Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, May 18, 2016

[Review] Marvel's Jessica Jones

Jessica Jones

cast
Krysten Ritter as Jessica Jones
Mike Colter as Luke Cage
Rachael Taylor as Trish Walker
Will Traval as Will Simpson
Erin Moriarty as Hope Shlottman
Eka Darville as Malcolm
with Carrie-Ann Moss as Jeri Hogarth
and David Tennant as Kilgrave

Jessica Jones adalah seorang wanita dengan sedikit kekuatan superhuman, yg bekerja sebagai private investigator. Biasanya mengurusi kasus perselingkuhan, Jessica kedatangan kedua pasangan yg mencari anak gadisnya yg hilang, Hope Shlottman. Ketika akhirnya menemukan Hope, Jessica curiga kalau Hope diculik oleh seorang bernama Kilgrave yg punya kekuatan mind control (mengendalikan pikiran), dan kedua orangtua Hope mendapat nama Jessica dari Kilgrave sendiri. Terbukti, karena setelah melepas Hope dan orangtuanya, Hope kemudian membunuh keduanya dengan pistol, dalam pengaruh kendali Kilgrave.

Terkuaklah masa lalu Jessica dengan Kilgrave. Jessica sebelumnya menjadi korban Kilgrave, dikendalikan olehnya, dan menuruti semua perintahnya (termasuk melakukan seks). Pengaruh Kilgrave lepas setelah dia meminta Jessica untuk membereskan seorang wanita, Reva. Konflik batin yg dialami Jessica setelah membunuh Reva membuatnya mengabaikan perintah Kilgrave, lepas dari kendalinya, dan menabrakkan sebuah bis ke Kilgrave. Sayangnya, Kilgrave selamat, dan sekarang kembali untuk membuat pembalasan dengan Jessica.

Kilgrave menggunakan kekuatannya untuk mempengaruhi orang2 untuk mematai Jessica, dan sering menjadikan mereka sandera dan mengancam membuat mereka melukai/bunuh diri, agar Jessica menuruti keinginannya. Hope yg dituduh membunuh kedua orangtuanya, ditahan, dan Jessica bertekad untuk membuktikan kalo Hope tidak bersalah, dan karenanya dia harus membuktikan kekuatan mind control Kilgrave, dan membuatnya bersaksi. Makanya, dia ga mau membunuh Kilgrave.

Kilgrave
Ulah Kilgrave lainnya di antaranya: mengendalikan Malcolm, tetangga Jessica, menjadikannya drug addict dan menyuruhnya memata-matai Jessica. Kilgrave juga menyuruh seorang polisi, Simpson, untuk menyerang Trish, saudara angkat (teman baik) Jessica ketika dia hendak membeberkan ulah Kilgrave di radio. Simpson yg disadarkan Jessica kemudian membantu Jessica dan Trish untuk menangkap Kilgrave. Sayangnya, usaha mereka selalu gagal, dan Kilgrave selalu lolos.

Jessica sebenarnya beberapa kali punya kesempatan, dengan berada dekat Kilgrave, tapi dia dibayangi ketakutan akan kendali Kilgrave sehingga tidak berpikir jernih, atau karena Kilgrave menyandera orang2 tak bersalah. Baru belakangan dia sadar kalo dia kebal terhadap kemampuan Kilgrave. Tapi tetap tidak membuatnya bisa membekuk Kilgrave. Setelah Hope bunuh diri, barulah Jessica menetapkan niat untuk membunuh Kilgrave. Finally.

Itupun akhirnya terlaksana setelah Kilgrave kabur, dan memaksa ayahnya yg ilmuwan untuk membuat kekuatannya meningkat, dan mengendalikan banyak orang untuk saling membunuh. Semua berakhir, ketika Jessica yg kelihatannya berada di bawah kendali Kilgrave (yg sudah lebih kuat), ternyata hanya pura2, dan dia mematahkan leher Kilgrave dan mengakhiri teror yg diciptakannya.

-OoO-

Karakter. Jessica Jones ini bukan jenis pahlawan heroik yg kita kenal. Hidupnya berantakan, tinggal di apartemen bobrok, sering minum2, dan dalam pekerjaannya sering menggunakan metode kasar. Cuek, dan menjauhi orang lain, jauh banget dari kata pahlawan. However, Jessica peduli dengan orang2 tak bersalah, dan ga ingin mereka jadi korban dari ulah orang jahat dari Kilgrave. Ini juga sebabnya yg jadi kelemahannya, sehingga butuh waktu lama untuk menghabisi Kilgrave. I mean, justru karena dia ragu2, makanya Kilgrave lepas trus, dan makin banyak korban jatuh. Jessica ga deket dengan orang lain, dia hanya percaya pada segelintir orang, di antaranya Trish (saudara angkat), Luke, dan Malcolm.

Hubungan dengan karakter lain.
Trish Walker. Jadi sewaktu kecil, Jessica dan keluarganya kecelakaan, dan Jessica jadi satu-satunya yg selamat. Dia kemudian diadopsi oleh ibunya Trish, untuk memberi image baik pada Trish yg waktu itu adalah seorang bintang cilik. Karena ulah abusive ibu Trish, Jessica mengancam dan membuatnya pergi, dan berjanji akan terus melindungi Trish.

Jeri Hogarth adalah pengacara besar (tapi licik) yg sering memberi Jessica pekerjaan, dan menjadi pengacara untuk Hope. Hogarth punya masalah sendiri, perceraian dengan pasangan gaynya, untuk bersama wanita lain. Hogarth sering tidak bisa dipercaya. Dia yg menyebabkan Kilgrave lepas dari tempat tahanannya, walaupun setelahnya dia kapok, karena Kilgrave menyebabkannya hampir terbunuh.

Luke Cage
Luke Cage. Luke adalah manusia dengan unbreakable skin, kekuatan super lain. Awalnya ketika Jessica bertemu Luke, mereka senang karena ada orang lain yg sejenis. Sempat berhubungan (seks), Luke belakangan tahu kalo Jessica adalah orang yg sudah membunuh istrinya, Reva. Salah Jessica juga sih, ga langsung ngasih tau. Luke sempat dikendalikan Kilgrave untuk menjebak Jessica, dan kemudian membuatnya bertarung melawan Jessica, sehingga Jessica sampai harus menghentikannya. Untungnya, Jessica berhasil menyelamatkan Luke dengan bantuan suster Claire (yg juga muncul di serial Daredevil).

Komentar umum tentang serial ini: Menarik, karakternya bagus, tapi terlalu lambat dalam menyelesaikan masalah. Karena keragu2an Jessica dan keamatirannya. Bayangkan kalo Avengers, atau Tony Stark yg menangani Kilgrave. Bisa langsung nembak dari jarak jauh, beres deh masalah. Soalnya kekuatan mind control Kilgrave bekerja melalui suara, sebenarnya banyak cara mengakalinya. Ya, tapi emang levelnya beda sih, makanya lama.

Setelah serial ini, dan juga Daredevil, akan ada juga serial lainnya. Luke Cage, lalu Iron Fist, ada juga Punisher. Pokoknya Marvel TV Universe, nantinya bakal bikin serial Defenders, semacam Avengers versi TV.

_oo_

No comments:

Post a Comment