Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Tuesday, June 19, 2007

Tentukan Pilihan

Akh, sebelumnya, minta maaf, karena terpaksa gw harus menyebutkan merek juga, ada yang menjelek2an. Tapi terpaksa juga mesti promosi suatu merek.

Okeh, saat ini gw pake nomer IM3. Walopun selama ini udah banyak beli nomer2 laen, pada akhirnya nomer ini tetep bertahan. Karena selain gw males bikin pengumuman ganti nomer ke orang2, nomer ini juga menyimpan sejarah yg panjang selama gw di IF. (Sekarang uda ga sih.) Tapi sekarang gw mulai mempertimbangkan untuk mengganti dan mengucapkan selamat jalan ke nomer IM3 ini.

Sekarang adakah alasan kenapa gw harus tetep make Im3. Apa kelebihannya? Raja SMS enggak, sms ke sesama 150. Yg laen 350. Nelpon? Murah kalo sesama 500 per 30 detik. semenit 1000. Bebas lebih murah. Jadi intinya, IM3 ga punya kelebihan apa-apa sekarang.

Nah coba sekarang kita analisis. Fungsi utama HP adalah 2, yaitu nelpon dan SMS. Persetan lah itu MMS, 3G, 4G. Ga butuh. Nah masalahnya nomer yang bagus buat nelpon biasanya ga bagus buat SMS, dan sebaliknya. Jadi, solusi yg tepat adalah: punya 2 nomer, dan 2 HP tentunya. (HP udah pada murah kok, asal ga usah cari yg macem2. HP gw yg Nokia 1112 aja cuma 400an, tampilan keren, Nokia is the best lah (ups merek kan)). HP CDMA juga kalo dicari juga ada yg murah, yg bisa loudspeaker. Masalah berikutnya adalah menentukan mana yang terbaik untuk tiap2 layanan tsb.

Mulai dari SMS, secara kita paling banyak sms, bukan nelpon. IM3 ngakunya raja SMS, tapi yg didapet paling gratis 25 sms kalo isi ulang 25rebu, sms ke sesama 150, keluar 350. Kurang. Trus yg katanya bisa 40rupiah ke sesama, itu kok ga ada keterangannya. Ada iklannya yg Tit* Kama*. Lah, gw aja komen gini "Ah, yg bisa sms 40rupiah tu cuma Tit* K*mal, yg laen ga bisa". Paket lama yg sms 10, bonus 10 gimana? Ga mutu. Bonus 10 sms kebanyakan didapet kalo udah malem, dan hanya berlaku ke sesama, dan untuk hari itu aja. Lah, mo sms siapa. Ujung2nya sms nyampah. Ini nih kebiasaannya si nunu waktu itu.
Capek ngomongin Im3. Coba liat yg laen. Bebas menawarkan sms grtis kalo isi ulang yg extra. Sayang masa aktif untuk isi ulang extra ini pendek banget. Sampe 50 ribu aja masaaktif cuma seminggu. Pas 100rebu baru deh masa aktif 30 hari. cemana. Artinya kita cuma punya kesempatan sms gratis maksimal 30 hari. sms ke nomer laen tetep, 350. Kalo isi ulangnya reguler, sms kemana2 malah sama, 350. Ga mutu. Pantes kalo piimon pulsanya gampang abis. Dulu ada sebelumnya jempol, kalo sms ke semua XL tarifnya 99. Tapi kan keluarnya tetep 350. Lagian bebas dipake bukan karena sms, tapi karena nelponnya 10 perde tik. Tapi kalo dipakenya buat sms ya, kurang tepat dan kurang efektif.
Sekarang alternatif laen. Mentari, Kartu AS, HALO (gimana kabarnya ya, jadul banget ini nomer, udah jarang nemu orang yg make nomer ini, biasanya orang2 awal pengguna HP yg punya nomer ini, kalangan terdahulu lah pokoknya) ga ada kelebihan khusus. 350 semua. Simpati katanya 300 (alah beda gocap doang, ga ngefek), dan katanya ada paket2 gitu, tapi berhubung ga pernah pake, gw kurang tau banyak. Tapi katanya sinyalnya bagus (inget iklan yg absen propinsi itu? ah tapi XL juga luas kok) dan buat 3G bagus. Nomer2 CDMA biasanya ga ada yg tertarik ngurusin SMS. Alhasil pilihan tertuju ke 3.
Apa kelebihan 3? SMS. Betul sekali, sms sesama gratis (kali ini ga ada batesan mesti isi ulang apa), sms keluar 110 (koreksi ya, ternyata bukan 100). Dan setelah gw coba2 smsnya lancar2 aja. Emang kadang ada masalah kurang sinyal. Kalo dalem ruangan sinyal menurun (Ah tapi bukannya emang gitu semua ya), dan di comlabs sinyalnya gada (tau tuh kelainan, XL juga gada sinyal di cl). Jadi kalo anda mau HP untuk sms aja, pilihan yang tepat adalah 3. (setidaknya sampe saat ini blom nemu kejelekannya)

