Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Monday, May 16, 2016

Jurnal 15 Mei 2016

1) Topik yg panas dan meresahkan minggu ini. Masalah perkosaan dan paranoid komunisme. Setelah kasus Yuyun yg ramai minggu sebelumnya, sekarang seakan2 tiada hari tanpa berita perkosaan. Semacam momentum. Mungkin sebelumnya pemerkosaan juga sering terjadi, tapi baru kali ini ramai masuk berita.

Lalu masalah paranoid komunisme. Sejak ada seminar yg bahas peristiwa tahun 65, entah siapa yg mulai nih, orang militer kayaknya, mengeluarkan isu bahaya komunis muncul lagi. Halah. Padahal cuma takut kebenaran terungkap, dosa2 masa lalu terbuka semua. Jadi malah paranoid dan jadi pembenaran untuk razia, bubarin acara yg diduga kiri, razia buku2 kiri, dsb. Apa-apaan? Ya gw juga ga ngerti komunis itu sebenarnya gimana, tapi yg jelas udah ga percaya gitu aja sama yg ditulis buku sejarah. Bongkar aja lah mendingan.

2) Berkaitan dengan berita2 panas, kita mesti lebih hati2 kalo baca berita dari media online. Terutama kalo yg memojokkan seseorang. Oke, gw biasanya cuma peduli kalo beritanya nyerang tokoh2 yg gw respek, kayak Ahok, atau walikota lain, Risma, Ridwan Kamil. Ga langsung percaya dan ngikut orang2 yg maki2 gitu aja. Baca dulu dengan teliti. Jangan cepet kebawa emosi dan nyalahin orang. Kayak yg di twitter nih, gw sebel juga sebenarnya liat orang cepet banget nyamber dan komen tentang masalah2 apa, tapi itu sembari ritwit hal2 lain, kayak artis dsb. Alias ga fokus, mbak. Mending baca dulu, pahami, baru ngoceh. Ga ngomel2, tapi abis itu posting idolnya. Apakah semua masalah ini cuma jadi perhatian sesaat aja, ngomel2 trus lanjut ke hal lain. Banyak asumsi negatif, padahal cuma baca yg di permukaan saja.

Seperti kasus perkosaan Yuyun itu, dan juga kasus lainnya, akar masalahnya itu berlapis2, ga bisa cuma sekedar nyalahin pelaku, korban. Ya kita harus paham dulu penyebabnya apa aja, kenapa si pelaku melakukan, lalu melakukan tindakan2 perbaikan dan pencegahan supaya kejadian serupa bisa dikurangi. Jadi harusnya memang ada divisi pencegahan, ini mencakup juga departemen pendidikan, sosial, perlindungan anak, dll. Tapi pelakunya juga harus tetap dihukum, yg berat. Kemaren ada juga yg bahas pemberian hukuman yg ga menimbulkan efek jera. Well, buat gw sih, memang harus dibagi jadi 2 aspek, pemberian hukuman dan pencegahan. Pencegahan buat orang yg belum melakukan. Sedangkan hukuman buat orang yg sudah melakukan. Perlu dikasih hukuman sesuai tingkat kejahatannya (tingkat kerusakan yg ditimbulkan). Bukan untuk membuat dia lebih baik, atau efek jera, ato apalah, tapi karena dia layak mendapatkannya setelah melakukan kejahatan.

3) Liga Inggris. Tengah pekan, ada pertandingan tunda West Ham vs Man United. Well, MU kalah, dan peluang ke Liga Champions menipis. Terbukti, di pekan terakhir, Man City berhasil mengamankan posisi 4 dengan imbang 1-1 lawan Swansea. Jumlah poin mungkin sama, tapi selisih gol beda jauh, thanks to produktivitas gol MU yg dikit banget musim ini. Tottenham Horspurs, yg sampe pekan sebelumnya, masih berpeluang juara (sebelum pupus karena imbang lawan Chelsea) makin drop. Kalah dua kali beruntun di pekan terakhir. Dibantai 5-1 sama Newcastle yg degradasi. Hasilnya, Arsenal geser Spurs dan di posisi 2. Yaelah, St Totteringham lagi.

Pekan terakhir Liga Spanyol, tinggal Barca dan Real Madrid yg bersaing. Karena Barca menang, ya mereka juara lagi, karena unggul 1 poin dari Madrid. Yah mau gimana, kemaren2 yg Barca kalah 3 kali beruntun itu juga ga disangka, cukup untuk mengulur waktu, tapi kalo udah bangkit lagi, ya susah mengharap Barca kalah.

