Featured Post

[Review] Game of Thrones (season 6)

Setelah setahun, GoT kembali di season 6. Sebenarnya gw juga ga begitu nunggu2 sih, karena lagi asik ngikutin serial yg lain (The Flash...

Wednesday, July 18, 2012

Rencana Bikin Buku v0.5

Minggu lalu Iip minta judul ke gw, katanya buat bikin kumpulan cerpen yang nanti mau dibukuin dalam rangka ulangtaunnya. Terlepas dari apa isinya, hal ini bikin gw jadi keinget lagi ama tujuan bikin buku sendiri. Jadi mau kapan donk bikin bukunya? Mau ditunda-tunda mulu nih, gitu pikir gw. Udah lah, ga perlu yg serius2 diterbitin di major. Bikin yg latian aja kayak Iip, yg rencananya mau cetak 1 buku aja buat dia sendiri. Nah, itu yg mau gw coba tiru juga.

Akhirnya kemaren2 pun dapet beberapa ide, 3 tepatnya, dimana dua baru aja nemu kemaren. Ide untuk bikin buku sendiri, dan rencananya mau dibeli sendiri aja, hehe, selfpublish selfread gini jadinya, biarlah. Baru abis itu pikir mateng2 buat bikin buku untuk pembaca.

Yg pertama, kumpulan cerita yg isinya mengandung lagu-lagu favorit gw. Ini semacam pengembangan dari #11projects11days tahun lalu, cuma isinya lagu2 gw doang, bukan lagu yg ditentuin mereka. Pokoknya lagu2 di playlist iPod gw, yg bisa ratusan itu. Mestinya sih sekalian bikin universe di bukunya juga, jadi antara cerita satu dan lainnya itu emang bisa terkoneksi dan berada di alam yang sama. Hmm, kalo universe-nya bisa dibikin, buku ini nanti mungkin bisa dipromosiin ke publik sih. Semoga.

Yg kedua, nah ini agak-agak membahayakan. Kasus-kasus ketidakadilan yg gw denger dan baca beberapa minggu lalu, waktu om nisankubur ditodong, dan polisi2 brengsek yang razia palsu itu masih membekas, dan gw ga rela kalo ga membalaskan dendam dalam bentuk tulisan, dimana ceritanya di alternate universe, mereka dapet ganjarannya. Mungkin nanti ditambah lagi dengan kasus2 aktual lain yang mengganjal yg gw liat di tipi ato berita2 lain. Semacam alternate universe utk negara ini, tapi tentu aja ga boleh secara langsung mengacu pada negara ini, soalnya nanti bisa kontroversial, malah dibredel dan berujung amukan FPI (nah, ini juga mesti dimasukin, soalnya gw eneg banget ama organisasi taik ini)

Yg ketiga, hmmm, tiba-tiba pengen bikin memoar. Yg ini sih kayaknya khusus buat gw baca sendiri, walopun kalo ada temen yg mau beli ya silahkan aja sih, asal ga keberatan kalo namanya ada dalem buku. Karena gw ga cuma pengen nulis kisah tentang suatu masa/periode, tapi mungkin berbagai pengalaman dari kecil sampe sekarang, mirip2 yg dilakukan Andrea Hirata gitu lah. Again, it's personal. Nanti dibikin kumpulan2 segmen gitu, masing2 ada judulnya, dan rencananya, nanti gw acak aja urutan kemunculannya, jadi nanti di buku ga kronologis susunan babnya.

Rencana barulah rencana, tapi setidaknya ini dicatet dulu lah, biar inget. Daripada lupa, dan terbuang sia-sia. Lalu apakah nanti bakal diposting di blog atau engga, utk nomor 1 dan 2 mungkin diposting, kalo yg ketiga kayaknya engga. Dan kalo udah jadi bukunya pun, sebaiknya ga usah gw hidden, tetep dimunculin tapi bagian awalnya aja, satu dua paragraf gitu, baru abis itu kasih keterangan "baca lanjutannya di buku (TCSC misalnya)"

(btw itu nulisnya v0.5 karena udah sekian kali bikin rencana, dan masih dalam rencana, makanya masih 0, dan 5 karena beberapa percobaan sebelumnya nguap aja di tengah jalan)

No comments:

Post a Comment