Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, July 04, 2012

Marvel: Avengers Alliance, game untuk fans Marvel

Jadi, akhirnya Facebook gw kepake juga, bukan sebagai social network, tapi sebagai sarana game online. Udah rada tau kan kalo di Facebook juga menyediakan macam-macam game. Hence, rame abis kayak pasar isi Facebook itu. Dan game Marvel Avengers ini udah beberapa bulan gw ini gw liat, temen gw yg maen. Entah 2 minggu terakhir ini tiba2 gw kepengen coba maen, dan akhirnya jadi sering. Berhubung maen Dynasty Warrior yg di PS3 udah ga lanjut (stik rusak), game ini yg prinsipnya mirip2 DW jadi sasaran.

tampilan splash screen gamenya

Inti dari game ini adalah menyelesaikan misi-misi yang ada, menghadapi musuh2 berbagai level kesulitan (low, medium, dan high) dan kemudian menghadapi boss di setiap misinya. Misi-misi itu nanti akan ngasih point XP (experience) yg bakal kepake buat naikin level hero-nya. Selain dengan cara menyelesaikan misi, utk nambah poin XP bisa dilakukan dengan cara lain, yaitu menyelesaikan task tertentu (misal: make hero tertentu berapa kali), misi-misi kecil yang menggunakan pesawat di landasan, atau dengan PvP (fight dengan pemain lain secara online).

Nah, untuk melangsungkan game ini, dibutuhkan energi yg otomatis recharge. Tapi salut sama yg desain gamenya, karena kapasitas energinya itu 60, sedangkan untuk satu misi, butuh 10. Artinya dalam satu kesempatan maen, normalnya kita cuma bisa nyelesaiin 6 misi, dan mesti nunggu energinya keisi lagi, which is, cukup lama lho. Untuk penuh jadi 60 butuh waktu 6 jam, kalopun mau cepet2 maen lagi, paling cepet itu sejam biar energinya jadi 10. Artinya, didesain biar kita ga terus-terusan maen game ini, biar inget ama aktivitas lain. Mestinya sih gitu, tapi telah ditemukan cara2 supaya yg maen bisa terus lanjut, maksimal selama 2 jam kedepan setelah energinya abis.

flightdeck, semacam menu utama

Sudah disebut tadi kalo ini game online? Hal lain yg juga ada dalam game ini adalah prinsip aliansi, dengan pemain lain, dalam hal ini yg jadi friend kita di FB. Tujuannya adalah, biar bisa saling kirim gift (berupa energi atau item2 khusus), atau untuk dapet jatah harian item2 tertentu itu. Awal2 karena FB gw ga rame2 amat, alliesnya dikit, cuma 5 yg isinya temen2 gw yg juga maen. Kemudian terpikir suatu ide yg juga dipikirkan oleh pemain2 laen yg temennya dikit: Nyari friend FB yg ga dikenal, tapi maen game ini, semata2 biar bisa jadi allies. Nyarinya gimana? Nah, ternyata di bagian FAQ game, nanti redirect ke forum. Dan, eng ing eng, ada salah satu topik dimana para pemain nawarin diri biar diadd jadi friend. Langsung lah jumlah allies gw nambah jadi belasan gitu. Jadi sekarang udah ga masalah dan kuatir lagi masalah resource.

Ngomong2 poin2 itu apa aja sih. Ada poin utk energi, yg digunakan supaya kita bisa melaksanakan misi. Lalu ada lagi poin Silver, ini poin yg didapat kalo kita namatin misi, task, dsb yg nantinya kepake kalo kita mau training si hero, atau untuk beli segala macem item. Lalu ada SHIELD point, ini gunanya untuk syarat training ato research utk item2 tertentu. Jadi selain butuh silver (duit), juga butuh SHIELD poin. Kemudian, untuk beli atau nambah hero lagi, ada Command Point, nah ini yg paling susah didapet. Adapun untuk hero2 yg bisa kita dapetin, harganya beda2, ada yg murah2 aja dgn 15 command point, ada juga yg sampe 90 point (utk hero2 alpha macem captain america, hulk, spiderman dsb).

tampilan ketika fight berlangsung (Player versus Player)

Segala teknis di atas ga ada apa-apanya dibandingin sisi cerita dan tokoh2 yg ada di game ini. Lengkap pokoknya, kayaknya hampir semua karakter Marvel, baik hero maupun musuhnya, ada di sini. Dengan maen game ini, pengetahuan akan karakter2 Marvel itu jadi nambah. Misalnya, baru tau kalo ada hero Miss Marvel atau She-Hulk. Dan ngoleksi semua hero ini, dan namatin semua misi-misinya, sepertinya target standar untuk game ini.

No comments:

Post a Comment