4) Jadi sebelum pengumuman sosenkyo, minggu lalu diumumkan kalo semua member JKT48 sekarang punya akun instagram. Nah, jadi kayaknya Desy jadi sering maen instagram sekarang, follow akun2 artis yg lain, trus ngelike. Pokoknya sering2 cek tab activity deh. Karena keberadaan akun instagram ini juga, foto 2shoot kemaren gw posting di instagram, trus ditag ke akunnya desy. Kayaknya lebih efektif, untuk diliat ketimbang mention di twitter. Kalo komen di IG, gw males sih, kayaknya terlalu banyak yg komen, dan susah bacanya satu2, apalagi di IG banyak yg norak dan kurang ajar.

5) Hari Rabu pagi, setelah pulang kantor, ke bank dulu, mau minta ganti kartu ATM, karena kemaren2 kalo ke ATM, suka ada info, disuruh ganti karena masa berlaku udah mau abis. Kayak KTP, umurnya 5 tahun. Dulu kan emang bikinnya tahun 2011 waktu mulai kerja. Gampang sih prosesnya, asal bawa buku tabungan dan KTP. Nah, untung butabnya ketemu, sempet ga tau ada dimana keberadaannya. Selain minta ganti kartu ATM, juga minta token, buat ebanking. Eh, tapi kayaknya belum diaktifin, baru ganti password, tapi di webnya belum ada menu untuk transaksi. Alias, besok ke bank lagi, sekalian buat ngambil kartu ATMnya (seminggu jadi).

6) Hari Jumat menunaikan misi, pergi ke Dino Steak & Pasta, di Margonda, seberangnya Gunadarma. Udah pengen kesana sejak liat video CFD-nya Desy, Okta, dan Shani 2 bulan lalu. Gw berangkat menjelang sore, dan sempet ga nemu lokasinya, udah bolak balik jalan sepanjang Margonda Gundar itu, ga nemu2, trus search di twitter, ada instagramnya, ada keterangan lokasi, dan ternyata, nyebrang dulu. Ya Allah, pantesan. Mana nyebrangnya udah keburu jauh, capek lah pas sampe. Nah tapi gpp, kalo capek kan berarti laper, biar kuat ngabisin makanannya. Mesen menu seperti Desy, Godzilla Burger Challenge, yg porsinya minta ampun, normalnya untuk 4-5 orang. Emang ada syaratnya, kalo mau ikut challenge, berhasil ato engga, mesti makan selama 30 menit nonstop. Alias ga boleh kemana2 atau istirahat. Kalo ga pake challenge, harganya jadi 125 rb, kalo challenge 86,500.

Jadinya emang ga abis sih. Menurut gw sih karena daging burgernya yg gede itu, yg makan satu aja udah berat, pas kedua udah makin berat dan eneg. Yaudah pokoknya 30 menit berlalu, ga abis, dan setengah jam berikutnya, gw pun ga kuat lanjutin. Cuma bisa makan setengahnya aja. Sisanya dibungkus (untung bisa dibungkus). Besoknya pas ngabisin di rumah, pas makan burger biasa2 aja, ga eneg. Hmm. Tapi emang ada macam2 faktor sih yg bisa menyebabkan orang gagal menyelesaikan challenge itu, kombinasi makanan antara burger, keju, onion ring, dan kentang. Kalo ga eneg sama burgernya, ya eneg sama yg lainnya. Plus, itu makan nonstop, ngunyah terus, mesti bikin eneg. Beda kalo makannya pake jeda.

7) Melanjutkan nonton Jessica Jones, tapi suka kesel sama Jessica, yg awalnya ga mau bunuh Kilgrave. Karena dia butuh Kilgrave untuk bersaksi kalo Hope ga bersalah. Well, karena ragu2 ini, dan ga segera bunuh Kilgrave, makin banyak korban jatuh. Ya gitu lah, pokoknya dari semua film dan cerita yg gw baca/tonton, pelajarannya adalah: jangan ragu2 untuk membunuh orang jahat.

8) Minggu ini member2 yg senbatsu dan undergirls, udah syuting untuk bikin MV (video klipnya masing2). Terhitung cepet sih, UG cuma sehari kayaknya, senbatsu 2 hari. Ga yakin sih sama kualitas MV-nya, paling kebanyakan dance-nya, ga ada plot cerita gitu. Alias, masih bagusan MV Value Milikku di UG tahun lalu yah.

-OoO-

No comments:

Post a Comment