Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, May 07, 2015

Sousenkyo JKT48 2015: Result


Postingan sebelumnya: Prediksi

Akhirnya pengumuman hasil voting sousenkyo tahun ini digelar Sabtu kemarin. Gw nonton yg livestreaming untuk pengumuman posisi 32-11, mulai dari jam 10an pagi, kemudian dilanjut jam 14.30 untuk posisi 10 besar. Hasil akhirnya cukup melegakan, dan menghadirkan banyak kejutan.

Undergirls (17-32)

Mayoritas diisi oleh member tim K3, ada 9 orang, yaitu Lidya, Uty, Sinka, Yona, Naomi, Hanna, Tata, Rona, dan Chikano.

Kekecewaan mungkin dirasakan Yona, yang ga cuma keluar dari zona senbatsu, tapi juga perolehan suaranya tahun ini satu-satunya yg justru lebih kecil dari tahun lalu.

Tim J ada 3 orang, yaitu Dhike, Jeje, dan Frieska. Artinya mayoritas member utama tim J akan kembali masuk senbatsu.

Tentang speech yg disampaikan tiap member setelah namanya diumumkan di area undergirls ini, keliatan ada yg ga sesuai harapan, terutama kalo ekspresinya biasa2 aja. Yaiyalah, mesti kecewa, karena harapannya bisa masuk senbatsu. Tapi ada juga yg bersyukur, ditunjukkan dengan menangis pas baca speech, seperti Uty yg baru pertama kali dapet posisi.

Dari tim T, ada 4 orang. Shani ngisi posisi terakhir undergirls, nomer 32. Desy drop jauh, dari 17 ke 29. Hmm, kayaknya susah kalo para pesaingnya ngevote gila-gilaan. Tapi mudah2an tetap semangat ya, Des :) Michelle alias Lele, ini gw yakin votingnya udah dibom juga sama fansnya, dan posisinya naik cukup jauh, tapi belom cukup buat dapet posisi yg bagus. Lele di nomer 20. Dan terakhir Elaine, yg turun dari zona senbatsu, dan menempati posisi nomor... 17. Alias, center senbatsu. Haha, what a pleasant surprise. Kalo ada posisi yg ga kalah bagus atau mungkin lebih bagus dari senbatsu (yg posisi bawah), itu adalah center undergirls, dan posisi ini didapatkan Elaine. Splendid, she finally get a chance to be a center.

Anw, gw ga bisa bayangin kalo centernya Chikano, bakal awkward kah jadinya. Tapi juga kuatir, apakah nanti Elaine bisa jadi center yg benar-benar center yg dihormati, sementara banyak seniornya di undergirls.

Dari posisi 17-32, udah keliatan ada 3 orang yg posisinya turun dari zona senbatsu, yaitu Chikano, Elaine, dan Yona. Artinya, 3 orang yg sebelumnya di zona UG naik dan masuk senbatsu, yaitu... Gaby, Beby, dan Ayana!

Sampe di situ gw udah lega, yah akhirnya berhasil masuk lagi, ga peduli lah posisi dimana, yang penting masuk.


Senbatsu (1-16)

Pengumuman langsung lanjut untuk pos 16-11.
Gaby nomer 16. Gataunya, pidatonya tentang analogi telur dan ayam yg jadi slogan kampanyenya, dan ternyata memang ada artinya. Haha, bener2 gw ga nyangka, kirain masalah telor dan ayam ini ga nyambung sama sekali, ternyata ada.

Sendy nomer 15. Ayana nomer 14, lagi, hehe. Ghaida turun jadi nomer 13. Dan Beby cuma naik sampe nomer 12. Ikha nomer 11.

Tentang penurunan peringkat, yah memang pemilihan tahun ini lebih gila-gilaan votingnya. Beby sebenarnya suaranya nambah ketimbang tahun lalu, tapi cuma seribuan. Ayana nambahnya banyak, 10rb suara di tahap akhir, makanya bisa aman masuk senbatsu lagi. Dan satu lagi, Sisil namanya belum dipanggil, yg berarti dia masuk 10 besar. Whoa. Mantab.

Kemudian masuk 10 besar, kejutan2 masih berdatangan.
Posisi 10 Nabilah. Ini aja udah bikin kaget, karena Nabilah yg boleh dibilang salah satu member utama, drop ke 10. Gw kirain Sisil yg bakal ada di posisi 10 ini.
Posisi 9 Yupi.
dan akhirnya Posisi 8 Sisil. Sepakat dengan yg lain, turut kagum dan terharu liat Sisil bisa berdiri di sana, di posisi yg bahkan lebih tinggi dari oshinya, Nabilah. Well done.
Posisi 7 Viny.
Posisi 6 Shania. Yah, ternyata perkiraan gw yg Shania masuk 4 besar meleset.
Posisi 5 Kinal.
Posisi 4 Andela. Pencapaian Andela yg luar biasa berakhir di posisi 4 yg udah keitung tinggi banget. Tapi di sini sekaligus gw menangkap ada yg posisinya naik jauuuuh bgt. Haruka, yg namanya belom muncul2. Mulai mengira2.
Posisi 3: Melody. (!) Semua kejutan tadi seakan kalah dengan kejutan yg ini. Kayaknya semua orang terkejut, termasuk member2 yg di sana, juga penonton yg di rumah. Melody yg selama ini posisi 1, turun ke 3. Tapi Melody ngasih pidatonya juga bijak sekali. Dan mungkin ini langkah awal buat dia untuk perlahan mundur dari tahta. Afterall, Melody mesti fokus nyelesain kuliahnya juga kan.
Posisi 2: Haruka. Finally, terobosan Haruka berhenti. Gw kuatir kalo dia sampe jadi nomer 1. Kuatir sama kekuatan finansial yg ngebom votenya. Siapa yg bisa vote segini banyak. Fanbase mungkin, tapi gw perkirakan ada sponsor atau apalah yg dari Jepang yg berperan di balik ini. Apalah, kan semua fans berhak untuk vote, dan perusahaan atau sponsor pun bisa berperan menjadi fans untuk memilih member yg mereka pengen.
Posisi 1 akhirnya jatuh ke Veranda. Finally. Ve dalam speechnya menyampaikan kekuatirannya apakah dia bisa menjadi center sebaik Melody. Yah, untuk urusan ini, memang harus dicoba dan dijalani, sambil tetap belajar dari Melody-nya.

So, that's it. Hasil akhirnya.Sebagai rekap.

Senbatsu (1-16):
Veranda, Haruka, Melody, Andela, Kinal, Shania, Viny, Sisil, Yupi, Nabilah, Ikha, Beby, Ghaida, Ayana, Sendy, Gaby

Undergirls (17-32):
Elaine, Chikano, Frieska, Michelle, Rona, Tata, Hanna, Naomi, Yona, Jeje, Sinka, Uty, Desy, Dhike, Lidya, Shani

No comments:

Post a Comment