Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, May 11, 2016

Sousenkyo 2016: Hasil Akhir

Sabtu kemarin (7 May 2016) diadakan pengumuman hasil akhir sousenkyo tahun ini, di GBK. Btw, awalnya pengumuman ini mau diadakan di Balai Sarbini, dan dikenakan biaya kalo mau nonton, yg jelas lebih mahal ketimbang biaya nonton di GBK. Ya, ini juga karena ada sesuatu dengan EO yg nyelenggarain Untold Story, yg jadinya banting harga, tiket cuma 50rb untuk 2 event.

Okay, pembawa acaranya masih sama dengan tahun lalu, Adi Nugroho, dan presenter cewek satu lagi gw ga begitu kenal. Kali ini bisa livestreaming, dan ditayangin juga di TV, di RTV. Jadi 2014 di ANTV, 2015 di NET, 2016 di RTV. Kesan gw tentang presenternya, sok akrab, dan antusiasme pura2. Dan kadang setelah member yg terpilih ngomong, ditahan sama dia, buat nanya2 apalah. Kesannya dicegat gitu.

Anyway. Hasil pengumumannya.
Peringkat 32-17 (Undergirls).
32, Nadse. Jadinya ga nyampe senbatsu, tapi kayaknya udah puas dia.
31, Jeje. Well, kadang ga nyangka juga ya, Jeje yg kayaknya sepi2 aja, tapi pas ssk dapet aja posisinya.
30, Yona. Setelah 2 pengumuman ga masuk, akhirnya nama Yona masuk, tapi di peringkat 30 aja. Hmm, jadi prestasi memang ga menjamin jumlah vote. Prestasi Yona tahun ini banyak lho, bikin macem2 project buat K3, walopun banyak yg belom diupdate lagi.
29, Viny. Di sinilah kejutan besar pertama. Ratu Vienny, yg tahun lalu peringkat 7, drop jauh banget ke 29. Well, entahlah, itu urusan fansnya. Padahal, Viny kayaknya stabil, orangnya menyenangkan, performanya bagus lah. Dari sini, udah terlihat "Perubahan" yg jadi tema SSK kali ini. Viny aja posisinya bisa jatuh gitu, apalagi yg laen?
28, Della. Anggota Devils Attack pertama yg namanya dipanggil.
27, Aurel. Member tim T kedua yg masuk.
26, Shani. Jadinya pencapaian terbaik Shani ga sampe senbatsu, tapi peringkat 26.
Oke, di sini, gw udah kuatir dan pasrah, karena nama Desy belum dipanggil. Dan kemungkinan jumlah suaranya di atas Shani kayaknya susah deh. Alias, sepertinya Desy ga masuk 32 besar sama sekali.
25, Sendy. Jadi setelah Sendy senbatsu lewat SSK tahun lalu, gw merasa dia dan anggota tim dangdut disingkirkan dari persaingan senbatsu. Ya emang tim dangdut sering dapet job juga, tapi terasa ga adil ya, soalnya dangdut kan lagunya cuma itu2 aja. Trus, ada isyarat tertentu. "Semoga salam 3 Sendy ya", alias maksudnya apa nih, tahun depan udah ga di Jeketi?
24, Natalia. Salah satu yg bangkit lewat SSK ini.
23, Naomi.
22, Beby. Oke, dengan ini udah beberapa senbatsu tahun lalu yg drop. Tapi Beby sejak pengumuman kemarin emang sudah menurunkan ekspektasi sih, ngeliat persaingan yg makin keras tahun ini.
21, Ikha. See, another last year senbatsu drops.
20, Nadila. Momen kebangkitan Nadila. Walaupun jadinya ga kesampaian senbatsu, tapi ini pertama kalinya namanya dipanggil, dan dalam situasi sekarang dia bukan member utama team K3 pula.
19, Ayana. Akhirnya nama Ayana masuk, dan melesat, tapi hanya sampe 19, ga sampe 16 besar. Tapi gpp, kayaknya ini juga bagus banget. Posisi depan di UG. Dan seperti tahun lalu, gw juga ikut nahan nangis ketika dia ngomong sambil nangis. We all love her.
18, Saktia. Kebangkitan Devils Attack benar-benar terjadi. Dan semua video2 mereka yg kelihatannya buat lucu2an aja, ternyata berhasil.
17, Sinka. Our new UG center. Ini juga pertama kalinya Sinka dapet posisi yg bagus.

Pengumuman masih lanjut sampe posisi 11.

16, Vanka. Pertama kali dapet posisi di SSK. Dan masuk senbatsu.
15, Uty. Kejutan berlanjut. Uty yg selama ini ga pernah diperhitungkan, akhirnya masuk senbatsu. Perubahan benar2 terjadi.
14, Dena. Lanjut, Dena, seperti halnya Uty. Gw ga tau nih, gimana bisa kali ini mereka dapet suara banyak, padahal di voting2 sebelumnya ga pernah masuk. Mungkin udah nabung dan fokus dari tahun lalu untuk SSK aja.
13, Gaby. Anak Depok lainnya setelah Dena. Wow, gw juga ga nyangka, kayaknya pengumuman kedua kemaren ga ada. Kirain udah keluar dari persaingan, tapi nyatanya masuk. Mantap.
12, Michelle. Member tim T pertama yg masuk senbatsu tahun ini. Sedikit komen. Ekspresi gembiranya yg berlebih, kok bikin gw ga enak ya. Gatau ya, mungkin bikin yg lain yg ga kepilih ngerasa gimana gitu. Ya memang begitu sih tipe orang Sanguin, self-centered, ga sadar kalo mereka bisa menyakiti perasaan orang lain.
11, Gracia. Pertama kali masuk senbatsu, di posisi yg cukup tinggi pula. Selamat.

