Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Thursday, January 18, 2007

lagi, kenapa orang menikah?

Sebelumnya, HOREEEE....
ternyata ada juga orang yang pikirannya sejenis ama gw. Liat dulu postingan di bawah yang judulnya Love and Marriage, trus coba liat juga di rileks, ternyata ada juga yang bikin topik yang judulnya : Kenapa orang menikah? Ternyata banyak juga orang yang ga pengen nikah.
Tapi itu ga seberapa sebelum gw baca postingannya gia :
yang ini saya ga setuju... menurut saya menikah itu adalah pilihan, sama kayak kuliah atau kerja misalnya. kita bisa milih mau kuliah atau ga, kerja ato ga, nikah ato ga... kalo kita merasa ga cocok sama sistem yang ada atau ga ada keuntungan yang didapat dari itu, kita bisa milih untuk ga ngejalanin. cuma sekarang ini orang sering ngeliat sama "best practices", seolah-seolah semuanya udah baku dan ga ada pilihan lain. karena sangat banyak yang milih untuk menikah, yang ga nikah dianggap ga normal. itu masalah budaya aja.

ya, manusia membutuhkan manusia lainnya dan mungkin sepi kalo hidup sendiri. tapi seperti yang dibilang -eddy- di atas, apakah seorang pria membutuhkan wanita dan sebaliknya?

menurut saya sih kebutuhan manusia akan manusia lainnya bermacam-macam. bagi orang yang membutuhkan lawan jenis untuk saling mencintai (passionate maupun companionate), menjalani hidup dengan komitmen, dan mendapatkan keturunan... ya pernikahan inilah sarananya. untuk yang ga butuh itu, rasanya ga perlu menikah. dan saya yakin sih ga semua orang butuh itu. ada kok seorang cewek yang kalo mikirin tentang "teman hidup" nanti ga kebayang gambaran sebuah keluarga dengan ayah, ibu, anak... lebih kebayang hidup dengan sahabat cewek yang bisa sharing tentang idealisme dan pendapat dsb, sampai tua kenapa? karena dia butuhnya manusia seperti itu. tapi bukan berarti dia les** yah

woho... mantap sekali gia. Gw setuju banget deh. Ga nyangka ternyata gia mikirnya begitu. Eh tapi sebenarnya gw posting yang di bawah itu gara2 nonton dorama sih, yang kebetulan ada orang yang kawin tapi hambar gitu suasana perkawinannya.

6 comments:

ira said...

hm... Ada juga ide seperti ini:

Dua kepala lebih baik dari pada satu. Satu lagi, hidup diberikan pada pihak yang berharga di mata seseorang. Terus, pernikahan itu jadi pengikat dua orang yang sama2 ingin memberikan hidupnya buat Satu Pihak yang mereka rasa telah ada buat mereka. Bukan berarti pernikahan merupakan balas budi atau upeti buat si Pihak itu. Tapi karena si Pihak itu udah melakukan segala2nya buat si pria dan wanita, jadi pernikahan akan membuat persatuan yang kuat buat memberikan rasa terima kasih keduanya untuk si Pihak itu. Selain karena si Pihak sudah ada buat mereka, si Pihak itu juga yang mempertemukan mereka dan menyediakan segala yang mereka perlukan buat bersatu.

Hehe.. Lagi pusing....

yg punya blog said...

hmmmm, gw juga ga terlalu ngerti maksudnya si Pihak itu siapa, tapi apapun keputusannya mestinya karena keinginan sendiri, bukan karena orang lain.

piliang said...

huahahahaha!!!
gua dah nebak klo lu bakalan bikin topik ini,,,
gile!! sampe ngeprint2 gitu :P (gak ngaku lagi lu :D)

hmm,,tiap orang punya alesan beda2 si buat nikah,,klo ada yang mikir ngga akan menikah ato malas buat nikah ya tserah mereka, toh mereka yang ngejalanin,,

tp menurut gw,,orang2 kek gitu blum dapet 'feel'nya aja, ato lagi patah hati ditinggal orang yang pengen dinikahi ehehehe,,,

tapi kembali lagi,,jodoh udah ditangan Tuhan, klo mang ditakdirkan elu menikah, suka ngga suka lo pasti bakalan nikah juga

yg punya blog said...

yg paragraf terakhir tu...
mmm, kemaren kan gw ngomong gini ama feri dkk : "Emang jodoh di tangan Tuhan, tapi yg menentukan kita nikah atau gak kan kita. Kalo jodoh ada tapi kita ga pengen nikah gimana?" Nah lo gw males deh mikirinnya

apaan said...

lagi jalan-jalan, terperosok di blog ini.. :))

"Emang jodoh di tangan Tuhan, tapi yg menentukan kita nikah atau gak kan kita. Kalo jodoh ada tapi kita ga pengen nikah gimana?"
hohoho kalo menurutku sih tidak sesederhana itu dan tidak serumit itu..

tidak sesederhana itu maksudku aku sih berpendapat Tuhan menentukan jodoh kita, tapi tidak dengan 'semena-mena' gitu.. ada range jodoh, kalau kita begini, jodoh kita yang ini. Kalau kita begitu, jodoh kita yang itu..

tidak serumit itu, karena toh kalo udah ketemu jodoh, apa kepikir hal-hal rumit gitu?

yg punya blog said...

ali, ali...
keliatannya kalimat kamu yang terakhir bener
"tidak serumit itu, karena kalo udah ketemu, apa kepikir hal-hal runit itu?"
keliatannya aku harus meralat kata-kataku tentang hal ini...

Post a Comment