Sekarang bagian kedua, yaitu nelpon. Gambaran yg tepat untuk perbandingan tarif bisa kita liat di iklan esia, yg ada ringo si jomblo itu. Iklannya dia bener2 jatuhin merek laen (walopun saat ini saya juga sedang melakukan hal yg sama, jatuhin merek2). IM3, ga ada kelebihannya. 500 per 30 detik buat sesama itu ga terlalu kuat. Apalagi kalo keluar jadi mahal. Mentari ada paket yg murah ke 10 orang ya. Tanggepannya adalah: emangnya temen gw cuma 10? trus waktu itu bebas ada yg nelpon murah pas malem (dari jam 11 malem sampe jam 7 pagi). Komentarnya adalah: mo nelpon siapa malem2. Yah nyatanya waktu itu gw pake. Asal masih bangun sih ga masalah, buat bangunin orang juga bisa. Tapi layanan itu sayangnya udah ga jalan lagi di bebas. Trus ada yg katanya mesti ada syarat macem2. Gw gatau nomer apa yg begitu. Simpati lagilagi, karena gw ga pernah make, jadi gw gatau.
Nomer CDMA banyak yg menjanjikan sih, misal fren yg katanya ada paket bicara selama setahun apa gimana. Mungkin masalahnya terletak pada keterbatasan lokasi CDMA. Ganti kota ga bisa dipake kan nomernya. Itulah flexi, fren, dan esia. Tapi kalo misalnya kita ga sering2 keluar kota, ya ga masalah. Cuma ya mesti beli hp buat CDMA. Dan diantara nomer CDMA itu, esia paling menggiurkan. Hitungan tarifnya fantastis. 50 per menit, dan kalo sejam, tarif yg harusnya 50x60 = 3000, berubah jadi 1000saja. Mabok2 lah itu, makanya gw pengen nyoba nelpon sejam tu kayak gimana,pake loudspeaker. Kalopun ga nyampe sejam, 59 menit misalnya, pulsanya baru 2950. Ga mahal2 banget kok. Biasanya pake nomer biasa pulsa segitu cuma bisa nelpon 2 menit. Dari sini bisa disimpulkan bahwa, untuk yg suka nelpon lama, esia adalah pilihan terbaik . (jgn lupa pake HP yg bisa loudspeaker).
Tapi kemudian esia yg udah diatas angin pun ada yang berusaha menjatuhkan. Flexi kalo ga salah. Gw ga ngerti dan ga nemu flexi bagusnya dimana, tapi pembelaan mereka adalah: nelpon sejam itu ga kepake. Rata2 orang nelpon 3 menit. Iya juga ya. Mabok kali kalo sejam cuma nelpon doang. Emangnya ga ada kerjaan laen apa. Lantas, apakah ini menjadikan flexi sebagai yg terbaik menggantikan esia? Tidak. Jawabannya adalah bebas, rp 10/detik ke sesama, dan 25/detik ke lainnya. Kuncinya adalah tarif per detik, jadi kita gausah panik ngukur2 nelponnya semana,dan ga usah panik kalo nelponnya kelebihan 1 detik. (emangnya warnet, kelebihan sedetik bayar buat sejam). Dengan ini kalo nelpon 3 menit jadi 1800. 3 menit kurang 10 detik = 1700. 3 menit lewat 5 detik = 1850. Cukup. Nelpon dengan biaya segini bisa gantiin sms 5 kali. Kalo sms kemungkinan ga dibales karena ga ada pulsa. Nelpon, ya dijawab lah.
Dari penjelasan panjang diatas, kita dapet 2 alternatif buat nelpon, yaitu esia dan bebas. Bebas keunggulannya adalah beda antara tarif ke sesama dengan keluar deket. Esia jauh. 50 per menit sesama berubah jadi 800 keluar (katanya haris), walopun masih murah esia sih. Yah pokoknya kalo ga esia, ya bebas lah.

Itu adalah solusi 2 nomer yg dapat dipertimbangkan. Ya gapapa sih kalo make satu nomer aja, tapi mungkin pemakaiannya bisa kurang tepat dan kurang bijak kalo misalnya esia dipake buat sms, secara esia sinyal smsnya agak2, ato bebas dipake buat sms aja. Ato 3 dipake buat nelpon. Cepet abis lah. Tapi semua strategi ini bakal lebih mantap kalo kita punya rekan ato temen yg make nomer sejenis. Jadi kalo misalnya mo make salahsatu cara diatas, sedapat mungkin carilah rekan. Ga mesti banyak2. Satu juga cukup, kalo emang bakal sering kontak.

1 comment:

Anonymous said...

Oi, achei teu blog pelo google tá bem interessante gostei desse post. Quando der dá uma passada pelo meu blog, é sobre camisetas personalizadas, mostra passo a passo como criar uma camiseta personalizada bem maneira. Até mais.

Post a Comment