiknya menyikapinya. Diamkan saja. Biarin. Semua orang boleh beropini, dan kita berhak untuk ga perlu dengerin semua opini orang2. Termasuk pandji. Kalo ngajak debat di twitter tentang masalah ini, menurut gw ga akan banyak berguna, karena keliatannya dia ga akan dengan gampang setuju dengan opini lawan, apalagi kalo ngajak debatnya pake emosi, justru malah kalah, karena pandji pinter ngomong.

Makanya, kemaren pas desy nyautin twitnya pandji, gw jadi kuatir. Lah, ngapain ni anak, nyari masalah. Apalagi nyautinnya itu entah sindiran ato bercanda, gw ga yakin. Takutnya, malah jadi dijatuhin sama pandji, malah jadi ribut beneran kan.


Menurut gw, kalo mau mengoreksi, atau lebih tepatnya, membuka cara pandang pandji tentang JKT48, ga bisa dengan cara bales di twitter atau medsos. Harus ketemu langsung, dan mungkin bukan dengan sembarang orang. Harus orang yg dia hormati, baik itu teman ato seleb juga. Ato dari member jeketi sendiri, dan menurut gw, Desy bukan orang yg tepat, karena dia belum sepopuler itu sehingga dikenal masyarakat awam selain fans. Yg pas sih, ya spokeperson JKT48, ya Melody atau Kinal. Mungkin nanti suatu saat Pandji dan JKT48 akan muncul di acara yg sama, dan ada obrolan di antara mereka, sehingga pandangan pandji tentang jkt48 dan fans ga melulu stereotipe mesum. Semoga aja.

No comments:

Post a Comment