Setelahnya break, sebelum nanti lanjut dan ditayangin live di RTV. Tapi gw ga berminat nonton (karena nama Desy ga masuk). Jadinya tidur aja. Pas bangun, dan belum sadar bener, mimpi kalo yg menang Ghaida. Well, ternyata bukan. Veranda yg nomer 1, tapi jumlah suaranya cuma beda 87 suara dengan Ghaida. Jadi, baru besoknya gw liat pengumumannya lewat TVOD.

10, Kinal. Ga mau komen banyak, karena gw ga begitu suka dengan Kinal. Entah, mungkin ini efek dari propaganda akun tubir.
9, Chikarina (Siti Rinayanti). Katanya, dari awal dia di AKB udah 9 tahun, baru kali ini masuk senbatsu.
8. Nabilah. No comment juga lah. Nabilah seperti Lele, level sanguinnya tinggi. Member yg menurut gw overrated. Oke, masih ngerasa dia harusnya ga main di Sunshine Becomes You, ga cocok.
7. Sisil. Well, what do you know, Sisil berhasil masuk senbatsu lagi, naik 1 peringkat malah. Padahal gw kira dia sudah meredup. Apalagi sering absen theater karena sakit kan. Dengan ini Devils Attack benar2 berhasil.
6. Shania. Shania sekarang termasuk member yg gw kagum. Karena dia orangnya serius dan concern. Reaksinya dengan posisi ini pun terbilang tenang, ga pake emosi berlebih. Udah mendekati level bijaknya Melody.
5. Melody. Well, turun lagi ke nomer 5. Tapi ini yg gw kagum dari Melody, dia bilang, dengan kemundurannya, berarti kemajuan bagi yg lain. Mantap, ibu. Tapi besok2 ga jadi center single berikutnya gpp ya. Kasih ke yg lain.
4. Yupi. Pencapaian terbaik member K3 tahun ini. Yupi ga nyangka bisa sampe posisi 4.
3. Haruka. Well, ternyata ga kesampaian untuk jadi nomer 1 sebelum dia grad. Dan gw paham kalo ada yg ga simpati dengan speech-nya, karena keliatan dia pengennya nomer 1.
Sekarang tinggal nomer 2 dan 1. Ghaida, atau Veranda?
2. Ghaida. Ga nyangka juga ya, soalnya sejak tahun lalu sempet kasus dengan GFC, dan Ghaida ngeblok banyak orang, supportnya masih besar. Well, banyak juga fans dia yg udah cabut, tapi malah tambah kuat jadinya. Mungkin faktor fans Jepang ya, secara Ghaida juga lancar bahasanya.
1. Veranda. Center lagi, katanya baru kali ini di ssk, seorang member menang 2 kali berturut2. Dan Veranda sudah jauh berkembang daripada tahun lalu, sekarang dia lebih confident, lebih bijak.

Ya, walaupun masih curiga, kalo kemenangan Veranda dibantu oleh pihak sponsor (Hnda). I mean, beda suaranya dikit amat. Seakan mereka tahu untuk menang dari Ghaida, butuhnya berapa suara. Sebenarnya gpp sih, kalo sponsor ikut ngevote. Karena posisi mereka juga bisa dianggap sebagai "fans". Tapi yg gw pertanyakan adalah: apakah mereka punya privilege khusus? Apakah mereka vote dengan cara yg sama seperti fans lainnya? Takutnya, ga pake beli CD, tapi langsung beli votenya aja. Dan bisa nanya ke manajemen, sekarang suaranya udah berapa, siapa yg unggul, bla bla. Itu baru ga adil. Dan mungkin itu juga sebabnya SSK ini ga ada auditornya, proses ga terbuka dsb dsb.

Meski begitu, gw akui, Veranda lebih cocok di nomer satu ketimbang Ghaida. Speech-nya Ghaida ini, pemilihan bahasanya berpotensi mancing konflik. Ada semacam sindiran di dalamnya. Bikin takut, asli. Soal Ve sendiri, besoknya dia posting di gplus, memberi semangat pada member2 lain, adik2nya yg belum terpilih. Terus terang, kata-katanya bijak banget, mengubah opini gw tentang dia. Layak lah.

Ya sudah berakhirlah pemilihan tahun ini. Gw masih menganggap SSK adalah kompetisi tentang uang, dan kita harusnya lebih bijak, ga perlu menghamburkan terlalu banyak uang, vote seperlunya aja. Mau kita keluarin uang sebanyak apapun, kalo yg lain ngeluarin lebih banyak, tetep aja kita kalah. Well, that's me and my skepticism.

-OOO-

No comments:

Post a Comment